
30 
 

BAB II 

GAMBARAN UMUM 

A. Pers Nasional : Dari Cengkeraman Politik Orde Baru ke 

Persaingan Pasar 

Lengsernya rezim Orde Baru digadang-gadang menjadi tonggak 

terwujudnya kebebasan pers di Indonesia. Kebebasan pers yang 

sifatnya represif, melalui Departemen Penerangan, pemerintah akan 

memberedel media massa yang pemberitaannya dianggap mengusik 

jalannya pemerintahan.   

Pada rezim Orde Lama, di bawah kekuasaan Soekarno ketika 

Republik Indonesia sedang dalam tahap negosiasi dengan Belanda, 

pers merupakan media yang bersifat partisan. Di balik embel-embel 

“Pers Perjuangan”, para pemilik media atau perusahaan pers dalam 

menjalankan roda kerjanya dengan bangganya selalu bergandengan 

dengan partai-parta politik. Mereka dijadikan “alat” atas pandangan-

pandangan partai tersebut.  

Surat kabar Harian Rakyat yang berafilisi dengan Partai Komunis 

Indonesia merupakan salah satu contoh dari sekian surat kabar yang 

berafiliasi dengan partai politik pada saat itu. Selain itu terdapat juga di 

antaranya, kantor berita Antara yang berjalan partisan dengan 

pemerintah, surat kabar Pedoman dengan Partai Sosialis Indonesia, dan 

Abadi dengan Masyumi.  Dengan adanya bentuk afiliasi tersebut, 



31 
 

pemerintah kemudian memformalkan Keputusan Menteri Penerangan 

(no 29/SK/M/65) yang tertanggal 26 Maret 1965 tentang “Norma-

Norma Dasar untuk Badan Usaha Pers dalam rangka meningkatkan 

pers Indonesia”. Keputusan tersebut mewajibkan seluruh surat kabar 

dan terbitan periodik untuk mengaitkan diri dengan partai politik, 

golongan karya, atau organisasi massa secara resmi. Selain itu, staf 

redaksi juga haruslah orang-orang pilihan partai (Hill, 2011:26).  

Kegiatan pemberedelan yang dilakukan oleh setiap penguasa ini 

telah terjadi sejak Indonesia masih bernama Hindia Belanda, di mana 

pers “yang tidak bersahabat” akan mendapatkan sebuah ancaman 

untuk dideportasi dari Hindia Belanda. Hingga Indonesia memasuki 

rezim otoriter di bawah naungan Soeharto, kegiatan pemberedelan 

terus terjadi. Semasa rezim otoriter berkuasa, negara terkesan sangat 

terobsesi untuk mengatur masyarakatnya. Jika diibaratkan negara 

adalah bapak, sementara masyarakat adalah anak. Dengan relasi 

semacam ini, penguasa bebas mengatur apa yang boleh dan tidak boleh 

dikonsumsi oleh rakyat. Tak terkecuali mengatur secara ketat 

informasi dan kebebasan pers (Utomo, 2016:92). 

David T. Hill (2011:34) menuliskan, bahwa awal mula adanya 

“tangan besi legislatif” ditandai dengan munculnya Undang-undang 

(No.11) tahun 1966 tentang Prinsip-prinsip Dasar Pers. Landasan-

landasan hukum ini muncul setelah adanya pergantian kekuasaan 

politik  yang chaos pada 1 Oktober 1965yang menyebabkan penutupan 



32 
 

46 dari 163 surat kabar yang diduga terkait atau menjadi simpatisan 

Partai Komunis Indonesia (PKI). Undang-undang tersebut, 

menyatakan bahwa “Pers nasional tidak dapat disensor atau 

dikendalikan” (bab 2 pasal 4) dan “Kebebasan pers dijamin sebagai 

bagian dari hak-hak dasar warga negara” (pasal 5 ayat 1) serta 

“Penerbitan tidak memerlukan surat izin apa pun” (bab 4, pasal 8 ayat 

2). Pada akhirnya undang-undang tersebut hanya seperti pemanis 

belaka. Selama masa peralihan, para penerbit surat kabar wajib 

memiliki Surat Izin Terbit (SIT) dari Departemen Penerangan dan 

Surat Izin Cetak (SIC) dari lembaga keamanan militer KOPKAMTIB. 

Kedua izin tersebut saling berkaitan, tanpa memiliki dua izin tersebut, 

sebuah media bisa dipastikan tidak dapat terbit secara hukum.  

Departemen Penerangan pada bulan September 1982 mengubah 

SIT (Surat Ijin Terbit) dengan SIUPP (Surat Ijin Usaha Penerbitan 

Pers). Meskipun demikian, perubahan tersebut dinilai tidak berarti 

banyak bagi penerbitan. Pada akhirnya semua penerbitan  pers tetap 

tunduk di bawah kuasa pemerintah. Palu beredel tetap menyentuh 

Sinar Harapan pada tahun 1986, Prioritas pada tahun 1987, juga 

Tempo, DeTIK, dan Editor pada tahun 1994 karena dianggap 

“mengusik” jalannya roda pemerintahan.  

Struktur Orde Baru tidak memberi ruang bagi struktur alternatif 

atau oposisi, karena negara pada era ini digerakka oleh budaya dengan 

norma militerisme dan fasisme. Era Orde Baru ditandai oleh struktur 



33 
 

sosial dengan kekuasaan negara yang bersifat hegemonik dan 

koporatis. Seperti misalnya di dalam politik, prinsip massa dijalankan 

mengambang, sehingga peran politik dijalankan secara elitis, lalu para 

elit politik dikendalikan secara sentralistis dan bersifat top-down. Pada 

satu pihak, informasi bagi elit disediakan secara tertutup dalam 

institusi  masing-masing yang tentu sudah terkooptasi dalam sistem 

negara yang korporatis. Pada pihak lain, informasi media massa 

disaring guna kepentingan penguasa negara. Dalam menjalankan peran 

sosialnya, mereka cukup menunggu instruksi dari atasan masing-

masing, sehingga fungsi pragmatis dirasa tidak berguna bagi media 

massa (Siregar, 2000:178). 

Fase industrialiasasi pada Orde Baru merupakan pembabatan 

semua retorika revolusioner pers. Pers yang bebas dan 

bertanggungjawab didoktrin sebagai pers yang bersandar pada 

Pancasila yang tafsirnya sudah diberi batas oleh rezim. Pada era ini, 

rendahnya jaminan terhadap kebebasan pers memaksa pers untuk 

melakukan ekspansi dan diversifikasi produk (Utomo, 2016:118).  

Para pengamat mencatat sejak 1980an, pers Indonesia mengalami 

proses transformasi menjadi semakin terindustrialisasi. Dhanil 

Dhakidae berpendapat bahwa adanya konsentrasi kepemilikan media 

yang didorong oleh kekuatan negara dan pasar menyebabkan 

jurnalisme Indonesia di bawah Orde Baru menjadi “melemah secara 

politik” sejak 1975. Perusahaan-perusahaan media hanya 



34 
 

terkonsentrasi oleh segelintir elite yang berkuasa di Orde Baru. Hal 

tersebut kemudian menyebabkan adanya kontrol atas arus pemberitaan 

(Tapsell, 2018:44). 

Dalam buku yang sama, Krishna Sen dalam Ross Tapsell 

(2018:35) menyebutkan, bahwa “media telah menjadi penanda setiap 

transisi monumental dalam memori kehidupan” di Indonesia. Seperti 

misalnya, surat kabar menandai pergulatan nasionalisme pada era Orde 

Lama, lalu perkembangan radio dan televisi menandai era 

otoriterianisme Orde Baru. Pemerintah Orde Baru melanggengkan 

kuasanya melalui TVRI dan RRI pada saat itu ketika media cetak 

banyak yang diberedel.  

Hal ini senada dengan yang ditulis oleh Roy Thaniago (2015:21), 

monopoli informasi merupakan modus yang digunakan oleh Orde Baru 

dalam menyokong kekuasaan. Rezim Orde Baru sangat mengerti 

potensi informasi apa saja yang memungkinkan tumbuhnya kesadaran 

kritis masyarakat. Maka kemudian media cetak dikontrol secara ketat 

oleh Departemen Penerangan, dan TVRI menjadi stasiun televisi 

tunggal yang bersiaran di seluruh Indonesia hingga akhir dekade 

1980an.  

Pengendalian media massa oleh Orde Baru yang bersifat otoriter 

bukan semata-mata hanya untuk menguasai media-media tersebut. 

Lebih jauh dari itu, yakni untuk menguasai alam pikiran masyarakat 

yang kemudian hal tersebut dilakukan guna struktur negara yng 



35 
 

bersifat monopolistis dapat berjalan. Pada akhirnya dengan kata lain, 

baik mekanisme melalui struktur gelap, maupun pengendalian media 

massa, itu semua dimaksudkan untuk mengendalikan masyarakat 

(Siregar, 2000:179). 

Setiap media mempunyai pesannya masing-masing. Kemudian 

yang dicatat, yakni media digital di Indonesia tidak hadir dalam ruang 

hampa, melainkan kelanjutan dari perkembangan teknologi informasi 

dan komunikasi sebelumnya. Setelah terbukanya keran kebebasan pers 

di Indonesia setelah runtuhnya Orde Baru, para pemilik media 

kemudian berlomba-lomba menyajikan informasi sebanyak-

banyaknya, ada pula yang menyajikan sebuah informasi dengan begitu 

vulgar tanpa takut akan ancaman pembredelan.  

Kebebasan yang diberikan oleh pers juga diperkuat dengan adanya 

penyetujuan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers yang menggantikan 

UU No. 21 Tahun 1984. Di dalam UU yang baru tersebut, secara tegas 

dinyatakan mengenai dijaminnya kebebasan pers dan tidak adanya 

penyensoran, pemberedelan, dan lainnya. Bahkan juga ditiadakannya 

peran pemerintah untuk mengatur kehidupan pers tersebut (Susilastuti, 

2000:228).  

Selain itu, tak jarang pula yang mengembangkan sayap 

kepemilikan media lebar-lebar. Pelan-pelan para pemilik media ini 

mengakuisisi berbagai platform atau perusahaan media. Tak hanya satu 

platform, namun banyak platform media.  



36 
 

Wisnu Prasetya Utomo (2016:119-120) menulis, bahwa bisnis 

media ini bergerak dalam persaingan pasar yang semu. Konsentrasi 

kepemilikan media berada pada kelompok kepentingan lama di Orde 

Baru. Jurnalis bekerja dalam kondisi di mana berita-berita dijadikan 

pemilik media sebagai alat untuk meraih keuntungan. Dalam kondisi 

tersebut, wartawan tidak memiliki banyak wewenang dalam 

memutuskan kebijakan media. Posisinya yang bersifat professional 

menjadi rentan sehingga tidak memiliki daya tawar yang kuat dalam 

hubungan produksi. Hingga akhirnya, jurnalis menjadi teralienasi dari 

produk jurnalistik yang merek hasilkan. 

Dalam penelitiannya, Ross Tapsell mengidentifikasi dan 

membahas delapan konglomerat digital utama di Indonesia. Delapan 

konglomerat media tersebut, ialah Chairul Tanjung, Hary 

Tanoesoedibjo, Eddy Sariaatmadja, James Riady, Jacob Oetama, 

Aburizal Bakrie, Dahlan Iskan, dan Surya Paloh. Melihat 

kecenderungan berita multiplatform, perusahaan-perusahaan media 

cetak di Indonesia juga berebut membeli atau membuat platform 

berbasis penyiaran dan infrastruktur komunikasi. Di era digital, 

perusahaan menganggap mereka perlu mempunyai portofolio 

multiplatform karena memungkinkan adanya promosi lintas platform. 

Strategi ini dianggap memudahkkan mereka merayu para pengiklan 

dibading dengan perusahaan yang hanya mempunyai satu platform di 

pasar media (Tapsell, 2018:99). 



37 
 

Seperti contoh misalnya, Jawa Pos Group yang membentuk Jawa 

Pos News Network (JPNN). Kemudian merambah ke televisi dan radio 

sejak 2002, lalu telah memiliki 15 stasiun televisi local pada 2009. 

Jumlah ini naik menjadi 22 yang dibawahi perusahaan induk baru Jawa 

Pos Media Corporation pada 2014. Seperti yang dikutip oleh Ross 

Tapsell (2018:97), Dahlan Iskan berpendapat bahwa surat kabar masih 

akan bertahan sedikit lama tetapi ia memprediksi nantinya di masa 

depan, surat kabar hanya untuk satu kota.  

Salah seorang eksekutif KompasTV juga berpendapat demikian, 

bahwa konglomerasi multiplatform sangat penting, karena mereka 

akan tertinggal karena sirkulasi Koran Kompas semakin menurun. 

Publik sekarang lebih tertarik dengan media online dan audiovisual 

(Tapsell, 2018:98).  

Berkembangnya internet  di Indonesia telah mengubah lanskap 

media di Indonesia. Kendati di belahan lain internet sudah 

merontokkan banyak surat kabar dalam skala mondial. Ketika para 

media yang secara tradisional diakui telah mengembangkan (dan 

memantapkan) kualitas jurnalisme di ranah daring, ironisnya sebagian 

besar media di sini masih terus berkutat mencari pembaca melalui 

judul yang dibuat bombastis, semacam artikel cepat saji. Pada 

akhirnya, medium telah berubah, tetapi (semestinya) ia tidak 

mematikan jurnalisme yang berkualitas (Salam, 2016:ix). 

 



38 
 

B. Profil Surat Kabar 

1. JAWA POS 

Jawa Pos berdiri pada 1 Juli 1949 dengan nama awal, yakni 

Djawa Post. Djawa Post didirikan oleh The Chung Shen, 

seorang pegawai bagian iklan di sebuah bioskop di Surabaya. 

Kemudian Jawa Pos diambil alih oleh Eric FH Samola, 

Direktur Utama PT Grafiti Pers (penerbit majalah Tempo), dan 

menunjuk Dahlan Iskan untuk memimpin Jawa Pos. Dahlan 

Iskan menghidupkan kembali Jawa Pos yang waktu itu hampir 

mati dengan menjadikan surat kabar tersebut dalam kurun 

waktu 5 tahun oplah dapat mencapai 300.000 eksemplar dari 

yang sebelumnya, yaitu 6.000 eksemplar.  

Pada tahun 1992, Jawa Pos menjadi surat kabar ketiga 

terbesar di Indonesia dengan perkiraan sirkulasinya mencapai 

sekitar 350.000. Hill (2011:107) menyebutkan, Jawa Pos 

menjadi contoh bagaimana “putra daerah” berhasil merebut 

pasar nasional. Kemudian, Kelompok Jawa Pos membeli 

sejumlah saham beberapa media di daerah-daerah, seperti 

Manuntung di Balikpapan dan Cahaya Siang di Manado, 

kelompok Jawa Pos juga menjadi pemegang saham mayoritas 

harian Akcaya di Pontianak, Mercusuar di Palu, Fajar di 

Ujungpadang, Manado Post di Sulawesi Utara, Suara Maluku 

di Ambon, Suara Nusa di Mataram Lombok, Riau Pos di 



39 
 

Pekanbaru, Cendrawasih Post di Jayapura, Batam Post di 

Batam, Independent di Jambi, Palangkaraya Pos di Kalimantan 

Tengah, dan harian baru di Bengkulu (berdiri atas dukungan 

Surabaya Post, pesaing Jawa Pos) bernama Semarak. 

Ross Tapsell (2018:64) mencatat, keberhasilan Dahlan 

Iskan dalam merevitalisasi Jawa Pos yang berbasis di Surabaya 

pada tahun 1980an membuat perusahaannya, Grup Jawa Pos, 

meraup keuntungan sebesar AS$2,8 juta pada 1998. Model 

bisnis yang dilakukan oleh Dahlan Iskan adalah dengan 

membeli, membangun, dan merawat surat kabar lokal dengan 

biaya rendah.  

Di bawah kepemimpinan, Azrul Ananda, anak Dahlan 

Iskan, pada awal 2010, Jawa Pos Group berhasil menciptakan 

140 koran lokal di seluruh Indonesia. Jawa Pos Group kini 

menjadi konglomerat multiplatform dengan membentuk Jawa 

Pos News Network (JPNN). Kemudian jaringan ini sudah 

merambah ke televisi dan radio sejak 2002, lalu pada 2009 

telah memiliki 15 stasiun televisi lokal. Pada 2014, di bawah 

perusahaan induk baru Jawa Pos Media Corporation, jumlah ini 

lalu naik menjadi 22, yang meliputi beberapa perusahaan media 

lokal di beberapa provinsi, misalnya kelompok Fajar Media di 

Makassar (Tapsell, 2018:96).  

  



40 
 

2. KOMPAS 

 Kompas didirikan pada 1965 oleh beberapa jurnalis 

Katholik keturunan Cina dan Jawa. Melalui Partai Katholik, 

Kompas muncul sebagai upaya menyuarakan suara Katholik di 

tengah ramainya politik Indonesia periode 1960an. Kompas 

merupakan surat kabar harian pagi paling terkemuka dengan 

angka penjualan tertinggi di Indonesia, penjualan di tahun 1991 

tercatat sebesar 525.000, dan  edisi Minggu tercatat lebih dari 

50.000 (Hill, 2011:97).   

 Pada mulanya, Kompas diberi nama Bentara Rakyat. 

Menurut Frans Seda, nama ini diambil dari sebuah mingguan 

yang terbit di Flores pada 1946-1958, Bentara Katolik. Bentara 

bisa diartikan sebagai pembawa pesan. Nama Kompas baru 

pertama kali muncul ketika Frans Seda menghaadap Soekarno 

untuk melaporkan kesiapan penerbitan korannya (Sutamat, 

2012:20). 

 Kompas dilahirkan dalam situasi sejarah ketika “politik 

menjadi panglima”. Saat itu partai politik diakui sebagai satu-

satunya organisasi sosial yang diijinkan untuk menyalurkan 

aspirasi politik masyarakat. Oleh karenanya, setiap surat kabar 

yang terbit pada saat itu diharuskan untuk berafiliasi dengan 

salah satu parpol, dan Kompas memilih untuk merapat dengan 



41 
 

Partai Katolik yang dipimpin oleh IJ. Kasimo pada saat itu 

(Mallarangeng, 2010:51). 

 Ben Anderson memberi label kepada Kompas sebagai 

koran Orde Baru sejati. Hal ini lantaran Kompas menjunjung 

tinggi kehati-hatian dan secara sadar memilih menjadi moderat 

setiap kali mengulas masalah-masalah politik sensitif. Kompas 

lolos dari banjir beredel pada tahun 1970an (Hill, 2011:98). 

 Pada saat peristiwa Gerakan 30 September PKI (G30S) 

pada 1965, Papelrada (Penguasa Pelaksan Perang Daerah) 

memerintahkan untuk menutup beberapa surat kabar, termasuk 

Kompas, yang dikhawatirkan akan menambah “kebingungan” 

masyarakat atas situasi politik saat itu, atau akan memihak PKI 

pda 1 Oktober. Namun, lima hari kemudian, pada 6 Oktober, 

Kompas diberi izin untuk terbit kembali (Mallarangeng, 

2010:52). 

 David T. Hill (2011:99) menambahkan, di bawah 

kepemimpinan Jakob Oetama, pada kurun waktu 1980-an 

Kompas menerapkan berbagai strategi diversifikasi bisnis serta 

aneka penanaman modal secara besar-besaran. Imperium 

tersebut dinamakan Kelompok Kompas-Gramedia . Pada awal 

1990an, Kompas-Gramedia memiliki 38 anak perusahaan yang 

saling berkelindan. Jakob Oetama tetap duduk di kursi 

pimpinan imperium tersebut dan membuatnya masuk sebagai 



42 
 

urutan ke-120 dalam daftar pembayar pajak pribadi terbesar 

pada tahun 1991. Pada 1989, Kompas berhasil mengambil 26,8 

persen porsi iklan seluruh surat kabar di Indonesia, yakni 

sekitar Rp. 50.258 juta dan diperkirakan naik hingga 32,2 

persen di tahun 1993.  

 Surat kabar terbesar di Indonesia, Kompas, memiliki 

kemitraan jangka panjang dengan saya penerbitannya, yakni 

Gramedia yang juga mendominasi pasar buku di Indonesia. 

Seperti halnya dengan Jawa Pos Group, Kompas Group 

membangun koran lokal harian dengan nama depan Tribun. 

Pada tahun 2015 dalam pasar media, situs berita daringnya, 

kompas.com memiliki sekitar 450 jurnalis dan berada di posisi 

kedua di belakang detik.com. Tahun 2007, sebagian besar 

saham di TV-7 dijual kepada Chairul Tanjung dan mendirikan 

staisun televisi sendiri, yakni KompasTV pada 2008 (Tapsell, 

2018:97-98).  

 Dikarenakan budaya jurnalisme cetaknya sudah lama 

mapan, para jurnalis dan editor Kompas enggan 

menggabungkan kerjanya dengan televisi dan lini daring 

perusahaan. Pendapatan utama bisnis Kompas Group yaitu 

surat kabar hariannya yang beroplah sekitar 500.000 eksemplar 

pada 2014 (Tapsell, 2018:99).  

  



43 
 

3. REPUBLIKA 

 Republika terbit pertama kali pada Januari 1993. Surat 

kabar harian ini hadir menjawab tantangan yang dilontarkan 

para partisipan dalam seminar ICMI (Ikatan Cendekiawan 

Muslim Indonesia) pada 1991. Terbitnya Republika ini 

dipelopori oleh ICMI melalui Yayasan Abdi Bangsa yang 

diketuai Menteri Riset dan Teknologi, B.J. Habibie dan 

dimiliki oleh PT. Abdi Bangsa. Berkat dukungan dari ICMI 

pula, SIUPP segera didapatkan oleh Republika tanpa kendala 

yang berarti (Hill, 2011:155).  

 Dalam menjalankan usahanya untuk menciptakan surat 

kabar yang “berkualitas”, Republika menggalang sejumlah 

intelektual dan jurnalis Islam liberal paling berpengaruh di 

negeri ini. Dalam memilih liputan peristiwa dan masalah yang 

diangkat, Republika tergolong sekuler. Meski demikian, harian 

ini secara ideologis menginformasikan nilai-nilai Islami 

layaknya Kompas atau Suara Pembaruan dengan muatan 

Kristianinya (Hill, 2011:155). 

 Dana awal yang dimiliki oleh Republika yakni dari 

sejumlah pengusaha Muslim. Supaya harian Republika ini 

dapat menghindari kegagalan menajerial, beberapa tokoh 

seperti Tanri Abeng, eksekutif nomor satu dari Bakrie Brothers 

dan anggota dewan perusahaan produsen minuman keras Multi 



44 
 

Bintang Indonesia memberikan bimbingan manajerial kepada 

harian ini. ICMI memegang lima puluh satu persen saham 

perusahaan ini, sementara 20 persen sisanya dimiliki karyawan, 

seperti yang telah diatur oleh peraturan SIUPP (Hill, 2018:156-

157). 

 Ross Tapsell (2018:106) mencatat, pada 2001 Republika 

dibeli oleh seorang pengusaha, yaitu Erick Thohir. Setelah itu 

Thohir juga membeli media berbahasa Mandarin, Harian Sin 

Chew Indonesia serta majalah-majalah olahraga dan gaya hidup 

lainnya, kemudian mendirikan perusahaannya, yakni Mahaka 

Group. Erick Thohir juga memiliki saham Visi News Asian 

milik Bakrie Group, hal ini membuat portofolio media 

miliknya terhubung dengan sebuah konglomerat digital.  

 Banyak yang mempertanyakan Thohir sebagai pemilik 

Republika. Banyak kalangan Islam memandang Thohir sebagai 

simbol yang sebenarnya dilawan oleh media Islam di 

Indonesia, yaitu raja media yang kapitalis, sekuler, kosmopolit. 

Meskipun demikian, dengan adanya koneksi bisnis yang 

dimilikinya, Thohir tetap mampu membuat Republika bertahan 

di era digital. Republika bergerak membuat stasiun televisi 

kabel, Alif TV, melalui Transvision, membangun ROL 

(Republika Online), dan mempunyai konten video di YouTube 

(Tapsell, 2018:107). 


