
66 
 

BAB IV 

AL JAZEERA DALAM KRISIS HUBUNGAN DIPLOMATIK ARAB 

SAUDI-QATAR TAHUN 2017 

Al Jazeera bukan hanya sebagai media berita yang memiliki ruang lingkup 

regional bahkan internasional, tetapi juga media berita yang punya pengaruh 

terhadap berbagai aspek.  Al Jazeera membawakan politik ke dalam ruang televisi 

publik dan memengaruhi opini mereka. Bahkan Al Jazeera juga telah mampu 

berpengaruh terhadap dinamika politik regional Timur Tengah, seperti yang telah 

dibahas dalam bab II. Dalam fenomena sosial dan politik di wilayah Timur Tengah 

paling tersorot di dunia, yaitu Arab Spring, Al Jazeera hadir di dalamnya dan 

memiliki intensi tersendiri. Bahkan bisa dikatakan Al Jazeera, yang merupakan 

media berita, yang telah mendorong terjadinya Arab Spring dengan cara mereka 

sendiri. Hal ini bisa dikatakan karena Al Jazeera menjadi media berita pertama dan 

satu-satunya di region yang meliput peristiwa besar tersebut, sehingga publik yang 

butuh informasi terkait Arab Spring akan menyaksikan dan membaca liputan dari 

Al Jazeera. Selain itu, Arab Spring ternyata juga memiliki dampak yang signifikan 

terhadap dinamika politik domestik negara-negara di Timur Tengah yang mana 

hasilnya ialah tumbangnya beberapa rezim negara-negara Timur Tengah dan 

digantikan dengan rezim lainnya. Selain itu fenomena revolusi Arab ini telah 

berdampak pula pada hubungan politik regional antar negara, sebagaimana Al 

Jazeera pun memberikan dampak pada dinamika politik level regional ini. Bahkan 

berdampak terhadap hubungan diplomatik antara Qatar dan Arab Saudi yang 

renggang. Sehingga dalam hal ini baik Al Jazeera maupun Arab Spring keduanya 

berdampak pada hubungan kedua negara tersebut. Dalam hal ini apakah bisa 



67 
 

dikatakan Al Jazeera memiliki perannya sendiri dalam kerenggangan hubungan 

kedua negara bertetangga tersebut? Apakah bahkan berperan mengeskalasi konflik 

keduanya hingga terjadi pemutusan hubungan diplomatik tahun 2017 oleh Arab 

Saudi terhadap Qatar? Bab IV ini akan berusaha untuk menjawab pertanyaan-

pertanyaan tersebut dan menjadi bab inti dari penelitian ini. Namun, sebelum secara 

gamblang menjawab pertanyaan tersebut, akan dipaparkan bagaimana bentuk posisi 

baik Al Jazeera maupun Arab Saudi dan Qatar. 

A. Peran Al Jazeera dalam Arab Spring dan Ancaman bagi Arab Saudi 

Seperti yang sudah disebut di atas, bahwa Al Jazeera ialah aktor politik yang 

pada momentumnya ikut terlibat sebagai aktor yang berpengaruh terhadap 

dinamika politik di Timur Tengah. Termasuk pada peristiwa besar seperti Arab 

Spring. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada peran Al Jazeera di dalamnya. Al Jazeera 

telah menjadi saksi mata bahkan menjadi bukti (melalui rekaman) bagaimana Arab 

Spring dimulai dan bagaimana gambaran keresahan masyarakat terhadap rezim 

yang otoriter memuncak. Memang benar bahwa tuntutan sosial adalah akar dari 

musim semi Arab, karena protes pertama di Tunisia dimulai dengan alasan sosial 

dan pada awalnya dipimpin oleh serikat pekerja setempat. Namun, aspek politik 

revolusi kemudian muncul, dengan tuntutan yang jelas yaitu untuk menggulingkan 

rezim. Slogan utama dalam Arab Spring tersebut (‘Rakyat ingin menggulingkan 

rezim’), yang dirumuskan pada tahap awal revolusi Tunisia, dengan cepat 

menyebar ke Mesir, Libya, Yaman, dan Suriah. Dalam situasi seperti ini, Al Jazeera 

telah hadir untuk siap melaporkan kepada dunia bagaimana kondisi di dunia Arab 

sebenarnya. Jurnalis dan penerjemah Mohammed Lemine mengatakan bahwa 



68 
 

dengan adanya kehadiran Al Jazeera sangat berperan tidak hanya dalam segi 

melaporkan kisah tersebut tetapi juga, yang lebih penting, mempertahankannya 

(Abdelmoula, 2015, hal. 141). 

Media-media arus utama di Timur Tengah tidak mampu untuk mengover 

isu ini baik karena kurangnya pengetahuan tentang media berita yang objektif 

maupun terkendala izin dari negara asalnya. Al Jazeera yang dari awal telah 

mendeklarasikan sebagai media berita independen, memiliki posisi yang strategis 

dalam hal mampu ikut terlibat dalam pertarungan publik terhadap ketidakadilan 

dengan cara meliputnya dan menyiarkan ke seluruh dunia. Termasuk 

keterlibatannya secara langsung pada hiruk pikuk gerakan revolusi Arab 2011. 

Dalam hal ini Al Jazeera telah membuktikan bahwa keberpihakannya kepada publik 

adalah mutlak dan membuktikan pula bahwa Al Jazeera punya pengaruh terhadap 

opini publik. 

1. Agenda-Setting Al Jazeera soal Isu Revolusi Arab 2011 

Sebagai media berita yang telah menisbatkan diri pada publik dan segala 

perjuangannya, fenomena Arab Spring perlu dilihat dari bagaimana Al Jazeera 

terlibat dalam peristiwa tersebut. Hal ini bisa dilihat dengan bagaimana partisipasi 

Al Jazeera untuk mengover isu revolusi Arab ini yang kemudian disebarkan baik 

dalam bentuk siaran televisi maupun dalam bentuk tulisan berita di situs berita 

resminya. Beberapa program televisi Al Jazeera pada masa Arab Spring banyak 

mengarahkan pemberitaannya pada peristiwa tersebut, tidak terkecuali berita yang 

dirilis di situs berita resmi Al Jazeera yang berbahasa Arab, Aljazeera.net. 



69 
 

Berikutnya dari tulisan ini akan melihat seberapa besar partisipasi dan peran Al 

Jazeera dalam isu revolusi Arab 2011 ini.  

Seperti yang telah dijelaskan pada bab II, melalui program-program televisi, 

Al Jazeera memiliki tujuan yaitu meliberalisasi media tradisional di Timur Tengah 

untuk menjadi sumber informasi tentang politik bagi publik yang tabu jika 

membicarakan soal itu. Dalam hal ini, pembicaraan terkait politik mendapatkan 

porsi yang banyak pada siaran Al Jazeera terlihat dari program politiknya seperti 

yang telah dijelaskan pada bab II. Dalam bentuk siaran televisi, Al Jazeera memiliki 

beberapa program televisi yang secara khusus membahas politik bahkan satu 

program khusus yang membahas terkait isu revolusi. Program-program tersebut 

ialah The Opposite Direction, Without Borders, In the Depth, dan satu program 

khusus tentang revolusi yaitu Talk of the Revolution. Berdasarkan data yang 

dirangkum oleh Sam Cherribi dalam bukunya yang berjudul “Friday of Rage: Al 

Jazeera, The Arab Spring, and the Political Islam”, Cherribi mengungkapkan 

bahwa pada rentang tahun 2011-2012 (yaitu pada masa peristiwa Arab Spring 

muncul dan menyita perhatian dunia), keempat program tersebut di atas banyak 

membahas soal isu Arab Spring. Untuk The Opposite Direction, program ini 

tercatat sebanyak 53 episode, dari total 71 episode yang tayang pada periode 2011-

2012, yang membahas Arab Spring dalam rentang waktu hanya satu tahun. Bukan 

hanya itu, isu Arab Spring juga dibahas pada program televisi Al Jazeera lainnya. 

Seperti Without Borders yang tercatat menayangkan 44 episode dari total 73 

episode yang tayang, In the Depth sebanyak 53 episode dari total 76 episode, dan 

terakhir Talk of the Revolution tercatat paling banyak yaitu ada 223 episode dari 

total 305 episode (Cherribi, 2017, hal. 28). Untuk jadwal penayangan program-



70 
 

program tersebut, The Opposite Direction,Without Borders,dan In the Depth, 

tayang dengan jadwal mingguan, sehingga setiap minggu hanya tanyang satu 

episode. Berbeda dengan program Talk of the Revolution, program ini tayang setiap 

hari pada periode 2011-2012, bahkan sampai tayang sebanyak dua kali atau lebih 

dalam satu hari. Jika ditotal secara keseluruhan, selama periode waktu 2011-2012 

Al Jazeera telah membahas isu soal revolusi Arab 2011 dalam 373 episode. 

Intensitas pembahasan isu revolusi Arab oleh Al Jazeera ini  membuat isu revolusi 

dan peristiwa Arab Spring menjadi isu publik yang wajar diperbincangkan di 

tengah-tengah masyarakat. Setidaknya, dalam hal ini, Al Jazeera telah menantang 

kultur tradisionalisme di Timur Tengah kala itu yang membungkam isu 

kontroversial terkait politik tersiar ke tengah-tengah masyarakat. Berikut beberapa 

contoh judul dari tayangan keempat program tersebut periode tahun 2011-2012. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



71 
 

Tabel 6. Judul Episode di Program Televisi Al Jazeera Tahun 2011-2012 

Nama Program No. Judul Episode6 Tanggal Penayangan 

The Opposite Direction 

1 Arab Peoples are Revolting 11 Januari 2011 

2 Lebanon and Syrian Revolution 08 November 2011 

3 
Keeping the Flames of 

Revolutions Burning 
29 November 2011 

4 
A Special Episode of Arab 

Revolutions  
03 Januari 2012 

5 A Year of Egyptian Revolution 24 Januari 2012 

Without Borders 

1 
The Future of the Syrian 

Revolutions 
05 Oktober 2011 

2 
The Role of Women in Arab 

Revolutions 
12 Oktober 2011 

3 

The Impact of the Arab 

Revolutions on the Palestinian 

Cause 

01 Februari 2012 

4 
Challenge Facing the Libyan 

Revolution 
15 Februari 2012 

5 
The Impact of Arab Revolutions 

on Central Asian Muslims 
26 September 2012 

In the Depth 

1 
 Reason for the Start of Tunisian 

Revolution 
24 Januari 2011 

2  Yemen: The Edge of Revolution 19 September 2011 

3  The League of Arab Revolution 06 Februari 2012 

4  Reform and the Arab Spring 14 Mei 2012 

5 
 Democracy in the Arab Spring 

Countries 
30 Juli 2012 

Talk of the Revolution 

1 
The Course of Revolutions and 

the Role of the Working Class 
01 Mei 2011 

2 
Developments of the Yemeni 

and Libyan Revolution  
25 Juni 2011 

3 The Revolution in Tunisia  21 Juli 2011 

4 The Arab Revolutions 14 Januari 2012 

5 

The Syrian Revolution between 

the Deficit of Observers and the 

Difference of the Opposition 

17 Juli 2012 

 

                                                           
6 Judul-judul episode dari program televisi Al Jazeera tersebut diterjemahkan dari bahasa Arab. 

Sumber: aljazeera.net. Diakses pada tanggal 08 Oktober 2019. 



72 
 

Tidak hanya disiarkan melalui televisi, Al Jazeera juga mengover isu 

revolusi Arab ini melalui situs berita online-nya. Ada sangat banyak berita yang 

dirilis oleh Al Jazeera terkait Arab Spring, berikut merupakan beberapa contoh 

judul berita oleh Al Jazeera dari tahun 2011-2012, yang diambil melalui situs resmi 

Al Jazeera7.  

Tabel 7. Judul Berita di Situs Al Jazeera Versi Arab selama tahun 2011-2012 

No. Judul Berita Tanggal Rilis 

1 Arab Popular Welcome to the Tunisian Revolution  16 Januari 2011 

2 The Joy of Arab Popular Mubarak Departure 12 Februari 2011 

3 
Arab Appreciation of the Revolution of the 

Egyptian People  
12 Februari 2011 

4 The Revolution Takes the Arabs to New Stage 14 Maret 2011 

5 Tahrir Square Uttered the Arab Revolution 03 April 2011 

6 The Revolution of the Arabs and Turkey 07 Mei 2011 

7 Arab and Turkish Revolutions 07 Juli 2011 

8 Syrian Kurds with the Revolution 06 September 2011 

9 Arab Revolutions Inspire the World’s Youth 05 Oktober 2011 

10 Haniyeh: Arab Spring Gave Victory to Gaza 22 November 2011 

11 Tunisia: First Year of Revolution 14 Januari 2012 

12 Sectarianism May Abort Arab Revolutions 29 Januari 2012 

13 A Year After Syrian Revolution 15 Maret 2012 

14 Syria National Revolution or Global Jihad? 18 Juni 2012 

15 725 Palestinians Killed in Syria since Revolution 10 Desember 2012 

  

Selama Al Jazeera meliput peristiwa Arab Spring, Al Jazeera menunda 

program-program rutinnya agar biasa menayangkan siaran berita langsung dan 

wawancara terkait dengan peristiwa tersebut. Al Jazeera tidak hanya meliput satu 

peristiwa revolusi saja, tetapi terus beralih dari satu revolusi ke revolusi yang 

                                                           
7 Judul-judul berita diterjemahkan dari bahasa Arab dan diambil melalui aljazeera.net. Diakses 

pada 10 Oktober 2019. 



73 
 

lainnya tanpa jeda. Sehingga tayangan Al Jazeera tiap harinya selama Arab Spring 

telah dipenuhi dengan topik revolusi Arab. Bukan hanya program televisi dan 

tulisan berita, sebagai bentuk partisipasi aktif dalam isu revolusi Arab ini, Al 

Jazeera bahkan membuat sebuah saluran televisi khusus yaitu Al Jazeera 

Mubasheer Misr (AJMM). AJMM ini  khusus menayangkan berita langsung terkait 

revolusi yang terjadi di Mesir, yang mana diluncurkan pada tahun 2011 bertepatan 

dengan munculnya fenomena Arab Spring. Saluran televisi khusus ini 

menayangkan siaran langsung mengenai apa yang terjadi di Mesir terlebih saat 

terjadinya demonstrasi di Mesir. Selain itu, selama Arab Spring liputan Al Jazeera 

banyak diisi wajah-wajah para demonstran yang menyatakan tuntutan mereka 

kepada dunia. Para demonstran dan kaum revolusioner dalam aksi massa tersebut 

senang dengan kehadiran media yang berani seperti Al Jazeera, apalagi di tengah 

kontrol ketat pemerintah terhadap media untuk meliput peristiwa tersebut. Mereka 

bahkan memanfaatkan Al Jazeera untuk menjangkau dan memobilisasi orang-orang 

dari kalangan mereka (Hroub, 2011). Arab Spring yang merupakan peristiwa 

pemberontakan rakyat terhadap rezim otoriter yang korup dan menindas pada 

akhirnya menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia bahkan telah 

mengejutkan hampir semua orang. Tidak lain dan tidak bukan, hal ini karena 

pengaruh Al Jazeera yang telah menjadi suara bagi orang-orang yang tidak pernah 

didengar suaranya di seluruh Timur Tengah. 

Perjuangan Al Jazeera untuk bisa meliput demonstrasi yang terjadi selama 

masa Arab Spring patut dilihat intensinya sebagai bentuk partisipasi aktif Al Jazeera 

dalam isu tersebut. Al Jazeera mengakui bahwa selama terjadi Arab Spring 

pemerintah di beberapa negara – contohnya Tunisia dan Mesir – menutup biro 



74 
 

mereka sehingga tidak akan ada  berita baik di tulisan maupun tayangan televisi 

yang muncul membahas terkait isu tersebut. Tetapi ternyata publik lebih pintar 

ketimbang para penguasa. Aktivitas daring oleh publik selama masa tersebut telah 

membantu Al Jazeera mendapatkan rekaman kejadian baik berupa foto maupun 

video sehingga Al Jazeera masih tetap bisa menampilkan apa yang terjadi. Para 

pemuda demonstran mengunggah foto dan video yang memperlihatkan beberapa 

potongan kejadian seperti pasukan keamanan pemerintah sedang menembaki massa 

demonstrasi damai, tubuh orang terluka bernoda-noda darah di jalan-jalan dan 

rumah sakit, bahkan tubuh orang yang mati (Sultan, 2013). Inilah yang kemudian 

menjadi bahan bagi Al Jazeera sehingga masih tetap bisa mewartakan ke publik 

terkait demonstrasi selama Arab Spring meskipun biro mereka ditutup. Termasuk 

yang terjadi pada awal mula Arab Spring, yaitu di Tunisia. Bakar diri secara 

dramatis dari Mohammad Boazizi – seorang pedagang buah – di Sidi Bouzid, 

Tunisia, pada awalnya tidak dilaporkan oleh media mana pun, karena sekali lagi 

semua media ditutup oleh pemerintah. Barulah ketika foto-foto bakar diri itu 

diunggah ke media sosial, topik tersebut mencuat ke permukaan dan menjadi bahan 

pembahasan di media, terutama Al Jazeera (Sultan, 2013). 

Pada permulaan revolusi Tunisia, yang memulai peristiwa Arab Spring di 

Timur Tengah, Al Jazeera telah menyiarkan rekaman video pembakaran diri 

Mohammad Boazizi, yang kala itu terjadi pada 17 Desember 2010 (Britannica, 

2018). Ini merupakan bentuk protes Boazizi, bersama dengan sekelompok pelaku 

protes lainnya, mengenai ketidakadilan yang ia rasakan terhadap pemerintah. 

Pemerintah yang korup dan tidak menyediakan lapangan kerja yang cukup, serta 

tindakan represif aparat adalah alasan tindakan tersebut terjadi. Sontak kejadian itu 



75 
 

menyadarkan dan membuat amarah masyarakat Tunisia, hingga memunculkan 

demonstrasi masyarakat pada 18 Desember yang menuntut turunnya rezim Ben Ali, 

Presiden Tunisia kala itu. Al Jazeera kemudian dengan berani membuat peristiwa 

demonstrasi tersebut sebagai topik dalam siaran televisinya, terlebih saluran televisi 

Al Jazeera versi Arab. Sehingga publik Arab bisa melihat apa yang terjadi dengan 

saudara-saudaranya. 

Terinspirasi gerakan tersebut, negara-negara Arab lain kemudian mengikuti 

pola yang sama yaitu adanya protes dengan pembakaran diri dan berdemonstrasi 

turun ke jalanan beramai-ramai. Salah satunya ialah Mesir yang pada bulan Januari 

2011 (Britannica, 2019). Al Jazeera dalam hal ini, bisa dikatakan, berperan penting 

dalam menginspirasi gerakan revolusi di negara lain. Jika tidak ada media, dalam 

hal ini Al Jazeera, demonstrasi masyarakat yang membela Boazizi mungkin tidak 

ada. Bahkan jikalau media gagal membawa cerita pembakaran diri tersebut dari 

sudut pandang keresahan Boazizi ke khalayak publik, aksi pembakaran diri Boazizi 

tersebut mungkin akan teredam dan narasi yang muncul adalah hal tersebut adalah 

tindakan masyarakat yang mencoba melawan pemerintah. Al Jazeera membuat 

pembakaran diri oleh Boazizi itu menjadi memiliki cerita yang hidup, jika cerita itu 

mati dan bahkan tidak ada upaya untuk menghidupkannya, niscaya revolusi Arab 

pun akan mati sebagai akibatnya (Oifi, 2005, hal. 141). Matinya revolusi Arab pun 

kemudian akan mematikan harapan masyarakat untuk menyuarakan keinginan 

mereka dan harapan memiliki pemerintah yang lebih baik serta peduli terhadap hak-

hak mereka. 



76 
 

Berbicara terkait demonstrasi di Mesir, Al Jazeera memang lebih banyak 

dan lebih siap meliput kejadian Arab Spring di negara tersebut. Hal ini dibuktikan 

dengan adanya saluran Al Jazeera Mubasher yang khusus membahas fenomena 

revolusi Arab di Mesir,  dan bahkan mengirim reporternya dikerahkan ke lapangan 

sebelum demonstrasi pertama terjadi dengan jumlah reporter yang banyak. 

Terutama demonstrasi yang terjadi di Tahrir Square, Mesir (Abdelmoula, 2015, hal. 

149). Kepala biro Al Jazeera di Kairo saat itu, Abel Fattah Fayed, mengatakan 

bahwa biro Al Jazeera di Kairo tersebut sudah ditutup oleh pasukan polisi dari 

Hosni Mubarak, Presiden Mesir kala itu, pada tanggal 30 Januari 2011. Wartawan 

dan reporter Al Jazeera diusir dari biro tersebut dan pemerintah Mesir juga menyita 

kartu pers mereka.  Hal ini dilakukan agar pemerintah kembali memiliki kendali 

terhadap berita yang muncul dan tersiar ke publik selama demonstrasi berlangsung. 

Meskipun biro Al Jazeera tersebut ditutup, Al Jazeera masih tetap bisa menyiarkan 

berita tentang demonstrasi yang terjadi di Kairo, Mesir. Hal ini kemudian disadari 

oleh pihak pemerintahan Mesir kala itu sehingga pihak kepolisian menjelajahi kota 

berusaha melacak kamera video Al Jazeera, bahkan memeriksa toilet di biro Al 

Jazeera Kairo untuk memastikan adakah kamera tersembunyi yang terpasang di 

sana. Fayed mengatakan bahwa meskipun Al Jazeera kesulitan untuk merekam 

kejadian demonstrasi di Tahrir Square, para pengunjuk rasa bertindak sebagai 

koresponden dan reporter tidak resmi Al Jazeera dengan mengunggah foto-foto atau 

video-video yang berkaitan dengan demonstrasi saat itu di media sosial mereka, 

sama hal seperti yang tejadi di Tunisia. Rekaman melalui foto maupun video 

tersebut menjadi bahan bagi Al Jazeera untuk tetap menyiarkan perkembangan 

yang terjadi selama Arab Spring di Mesir dengan menambahkan narasi yang 



77 
 

menarik.  Kawasan Tahrir Square telah menjadi biro berita dengan dukungan 

warga. Ruang redaksi seolah pindah dari gedung perkantoran ke jalan-jalan di 

kawasan Tahrir Square bersama para pengunjuk rasa (Cherribi, 2017, hal. 127). 

Tidak hanya bekerja sama dengan warga para pengunjuk rasa, Al Jazeera juga 

memutuskan untuk mencabut logo yang menempel pada peralatan mereka dan terus 

bekerja (Sultan, 2013). 

Melalui kisah-kisah ini, dapat diakui bahwa Al Jazeera sangat berkomitmen 

dalam menjalankan tugasnya menjadi corong bagi aspirasi publik. Terlebih Al 

Jazeera dalam hal ini membuat liputan dengan sudut pandang demonstran baik itu 

dari sisi masyarakat sipil, oposisi, maupun kelompok-kelompok Islamis dalam 

demonstrasi tersebut. Ketika di Tunisia Al Jazeera banyak menayangkan liputan 

berita yang didapat dari kamera demonstran, di Mesir, Al Jazeera berani 

menayangkan liputan demonstran berupa gambar-gambar kerumunan orang yang 

marah dan kamar mayat beserta korban tindakan represif keamanan dari Mesir yang 

dipenuhi oleh darah (Miles, 2011). Selama Arab Spring di Mesir, Al Jazeera juga 

banyak memberikan ruang dalam liputan serta panggung siaran bagi Ikhwanul 

Muslimin (Qassemi, 2012), yaitu kelompok Islamis yang keras suaranya saat 

demonstrasi besar-besaran di Mesir.  Al Jazeera juga tidak ingin kehilangan momen 

di mana publik akhirnya punya kesempatan mengisi ruang-ruang partisipasi publik 

dalam sosial dan politik yang kosong karena kontrol ketat pemerintah. Sebagaimana 

kesempatan mengisi ruang kosong partisipasi publik tersebut telah menjadi cita-cita 

Al Jazeera sejak kelahirannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada dukungan-

dukungan dari Al Jazeera terhadap fenomena Arab Spring tersebut. Setelah 15 

tahun sejak kelahiran Al Jazeera, media berita ini telah membuka ruang partisipasi 



78 
 

publik yang tertutup dan akhirnya publik memiliki peluang dan keberanian untuk 

mengisi ruang kosong itu melalui momentum Arab Spring. 

Satu hal yang tak boleh luput ialah, publik tidak akan tahu dan bereaksi atas 

permasalahan sosial dan politik tanpa adanya pengetahuan soal hal tersebut, yang 

pada akhirnya berani diungkapkan oleh Al Jazeera kepada publik. Al Jazeera dalam 

merespons akar masalah pada Arab Spring  juga dengan menyediakan ruang diskusi 

membahas topik tersebut melalui program televisinya dengan format debat dan 

bincang-bincang.  Dalam hal ini Al Jazeera telah membuka ruang pendidikan soal 

sosial maupun politik kepada publik. Hal ini merupakan bentuk dari tujuan Al 

Jazeera dalam mencerahkan publik soal sosial dan politik, yang mana pada 

momentumnya membawa publik untuk lebih peka terhadap kondisi sosial bahkan 

politik mereka sendiri. Al Jazeera menyajikan dalam program-program bincang-

bincangnya laporan-laporan dari organisasi hak asasi manusia seperti Amnesty 

Internasional, Human Rights Watch, Rporters sans frontières, tentang hak-hak 

masyarakat Arab yang harusnya terpenuhi. Layanan ini sangat penting dalam 

rangka melengkapi pengetahuan publik dan meningkatkan kesadaran mereka 

tentang berbagai macam pelanggaran hak asasi manusia di dunia Arab. Kemudian 

pada momentumnya, yang dilakukan oleh Al Jazeera tersebut mampu membentuk 

opini publik dan mendorong publik juga ikut berpartisipasi menciptakan perubahan 

untuk kehidupan mereka sendiri, seperti yang dilakukan publik selama Arab Spring 

berlangsung. Membawa politik dan debat politik ke dalam ruang visual adalah salah 

satu blok bangunan dari sebuah kesadaran politik baru (Abdelmoula, 2015, hal. 

141-142). Sama hal dengan membawa urusan sosial ke dalam televisi yang 

kemudian akan menimbulkan kepekaan sosial publik. 



79 
 

Dari berbagai bentuk aktivitas yang dilakukan oleh Al Jazeera demi mampu 

mengover isu revolusi Arab tersebut dan menyiarkan ke publik secara luas, bisa 

dilihat bahwa Al Jazeera memiliki misi sendiri. Sebagaimana pendapat Steven 

Livingston, media (dalam hal ini seperti Al Jazeera) mampu menjalankan peran 

sebagai agenda-setting agent, yang mana media berita memberikan porsi besar 

dalam liputan dan tayangannya terhadap isu-isu yang dianggap penting oleh media 

tersebut, kemudian isu tersebut menjadi sorotan publik – mencuri perhatian publik,  

dan pada momentumnya publik melakukan suatu aksi dalam menanggapi isu 

tersebut. Dari definisi tersebut, bisa dikorelasikan dengan apa yang dilakukan Al 

Jazeera dalam hal isu Arab Spring. Al Jazeera sangat memberikan ruang kepada isu 

revolusi Arab dalam fenomena Arab Spring 2011. Hal ini dibuktikan dengan 

tayangan dalam program-program televisi Al Jazeera dan liputan berita di situs 

resmi aljazeera.net didominasi oleh topik tentang demonstrasi dan gerakan revolusi 

Arab yang terjadi selama masa Arab Spring. Senada dengan apa yang diungkapkan 

oleh Livingston, penekanan media berita terkait suatu isu menyiratkan bahwa 

sebuah isu dinilai penting oleh media tersebut yang pada momentumnya juga akan 

dianggap penting oleh publik sebagai konsumen dari tayangan dan tulisan berita 

tersebut. Dalam hal ini Al Jazeera menganggap bahwa isu revolusi Arab adalah isu 

penting yang penting untuk disebarkan ke publik secara luas. Semisal apa yang 

dilakukan oleh Al Jazeera dalam mengover dari kejadian protes pembakaran diri 

Mohammad Boazizi hingga demonstrasi di Tunisia. Bagi Al Jazeera yang memiliki 

cita-cita sebagai “Voice of Voiceless” (Al-Jazeera, 2019), isu tersebut penting 

untuk disebarkan kepada khalayak sebagai bentuk mendukung adanya partisipasi 

publik terhadap isu-isu sosial dan politik, bahkan ekonomi, yang mana sebelumnya 



80 
 

itu hanya menjadi urusan pemerintah. Hal ini juga dibuktikan dengan bagaimana 

reporter Al Jazeera sangat berjuang dan berupaya demi bisa meliput demonstrasi 

masyarakat yang menjadi tanda meningkatnya kesadaran dan partisipasi publik 

terhadap isu-isu yang dikatakan tabu di wilayah tersebut. Pada momentumnya, isu-

isu yang ditekankan oleh Al Jazeera akan juga menjadi isu penting bagi publik. Hal 

ini yang kemudian bisa dibuktikan dengan menjalarnya aksi protes dari Tunisia ke 

negara-negara lain di Timur Tengah. Sehingga dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa 

Al Jazeera telah menjalankan peran media sebagai agenda-setting agent pada 

peristiwa Arab Spring. 

2. Arab Spring dan Al Jazeera: Ancaman bagi Arab Saudi 

Arab Saudi termasuk dalam sekelompok kecil negara di Timur Tengah yang 

tidak terkena dampak signifikan dari Arab Spring. Bukan karena tidak ada upaya-

upaya dari publik Arab Saudi untuk bisa menuntut pemerintah mereka, tapi karena 

pemerintah Arab Saudi cukup pandai meredam ‘berisik’ dari para demonstran. 

Protes yang dilakukan massa di Arab Saudi mungkin berbeda dengan massa Arab 

Spring  di negara lain. Tuntutan dari para demonstran sangat beragam. Ada yang 

menuntut agar Arab Saudi membebaskan tahanan politik yang tidak bersalah, 

menuntut hak perempuan, protes terhadap pemerintah yang korup, protes terhadap 

pengangguran, protes terhadap perlakuan anti-Syiah, dan lain sebagainya. Protes 

tersebut dimulai pada Januari 2011 ditandai dengan protes bakar diri seorang lelaki 

paruh baya berumur 60 tahun di Samitah, Arab Saudi (BBC, 2011), persis dengan 

cara protes pionir gerakan revolusi Arab, Boazizi, di Tunisia.  



81 
 

Bisa dikatakan bahwa Arab Spring yang kemudian menjalar ke negara-

negara non-demokrasi lain di Timur Tengah, tidak dapat dipungkiri besar 

dampaknya. Demonstrasi yang memakan korban, keburukan rezim yang tersebar 

ke publik dunia, serta kegagalan dalam mengontrol masifnya demonstrasi massa 

yang berujung penggulingan rezim, jelas sangat tidak diharapkan oleh pemerintah 

Arab Saudi bahkan sangat dihindari. Hal ini dikarenakan Arab Spring mengancam 

posisi Arab Saudi sebagai kekuatan regional di Timur Tengah. Sehingga demi 

menjaga posisi sebagai kekuatan regional tersebut, Arab Saudi perlu untuk 

membuat dan menjaga stabilitas keseimbangan sistem yang berjalan di wilayah 

regionalnya dengan menjaga segala kekuatan yang ada (Richter, 2014, hal. 177-

187), termasuk meredam kekuatan publik yang secara konsep berseberangan 

dengan kekuatan pemerintah atas publik. Dalam hal ini Arab Saudi memiliki tujuan 

utama dalam kebijakan luar negerinya terhadap negara-negara regional, yaitu 

mencegah munculnya kekuatan baru dalam subregional Timur Tengah dengan cara 

mengatur antara potensi ancaman dan tantangan dalam tingkatan regional, bahkan 

secara global dengan cara menstimulasi. Arab Saudi juga memperhatikan kebijakan 

dalam negerinya, karena ancaman untuk pergeseran posisi Arab Saudi sebagai 

kekuatan juga mungkin terjadi dikarenakan ancaman-ancaman domestik. Dalam hal 

ini tidak dapat dipungkiri bahwa Arab Saudi negara yang kuat dan memiliki 

dominasi yang sulit tergeser. 

Menghindari ancaman kekuatan baru dari tingkat domestik dan regional, 

Arab Saudi menganggap penting berada pada posisi sebagai negara kontra-revolusi. 

Yang mana ia punya premis jikalau Arab Saudi mengiyakan revolusi maka Arab 

Saudi telah mengakui kehadiran kekuatan baru yang mempengaruhi dominasinya. 



82 
 

Wajar jika pada momentumnya Arab Saudi sangat ketat mengontrol kekuatan lain 

yang akan muncul melalui ide-ide revolusi, contohnya seperti peristiwa Arab 

Spring. Arab Saudi sangat menutup kesempatan dan membatasi adanya ide bahkan 

aktivitas yang reformis. Sering kali aktivis-aktivis reformis dipenjara, baik itu yang 

datang dari kaum intelektual, penulis, blogger, termasuk orang-orang yang hanya 

menulis surat kepada raja meminta reformasi dilaksanakan. Termasuk pembatasan 

pers. Arab Saudi juga membatasi aktivitas media dan pers. Sebagai contoh tahun 

1996 ketika jaringan BBC versi Arab yang bekerja sama dengan pemerintah Arab 

Saudi menyiarkan sebuah wawancara dengan Muhammad Al Mas’ari, salah 

seorang penentang kebijakan Arab Saudi yang melawan himbauan dari keluarga 

kerajaan Saudi. Masalah lainnya yaitu ketika BBC Arab ingin menyiarkan film 

dokumenter yang mengkritik sistem peradilan di Arab Saudi seperti hukum cambuk 

dan pemenggalan leher, pemodal Saudi malah mengganti siaran tersebut dengan 

Disney Channel (Rushing, 2007, hal. 120-121). Buntut dari hal ini ialah Arab Saudi 

memutuskan untuk menghentikan BBC versi Arab ini beroperasi, yang mana 

kemudian jaringan ini dibeli oleh Sheikh Emir Hamad, emir Qatar, sebagai cikal 

bakal Al Jazeera. 

Termasuk Arab Spring, yang sarat akan upaya melemahkan kendali dan 

kekuatan pemerintah, Arab Saudi berupaya menjaga agar sistem regional tetap 

stabil dengan memberi dukungan dana maupun militer kepada negara-negara – 

sahabat – di Timur Tengah  yang terdampak gelombang protes Arab Spring. 

Misalnya Arab Saudi memberikan dukungan berupa dana bantuan darurat hingga 

20 miliar dolar Amerika Serikat (AS) kepada Bahrain dan Oman, sebagai upayanya 

mempertahankan basis kekuasaan monarki tradisional dalam  GCC. Kemudian 



83 
 

Arab Saudi juga memberikan dana darurat sebesar 5 miliar dolar AS kepada junta 

militer di Kairo, setelah Mohammad Morsi terpilih sebagai presiden Mesir (Richter, 

2014). Hal ini jelas dilakukan oleh Arab Saudi untuk menurunkan pengaruh 

Ikhwanul Muslimin dari kekuasaan di Mesir.  

Karena menyadari ancaman terhadap stabilitas kekuasaan di tingkat 

domestik juga ada selama Arab Spring, Arab Saudi merespons sama dengan apa 

yang dilakukan pada tingkat regional, yaitu dengan memobilisasi semua sumber 

daya yang tersedia Arab Saudi memberikan bantuan dana. Pertama-tama Arab 

Saudi merespons aksi demonstrasi yang menuntut pemerintah Arab Saudi dengan 

memberikan dana sekitar 37 miliar dolar AS bagi sektor masyarakat yang paling 

rentan atau berpotensi memberontak. Sektor tersebut seperti kaum muda dan orang 

miskin. Lowongan pekerjaan diciptakan dan subsidi untuk perumahan disediakan. 

Tidak hanya sekali, Arab Saudi menggelontorkan dana lagi, bahkan yang lebih 

besar jumlahnya, sebulan setelah bantuan pertama. Yaitu sebesar 93 miliar dolar 

AS, termasuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja, dan juga memberikan gaji 

ekstra untuk pegawai negeri (Lacroix, 2014). Selain merespons dengan 

menggunakan wortel, Arab Saudi juga menggunakan tongkat pemukul. Beberapa 

aktivis yang ikut dalam demonstrasi di Arab Saudi ditahan oleh pihak keamanan 

pemerintah, dan beberapa lainnya diancam akan ditangkap jika mereka 

mengumumkan dukungan kepada gerakan-gerakan membangkang pemerintah. 

Polisi berada di jalan-jalan dalam jumlah yang sangat besar, dan pos-pos 

pemeriksaan didirikan untuk mencegah siapa pun yang berani  mencoba mencapai 

lokasi di mana demonstrasi terjadi. Intelijen Saudi juga aktif di internet. Menurut 



84 
 

beberapa aktivis yang menggunakan media sosial Facebook, beberapa halaman 

Facebook telah dihancurkan, sementara beberapa akun diretas (Lacroix, 2014). 

Al Jazeera yang pada kenyataannya memang menjalankan peran media 

sebagai agenda-setting agent dalam isu revolusi Arab selama Arab Spring, cukup 

mengganggu dan mengancam posisi Arab Saudi sebagai kekuatan regional. Al 

Jazeera melalui berbagai aktivitasnya di awal mula kemunculan Arab Spring, yaitu 

aksi protes masyarakat di Tunisia, telah menjadi ‘bubuk mesiu’ dan menghasilkan 

aksi protes dengan massa yang lebih besar. Bahkan aksi tersebut ditiru oleh publik 

negara lain demi menuntut rezim di negara mereka yang juga tidak memimpin 

dengan adil sebagaimana rezim di Tunisia. Hal ini yang kemudian membuat Arab 

Saudi kemudian sangat menolak bahkan membenci Al Jazeera. 

Penolakan Arab Saudi terhadap Al Jazeera tidak mulai terjadi pada 

fenomena Arab Spring 2011, bahkan dari jauh sebelumnya. Al Jazeera di awal-awal 

kemunculannya dikritik oleh para pejabat Arab Saudi melalui pers Arab Saudi 

dengan kritik yang ganas. Pejabat Arab Saudi tersebut mengkritik program Al 

Jazeera yang memuat isu-isu Islam, Nabi Muhammad, dan Al Qur’an dengan 

format yang sangat berani. Hal tersebut telah memancing kemarahan para 

intelektual di Arab Saudi.  Pada 14 Maret 1998, dua tahun setelah kelahiran Al 

Jazeera, seorang ulama terkemuka di Arab Saudi menulis tanggapannya soal Al 

Jazeera dalam sebuah surat kabar harian Arab Saudi (yang kebetulan memiliki 

nama Arab yang sama dengan Al Jaeera). “Bagaimana bisa pejabat Al Jazeera 

mengizinkan serangan terhadap agama Islam dan Al Qur’an ditayangkan secara 

langsung kepada pemirsa? Berani-beraninya program Al Jazeera menjamu seorang 



85 
 

ateis untuk berbicara tentang agama suci kita dan menjadikannya lelucon atas nama 

kebebasan berbicara? Bisakah Anda bayangkan apa dampak semua yang akan 

terjadi pada anak-anak Arab dan Muslim? Bisakah Anda bayangkan pengaruhnya 

terhadap pemirsa yang tidak memiliki informasi tentang agama dan budaya 

Islam?”. Para Ulama Arab Saudi memuji keputusan Arab States Broadcasting 

Union (ASBU) yang menolak permohonan keanggotaan Al Jazeera dalam 

kelompok tersebut (El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 116).  

Di tahun 1999 Arab Saudi membuat sebuah larangan yang informal namun 

tegas pada semua perusahaan yang beriklan di saluran Al Jazeera. Tindakan ini akan 

membuat Al Jazeera tidak mendapatkan pemasukan finansial dari perusahaan yang 

bekerja sama dengan Al Jazeera untuk mengiklankan perusahaan mereka (Powers, 

2009, hal. 108). Tahun 2011 wakil direktur informasi kedutaan Arab Saudi di 

Wahington, Nail Al-Jubeir mengatakan bahwa wartawan asing dapat datang ke 

Arab Saudi dan meliput berbagai masalah. Tetapi mereka tidak dapat mendirikan 

biro di Arab Saudi. Ia tidak memungkiri bahwa saat itu Arab Saudi juga perlu untuk 

memanggil Al Jazeera dalam acara mereka yang diadakan di Washington. Namun 

Al-Jubeir juga tidak bisa menafikan bahwa Arab Saudi memiliki standar 

pemberitaan sendiri. Al-Jubeir mengatakan Al Jazeera memiliki sisi positif dan 

negatifnya. Namun pernyataan ini jauh sebelum bagaimana kemelut konflik yang 

terjadi antara Arab Saudi dan Qatar yang dikarenakan oleh aktivitas Al Jazeera. 

Tapi setidaknya ini membuktikan bahwa Arab Saudi tidak sepakat dengan 

keberanian Al Jazeera dalam menyebarluaskan kritik kepada pemerintah, yang 

mana menurut Arab Saudi akan menimbulkan kekacauan domestik. 



86 
 

Orang-orang Arab Saudi yang berkuasa geram dengan program yang berani 

berpikir bebas seperti itu menyerang setiap rumah dengan parabola murah. Para 

pejabat Arab Saudi, tampaknya, merasa bahwa dominasi mereka atas media berita 

regional telah melemah dan sedang terkikis oleh meningkatnya popularitas dan 

pengaruh Al Jazeera (El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 115). Sehingga Arab 

Saudi dalam hal ini berupaya untuk menghentikan, atau setidaknya melemahkan, 

pengaruh Al Jazeera, meski harus dengan menarik duta besar Arab Saudi dari Qatar 

sebagai bentuk ketegasan Arab Saudi untuk menyikapi kritik yang dilontarkan Al 

Jazeera terhadap Arab Saudi. Arab Saudi juga membuat media berita tandingan 

untuk melemahkan pengaruh Al Jazeera yaitu Al Arabiya pada tahun 2003. Setelah 

berbaikan pada tahun 2007, Arab Saudi dan Qatar masih terus menjalin hubungan 

yang baik. Pada tahun 2008, dilansir dari New York Times, Arab Saudi memberi 

tanda kepada Al Jazeera bahwa mereka diizinkan untuk membuka biro di Arab 

Saudi. Hal ini tentu saja dengan syarat, Al Jazeera harus mengurangi kritik dalam 

liputannya terhadap Arab Saudi. Staf Al Jazeera menceritakan pada New York 

Times, bahwa semenjak hubungan antara Qatar dan Arab Saudi kembali baik, 

mereka mengakui bahwa semua suara-suara pembangkangan dan kritik kepada 

Arab Saudi menghilang dari layar Al Jazeera (Worth, 2008). 

Kemudian selama lima tahun tidak ada konfrontasi yang dilakukan oleh 

Arab Saudi terhadap Al Jazeera, sampai pada tahun 2013 Al Jazeera kembali 

mendapatkan sorotan oleh Arab Saudi. Sorotan ini ialah karena aktivitas Al Jazeera 

yang dinilai menyebabkan kekacauan dan konflik dalam negeri di beberapa negara-

negara Timur Tengah – yang punya hubungan sangat dekat dengan Arab Saudi, 

tentu saja ini soal aktivitas liputan Al Jazeera selama Arab Spring. Arab Saudi 



87 
 

dalam hal ini memperingati Al Jazeera melalui pembuatan perjanjian dengan negara 

Qatar, yaitu Riyadh Agreement. Perjanjian ini berisi berbagai macam hal yang perlu 

disepakati oleh Qatar, dan terkait Al Jazeera termasuk di dalamnya. Selang satu 

tahun yaitu pada tahun 2014, Arab Saudi kembali memperingati lebih tegas kepada 

Al Jazeera, masih sama yaitu dengan menggunakan perjanjian dengan Qatar dan 

ditandatangani juga oleh negara teluk Arab lainnya. Hal ini dikarenakan Al Jazeera 

masih membuat tayangan yang terkesan menyerang rezim negara-negara Timur 

Tengah. Peringatan tegas kali ini sempat dibarengi dengan pemanggilan duta besar 

Arab Saudi, lagi, dari Qatar selama beberapa bulan hingga akhirnya kesepakatan 

baru muncul dan disetujui pula oleh Qatar. Namun konflik kembali terjadi pada 

pertengahan tahun 2017 yang mana kali ini Arab Saudi bersikap jauh lebih tegas 

yaitu dengan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Al Jazeera dalam 

konflik ini kembali ikut menjadi sorotan Arab Saudi. Pada hari pemutusan 

hubungan diplomatik terhadap Al Jazeera pada 5 Juni 2017, Arab Saudi juga telah 

menarik lisensi Al Jazeera untuk beroperasi di Arab Saudi (Al-Jazeera, 2017). 

Menyusul tindakan tersebut, pada tanggal 9 Juni 2017, Arab Saudi melarang hotel 

dan fasilitas wisata di Arab Saudi untuk menayangkan saluran berita Al Jazeera dan 

mengancam akan menghukum pelanggar dengan penutupan fasilitas mereka 

dengan mencabut lisensi hotel dan denda hingga 26 ribu dolar (Al-Jazeera, 2017).  

17 Juni 2017, akun Twitter utama milik Al Jazeera versi Arab – dengan 12 juta 

pengikut – ditangguhkan oleh Arab Saudi. Arab Saudi bahkan menuntut agar setiap 

warga negara Arab Saudi yang bekerja untuk Al Jazeera mengundurkan diri. 

Sehingga pada 21 Juni 2017, Al Jazeera harus kehilangan pembawa acara terbaik 



88 
 

mereka, Ali Dhufairi, yang merupakan pembawa acara program In the Depth 

(Alaraby, 2017). 

Dari paparan di atas, membuktikan bahwa Arab Saudi dan Al Jazeera 

didominasi hubungan yang tidak baik, bahkan sebelum Arab Spring. Meskipun dari 

tahun 2007 sampai sebelum fenomena Arab Spring terjadi dan tahun 2013 Arab 

Saudi memperingati Al Jazeera atas liputannya keduanya masih baik-baik saja. Bisa 

dikatakan bahwa, fenomena Arab Spring yang mana cukup sensitif bagi rezim-

rezim negara Timur Tengah yang tidak demokratis, serta peran Al Jazeera sebagai 

media berita yang mendukung gerakan revolusi Arab tersebut – apalagi Al Jazeera 

merupakan media berita yang sudah punya pengaruh di Timur Tengah – telah 

menjadikan ancaman serius bagi Arab Saudi. Memang tidak menyerang secara 

langsung, tapi pengaruhnya cukup terasa oleh Arab Saudi, melalui negara-negara 

sahabat Arab Saudi yang sudah kacau karena adanya kolaborasi Al Jazeera dan 

Arab Spring itu. Porsi kekuatan regional dan keseimbangan stabilitas sistem di 

Timur Tengah yang dipegang oleh Arab Saudi mau tidak mau menemui lawannya. 

Sehingga jelas, Arab Saudi dalam hal ini akan melakukan berbagai macam cara 

untuk menghentikan adanya hegemoni pengaruh baru, atau setidaknya 

melemahkannya. Tak peduli bagaimanapun caranya pasti dilakukan oleh Arab 

Saudi, bahkan jika harus dengan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar 

yang merupakan negara basis dari Al Jazeera tersebut. 

B. Dukungan Qatar terhadap Al Jazeera 

Upaya yang dilakukan oleh Arab Saudi untuk melemahkan pengaruh Al 

Jazeera sudah cukup bervariasi. Upaya terakhir, bisa dikatakan juga upaya paling 



89 
 

tegas, dari Arab Saudi ialah memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar – 

negara basis Al Jazeera. Namun, dalam hal ini perlu adanya penjelasan lebih terkait 

bagaimana bentuk hubungan antara Qatar dan Al Jazeera sehingga Arab Saudi 

harus mempertaruhkan hubungannya dengan Qatar untuk meredam Al Jazeera. 

Berikut di bawah akan dijelaskan terkait hubungan Qatar dan Al Jazeera dan 

bagaimana kaitannya dengan pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi terhadap 

Qatar pada tahun 2017.   

1. Hubungan Qatar dan Al Jazeera 

Al Jazeera tidak bisa memungkiri bahwa konfrontasi terhadapnya bisa 

berdampak pada hubungan luar negeri Qatar dengan negara lain. Memang cukup 

berat untuk menjadi yang independen dan bebas ketika lingkungan politik yang 

tidak mendukung hal tersebut ada. Beda hal dengan pandangan Qatar yang lebih 

mendukung adanya media berita independen. Hal ini kemudian memunculkan 

pertanyaan, apa yang membuat Qatar memiliki pandangan berbeda soal media? 

Bagaimana bentuk hubungan antara Al Jazeera dengan Qatar sebenarnya? Ini juga 

yang kemudian banyak dipertanyakan oleh pengamat dan ilmuwan media-politik 

mengenai hubungan keduanya. Untuk melihat bagaimana bentuk hubungan antara 

Al Jazeera dengan Qatar, sangat mudah jika dengan menceritakan tentang 

pemimpin Qatar yang memiliki ide mendirikan Al Jazeera. Sehingga di bawah ini 

akan diceritakan secara singkat tentang Sheikh Emir Hamad bin Khalifa Al-Thani. 

Sheikh Emir Hamad bin Khalifa Al-Thani yang merupakan Emir (atau bisa 

dikatakan Presiden) dari Qatar merupakan pemimpin yang progresif  dan cukup 

kontroversial. Sejak awal kelahiran Al Jazeera, Sheikh Emir Hamad memang 



90 
 

mengharapkan sebuah media yang mirip seperti CNN (berani mengkritik dan 

profesional), sebuah media berita asal Amerika Serikat. Namun media tersebut 

harus lebih berfokus pada isu-isu yang berhubungan langsung dengan dunia Arab 

serta perspektif Arab yang independen (Powers & Gilboa, 2007, hal. 55). Dalam 

hal ini dibuktikan dengan Sheikh Emir Hamad, yang sebagai Presiden Qatar, 

memberi dana awal untuk peluncuran Al Jazeera sebesar $ 147 dan menyubsidi Al 

Jazeera selama lima tahun hingga November 2001 (El-Nawawy & Iskandar, 2003, 

hal. 34). Hal ini adalah sebagai bentuk bagian dari langkah kecil untuk 

memperkenalkan demokrasi ke negara kecilnya dan diharapkan bertindak dalam 

demokratisasi di wilayah Timur Tengah. Namun, meskipun Sheikh Emir Hamad 

berharap Al Jazeera menjadi mandiri secara finansial dan mendapat iklan, faktanya 

pemerintah Qatar telah menghabiskan sekitar $ 100 juta setiap tahun untuk 

mempertahankan jaringan yang saat itu belum mendapatkan banyak iklan8. 

Apa yang akan membuat raja Arab seperti Sheikh Hamad ingin 

memperkenalkan demokrasi dan memberikan kebebasan informasi di dalam negara 

yang kecil seperti Qatar tersebut? Orang mungkin dapat berspekulasi bahwa 

kebijakan Sheikh Emir Hamad dikarenakan latar belakang pendidikannya di 

Britania Raya, di mana ia lulus dari Royal Military Academy di Sandhurst pada 

tahun 1971. Dengan latar belakang militer ini, banyak perhatian politik Sheikh Emir 

Hamad yang berorientasi pada militer dan keamanan. Sebelum mengangkat dirinya 

sebagai emir, Sheikh Emir Hamad aktif dalam memodernisasi baik infrastruktur 

militer maupun fisik dan ekonomi negara Qatar. Tahun 1977 ia diangkat sebagai 

                                                           
8 Data saat itu diambil pada tahun 2003.  



91 
 

Putra Mahkota, di mana ia juga ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan. Di bawah 

arahannya, pasukan militer Qatar berpartisipasi dalam serangan Koalisi terhadap 

Irak setelah invasi ke Kuwait pada tahun 1990. Juni 1995, beliau mengambil alih 

pemerintahan Qatar dengan mengkudeta (dengan damai tanpa kekerasan) ayahnya 

sendiri, Sheikh Khalifa. Saat itu ayahnya sedang berada di Jenewa (El-Nawawy & 

Iskandar, 2003, hal. 35). Setelah menjabat sebagai Emir, Sheikh Emir Hamad 

bahkan mengizinkan semua warga negara di atas usia delapan belas tahun, termasuk 

perempuan, untuk ikut menjadi pemilih di pemilihan kota. Masih banyak kebijakan-

kebijakan lainnya yang menggambarkan bahwa Sheikh Emir Hamad berupaya 

untuk meliberalisasi sistem di Qatar. 

Salah satu hasil dari upaya liberalisasi Qatar oleh Sheikh Emir Hamad ialah 

Al Jazeera dengan program televisinya. Al Jazeera bisa membuat identitas dan ciri 

khas medianya melalui program acara perdana yang diluncurkan di masa awal 

kelahirannya, selain laporan berita, yaitu The Opposite Direction dan Sharia and 

Life (Al Shari’a wal Hayat). Format dari The Opposite Direction sudah dijelaskan 

dalam sub bab Program Politik Al Jazeera. Sharia and Life merupakan sebuah acara 

bincang-bincang khusus yang membahas tentang topik-topik dalam kehidupan 

sehari-hari dan dibahas dalam sudut pandang agama Islam. Inilah yang kemudian 

membuat menarik program tersebut. Program ini bahkan juga membahas mengenai 

kesesuaian demokrasi dengan Islam, perihal status perempuan dalam Islam, perihal 

isu sosial, ekonomi, dan topik-topik terhangat lain  yang menjadi perbincangan kala 

itu, dengan tetap dipandang dari sudut agama Islam. Topik acara bincang-bincang 

seperti itu sangat tabu di dalam kultur masyarakat Timur Tengah kala itu. Sharia 

and Life diisi oleh Yusuf Al-Qardhawi sebagai pembicara tetap di acara tersebut. 



92 
 

Yusuf Al-Qardhawi merupakan seorang pemuka agama yang ternama berasal dari 

Mesir. Beliau telah menjadi seorang warga negara Qatar melalui naturalisasi, atas 

permintaan pemerintah Qatar sendiri. 

Segala bentuk hubungan pemerintah Qatar di awal, bahkan sampai selama 

perjalanan Al Jazeera, memang tidak dapat dipungkiri saling terkait satu sama lain. 

Dimulai dengan ide membeli BBC versi Arab yang ditutup oleh Arab Saudi untuk 

dijadikan organisasi media berita milik Qatar yang inisiatif dari Sheikh Emir 

Hamad, dalam hal ini pemerintah Qatar, sendiri. Namun, Al Jazeera mengatakan 

bahwa untuk urusan editorial secara independen di dalam wewenang dari Al Jazeera 

sendiri. Faisal Al Kasim, pembawa acara The Opposite Direction mengatakan 

bahwa kebijakan editorial Al Jazeera sangat longgar sehingga ia tidak pernah diberi 

perintah mengenai konten program.  

“My program is the most controversial show on the network, but no one 

interferes. I choose the subjects, and I choose the guests. No one has ever 

influenced my decision. The network has an even wider scope of freedom than the 

BBC Arab Radio. I tackle issues that I never even dreamed of covering during my 

service at the BBC” (El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 97). 

Seorang pembawa acara dari Strait Talk, Ali Mustafa, mewawancarai 

seorang direktur dari Direktur Manajer Al Jazeera English, Gils Trendle, dan 

ditayangkan dalam siaran Youtube tahun 2018. Trendle menyebutkan bahwa Al 

Jazeera berupaya untuk objektif dalam menyampaikan berita. “We reporting the 

event around the world factually and farankly. We are journalist, our job is to cover 

what’s happening in the world, we do it in an objective way, we do it in a 

professional way, we stand by the credibility and the integrity of our journalism” 

(StraitTalk, 2018). 



93 
 

Menurut Al Jazeera, mereka adalah media berita yang independen. Satu-

satunya koneksi ke pemerintahan Qatar ialah soal pendanaan Qatar kepada Al 

Jazeera. Di luar itu, Al Jazeera independen dari segi editorial (El-Nawawy & 

Iskandar, 2003, hal. 43). Namun beberapa pengamat menilai bahwa Al Jazeera tidak 

benar-benar independen, mereka pesimis tentang hubungan Al Jazeera dengan 

pemerintah Qatar. Mohammed Arafa, seorang ahli komunikasi dan mantan Ketua 

Departemen Komunikasi Universitas Qatar mengatakan bahwa pemerintah Qatar 

menggunakan Al Jazeera sebagai alat public relation untuk berhadapan dengan 

dunia luar. Hal ini menjadi meyakinkan ketika mengetahui fakta bahwa Al Jazeera 

yang banyak mengkritik sebagian besar rezim Arab tetapi hampir tidak menyentuh 

politik domestik di Qatar. Seolah Al Jazeera menghindari untuk menayangkan 

‘cucian kotor’ Qatar, padahal banyak hal-hal yang bisa dikritisi oleh Al Jazeera 

terhadap negara yang membiayainya tersebut (El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 

86).  Al Jazeera menanggapi hal tersebut dengan berpendapat bahwa Qatar 

merupakan negara kecil dengan sedikit bahan untuk berita serta kenyataan bahwa 

peristiwa lokal biasanya berada di baris kursi belakang setelah berita-berita besar 

dunia dan isu yang menyangkut Timur Tengah. Padahal Al Jazeera bahkan meliput 

peristiwa politik di wilayah terpencil seperti di Bahrain (El-Nawawy & Iskandar, 

2003, hal. 84). Argumen lainnya terkait posisi Al Jazeera tersebut ialah mereka 

tidak seperti banyak media berita lain  yang dikelola oleh pemerintah di Timur 

Tengah, bukan entitas dari pemerintah, melainkan jaringan transnasional dan pan-

Arab yang berfokus pada peristiwa-peristiwa dari dunia Arab dengan target sasaran 

ialah publik di dunia Arab. Namun dalam hal ini, sekali lagi, Al Jazeera lebih 

banyak mengundang pihak-pihak oposisi negara lain ketimbang terhadap Qatar 



94 
 

dalam program televisinya. Sehingga, meskipun Al Jazeera mengklaim intensinya 

adalah melayani penonton Arab, tetapi di sisi lain Al Jazeera telah menguasai seni 

dalam menetapkan agenda politik (El-Nawawy & Iskandar, 2003). 

Beberapa pengamat melihat Al Jazeera sebagai alat politik yang digunakan 

oleh pemerintah Qatar secara tidak langsung untuk melayani tujuan kebijakan luar 

negerinya. Hilal Khashan, seorang sarjana Palestina-Amerika terkemuka dan 

profesor di Departemen Studi Politik dan Administrasi Publik di American 

University of Beirut berkomentar bahwa Al Jazeera tidak pernah benar-benar 

dipahami sebagai proyek media. Al Jazeera merupakan proyek politik. Tegasnya, 

Al Jazeera menjadi perpanjangan tangan dari negara Qatar. Qatar menginginkan 

sesuatu yang dapat meningkatkan prestise dan memberikan  kekuatan serta 

pengaruh yang kuat (Sultan, 2013). 

Ini soal peristiwa di tahun 2002. Pada tahun tersebut Putra Mahkota 

Abdullah dari Arab Saudi memutuskan membuat solusi terkait konflik antara 

Palestina dan Israel yang dinamakan Arab Peace Initiative atau API 

(Centerpeace.org, 2019). Al Jazeera dalam hal ini menanggapi dengan menyiarkan 

The Opposite Direction yang membahas terkait pembentukan API ini. Dalam acara 

yang dipandu oleh Faisal Al Kasim tersebut, mengundang dua orang partisipan 

yang hadir secara langsung yaitu Mohammed Abdel Hakam Diab, yang merupakan 

seorang jurnalis dan penulis, dan Fahad Al-Orabi Al-Harthy yaitu anggota dari 

Majelis Syuro Arab Saudi. Dalam acara tersebut Mohammed Abdel Hakam 

mengatakan bahwa “kebijakan Arab Saudi membuat kesalahan, kadang-kadang 

mencapai kejahatan” (lorientlejour.com, 2002). Di pertengahan acara tersebut 



95 
 

kemudian bergabung Sa’ad Al Faqih melalui telekonferensi dari London. Beliau 

adalah seorang pendiri Movement for Islamic Reform in Arabia (MIRA), yaitu 

sebuah organisasi oposisi Arab Saudi yang berbasis di Inggris. Dalam hal ini bisa 

dikatakan Al Jazeera berani mengundang seorang pembangkang pemerintah 

muncul di televisi. Hal tersebut dinilai sangat kontroversial, terutama bagi keluarga 

Kerajaan Arab Saudi yang menganggap hal tersebut sebagai pencemaran nama 

baik. Buntut dari hal tersebut Arab Saudi harus menarik duta besarnya dari Qatar di 

tahun yang sama (BBC, 2002). Bisa dikatakan penarikan duta besar ini adalah kali 

pertama dilakukan Arab Saudi kepada Qatar. Hubungan keduanya merenggang 

selama hampir lima tahun, tahun 2007 keduanya sepakat untuk berbaikan dan 

menjalin hubungan yang lebih baik. 

Mustafa Alani, seorang analis keamanan di Pusat Penelitian Teluk di Dubai 

mengatakan bahwa sebelum perbaikan hubungan antara Qatar dan Arab Saudi, 

yang setelah 5 tahun merenggang, pada tahun 2007 Qatar telah bertemu pada 

September dengan Arab Saudi di Riyadh untuk setuju memberi jaminan kepada 

Arab Saudi tentang liputan Al Jazeera (Worth, 2008). Mungkin sedikit 

mengkhianati, tapi faktanya berbicara bahwa pada pertemuan antara Qatar dan Arab 

Saudi pertama, setelah sekian lama Arab Saudi menarik duta besarnya tahun 2002, 

Qatar membawa tamu spesial yaitu ketua dewan Al Jazeera Sheikh Hamad bin 

Thamir Al-Thani.  Meskipun tidak ada konfirmasi resmi dari Manajer Umum Al 

Jazeera, namun staf Al Jazeera membenarkan bahwa ketua dewan telah menghadiri 

pertemuan tersebut (Worth, 2008). Dampak dari hal ini kemudian segera terasa di 

Al Jazeera. Staf Al menambahkan, bahwa terjadi perubahan di ruang redaksi setelah 

pertemuan itu. Al Jazeera tidak lagi berbicara negatif soal Arab Saudi (Worth, 



96 
 

2008). Perubahan di Al Jazeera tersebut adalah bagian dari rekonsiliasi yang lebih 

luas antara Arab Saudi dan Qatar yang lebih luas. Pasalnya pada bulan Desember 

2007, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Saud Al-Faisal, mengumumkan 

bahwa Arab Saudi akan mengirimkan duta besar kembali ke Qatar untuk pertama 

kalinya setelah penarikan pada tahun 2002. Dalam hubungan baik ini, Arab Saudi 

bahkan telah mengindikasikan izin pembukaan biro Al Jazeera di Riyadh 

sebagaimana yang sudah dibahas sub bab sebelumnya. 

Kemudian dalam kasus Arab Spring, Qatar memainkan peran yang besar 

dalam fenomena tersebut. Qatar menganggap bahwa Arab Spring mewakili 

kesempatan yang sempurna untuk menggeser keseimbangan kekuatan Timur 

Tengah. Karena itu para penguasa Qatar menjalankan dua strategi yaitu merajut 

jaringan dengan kelompok Islamis serta revolusioner dan membangun kekuatan 

media berita, dalam hal ini Al Jazeera (Cherkaoui, 2014). Hal ini kemudian 

dibuktikan dengan bagaimana Qatar berpihak pada kelompok gerakan Islamis dan 

revolusioner dalam peristiwa Arab Spring di berbagai negara-negara Arab. 

Sebagaimana yang sudah dibahas pada bab III, pada peristiwa Revolusi Melati di 

Tunisia, Qatar mendukung oposisi rezim yang saat itu diwakilkan partai Ennahdha. 

Kemudian di Mesir, Qatar mendukung Ikhwanul Muslimin yang menuntut 

terjadinya revolusi di Mesir. Dukungan Qatar terhadap Ikhwanul Muslimin ini 

dengan bantuan dana kepada salah satu anggotanya yang terpilih sebagai presiden 

Mesir, yaitu Mohammad Morsi (Qassemi, 2012). Di Libya, Qatar mendukung 

National Transitional Council (NTC) yang merupakan badan pemerintahan Libya 

sementara sebagai tandingan bagi pemerintahan Khadafi. Dalam badan tersebut 

berisi pasukan dari The Libyan Islamic Fighting Group atau biasa dikenal sebagai 



97 
 

Al-Jama’ah al- Islamiyah al-Muqatilah bi-Libya, yang merupakan kelompok 

Islamis bersenjata yang juga ikut terlibat dalam perang di Libya 2011. Dalam hal 

ini, Qatar memberikan dukungan dari segi bantuan militer kepada NTC untuk 

melawan pasukan militer pro pemerintahan Khadafi (Fraihat, 2011). Dalam hal ini 

Qatar telah menjalankan strateginya yaitu menjalin hubungan dengan kelompok 

revolusioner dan Islamis di negara-negara yang kala itu tengah berada pada krisis 

stabilitas politik. Kebijakan luar negeri Qatar bisa dikatakan lebih agresif saat 

merespons peristiwa Arab Spring, jika dibandingkan dengan kebijakan yang 

diambil pada peristiwa lain. Qatar yang sebelumnya memosisikan dirinya sebagai 

mediator pelerai konflik di antara beberapa kasus antar negara atau antar kelompok, 

berubah menjadi negara yang terlibat dalam konflik itu sendiri, khususnya dalam 

hal ini peristiwa Arab Spring (Khatib, 2013). 

 Dalam konteks strategi Qatar dalam Arab Spring, selain menjalin relasi 

dengan kelompok revolusioner dan kelompok Islamis seperti dijelaskan di atas, 

Qatar juga membangun kekuatan media. Hal tersebut dijelaskan dengan bagaimana 

Al Jazeera mengkover peristiwa Arab Spring. Fadi Salem, seorang peneliti media 

Arab yang berbasis di Dubai, mengatakan pada saat Arab Spring 2011, liputan Al 

Jazeera di Kairo, Tunis, dan Tripoli terlihat menunjukkan protes-protes masyarakat 

yang ingin menggulingkan pemimpinnya seperti Hosni Mubarak dari Mesir, Zine 

El Abidine Ben Ali dari Tunisia, dan Muammar Khadafi di Libya (Shane, 2013). 

Al Jazeera menyadari bahwa belum ada media yang berani membawa kekacauan 

sosial dan politik di Timur Tengah ke mata dunia. Terlebih sudut pandang yang 

ditawarkan Al Jazeera telah berani melawan sudut pandang pemerintah yang 

kesannya menganggap Arab Spring bukan sebagai pendewasaan politik 



98 
 

masyarakat, melainkan pembangkangan rakyat terhadap pemerintahnya. Sehingga 

dalam hal ini, Al Jazeera menjadi media kuat karena telah menjadi satu-satunya 

yang paling berani. Keinginan menjadikan Al Jazeera sebagai media yang kuat pada 

akhirnya bukan hanya keinginan Al Jazeera, melainkan juga keinginan pemerintah 

Qatar. Kekuatan Al Jazeera yang telah terkumpul dari 15 tahun sebelum Arab 

Spring menjadi modal bagi pemerintah Qatar dalam menegaskan posisinya dalam 

kawasan Timur Tengah. Keinginan pemerintah Qatar terhadap kuatnya Al Jazeera 

sebenarnya telah tergambar dari bagaimana pemerintah Qatar sejak awal berdrinya 

Al Jazeera tidak memberikan batasan bagi Al Jazeera untuk bergerak, yaitu dengan 

menghilangkan kewenangan pemerintah untuk melakukan sensor terhadap liputan-

liputan Al Jazeera. 

Hubungan antara Qatar dan Al Jazeera semakin menarik ketika Al Jazeera 

terlihat seperti menyelaraskan kebijakan luar negeri Qatar dalam konteks 

keberpihakannya di peristiwa Arab Spring. Ketika Qatar mengarahkan kebijakan 

luar negerinya selama Arab Spring untuk mendukung oposisi pemerintah salah 

satunya Ikhwanul Muslimin, Al Jazeera di segmen lainnya juga ikut berpihak 

kepada Ikhwanul Muslimin. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya liputan Al 

Jazeera terkait Ikhwanul Muslimin selama Arab Spring. Terutama ketika Ikhwanul 

Muslimin mengandidatkan Mohammad Morsi sebagai Presiden Mesir. Bahkan 

ketika Mohammad Morsi telah terpilih sebagai presiden, Al Jazeera banyak 

membuat laporan berita yang seolah memuji Morsi (Qassemi, 2012). Pasca 

pelantikan Morsi sebagai presiden, Emir Qatar menjadi orang pertama yang 

memberikan selamat kepadanya. Hal-hal ini bisa diasumsikan ke dalam banyak hal. 

Bisa diasumsikan bahwa Qatar dan Ikhwanul Muslimin memiliki hubungan baik, 



99 
 

yang mana hal ini memenuhi strategi kebijakan luar negeri Qatar yaitu membuat 

jaringan dengan kelompok Islamis. Asumsi berikutnya ialah bahwa liputan Al 

Jazeera dalam peristiwa Arab Spring menyelaraskan kebijakan luar negeri Qatar 

dengan berpihak pada kelompok Islamis melalui liputannya. Pemerintah Qatar 

sendiri tidak berkomentar apa pun soal keberpihakan Al Jazeera kepada kelompok 

Islamis (karena memang itu yang diharapkan oleh pemerintah Qatar), sehingga 

secara tidak langsung pemerintah Qatar telah mendukung – bahkan bisa dibilang 

mendorong – liputan-liputan Al Jazeera dalam Arab Spring. Semenjak saat itu para 

analis melihat adanya perubahan besar dalam editorial Al Jazeera, yang mana ini 

dikatakan sebagai turning point Al Jazeera (Seib, 2017).  Salem mengatakan bahwa 

Al Jazeera tidak lagi menjadi suara perlawanan Arab, malah menjadi bagian dari 

kelompok Islamis dan bagian dari kebijakan luar negeri Qatar. Bagaimanapun 

asumsi terkait hubungan Al Jazeera dan Qatar yang membawa mereka pada 

hubungan ‘budak dan majikan’, jelas dibantah oleh berbagai pihak. Baik dari Al 

Jazeera maupun dari pemerintah Qatar. 

Meski pihak Qatar maupun Al Jazeera menafikan asumsi-asumsi tersebut, 

Arab Saudi (bersama dengan anggota GCC lainnya) tetap mencurigai Qatar yang 

menggunakan Al Jazeera sebagai alat propaganda. Hal ini kemudian menjadi salah 

satu alasan yang mendorong Arab Saudi dan anggota GCC lainnya mempertegas 

sikap mereka terhadap Qatar. Mereka, tentu saja dalam komando Arab Saudi, 

menilai bahwa Al Jazeera hanya menjadi platform untuk mempromosikan 

kebijakan luar negeri Qatar, yang dalam pandangan mereka kebijakan luar negeri 

itu bertentangan dengan mereka (TheEconomist, 2017). Hingga puncaknya ialah 

mereka memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar tahun 2017.   



100 
 

2. Al Jazeera dalam Riyadh Agreement 2013/2014 

Memilih jalur berbeda memang tidak mudah dan tanpa hambatan. Begitu 

pula Al Jazeera, yang bahkan sejak kelahirannya sudah mengidentifikasi dirinya 

sebagai media berita yang berbeda dari media-media arus utama di Timur Tengah 

kala itu. Menghancurkan batas-batas dalam jurnalisme, menghantarkan pada 

contoh jurnalisme profesional. Memberikan ruang pada isu-isu tabu untuk diangkat 

kepada publik yang butuh disadarkan dan dicerdaskan. Menjadi beda sendiri, yang 

paling berani dan paling mewakili. Hingga akhirnya Al Jazeera pun mau tidak mau 

harus berhadapan juga dengan pemerintah negara-negara Arab yang sangat 

menjaga kultur tradisionalisme konservatif serta kontra-revolusi salah satunya yaitu 

Arab Saudi. 

Pada tahun 2017 Arab Saudi dan anggota GCC yang berada di pihaknya 

menindak tegas Qatar dengan memutuskan hubungan diplomatik masal dan 

menarik konsuler pada 5 Juni 2017, sebagaimana yang sudah dipaparkan pada bab 

III. Melalui situs pers resmi Saudi Press Agency, pemerintah Arab Saudi 

menjelaskan alasannya ialah Qatar sudah melakukan pelanggaran berat selama 

beberapa tahun terakhir terhadap komitmennya, dengan tujuan untuk memecahkan 

stabilitas domestik dan melanggar kedaulatan Arab Saudi. Arab Saudi menilai 

Qatar telah membahayakan stabilitas di kawasan Teluk Arab dengan merangkul 

banyak teroris dan kelompok sektarian – seperti Ikhwanul Muslimin, ISIS, dan Al-

Qaeda – kemudian mempromosikan kelompok tersebut melalui media, serta 

menggunakan media berita tersebut untuk menyulut hasutan-hasutan di internal 

yang membuat kekacauan di dalam negeri Arab Saudi. Langkah ini dilakukan untuk 

menjamin keamanan nasionalnya dari bahaya terorisme dan ekstremisme yang 



101 
 

mana dilakukan oleh Qatar, sebagaimana yang sudah sering dituduhkan Arab Saudi 

kepada Qatar.  

Berdasarkan pemaparan dari Arab Saudi di atas banyak alasan mengapa 

akhirnya Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik secara tegas dengan Qatar. 

Namun yang cukup menarik dari pemaparan alasan tersebut ialah singgungan Arab 

Saudi soal komitmen Qatar terhadap Riyadh Agreement – yang mana memiliki 

kisah sendiri dibaliknya – dan penggunaan media oleh Qatar yang membuat 

hasutan-hasutan pada internal Arab Saudi. Penulis menemukan bahwa Riyadh 

Agreement tersebut memiliki kaitannya dengan penyebab terjadinya krisis 

diplomatik Qatar tahun 2017, serta penolakan Arab Saudi terhadap media berita Al 

Jazeera (seperti yang telah disinggung pada sub bab “Arab Saudi: Pandangan 

terhadap Arab Spring dan Al Jazeera” sebelumnya). Sehingga dalam sub bab ini 

penulis akan membahas perihal Riyadh Agreement dan kaitannya dengan 

pemutusan hubungan diplomatik  Arab Saudi terhadap Qatar serta bagaimana posisi 

Al Jazeera di dalamnya. 

Kala itu tahun 2017, sebulan setelah pemutusan hubungan diplomatik Arab 

Saudi terhadap Qatar, muncul sebuah berita dari CNN yang membocorkan 

dokumen rahasia yang disinyalir bahwa dokumen tersebut yang mampu 

menjelaskan krisis diplomatik 2017 yang dialami oleh Qatar. Karena dokumen ini 

tertanggal 2013 dan 2014, maka mau tidak mau kita harus bergerak mundur terlebih 

dahulu untuk bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Dalam tulisan yang 

dirilis oleh CNN di situs resminya pada tanggal 11 Juli 2017, mereka mengatakan 

bahwa dokumen tersebut merupakan sebuah perjanjian rahasia tentang kesepakatan 



102 
 

menjaga stabilitas sesama negara teluk yang dibuat antara negara-negara GCC – 

diprakarsai oleh Arab Saudi – dengan Qatar tahun 2013 dan 2014 (Sciutto & Herb, 

2017). Nama kesepakatan tersebut ialah Riyadh Agreement 2013 dan Riyadh 

Agreement 2014. Dimulai pada November 2013, Arab Saudi dan Qatar, bersama 

Kuwait, membuat sebuah kesepakatan tertulis tentang beberapa hal. Perjanjian ini 

mulanya hanya ditulis dengan tangan yang kemudian langsung ditandatangani oleh 

ketiganya. Perjanjian ini juga tertulis dengan bahasa Arab  yang kemudian 

diterjemahkan oleh CNN dengan bahasa Inggris dan tertanggal 23 November 

20139. CNN telah menyertakan foto duplikat dokumen perjanjian tersebut di dalam 

tulisan berita yang berjudul “Exclusive: The Secret Documents that Help Explain 

the Qatar Crisis”. Isi dari perjanjian tersebut ialah:  

1) Tidak ada gangguan dalam urusan internal pada negara-negara GCC, 

baik secara langsung maupun tidak langsung; Tidak memberikan 

suaka/perlindungan atau memberikan kewarganegaraan kepada warga 

negara GCC yang memiliki kegiatan yang menentang rezim negaranya, 

kecuali dengan persetujuan negaranya; Tidak ada dukungan untuk 

kelompok-kelompok menyimpang yang menentang negara mereka; tdak 

ada dukungan kepada media yang antagonistis. 

2)  Tidak ada dukungan kepada Ikhwanul Muslimin atau organisasi, 

kelompok, atau individu mana pun yang mengancam keamanan dan 

                                                           
9 Diunduh melalui 

https://i2.cdn.turner.com/cnn/2017/images/07/10/translation.of.agreementsupdated.pdf, akses pada 

tanggal 4 Oktober 2019 

https://i2.cdn.turner.com/cnn/2017/images/07/10/translation.of.agreementsupdated.pdf


103 
 

stabilitas negara-negara GCC melalui kerja keamanan langsung (militer) 

ataupun pengaruh politik.  

3) Tidak memberikan dukungan kepada faksi mana pun di Yaman yang 

dapat menimbulkan ancaman bagi negara-negara tetangga Yaman. 

Kemudian satu tahun setelah perjanjian tersebut dibentuk dan 

ditandatangani, tahun 2014 Arab Saudi menangguhkan hubungan diplomatik 

dengan Qatar yang ditandai dengan pemanggilan duta besar Arab Saudi dari Qatar. 

Pemutusan hubungan diplomatik ini dikarenakan Qatar tidak mampu berkomitmen 

terhadap kesepakatan yang telah ditandatangani (Yehoshua, Admon, & Hoffman, 

2014). Berbeda dengan ketegangan hubungan di tahun 2002, kali ini ketegangan 

juga terjadi antara Qatar dan beberapa negara GCC lainnya yaitu Bahrain dan Uni 

Emirat Arab secara bersamaan. Kemudian delapan bulan setelah pemutusan 

hubungan diplomatik dengan Qatar tahun 2014 terjadi, Arab Saudi kembali 

menjalin hubungan diplomatik dengan Qatar pada November 2014. Dalam 

dokumen rahasia yang tercatat tanggal 16 November 2014, Arab Saudi dan Qatar 

kembali membuat kesepakatan, lebih tepatnya, memperbaharui kesepakatan. Bisa 

dipastikan kembalinya hubungan Arab Saudi dan Qatar ialah setelah 

penandatanganan Riyadh Agreement yang telah diperbaharui. Kali ini 

ditandatangani oleh Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. 

Dalam perjanjian ini tertulis bahwa Arab Saudi mengundang negara-negara tersebut 

untuk menandatangani Riyadh Agreement 2014 (Sciutto & Herb, 2017). Isi dari 

perjanjian tersebut hanya menegaskan apa yang telah disebutkan dalam Riyadh 

Agreement 2013, namun dengan beberapa tambahan. Isi dari perjanjian tersebut 

ialah: 



104 
 

1) Menekankan bahwa jika tidak berkomitmen terhadap pasal-pasal pada 

Riyadh Agreement merupakan pelanggaran terhadap keseluruhan 

perjanjian. 

2) Apa yang telah dicapai oleh para kepala intelijen dalam sebuah laporan 

dianggap sebagai langkah maju untuk diterapkan Riyadh Agreement dan 

langkah-langkah eksekutifnya, dengan perlunya komitmen penuh untuk 

menerpakan semua yang tertulis di dalamnya dalam jangka waktu satu 

bulan sejak tanggal perjanjian. 

3) Tidak memberikan perlindungan, mempekerjakan, atau mendukung baik 

secara langsung maupun tidak langsung, baik di dalam negeri atau di luar 

negeri, kepada orang atau staf media yang berpotensi membahayakan 

bagi negara-negara anggota GCC. Setiap negara berkomitmen untuk 

mengambil langkah peraturan, hukum, dan yudisial terhadap siapa pun 

yang melakukan perbuatan melanggar batas atau gangguan terhadap 

urusan dalam negeri terhadap negara-negara GCC, termasuk 

mengadilinya dan mengumunkannya di media. 

4) Semua negara berkomitmen pada wacana bersama GCC untuk 

mendukung Republik Arab Mesir dan berkontribusi terhadap keamanan, 

stabilitas, dan dukungan keuangan kepadanya. Menghentikan semua 

aktivitas media yang diarahkan terhadap Republik Arab Mesir di semua 

platform media, baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk 

pelanggaran yang disiarkan di Al Jazeera, Al Jazeera Mubasher Misr, dan 

bekerja untuk menghentikan semua pelanggaran di media Mesir.  



105 
 

Setelah itu, karena lagi-lagi Qatar gagal memenuhi komitmen yang sudah 

dibuat, terjadilah pemutusan hubungan diplomatik besar-besaran tahun 2017. 

Ketika terjadi keregangan hubungan yang terakhir, Qatar dinilai memosisikan 

dirinya sebagai korban karena tetangga-tetangganya seolah mengasingkannya. 

Bahkan Qatar menafikan tuduhan-tuduhan yang ditujukan kepadanya. Oleh karena 

itu Arab Saudi merasa penting menyadarkan Qatar atas apa kesalahannya dengan 

membocorkan dokumen rahasia perjanjian antara Arab Saudi dan Qatar (Alkhereiji, 

2017). 

Isi dari kedua perjanjian ini sebenarnya mirip dengan alasan-alasan Arab 

Saudi mengapa memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar tahun 2017. 

Terutama terkait media berita, dalam hal ini Al Jazeera, yang pada tahun 2017 Arab 

Saudi menuntut Qatar untuk menutupnya. Perjanjian ini kemudian memperlihatkan 

bahwa Al Jazeera berada di tengah-tengah krisis hubungan diplomatik antara Arab 

Saudi dan Qatar. Dalam Riyadh Agreement 2013 Arab Saudi dan pendukungnya 

menyinggung media berita Qatar yang disebut dengan “antagonistic media”. Dari 

berbagai pendapat analis, maksud dari “antagonistic media” tersebut merujuk pada 

Al Jazeera.  Sementara di Riyadh Agreement 2014 nama Al Jazeera disebut secara 

terang-terangan sebagai media yang telah melakukan pelanggaran. Bahkan secara 

spesifik dalam Riyadh Agreement 2014 disebutkan bahwa Al Jazeera diminta untuk 

menghentikan segala aktivitasnya di negara lain – khususnya Mesir – karena dinilai 

telah menyerang negara tersebut. Aktivitas Al Jazeera yang dinilai sebagai bentuk 

serangan ialah liputannya terhadap gejolak politik Mesir dari tahun 2011 hingga 

tahun 2013 (saat kudeta terhadap Presiden Mohammad Morsi), baik liputan dalam 

bentuk siaran televisi maupun berita di situs resminya. Termasuk aktivitas saluran 



106 
 

khusus Al Jazeera untuk Mesir yaitu Al Jazeera Mubasher Misr (AJMM). Dalam 

Riyadh Agreement 2014, secara khusus disebutkan bahwa Arab Saudi dan 

pendukungnya meminta saluran AJMM (saluran khusus Al Jazeera untuk 

menyiarkan apa yang terjadi di Mesir secara langsung) untuk dihentikan. Selang 

satu bulan setelah penandatanganan Riyadh Agreement 2014 pada November 2014, 

melalui situs pr.aljazeera.com, Al Jazeera Media Network pun membekukan izin 

siaran AJMM pada tanggal 22 Desember 2014 (Al-Jazeera, 2014) (BBC, 2014). 

Kemudian, setelah memutuskan vakumnya Al Jazeera Mubasher Misr, Al Jazeera 

kemudian membuat format baru dari Al Jazeer Mubasher yaitu Al Jazeera 

Mubasher Al-‘Amma yang peliputannya lebih umum. 

Keberadaan Al Jazeera di tengah krisis diplomatik Qatar seperti disebutkan 

di atas, merupakan konsekuensi dari dua hal yang saling berkaitan, yang pertama 

ialah perannya sebagai agenda-setting agent, kedua ialah dukungan Qatar terhadap 

aktivitas Al Jazeera, keduanya terkhusus dalam konteks kejadian selama Arab 

Spring. Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada sub bab “Al Jazeera dan Agenda-

Setting soal Isu Revolusi Arab 2011” di bab IV, Al Jazeera memberikan ruang luas 

terhadap isu revolusi Arab 2011 atau Arab Spring untuk menjadi perhatian publik, 

baik melalui siaran berita dan program debat di televisi, maupun situs berita online 

Al Jazeera. Arab Saudi – sebagai negara yang kontra-revolusi – memandang 

aktivitas Al Jazeera tersebut sebagai ancaman bagi negaranya. Liputan Al Jazeera 

terkait dengan Arab Spring bisa berdampak pada gejolak sosial di dalam negara 

Arab Saudi, sebagaimana yang telah dipaparkan pada sub bab “Arab Saudi: 

Pandangan terhadap Arab Spring dan Al Jazeera” di bab IV. Ketakutan juga 

dirasakan Arab Saudi terkait posisinya sebagai kekuatan regional di Timur Tengah 



107 
 

akan terancam dengan hadirnya kekuatan pengaruh baru seperti Al Jazeera. Dalam 

hal ini ialah kekuatan yang dimiliki oleh Al Jazeera dalam memengaruhi opini 

publik Timur Tengah, yang mana harusnya berada pada kendali Arab Saudi dan 

rezim-rezim pemerintahan negara Timur Tengah pendukung Arab Saudi. 

Aktivitas tersebut semakin membuat rumit hubungan Arab Saudi dan Qatar 

karena isu Arab Spring yang diangkat oleh Al Jazeera berkaitan hubungannya 

dengan kebijakan luar negeri Qatar. Di sini kemudian masuk poin kedua yaitu 

dukungan Qatar terhadap aktivitas Al Jazeera. Arab Saudi – yang merupakan 

negara dengan dominasinya di regional Timur Tengah – curiga terhadap Qatar 

bahwa dia menggunakan Al Jazeera hanya untuk kepentingan Qatar, hal tersebut 

cukup mengancam posisi Arab Saudi di Timur Tengah. Karena rasa terancam 

tersebut, Arab Saudi meminta Qatar untuk membuat kesepakatan yang disebut di 

atas sebagai Riyadh Agreement. Alasan Arab Saudi dalam hal ini tidak terlepas dari 

bagaimana hubungan yang terjalin antara Qatar dan Al Jazeera. Memang tidak bisa 

dipungkiri bahwa hubungan antara Qatar dan Al Jazeera sangat dalam. Pemerintah 

Qatar bertanggungjawab dibalik pendirian Al Jazeera pada tahun 1996, termasuk 

dalam pendanaan untuk aktivitas operasionalnya. Namun, hubungan dekat Qatar 

dan Al Jazeera nyatanya tidak mampu menjadi modal bagi Arab Saudi untuk 

membendung aktivitas Al Jazeera yang dinilai berbahaya bagi Arab Saudi. 

Kegagalan Qatar, atau bisa dikatakan keengganan, untuk menjaga komitmen 

terhadap Riyadh Agreement ialah bukti bahwa Qatar masih berupaya untuk 

menjaga independensinya dalam membuat kebijakan. Independensi Qatar dalam 

kebijakannya, terutama kebijakan luar negeri, sudah jelas menyiratkan bahwa Qatar 

hendak lepas dari pengaruh Arab Saudi terhadap keputusan yang diambilnya. 



108 
 

Termasuk keputusannya membuat media berita dengan arah gerak yang independen 

tanpa kontrol pemerintah negara, sebagaimana kebanyakan media di Timur Tengah, 

yang salah satunya dikontrol oleh Arab Saudi. Selama Arab Spring perbedaan 

kebijakan luar negeri Qatar dengan Arab Saudi terlihat. Qatar mendukung gerakan 

revolusioner di negara terdampak Arab Spring, sedang Arab Saudi mendukung 

rezim pemerintahan negara terkait.  Al Jazeera yang merupakan media berita – 

didirikan dan didanai  Qatar – dengan slogan “Voice of Voiceless” dan berpihak 

pada publik, sudut pandang yang digunakan pada liputan mereka dalam Arab 

Spring ialah para demonstran, kelompok oposisi, bahkan kelompok Islamis, yang 

mana mereka ialah suara yang belum pernah diperjuangkan media-media berita 

tradisional. Sehingga dalam hal ini, ada keselarasan antara Qatar dan Al Jazeera. 

Tidak seperti negara-negara Timur Tengah lain yang akan membungkam media 

dengan model seperti Al Jazeera, Qatar malah membiarkannya dan masih membela 

kala Al Jazeera dituduhkan bermacam-macam hal. Dari sini, perlakuan Saudi 

terhadap Qatar (sejak Riyadh Agreement 2013 hingga Krisis Diplomatik 2017)  

menjadi beralasan, dan Al Jazeera berada di tengah-tengahnya.  


