
1 
 

PERAN AL JAZEERA DALAM PEMUTUSAN HUBUNGAN DIPLOMATIK 

ARAB SAUDI TERHADAP QATAR TAHUN 2017 
Oleh: Rosania Ayu Ningtyas 

Ilmu Hubungan Internasional 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 

rosania.ayu.2015@fisipol.umy.ac.id 

Abstract 

This thesis is about the role of Al Jazeera, a news media based in Qatar, in terminating the 

diplomatic relations of Saudi Arabia against Qatar in 2017. The termination illustrates the 

conflict between Saudi Arabia and Qatar. The conflict made Qatar experience a diplomatic 

crisis with its other neighboring countries. The interesting part is when Al Jazeera was in a 

vortex of the conflict and become one of the reasons for the diplomatic crisis. In this research, 

using role of media concept which is the agenda-setting agent by Steven Livingston for the 

analyzes. The concept explained about how media play the role that can influencing a 

government’s policy. In this case, Al Jazeera carries out the agenda-setting agent concept by 

through emphasize its activities on the Arab revolution issue in 2011, which in the fact 

threatened Saudi Arabia. This is compounded by Qatar’s full support for Al Jazeera’s role, so 

that the termination diplomatic relations of Saudi Arabia with Qatar more reasonable. 

Keywords: Al Jazeera, Saudi Arabia, Qatar, diplomatic relations, media role, agenda-setting 

agent 

Abstrak 

Skripsi ini ialah penelitian tentang bagaimana peran Al Jazeera, sebuah media berita yang 

berbasis di Qatar, dalam pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi terhadap Qatar pada 

tahun 2017. Peristiwa pemutusan hubungan diplomatik ini menggambarkan telah terjadinya 

konflik antara Arab Saudi dan Qatar. Konflik tersebut bahkan menjadikan Qatar mengalami 

krisis diplomatik dengan negara-negara tetangga lainnya. Yang menarik ialah ketika Al Jazeera 

berada dalam pusaran konflik dan menjadi salah satu alasan krisis diplomatik tersebut. Dalam 

penelitian ini dilihat dari konsep peran media agenda-setting agent oleh Steven Livingston 

yang menganalisis tentang bagaimana media bisa berperan memengaruhi sebuah kebijakan 

pemerintah. Dalam hal ini Al Jazeera menjalankan konsep peran media sebagai agenda-setting 

agent melalui penekanan aktivitasnya dalam isu revolusi Arab tahun 2011 yang nyatanya 

mengancam Arab Saudi. Ditambah adanya dukungan penuh Qatar terhadap peran Al Jazeera 

tersebut membuat pemutusan hubungan Arab Saudi terhadap Qatar semakin jelas beralasan. 

Kata kunci: Al Jazeera, Arab Saudi, Qatar, hubungan diplomatik, peran media, agenda-

setting agent 

mailto:rosania.ayu.2015@fisipol.umy.ac.id
mailto:rosania.ayu.2015@fisipol.umy.ac.id


2 
 

PENDAHULUAN 

Al Jazeera merupakan sebuah organisasi media berita terbesar dan terpenting di Timur 

Tengah. Kehadiran Al Jazeera menjadi angin segar bagi orang-orang Arab. Karena secara 

tradisional, sebagian besar program diskusi di stasiun TV Arab tidak kontroversial, melainkan 

hanya berfungsi sebagai penghubung antara publik dan pemerintah (El-Nawawy & Iskandar, 

2003, hal. 11). Al Jazeera semakin berkembang dan menjadi media berita yang terdepan 

melaporkan kejadian-kejadian di Timur Tengah. Salah satunya ialah Arab Spring, yang 

menjadi peristiwa monumental dalam sejarah di Timur Tengah. Peristiwa yang menjunjung ide 

revolusi Arab ini dimulai tahun 2011 yaitu Arab Spring. Peristiwa ini juga menjadi momen di 

mana terkotak-kotaknya negara-negara Arab di Timur Tengah yang kemudian menimbulkan 

pergesekan cukup serius. Pergesekan tersebut utamanya terkait dua pemeran yaitu Arab Saudi 

dan Qatar, yang mana pergesekan itu memuncak menjadi krisis diplomatik Arab Saudi dan 

Qatar pada tahun 2017, dengan Arab Saudi yang memilih memutuskan hubungan diplomatik 

terhadap Qatar. Pemutusan hubungan diplomatik terhadap Qatar ini juga kembali diikuti oleh 

negara-negara anggota GCC yang lain (Bahrain dan Uni Emirat Arab), bahkan juga dilakukan 

oleh beberapa negara lain di luar wilayah teluk. Menindaklanjuti tindakannya terhadap Qatar, 

Arab Saudi, bersama anggota GCC, memberikan 13 tuntutan yang harus dikabulkan oleh Qatar 

sebagai jalan untuk berdamai, dan salah satunya adalah Qatar harus menutup kantor pusat Al 

Jazeera. 

Pemutusan hubungan diplomatik terhadap Qatar ini disinyalir bahwa ada kaitannya 

dengan aktivitas Al Jazeera yang merupakan media berita berbasis di Qatar kala Arab Spring. 

Bahkan peristiwa tersebut dinilai sebagai turning point bagi Al Jazeera (Seib, 2017). Al Jazeera 

disebut sebagai sumber kekacauan di dalam kawasan tersebut (Harb & Batrawy, 2017). 

Berkaitan dengan hal di atas maka peneliti memberi batasan jangkauan waktu penelitian yaitu 

dari tahun 2011 yang merupakan pecahnya peristiwa Arab Spring, hingga tahun 2017 saat 

pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi terhadap Qatar terjadi.  

METODE PENELITIAN 

Penelitian ini menggunakan metode Analisis Dokumen. Menurut Hadari Nawawi 

Analisis Dokumen yaitu sebuah metode analisis sejumlah dokumen dari sekelompok populasi 

yang dilakukan untuk mengungkapkan aktivitas yang dilakukan oleh obyek yang diteliti. 

(Nawawi, 1995). Penelitian ini berusaha untuk melihat peran-peran Al Jazeera yang terkait 

dengan alasan Arab Saudi untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar melalui 

literatur-literatur, yang sudah berhasil penulis coba kumpulkan, seperti buku yang menjelaskan 



3 
 

peran Al Jazeera di Timur Tengah. Penulis juga akan menganalisis konten-konten yang 

diunggah dalam media online miliki Al Jazeera sebagai pelengkap sumber penelitian ini. 

Teknik penelitian yang digunakan dalam memecahkan permasalahan yang diangkat 

oleh peneliti adalah dengan menggunakan Teknik Studi Dokumenter. Teknik ini adalah cara 

mengumpulkan data melalui arsip-arsip peninggalan, termasuk buku-buku tentang pendapat, 

teori, dalil/hukum-hukum, juga bentuk lainnya yang berhubungan dengan masalah 

penyelidikan. Dalam hal ini peneliti akan mengumpulkan data menggunakan data-data dari 

buku-buku, jurnal, website, yang mana kesemua sumber tersebut dapat dipercaya dan mampu 

membantu dalam penelitian. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan data-data sekunder 

yang didapatkan dari pihak-pihak kedua seperti data dari sebuah lembaga nasional dan atau 

lembaga swasta. 

KERANGKA BERPIKIR 

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan konsep peran media agenda-setting agent 

milik Steven Livingston. Secara teknis, peran media sebagai agenda-setting agent, menurut 

Livingston, adalah ketika media mampu mempengaruhi agenda publik dengan cara 

memberikan porsi besar terhadap isu-isu yang dianggap penting oleh media. Maksud agenda 

publik dalam hal ini adalah sebuah isu yang patut mendapat perhatian lebih oleh publik, 

menjadi bahan diskusi publik, bahkan mendorong publik untuk melakukan sesuatu dalam hal 

isu tersebut.  Dari definisi Livingston soal agenda-setting agent, media memiliki kemampuan 

untuk membuat publik berpikir bahwa ada  sebuah isu yang patut diberi perhatian lebih oleh 

publik sehingga hasilnya publik pun berpikir demikian. Dalam hal ini media melakukannya 

dengan cara memberi penekanan pada laporan berita soal isu tersebut contohnya memberikan 

ruang besar kepada isu tersebut untuk selalu muncul di berita televisi atau di kolom utama 

berita. Livingston juga menjelaskan bahwa peran media sebagai agenda-setting agent ini tidak 

hanya berpengaruh terhadap agenda publik, tapi juga agenda kebijakan luar negeri suatu negara 

(Livingston, 1997). Liputan berita dari media terkait suatu isu, kemudian mengategorikan isu 

tersebut sebagai krisis, bisa mempengaruhi prioritas agenda kebijakan luar negeri suatu negara. 

Artinya mengarahkan pembuat kebijakan untuk menjadikan isu tersebut sebagai salah satu 

daftar isu yang harus ditangani, terlebih menjadikannya prioritas utama yang harus segera 

mendapatkan respon. Padahal bisa saja ada isu lain, yang memiliki dampak sama, tetapi tidak 

terkover oleh media sehingga tidak dianggap penting. 



4 
 

Konsep agenda-setting agent ini bisa diaplikasikan dalam kasus Al Jazeera karena Al 

Jazeera merupakan organisasi media berita yang populer baik di regional Timur Tengah, 

maupun secara global. Kepopuleran ini menggambarkan bahwa Al Jazeera memiliki jumlah 

audiensi yang banyak, terutama di regional Timur Tengah. Menurut survey Gallup Poll tahun 

2002 yang dilakukan di sembilan negara, hasilnya mengatakan bahwa Al Jazeera telah ditonton 

secara luas. Secara umum dari hasil survey tersebut mengatakan bahwa Al Jazeera dianggap 

positif di negara-negara Arab (Powers & Gilboa, 2007). Kepopulerannya dikarenakan Al 

Jazeera merupakan satu-satunya media berita di Timur Tengah yang arah geraknya secara 

terbuka membahas topik-topik sensitif dan pembahasan masalah yang kontroversial, salah 

satunya terkait isu politik. Sebelumnya, media berita atau pers di negara Arab hanya berperan 

sebagai lidah bagi pemerintah, sehingga sudut pandang berita hanya dari pemerintah. Media 

berita sebelum Al Jazeera juga tidak kontroversial dan tidak memihak pada publik, sehingga 

kehadiran Al Jazeera ini disambut positif dan penuh dukungan oleh publik di Timur Tengah. 

Kepopuleran Al Jazeera dan bagaimana arah geraknya tentu bisa dirasakan bahwa Al Jazeera 

memiliki kemampuan berpengaruh di wilayah tersebut. Bukan hanya publik yang terpengaruh, 

pemerintah-pemerintah Arab juga bereaksi dengan apa yang dilakukan Al Jazeera.  

ANALISIS 

Al Jazeera resmi diluncurkan pada 1 November 1996 di Qatar kala masa pemerintahan 

Sheikh Emir Hamad bin Khalifa Al-Thani. Al Jazeera terbentuk dari bekas sisa satelit milik 

BBC versi Arab yang diberhentikan oleh pemerintah Arab Saudi karena pemberitaannya dinilai 

tidak sesuai dengan Arab Saudi. Setelah penutupan BBC versi Arab tersebut, Sheikh Emir 

Hamad bin Khalifa Al-Thani, yang kala itu menjabat menjadi emir Qatar, membeli satelit milik 

BBC versi Arab tersebut. Sheikh Emir Qatar pun kemudian mempekerjakan 120 mantan 

pekerja BBC versi Arab tersebut di negaranya yang kemudian mengoperasikan sebuah 

organisasi media berita bernama Al Jazeera. (Rushing, 2007, hal. 120-121). Al Jazeera 

memiliki kantor pusat di Doha, Qatar, namun secara operasional mereka bekerja secara lebih 

luas karena memiliki cukup banyak koresponden yang tersebar di seluruh wilayah negara-

negara Arab. Sehingga berita yang dihasilkan bisa menjangkau seluruh publik di wilayah 

tersebut, baik dari segi isi maupun konsumen, tidak hanya terbatas satu negara. 

Awal mulanya Al Jazeera hanya sebuah stasiun televisi berbahasa Arab yang fokus 

dalam menyiarkan berita dan menjadi saluran edukasi – terutama tentang sosial dan politik – 

bagi masyarakat Arab. Al Jazeera terus berkembang baik dari segi kualitas penyiaran, 

aksesibilitas ke publik (terutama melalui platform digital), bahkan kuantitas (dalam konteks 



5 
 

jumlah koresponden, jumlah wilayah sebar koresponden, dan juga jumlah kantor cabang atau 

biro Al Jazeera). Kini terhitung ada 57 biro Al Jazeera, yang aktif, di seluruh dunia. Semenjak 

kelahiran Al Jazeera, media ini sudah banyak meluncurkan berbagai macam program televisi. 

Ada yang masih berjalan hingga saat ini maupun tidak. Dari banyaknya program televisi Al 

Jazeera versi Arab  ini, beberapa di antaranya cukup fenomenal dan kontroversial, seperti The 

Opposite Direction¸ Without Borders, In the Depth, dan Talk of Revolution. Satu saluran 

khusus milik Al Jazeera yang juga populer namun berbeda dari format acara televisi Al Jazeera 

lainnya ialah Al Jazeera Mubasher. 

Al Jazeera bukan hanya sebagai media berita yang memiliki ruang lingkup regional 

bahkan internasional, tetapi juga media berita yang punya pengaruh terhadap berbagai aspek, 

khususnya politik. Al Jazeera membawakan politik ke dalam ruang televisi publik dan 

memengaruhi opini mereka. Dalam semua talk show-nya Al Jazeera tidak segan untuk 

membahas hal-hal seperti korupsi, catatan penyelewengan hak asasi manusia yang dilakukan 

rezim Arab, penganiayaan yang dilakukan terhadap pelaku oposisi pemerintah, hukum Islam 

(atau Syariah), fundamentalisme Islam, dan atau topik soal kesesuaian demokrasi dengan 

Islam. Bukan hanya demi mengisi kekosongan terhadap media berita yang mencerahkan 

publik, Al Jazeera juga hadir untuk mengisi kekosongan terhadap kesadaran politik serta 

pluralisme politik pada publik di Timur Tengah. Al Jazeera membuka ruang dan panggung 

untuk kelompok oposisi di wilayah tersebut demi menunjang kehadiran pluralisme politik. Al 

Jazeera menjadi media berita yang paling berani menyuarakan keraguan dan kritik terhadap 

otoritas pemerintahan negara-negara Arab, serta menentang wacana politik umum di wilayah 

tersebut. Al Jazeera tidak segan untuk membahas isu-isu sosial politik yang dianggap tabu oleh 

pemerintah. Dalam programnya, Al Jazeera bahkan berani mengekspos penyalahgunaan 

kekuasaan yang dilakukan pemerintah negara Arab serta menunjukkan bahwa sistem 

pemerintahan Arab yang tidak demokratis dan otokrasi menimbulkan kekecewaan publik yang 

meluas (Zayani, 2005, hal. 1-2). Dalam hal ini, Al Jazeera menunjukkan kepada publik, juga 

pemerintah, tentang bagaimana hambatan politik serta hambatan kebebasan berpendapat 

adalah menyengsarakan. 

Dalam fenomena sosial dan politik di wilayah Timur Tengah paling tersorot di dunia, 

yaitu Arab Spring, Al Jazeera hadir di dalamnya dan memiliki intensi tersendiri. Bahkan bisa 

dikatakan Al Jazeera, yang telah mendorong terjadinya Arab Spring dengan cara mereka 

sendiri. Hal ini bisa dikatakan karena Al Jazeera menjadi media berita pertama dan satu-

satunya di region yang meliput peristiwa besar tersebut, sehingga publik yang butuh informasi 



6 
 

terkait Arab Spring akan menyaksikan dan membaca liputan dari Al Jazeera. Selain itu, Arab 

Spring ternyata juga memiliki dampak yang signifikan terhadap dinamika politik domestik 

negara-negara di Timur Tengah yang mana hasilnya ialah tumbangnya beberapa rezim negara-

negara Timur Tengah dan digantikan dengan rezim lainnya. Selain itu fenomena revolusi Arab 

ini telah berdampak pula pada hubungan politik regional antar negara, sebagaimana Al Jazeera 

pun memberikan dampak pada dinamika politik level regional ini. Bahkan berdampak terhadap 

hubungan diplomatik antara Qatar dan Arab Saudi yang renggang. Sehingga dalam hal ini baik 

Al Jazeera maupun Arab Spring keduanya berdampak pada hubungan kedua negara tersebut. 

Dalam hal ini apakah bisa dikatakan Al Jazeera memiliki perannya sendiri dalam kerenggangan 

hubungan kedua negara bertetangga tersebut? Apakah bahkan berperan mengeskalasi konflik 

keduanya hingga terjadi pemutusan hubungan diplomatik tahun 2017 oleh Arab Saudi terhadap 

Qatar? 

 

Peran Al Jazeera dalam Arab Spring dan Ancaman bagi Arab Saudi 

Al Jazeera telah menjadi saksi mata bahkan menjadi bukti (melalui rekaman) 

bagaimana Arab Spring dimulai dan bagaimana gambaran keresahan masyarakat terhadap 

rezim yang otoriter memuncak. Memang benar bahwa tuntutan sosial adalah akar dari musim 

semi Arab, karena protes pertama di Tunisia dimulai dengan alasan sosial dan pada awalnya 

dipimpin oleh serikat pekerja setempat. Namun, aspek politik revolusi kemudian muncul, 

dengan tuntutan yang jelas yaitu untuk menggulingkan rezim. Slogan utama dalam Arab Spring 

tersebut (‘Rakyat ingin menggulingkan rezim’), yang dirumuskan pada tahap awal revolusi 

Tunisia, dengan cepat menyebar ke Mesir, Libya, Yaman, dan Suriah. Dalam situasi seperti 

ini, Al Jazeera telah hadir untuk siap melaporkan kepada dunia bagaimana kondisi di dunia 

Arab sebenarnya. Jurnalis dan penerjemah Mohammed Lemine mengatakan bahwa dengan 

adanya kehadiran Al Jazeera sangat berperan tidak hanya dalam segi melaporkan kisah tersebut 

tetapi juga, yang lebih penting, mempertahankannya (Abdelmoula, 2015, hal. 141). 

Media-media arus utama di Timur Tengah tidak mampu untuk mengover isu ini baik 

karena kurangnya pengetahuan tentang media berita yang objektif maupun terkendala izin dari 

negara asalnya. Al Jazeera yang dari awal telah mendeklarasikan sebagai media berita 

independen, memiliki posisi yang strategis dalam hal mampu ikut terlibat dalam pertarungan 

publik terhadap ketidakadilan dengan cara meliputnya dan menyiarkan ke seluruh dunia. 

Termasuk keterlibatannya secara langsung pada hiruk pikuk gerakan revolusi Arab 2011. 



7 
 

Dalam hal ini Al Jazeera telah membuktikan bahwa keberpihakannya kepada publik adalah 

mutlak dan membuktikan pula bahwa Al Jazeera punya pengaruh terhadap opini publik. 

1. Agenda-Setting Al Jazeera soal Isu Revolusi Arab 2011 

Al Jazeera pada masa Arab Spring banyak mengarahkan pemberitaannya pada 

peristiwa tersebut, tidak terkecuali berita yang dirilis di situs berita resmi Al Jazeera yang 

berbahasa Arab, Aljazeera.net. Berikutnya dari tulisan ini akan melihat seberapa besar 

partisipasi dan peran Al Jazeera dalam isu revolusi Arab 2011 ini. Al Jazeera memiliki tujuan 

yaitu meliberalisasi media tradisional di Timur Tengah untuk menjadi sumber informasi 

tentang politik bagi publik yang tabu jika membicarakan soal itu. Dalam hal ini, pembicaraan 

terkait politik mendapatkan porsi yang banyak pada siaran Al Jazeera terlihat dari program 

politiknya. Dalam bentuk siaran televisi, Al Jazeera memiliki beberapa program televisi yang 

secara khusus membahas politik bahkan satu program khusus yang membahas terkait isu 

revolusi. Program-program tersebut ialah The Opposite Direction, Without Borders, In the 

Depth, dan satu program khusus tentang revolusi yaitu Talk of the Revolution. 

Berdasarkan data yang dirangkum oleh Sam Cherribi dalam bukunya yang berjudul 

“Friday of Rage: Al Jazeera, The Arab Spring, and the Political Islam”, Cherribi 

mengungkapkan bahwa pada rentang tahun 2011-2012 (yaitu pada masa peristiwa Arab Spring 

muncul dan menyita perhatian dunia), keempat program tersebut di atas banyak membahas soal 

isu Arab Spring. Untuk The Opposite Direction, program ini tercatat sebanyak 53 episode, dari 

total 71 episode yang tayang pada periode 2011-2012, yang membahas Arab Spring dalam 

rentang waktu hanya satu tahun. Bukan hanya itu, isu Arab Spring juga dibahas pada program 

televisi Al Jazeera lainnya. Seperti Without Borders yang tercatat menayangkan 44 episode 

dari total 73 episode yang tayang, In the Depth sebanyak 53 episode dari total 76 episode, dan 

terakhir Talk of the Revolution tercatat paling banyak yaitu ada 223 episode dari total 305 

episode (Cherribi, 2017, hal. 28). Untuk jadwal penayangan program-program tersebut, The 

Opposite Direction,Without Borders,dan In the Depth, tayang dengan jadwal mingguan, 

sehingga setiap minggu hanya tanyang satu episode. Berbeda dengan program Talk of the 

Revolution, program ini tayang setiap hari pada periode 2011-2012, bahkan sampai tayang 

sebanyak dua kali atau lebih dalam satu hari. Jika ditotal secara keseluruhan, selama periode 

waktu 2011-2012 Al Jazeera telah membahas isu soal revolusi Arab 2011 dalam 373 episode. 

Intensitas pembahasan isu revolusi Arab oleh Al Jazeera ini  membuat isu revolusi dan 

peristiwa Arab Spring menjadi isu publik yang wajar diperbincangkan di tengah-tengah 



8 
 

masyarakat. Setidaknya, dalam hal ini, Al Jazeera telah menantang kultur tradisionalisme di 

Timur Tengah kala itu yang membungkam isu kontroversial terkait politik tersiar ke tengah-

tengah masyarakat. Berikut beberapa contoh judul dari tayangan keempat program tersebut 

periode tahun 2011-2012. 

Tabel 6. Judul Episode di Program Televisi Al Jazeera Tahun 2011-2012 

Nama Program No. Judul Episode1 Tanggal Penayangan 

The Opposite Direction 

1 Arab Peoples are Revolting 11 Januari 2011 

2 Lebanon and Syrian Revolution 08 November 2011 

3 Keeping the Flames of Revolutions Burning 29 November 2011 

4 A Special Episode of Arab Revolutions  03 Januari 2012 

5 A Year of Egyptian Revolution 24 Januari 2012 

Without Borders 

1 The Future of the Syrian Revolutions 05 Oktober 2011 

2 The Role of Women in Arab Revolutions 12 Oktober 2011 

3 
The Impact of the Arab Revolutions on the 

Palestinian Cause 
01 Februari 2012 

4 Challenge Facing the Libyan Revolution 15 Februari 2012 

5 
The Impact of Arab Revolutions on Central 

Asian Muslims 
26 September 2012 

In the Depth 

1  Reason for the Start of Tunisian Revolution 24 Januari 2011 

2  Yemen: The Edge of Revolution 19 September 2011 

3  The League of Arab Revolution 06 Februari 2012 

4  Reform and the Arab Spring 14 Mei 2012 

5  Democracy in the Arab Spring Countries 30 Juli 2012 

Talk of the Revolution 

1 
The Course of Revolutions and the Role of 

the Working Class 
01 Mei 2011 

2 
Developments of the Yemeni and Libyan 

Revolution  
25 Juni 2011 

3 The Revolution in Tunisia  21 Juli 2011 

4 The Arab Revolutions 14 Januari 2012 

5 

The Syrian Revolution between the Deficit 

of Observers and the Difference of the 

Opposition 

17 Juli 2012 

 

Tidak hanya disiarkan melalui televisi, Al Jazeera juga mengover isu revolusi Arab ini 

melalui situs berita online-nya. Ada sangat banyak berita yang dirilis oleh Al Jazeera terkait 

Arab Spring, berikut merupakan beberapa contoh judul berita oleh Al Jazeera dari tahun 2011-

2012, yang diambil melalui situs resmi Al Jazeera2.  

Tabel 7. Judul Berita di Situs Al Jazeera Versi Arab selama tahun 2011-2012 

                                                           
1 Judul-judul episode dari program televisi Al Jazeera tersebut diterjemahkan dari bahasa Arab. Sumber: 

aljazeera.net. Diakses pada tanggal 08 Oktober 2019. 
2 Judul-judul berita diterjemahkan dari bahasa Arab dan diambil melalui aljazeera.net. Diakses pada 10 Oktober 

2019. 



9 
 

No. Judul Berita Tanggal Rilis 

1 Arab Popular Welcome to the Tunisian Revolution  16 Januari 2011 

2 The Joy of Arab Popular Mubarak Departure 12 Februari 2011 

3 Arab Appreciation of the Revolution of the Egyptian People  12 Februari 2011 

4 The Revolution Takes the Arabs to New Stage 14 Maret 2011 

5 Tahrir Square Uttered the Arab Revolution 03 April 2011 

6 The Revolution of the Arabs and Turkey 07 Mei 2011 

7 Arab and Turkish Revolutions 07 Juli 2011 

8 Syrian Kurds with the Revolution 06 September 2011 

9 Arab Revolutions Inspire the World’s Youth 05 Oktober 2011 

10 Haniyeh: Arab Spring Gave Victory to Gaza 22 November 2011 

11 Tunisia: First Year of Revolution 14 Januari 2012 

12 Sectarianism May Abort Arab Revolutions 29 Januari 2012 

13 A Year After Syrian Revolution 15 Maret 2012 

14 Syria National Revolution or Global Jihad? 18 Juni 2012 

15 725 Palestinians Killed in Syria since Revolution 10 Desember 2012 

 

Selama Al Jazeera meliput peristiwa Arab Spring, Al Jazeera menunda program-

program rutinnya agar biasa menayangkan siaran berita langsung dan wawancara terkait 

dengan peristiwa tersebut. Al Jazeera tidak hanya meliput satu peristiwa revolusi saja, tetapi 

terus beralih dari satu revolusi ke revolusi yang lainnya tanpa jeda. Sehingga tayangan Al 

Jazeera tiap harinya selama Arab Spring telah dipenuhi dengan topik revolusi Arab. Al Jazeera 

bahkan membuat sebuah saluran televisi khusus yaitu Al Jazeera Mubasheer Misr (AJMM). 

AJMM ini  khusus menayangkan berita langsung terkait revolusi yang terjadi di Mesir, yang 

mana diluncurkan pada tahun 2011 bertepatan dengan munculnya fenomena Arab Spring. 

Selain itu, selama Arab Spring liputan Al Jazeera banyak diisi wajah-wajah para demonstran 

yang menyatakan tuntutan mereka kepada dunia. Para demonstran dan kaum revolusioner 

dalam aksi massa tersebut senang dengan kehadiran media yang berani seperti Al Jazeera, 

apalagi di tengah kontrol ketat pemerintah terhadap media untuk meliput peristiwa tersebut. 

Mereka bahkan memanfaatkan Al Jazeera untuk menjangkau dan memobilisasi orang-orang 

dari kalangan mereka (Hroub, 2011). Arab Spring pada akhirnya menyebar dengan cepat ke 

seluruh penjuru dunia bahkan telah mengejutkan hampir semua orang. Tidak lain dan tidak 

bukan, hal ini karena pengaruh Al Jazeera yang telah menjadi suara bagi orang-orang yang 

tidak pernah didengar suaranya di seluruh Timur Tengah. 

Perjuangan Al Jazeera untuk bisa meliput demonstrasi yang terjadi selama masa Arab 

Spring patut dilihat intensinya sebagai bentuk partisipasi aktif Al Jazeera dalam isu tersebut. 

Al Jazeera mengakui bahwa selama terjadi Arab Spring pemerintah di beberapa negara – 

contohnya Tunisia dan Mesir – menutup biro mereka sehingga tidak akan ada  berita baik di 



10 
 

tulisan maupun tayangan televisi yang muncul membahas terkait isu tersebut. Tetapi ternyata 

publik lebih pintar ketimbang para penguasa. Aktivitas daring oleh publik selama masa tersebut 

telah membantu Al Jazeera mendapatkan rekaman kejadian baik berupa foto maupun video 

sehingga Al Jazeera masih tetap bisa menampilkan apa yang terjadi. Para pemuda demonstran 

mengunggah foto dan video yang memperlihatkan beberapa potongan kejadian seperti pasukan 

keamanan pemerintah sedang menembaki massa demonstrasi damai, tubuh orang terluka 

bernoda-noda darah di jalan-jalan dan rumah sakit, bahkan tubuh orang yang mati (Sultan, 

2013). Inilah yang kemudian menjadi bahan bagi Al Jazeera sehingga masih tetap bisa 

mewartakan ke publik terkait demonstrasi selama Arab Spring meskipun biro mereka ditutup. 

Termasuk yang terjadi pada awal mula Arab Spring, yaitu di Tunisia. Bakar diri secara dramatis 

dari Mohammad Boazizi – seorang pedagang buah – di Sidi Bouzid, Tunisia, pada awalnya 

tidak dilaporkan oleh media mana pun, karena sekali lagi semua media ditutup oleh pemerintah. 

Barulah ketika foto-foto bakar diri itu diunggah ke media sosial, topik tersebut mencuat ke 

permukaan dan menjadi bahan pembahasan di media, terutama Al Jazeera (Sultan, 2013). 

Berbicara terkait demonstrasi di Mesir, Al Jazeera mengerahkan reporternya ke 

lapangan sebelum demonstrasi pertama terjadi dengan jumlah reporter yang banyak. Terutama 

demonstrasi yang terjadi di Tahrir Square, Mesir (Abdelmoula, 2015, hal. 149). Kepala biro Al 

Jazeera di Kairo saat itu, Abel Fattah Fayed, mengatakan bahwa biro Al Jazeera di Kairo 

tersebut sudah ditutup oleh pasukan polisi dari Hosni Mubarak, Presiden Mesir kala itu, pada 

tanggal 30 Januari 2011. Wartawan dan reporter Al Jazeera diusir dari biro tersebut dan 

pemerintah Mesir juga menyita kartu pers mereka.  Hal ini dilakukan agar pemerintah kembali 

memiliki kendali terhadap berita yang muncul dan tersiar ke publik selama demonstrasi 

berlangsung. Meskipun biro Al Jazeera tersebut ditutup, Al Jazeera masih tetap bisa 

menyiarkan berita tentang demonstrasi yang terjadi di Kairo, Mesir. Hal ini kemudian disadari 

oleh pihak pemerintahan Mesir kala itu sehingga pihak kepolisian menjelajahi kota berusaha 

melacak kamera video Al Jazeera, bahkan memeriksa toilet di biro Al Jazeera Kairo untuk 

memastikan adakah kamera tersembunyi yang terpasang di sana. Fayed mengatakan bahwa 

meskipun Al Jazeera kesulitan untuk merekam kejadian demonstrasi di Tahrir Square, para 

pengunjuk rasa bertindak sebagai koresponden dan reporter tidak resmi Al Jazeera dengan 

mengunggah foto-foto atau video-video yang berkaitan dengan demonstrasi saat itu di media 

sosial mereka, sama hal seperti yang tejadi di Tunisia. Rekaman melalui foto maupun video 

tersebut menjadi bahan bagi Al Jazeera untuk tetap menyiarkan perkembangan yang terjadi 

selama Arab Spring di Mesir dengan menambahkan narasi yang menarik.  Ruang redaksi 



11 
 

seolah pindah dari gedung perkantoran ke jalan-jalan di kawasan Tahrir Square bersama para 

pengunjuk rasa (Cherribi, 2017, hal. 127). Tidak hanya bekerja sama dengan warga para 

pengunjuk rasa, Al Jazeera juga memutuskan untuk mencabut logo yang menempel pada 

peralatan mereka dan terus bekerja (Sultan, 2013). 

Dari berbagai bentuk aktivitas yang dilakukan oleh Al Jazeera bisa dilihat bahwa Al 

Jazeera memiliki misi sendiri. Sebagaimana pendapat Steven Livingston, media (dalam hal ini 

seperti Al Jazeera) mampu menjalankan peran sebagai agenda-setting agent, yang mana media 

berita memberikan porsi besar dalam liputan dan tayangannya terhadap isu-isu yang dianggap 

penting oleh media tersebut, kemudian isu tersebut menjadi sorotan publik – mencuri perhatian 

publik,  dan pada momentumnya publik melakukan suatu aksi dalam menanggapi isu tersebut. 

Dari definisi tersebut, bisa dikorelasikan dengan apa yang dilakukan Al Jazeera dalam hal isu 

Arab Spring. Al Jazeera sangat memberikan ruang kepada isu revolusi Arab dalam fenomena 

Arab Spring 2011. Hal ini dibuktikan dengan tayangan dalam program-program televisi Al 

Jazeera dan liputan berita di situs resmi aljazeera.net didominasi oleh topik tentang demonstrasi 

dan gerakan revolusi Arab yang terjadi selama masa Arab Spring. 

Senada dengan apa yang diungkapkan oleh Livingston, penekanan media berita terkait 

suatu isu menyiratkan bahwa sebuah isu dinilai penting oleh media tersebut yang pada 

momentumnya juga akan dianggap penting oleh publik sebagai konsumen dari tayangan dan 

tulisan berita tersebut. Dalam hal ini Al Jazeera menganggap bahwa isu revolusi Arab adalah 

isu penting yang penting untuk disebarkan ke publik secara luas. Semisal apa yang dilakukan 

oleh Al Jazeera dalam mengover dari kejadian protes pembakaran diri Mohammad Boazizi 

hingga demonstrasi di Tunisia. Bagi Al Jazeera yang memiliki cita-cita sebagai “Voice of 

Voiceless” (Al-Jazeera, 2019), isu tersebut penting untuk disebarkan kepada khalayak sebagai 

bentuk mendukung adanya partisipasi publik terhadap isu-isu sosial dan politik, bahkan 

ekonomi, yang mana sebelumnya itu hanya menjadi urusan pemerintah. Hal ini juga dibuktikan 

dengan bagaimana reporter Al Jazeera sangat berjuang dan berupaya demi bisa meliput 

demonstrasi masyarakat yang menjadi tanda meningkatnya kesadaran dan partisipasi publik 

terhadap isu-isu yang dikatakan tabu di wilayah tersebut. Pada momentumnya, isu-isu yang 

ditekankan oleh Al Jazeera akan juga menjadi isu penting bagi publik. Hal ini yang kemudian 

bisa dibuktikan dengan menjalarnya aksi protes dari Tunisia ke negara-negara lain di Timur 

Tengah. Sehingga dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa Al Jazeera telah menjalankan peran 

media sebagai agenda-setting agent pada peristiwa Arab Spring. 



12 
 

2. Arab Spring dan Al Jazeera: Ancaman bagi Arab Saudi 

Arab Saudi termasuk dalam sekelompok kecil negara di Timur Tengah yang tidak 

terkena dampak signifikan dari Arab Spring. Bukan karena tidak ada upaya-upaya dari publik 

Arab Saudi untuk bisa menuntut pemerintah mereka, tapi karena pemerintah Arab Saudi cukup 

pandai meredam ‘berisik’ dari para demonstran. Tuntutan dari para demonstran sangat 

beragam. Ada yang menuntut agar Arab Saudi membebaskan tahanan politik yang tidak 

bersalah, menuntut hak perempuan, protes terhadap pemerintah yang korup, protes terhadap 

pengangguran, protes terhadap perlakuan anti-Syiah, dan lain sebagainya. Protes tersebut 

dimulai pada Januari 2011 ditandai dengan protes bakar diri seorang lelaki paruh baya berumur 

60 tahun di Samitah, Arab Saudi (BBC, 2011), persis dengan cara protes pionir gerakan 

revolusi Arab, Boazizi, di Tunisia. 

Demonstrasi yang memakan korban, keburukan rezim yang tersebar ke publik dunia, 

serta kegagalan dalam mengontrol masifnya demonstrasi massa yang berujung penggulingan 

rezim, jelas sangat tidak diharapkan oleh pemerintah Arab Saudi bahkan sangat dihindari. Hal 

ini dikarenakan Arab Spring mengancam posisi Arab Saudi sebagai kekuatan regional di Timur 

Tengah. Sehingga demi menjaga posisi sebagai kekuatan regional tersebut, Arab Saudi perlu 

untuk membuat dan menjaga stabilitas keseimbangan sistem yang berjalan di wilayah 

regionalnya dengan menjaga segala kekuatan yang ada (Richter, 2014, hal. 177-187), termasuk 

meredam kekuatan publik yang secara konsep berseberangan dengan kekuatan pemerintah atas 

publik. Dalam hal ini Arab Saudi memiliki tujuan utama dalam kebijakan luar negerinya 

terhadap negara-negara regional, yaitu mencegah munculnya kekuatan baru dalam subregional 

Timur Tengah dengan cara mengatur antara potensi ancaman dan tantangan dalam tingkatan 

regional, bahkan secara global dengan cara menstimulasi. Arab Saudi juga memperhatikan 

kebijakan dalam negerinya, karena ancaman untuk pergeseran posisi Arab Saudi sebagai 

kekuatan juga mungkin terjadi dikarenakan ancaman-ancaman domestik. Dalam hal ini tidak 

dapat dipungkiri bahwa Arab Saudi negara yang kuat dan memiliki dominasi yang sulit 

tergeser. 

Menghindari ancaman kekuatan baru dari tingkat domestik dan regional, Arab Saudi 

menganggap penting berada pada posisi sebagai negara kontra-revolusi. Jikalau Arab Saudi 

mengiyakan revolusi maka Arab Saudi telah mengakui kehadiran kekuatan baru yang 

mempengaruhi dominasinya. Wajar jika Arab Saudi sangat ketat mengontrol kekuatan lain 

yang akan muncul melalui ide-ide revolusi, contohnya seperti peristiwa Arab Spring. Arab 



13 
 

Saudi sangat menutup kesempatan dan membatasi adanya ide bahkan aktivitas yang reformis. 

Sering kali aktivis-aktivis reformis dipenjara, baik itu yang datang dari kaum intelektual, 

penulis, blogger, termasuk orang-orang yang hanya menulis surat kepada raja meminta 

reformasi dilaksanakan. Termasuk Arab Saudi juga membatasi aktivitas media dan pers. Arab 

Saudi berupaya menjaga agar sistem regional tetap stabil dengan memberi dukungan dana 

maupun militer kepada negara-negara – sahabat – di Timur Tengah  yang terdampak 

gelombang protes Arab Spring. Misalnya Arab Saudi memberikan dukungan berupa dana 

bantuan darurat hingga 20 miliar dolar Amerika Serikat (AS) kepada Bahrain dan Oman, 

sebagai upayanya mempertahankan basis kekuasaan monarki tradisional dalam  GCC. 

Kemudian Arab Saudi juga memberikan dana darurat sebesar 5 miliar dolar AS kepada junta 

militer di Kairo, setelah Mohammad Morsi terpilih sebagai presiden Mesir (Richter, 2014). Hal 

ini jelas dilakukan oleh Arab Saudi untuk menurunkan pengaruh Ikhwanul Muslimin dari 

kekuasaan di Mesir.  

Karena menyadari ancaman terhadap stabilitas kekuasaan di tingkat domestik juga ada 

selama Arab Spring, Arab Saudi merespons sama dengan apa yang dilakukan pada tingkat 

regional, yaitu dengan memobilisasi semua sumber daya yang tersedia Arab Saudi memberikan 

bantuan dana. Pertama-tama Arab Saudi merespons aksi demonstrasi yang menuntut 

pemerintah Arab Saudi dengan memberikan dana sekitar 37 miliar dolar AS bagi sektor 

masyarakat yang paling rentan atau berpotensi memberontak. Sektor tersebut seperti kaum 

muda dan orang miskin. Lowongan pekerjaan diciptakan dan subsidi untuk perumahan 

disediakan. Tidak hanya sekali, Arab Saudi menggelontorkan dana lagi, bahkan yang lebih 

besar jumlahnya, sebulan setelah bantuan pertama. Yaitu sebesar 93 miliar dolar AS, termasuk 

menciptakan lebih banyak lapangan kerja, dan juga memberikan gaji ekstra untuk pegawai 

negeri (Lacroix, 2014). Arab Saudi juga memukul mundur mereka yang mengancam. Beberapa 

aktivis yang ikut dalam demonstrasi di Arab Saudi ditahan oleh pihak keamanan pemerintah, 

dan beberapa lainnya diancam akan ditangkap jika mereka mengumumkan dukungan kepada 

gerakan-gerakan membangkang pemerintah. Polisi berada di jalan-jalan dalam jumlah yang 

sangat besar, dan pos-pos pemeriksaan didirikan untuk mencegah siapa pun yang berani  

mencoba mencapai lokasi di mana demonstrasi terjadi. Intelijen Saudi juga aktif di internet. 

Menurut beberapa aktivis yang menggunakan media sosial Facebook, beberapa halaman 

Facebook telah dihancurkan, sementara beberapa akun diretas (Lacroix, 2014). 

Al Jazeera yang pada kenyataannya memang menjalankan peran media sebagai 

agenda-setting agent dalam isu revolusi Arab selama Arab Spring, cukup mengganggu dan 



14 
 

mengancam posisi Arab Saudi sebagai kekuatan regional. Al Jazeera melalui berbagai 

aktivitasnya di awal mula kemunculan Arab Spring, yaitu aksi protes masyarakat di Tunisia, 

telah menjadi ‘bubuk mesiu’ dan menghasilkan aksi protes dengan massa yang lebih besar. 

Bahkan aksi tersebut ditiru oleh publik negara lain demi menuntut rezim di negara mereka yang 

juga tidak memimpin dengan adil sebagaimana rezim di Tunisia. Hal ini yang kemudian 

membuat Arab Saudi kemudian sangat menolak bahkan membenci Al Jazeera. 

Penolakan Arab Saudi terhadap Al Jazeera tidak mulai terjadi pada fenomena Arab 

Spring 2011, bahkan dari jauh sebelumnya. Al Jazeera di awal-awal kemunculannya dikritik 

oleh para pejabat Arab Saudi melalui pers Arab Saudi dengan kritik yang ganas. Pejabat Arab 

Saudi tersebut mengkritik program Al Jazeera yang memuat isu-isu Islam, Nabi Muhammad, 

dan Al Qur’an dengan format yang sangat berani. Hal tersebut telah memancing kemarahan 

para intelektual di Arab Saudi.  Pada 14 Maret 1998, dua tahun setelah kelahiran Al Jazeera, 

seorang ulama terkemuka di Arab Saudi menulis tanggapannya soal Al Jazeera dalam sebuah 

surat kabar harian Arab Saudi (yang kebetulan memiliki nama Arab yang sama dengan Al 

Jaeera). “Bagaimana bisa pejabat Al Jazeera mengizinkan serangan terhadap agama Islam dan 

Al Qur’an ditayangkan secara langsung kepada pemirsa? Berani-beraninya program Al Jazeera 

menjamu seorang ateis untuk berbicara tentang agama suci kita dan menjadikannya lelucon 

atas nama kebebasan berbicara? Bisakah Anda bayangkan apa dampak semua yang akan terjadi 

pada anak-anak Arab dan Muslim? Bisakah Anda bayangkan pengaruhnya terhadap pemirsa 

yang tidak memiliki informasi tentang agama dan budaya Islam?”. 

Arab Saudi berupaya untuk menghentikan, atau setidaknya melemahkan, pengaruh Al 

Jazeera, mulai dari larangan bagi perusahaan di Arab Saudi untuk beriklan di Al Jazeera, 

menolak didirikannya biro Al Jazeera di Arab Saudi, bahkan menarik duta besar Arab Saudi 

dari Qatar sebagai bentuk ketegasan Arab Saudi untuk menyikapi kritik yang dilontarkan Al 

Jazeera terhadap Arab Saudi. Arab Saudi juga membuat media berita tandingan untuk 

melemahkan pengaruh Al Jazeera yaitu Al Arabiya pada tahun 2003. Tahun 2013 Al Jazeera 

kembali mendapatkan sorotan oleh Arab Saudi. Sorotan ini ialah karena aktivitas Al Jazeera 

yang dinilai menyebabkan kekacauan dan konflik dalam negeri di beberapa negara-negara 

Timur Tengah – yang punya hubungan sangat dekat dengan Arab Saudi, tentu saja ini soal 

aktivitas liputan Al Jazeera selama Arab Spring. Selang satu tahun yaitu pada tahun 2014, Arab 

Saudi kembali memperingati lebih tegas kepada Al Jazeera masih dengan cara yang sama 

dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan Al Jazeera masih membuat tayangan yang 

terkesan menyerang rezim negara-negara Timur Tengah. Namun konflik kembali terjadi pada 



15 
 

pertengahan tahun 2017 yang mana kali ini Arab Saudi bersikap jauh lebih tegas yaitu dengan 

memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan memblokir jalur yang berhubungan 

dengan Qatar. Al Jazeera dalam konflik ini kembali ikut menjadi sorotan Arab Saudi. 

Dari paparan di atas, membuktikan bahwa Arab Saudi dan Al Jazeera didominasi 

hubungan yang tidak baik, bahkan sebelum Arab Spring. Bisa dikatakan bahwa, fenomena 

Arab Spring yang mana cukup sensitif bagi rezim-rezim negara Timur Tengah yang tidak 

demokratis, serta peran Al Jazeera sebagai media berita yang mendukung gerakan revolusi 

Arab tersebut – apalagi Al Jazeera merupakan media berita yang sudah punya pengaruh di 

Timur Tengah – telah menjadikan ancaman serius bagi Arab Saudi. Memang tidak menyerang 

secara langsung, tapi pengaruhnya cukup terasa oleh Arab Saudi, melalui negara-negara 

sahabat Arab Saudi yang sudah kacau karena adanya kolaborasi Al Jazeera dan Arab Spring 

itu. Porsi kekuatan regional dan keseimbangan stabilitas sistem di Timur Tengah yang 

dipegang oleh Arab Saudi mau tidak mau menemui lawannya.  

A. Dukungan Qatar terhadap Al Jazeera 

Upaya yang dilakukan oleh Arab Saudi untuk melemahkan pengaruh Al Jazeera sudah 

cukup bervariasi. Upaya terakhir, bisa dikatakan juga upaya paling tegas, dari Arab Saudi ialah 

memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar – negara basis Al Jazeera. Namun, dalam 

hal ini perlu adanya penjelasan lebih terkait bagaimana bentuk hubungan antara Qatar dan Al 

Jazeera sehingga Arab Saudi harus mempertaruhkan hubungannya dengan Qatar untuk 

meredam Al Jazeera. Berikut di bawah akan dijelaskan terkait hubungan Qatar dan Al Jazeera 

dan bagaimana kaitannya dengan pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi terhadap Qatar 

pada tahun 2017.   

1. Hubungan Qatar dan Al Jazeera 

Untuk melihat bagaimana bentuk hubungan antara Al Jazeera dengan Qatar, sangat 

mudah jika dengan menceritakan tentang pemimpin Qatar yang memiliki ide mendirikan Al 

Jazeera. Sehingga di bawah ini akan diceritakan secara singkat tentang Sheikh Emir Hamad 

bin Khalifa Al-Thani. Sheikh Emir Hamad bin Khalifa Al-Thani yang merupakan Emir (atau 

bisa dikatakan Presiden) dari Qatar merupakan pemimpin yang progresif  dan cukup 

kontroversial. Sejak awal kelahiran Al Jazeera, Sheikh Emir Hamad memang mengharapkan 

sebuah media yang mirip seperti CNN (berani mengkritik dan profesional), sebuah media berita 

asal Amerika Serikat. Namun media tersebut harus lebih berfokus pada isu-isu yang 



16 
 

berhubungan langsung dengan dunia Arab serta perspektif Arab yang independen (Powers & 

Gilboa, 2007, hal. 55). Dalam hal ini dibuktikan dengan Sheikh Emir Hamad, yang sebagai 

Presiden Qatar, memberi dana awal untuk peluncuran Al Jazeera sebesar $ 147 dan menyubsidi 

Al Jazeera selama lima tahun hingga November 2001 (El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 34). 

Hal ini adalah sebagai bentuk bagian dari langkah kecil untuk memperkenalkan demokrasi ke 

negara kecilnya dan diharapkan bertindak dalam demokratisasi di wilayah Timur Tengah. 

Namun, meskipun Sheikh Emir Hamad berharap Al Jazeera menjadi mandiri secara finansial 

dan mendapat iklan, faktanya pemerintah Qatar telah menghabiskan sekitar $ 100 juta setiap 

tahun untuk mempertahankan jaringan yang saat itu belum mendapatkan banyak iklan3. 

Sheikh Emir Hamad memiliki latar belakang pendidikannya di Britania Raya, di mana 

ia lulus dari Royal Military Academy di Sandhurst pada tahun 1971. Sebelum mengangkat 

dirinya sebagai emir, Sheikh Emir Hamad aktif dalam memodernisasi baik infrastruktur militer 

maupun fisik dan ekonomi negara Qatar. Tahun 1977 ia diangkat sebagai Putra Mahkota, di 

mana ia juga ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan. Di bawah arahannya, pasukan militer Qatar 

berpartisipasi dalam serangan Koalisi terhadap Irak setelah invasi ke Kuwait pada tahun 1990. 

Juni 1995, beliau mengambil alih pemerintahan Qatar dengan mengkudeta (dengan damai 

tanpa kekerasan) ayahnya sendiri, Sheikh Khalifa. Saat itu ayahnya sedang berada di Jenewa 

(El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 35). Setelah menjabat sebagai Emir, Sheikh Emir Hamad 

bahkan mengizinkan semua warga negara di atas usia delapan belas tahun, termasuk 

perempuan, untuk ikut menjadi pemilih di pemilihan kota. Masih banyak kebijakan-kebijakan 

lainnya yang menggambarkan bahwa Sheikh Emir Hamad berupaya untuk meliberalisasi 

sistem di Qatar. Salah satu hasil dari upaya liberalisasi Qatar oleh Sheikh Emir Hamad ialah 

Al Jazeera, dengan segala aktivitas dan program televisinya. 

Segala bentuk hubungan pemerintah Qatar di awal, bahkan sampai selama perjalanan 

Al Jazeera, memang tidak dapat dipungkiri saling terkait satu sama lain. Dimulai dengan ide 

membeli BBC versi Arab yang ditutup oleh Arab Saudi untuk dijadikan organisasi media berita 

milik Qatar yang inisiatif dari Sheikh Emir Hamad, dalam hal ini pemerintah Qatar, sendiri. 

Namun, Al Jazeera mengatakan bahwa untuk urusan editorial secara independen di dalam 

wewenang dari Al Jazeera sendiri. Faisal Al Kasim, pembawa acara The Opposite Direction 

                                                           
3 Data saat itu diambil pada tahun 2003.  



17 
 

mengatakan bahwa kebijakan editorial Al Jazeera sangat longgar sehingga ia tidak pernah 

diberi perintah mengenai konten program. 

Menurut Al Jazeera, mereka adalah media berita yang independen. Satu-satunya 

koneksi ke pemerintahan Qatar ialah soal pendanaan Qatar kepada Al Jazeera. Di luar itu, Al 

Jazeera independen dari segi editorial (El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 43). Namun 

beberapa pengamat menilai bahwa Al Jazeera tidak benar-benar independen, mereka pesimis 

tentang hubungan Al Jazeera dengan pemerintah Qatar. Mohammed Arafa, seorang ahli 

komunikasi dan mantan Ketua Departemen Komunikasi Universitas Qatar mengatakan bahwa 

pemerintah Qatar menggunakan Al Jazeera sebagai alat public relation untuk berhadapan 

dengan dunia luar. Hal ini menjadi meyakinkan ketika mengetahui fakta bahwa Al Jazeera yang 

banyak mengkritik sebagian besar rezim Arab tetapi hampir tidak menyentuh politik domestik 

di Qatar. Seolah Al Jazeera menghindari untuk menayangkan ‘cucian kotor’ Qatar, padahal 

banyak hal-hal yang bisa dikritisi oleh Al Jazeera terhadap negara yang membiayainya tersebut 

(El-Nawawy & Iskandar, 2003, hal. 86).  

Beberapa pengamat melihat Al Jazeera sebagai alat politik yang digunakan oleh 

pemerintah Qatar secara tidak langsung untuk melayani tujuan kebijakan luar negerinya. Hilal 

Khashan, seorang sarjana Palestina-Amerika terkemuka dan profesor di Departemen Studi 

Politik dan Administrasi Publik di American University of Beirut berkomentar bahwa Al 

Jazeera tidak pernah benar-benar dipahami sebagai proyek media. Al Jazeera merupakan 

proyek politik. Tegasnya, Al Jazeera menjadi perpanjangan tangan dari negara Qatar. Qatar 

menginginkan sesuatu yang dapat meningkatkan prestise dan memberikan  kekuatan serta 

pengaruh yang kuat (Sultan, 2013). Hal ini dicurigai publik dan analis melalui kasus perbaikan 

hubungan antara Qatar dan Arab Saudi yang sempat putus tahun 2002 akibat pemberitaan Al 

Jazeera. Disinyalir adanya negosiasi yang menggunakan pengaruh Al Jazeera untuk 

mendamaikan hubungan. Mustafa Alani, seorang analis keamanan di Pusat Penelitian Teluk di 

Dubai mengatakan bahwa sebelum perbaikan hubungan antara Qatar dan Arab Saudi, yang 

setelah 5 tahun merenggang, pada tahun 2007 Qatar telah bertemu pada September dengan 

Arab Saudi di Riyadh untuk setuju memberi jaminan kepada Arab Saudi tentang liputan Al 

Jazeera (Worth, 2008). Dampak dari hal ini kemudian segera terasa di Al Jazeera. Staf Al 

Jazeera mengakui bahwa terjadi perubahan di ruang redaksi setelah pertemuan itu. Al Jazeera 

tidak lagi berbicara negatif soal Arab Saudi (Worth, 2008).  



18 
 

Kemudian dalam kasus Arab Spring, Qatar memainkan peran yang besar dalam 

fenomena tersebut. Qatar menganggap bahwa Arab Spring mewakili kesempatan yang 

sempurna untuk menggeser keseimbangan kekuatan Timur Tengah. Karena itu para penguasa 

Qatar menjalankan dua strategi yaitu merajut jaringan dengan kelompok Islamis serta 

revolusioner dan membangun kekuatan media berita, dalam hal ini Al Jazeera (Cherkaoui, 

2014). Hal ini kemudian dibuktikan dengan bagaimana Qatar berpihak pada kelompok gerakan 

Islamis dan revolusioner dalam peristiwa Arab Spring di berbagai negara-negara Arab. 

Sebagaimana yang sudah dibahas pada bab III, pada peristiwa Revolusi Melati di Tunisia, 

Qatar mendukung oposisi rezim yang saat itu diwakilkan partai Ennahdha. Kemudian di Mesir, 

Qatar mendukung Ikhwanul Muslimin yang menuntut terjadinya revolusi di Mesir. Dukungan 

Qatar terhadap Ikhwanul Muslimin ini dengan bantuan dana kepada salah satu anggotanya 

yang terpilih sebagai presiden Mesir, yaitu Mohammad Morsi (Qassemi, 2012). Di Libya, 

Qatar mendukung National Transitional Council (NTC) yang merupakan badan pemerintahan 

Libya sementara sebagai tandingan bagi pemerintahan Khadafi. Dalam badan tersebut berisi 

pasukan dari The Libyan Islamic Fighting Group atau biasa dikenal sebagai Al-Jama’ah al- 

Islamiyah al-Muqatilah bi-Libya, yang merupakan kelompok Islamis bersenjata yang juga ikut 

terlibat dalam perang di Libya 2011. Dalam hal ini, Qatar memberikan dukungan dari segi 

bantuan militer kepada NTC untuk melawan pasukan militer pro pemerintahan Khadafi 

(Fraihat, 2011). Dalam hal ini Qatar telah menjalankan strateginya yaitu menjalin hubungan 

dengan kelompok revolusioner dan Islamis di negara-negara yang kala itu tengah berada pada 

krisis stabilitas politik. Kebijakan luar negeri Qatar bisa dikatakan lebih agresif saat merespons 

peristiwa Arab Spring, jika dibandingkan dengan kebijakan yang diambil pada peristiwa lain. 

Qatar yang sebelumnya memosisikan dirinya sebagai mediator pelerai konflik di antara 

beberapa kasus antar negara atau antar kelompok, berubah menjadi negara yang terlibat dalam 

konflik itu sendiri, khususnya dalam hal ini peristiwa Arab Spring (Khatib, 2013). 

 Dalam konteks strategi Qatar dalam Arab Spring, selain menjalin relasi dengan 

kelompok revolusioner dan kelompok Islamis seperti dijelaskan di atas, Qatar juga membangun 

kekuatan media. Hal tersebut dijelaskan dengan bagaimana Al Jazeera mengkover peristiwa 

Arab Spring. Fadi Salem, seorang peneliti media Arab yang berbasis di Dubai, mengatakan 

pada saat Arab Spring 2011, liputan Al Jazeera di Kairo, Tunis, dan Tripoli terlihat 

menunjukkan protes-protes masyarakat yang ingin menggulingkan pemimpinnya seperti Hosni 

Mubarak dari Mesir, Zine El Abidine Ben Ali dari Tunisia, dan Muammar Khadafi di Libya 

(Shane, 2013). Al Jazeera menyadari bahwa belum ada media yang berani membawa 



19 
 

kekacauan sosial dan politik di Timur Tengah ke mata dunia. Terlebih sudut pandang yang 

ditawarkan Al Jazeera telah berani melawan sudut pandang pemerintah yang kesannya 

menganggap Arab Spring bukan sebagai pendewasaan politik masyarakat, melainkan 

pembangkangan rakyat terhadap pemerintahnya. Sehingga dalam hal ini, Al Jazeera menjadi 

media kuat. Keinginan menjadikan Al Jazeera sebagai media yang kuat bukan hanya keinginan 

Al Jazeera, melainkan juga keinginan pemerintah Qatar. Kekuatan Al Jazeera yang telah 

terkumpul dari 15 tahun sebelum Arab Spring menjadi modal bagi pemerintah Qatar dalam 

menegaskan posisinya dalam kawasan Timur Tengah. Keinginan pemerintah Qatar terhadap 

kuatnya Al Jazeera sebenarnya telah tergambar dari bagaimana pemerintah Qatar sejak awal 

berdrinya Al Jazeera tidak memberikan batasan bagi Al Jazeera untuk bergerak, yaitu dengan 

menghilangkan kewenangan pemerintah untuk melakukan sensor terhadap liputan-liputan Al 

Jazeera. 

Hubungan antara Qatar dan Al Jazeera semakin menarik ketika Al Jazeera terlihat 

seperti menyelaraskan kebijakan luar negeri Qatar dalam konteks keberpihakannya di peristiwa 

Arab Spring. Ketika Qatar mengarahkan kebijakan luar negerinya selama Arab Spring untuk 

mendukung oposisi pemerintah salah satunya Ikhwanul Muslimin, Al Jazeera di segmen 

lainnya juga ikut berpihak kepada Ikhwanul Muslimin. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya 

liputan Al Jazeera terkait Ikhwanul Muslimin selama Arab Spring. Terutama ketika Ikhwanul 

Muslimin mengandidatkan Mohammad Morsi sebagai Presiden Mesir. Bahkan ketika 

Mohammad Morsi telah terpilih sebagai presiden, Al Jazeera banyak membuat laporan berita 

yang seolah memuji Morsi (Qassemi, 2012). Pasca pelantikan Morsi sebagai presiden, Emir 

Qatar menjadi orang pertama yang memberikan selamat kepadanya. Hal-hal ini bisa 

diasumsikan ke dalam banyak hal. Bisa diasumsikan bahwa Qatar dan Ikhwanul Muslimin 

memiliki hubungan baik, yang mana hal ini memenuhi strategi kebijakan luar negeri Qatar 

yaitu membuat jaringan dengan kelompok Islamis. Asumsi berikutnya ialah bahwa liputan Al 

Jazeera dalam peristiwa Arab Spring menyelaraskan kebijakan luar negeri Qatar dengan 

berpihak pada kelompok Islamis melalui liputannya. Pemerintah Qatar sendiri tidak 

berkomentar apa pun soal keberpihakan Al Jazeera kepada kelompok Islamis (karena memang 

itu yang diharapkan oleh pemerintah Qatar), sehingga secara tidak langsung pemerintah Qatar 

telah mendukung – bahkan bisa dibilang mendorong – liputan-liputan Al Jazeera dalam Arab 

Spring. Semenjak saat itu para analis melihat adanya perubahan besar dalam editorial Al 

Jazeera, yang mana ini dikatakan sebagai turning point Al Jazeera (Seib, 2017).  Salem 

mengatakan bahwa Al Jazeera tidak lagi menjadi suara perlawanan Arab, malah menjadi 



20 
 

bagian dari kelompok Islamis dan bagian dari kebijakan luar negeri Qatar. Bagaimanapun 

asumsi terkait hubungan Al Jazeera dan Qatar yang membawa mereka pada hubungan ‘budak 

dan majikan’, jelas dibantah oleh berbagai pihak. Baik dari Al Jazeera maupun dari pemerintah 

Qatar. 

Meski pihak Qatar maupun Al Jazeera menafikan asumsi-asumsi tersebut, Arab Saudi 

(bersama dengan anggota GCC lainnya) tetap mencurigai Qatar yang menggunakan Al Jazeera 

sebagai alat propaganda. Hal ini kemudian menjadi salah satu alasan yang mendorong Arab 

Saudi dan anggota GCC lainnya mempertegas sikap mereka terhadap Qatar. Mereka, tentu saja 

dalam komando Arab Saudi, menilai bahwa Al Jazeera hanya menjadi platform untuk 

mempromosikan kebijakan luar negeri Qatar, yang dalam pandangan mereka kebijakan luar 

negeri itu bertentangan dengan mereka (TheEconomist, 2017). Hingga puncaknya ialah mereka 

memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar tahun 2017. 

2. Al Jazeera dalam Riyadh Agreement 2013/2014 

Memilih jalur berbeda memang tidak mudah dan tanpa hambatan. Begitu pula Al 

Jazeera, yang bahkan sejak kelahirannya sudah mengidentifikasi dirinya sebagai media berita 

yang berbeda dari media-media arus utama di Timur Tengah kala itu. Menghancurkan batas-

batas dalam jurnalisme, menghantarkan pada contoh jurnalisme profesional. Memberikan 

ruang pada isu-isu tabu untuk diangkat kepada publik yang butuh disadarkan dan dicerdaskan. 

Menjadi beda sendiri, yang paling berani dan paling mewakili. Hingga akhirnya Al Jazeera pun 

mau tidak mau harus berhadapan juga dengan pemerintah negara-negara Arab yang sangat 

menjaga kultur tradisionalisme konservatif serta kontra-revolusi salah satunya yaitu Arab 

Saudi. 

Pada tahun 2017 Arab Saudi dan anggota GCC yang berada di pihaknya menindak tegas 

Qatar dengan memutuskan hubungan diplomatik masal dan menarik konsuler pada 5 Juni 2017, 

sebagaimana yang sudah dipaparkan pada bab III. Melalui situs pers resmi Saudi Press Agency, 

pemerintah Arab Saudi menjelaskan alasannya ialah Qatar sudah melakukan pelanggaran berat 

selama beberapa tahun terakhir terhadap komitmennya, dengan tujuan untuk memecahkan 

stabilitas domestik dan melanggar kedaulatan Arab Saudi. Arab Saudi menilai Qatar telah 

membahayakan stabilitas di kawasan Teluk Arab dengan merangkul banyak teroris dan 

kelompok sektarian – seperti Ikhwanul Muslimin, ISIS, dan Al-Qaeda – kemudian 

mempromosikan kelompok tersebut melalui media, serta menggunakan media berita tersebut 

untuk menyulut hasutan-hasutan di internal yang membuat kekacauan di dalam negeri Arab 



21 
 

Saudi. Langkah ini dilakukan untuk menjamin keamanan nasionalnya dari bahaya terorisme 

dan ekstremisme yang mana dilakukan oleh Qatar, sebagaimana yang sudah sering dituduhkan 

Arab Saudi kepada Qatar.  

Berdasarkan pemaparan dari Arab Saudi di atas banyak alasan mengapa akhirnya Arab 

Saudi memutuskan hubungan diplomatik secara tegas dengan Qatar. Namun yang cukup 

menarik dari pemaparan alasan tersebut ialah singgungan Arab Saudi soal komitmen Qatar 

terhadap Riyadh Agreement – yang mana memiliki kisah sendiri dibaliknya – dan penggunaan 

media oleh Qatar yang membuat hasutan-hasutan pada internal Arab Saudi. Penulis 

menemukan bahwa Riyadh Agreement tersebut memiliki kaitannya dengan penyebab 

terjadinya krisis diplomatik Qatar tahun 2017, serta penolakan Arab Saudi terhadap media 

berita Al Jazeera. Sehingga penulis akan membahas perihal Riyadh Agreement dan kaitannya 

dengan pemutusan hubungan diplomatik  Arab Saudi terhadap Qatar serta bagaimana posisi Al 

Jazeera di dalamnya. 

Tahun 2017, sebulan setelah pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi terhadap 

Qatar, muncul sebuah berita dari CNN yang membocorkan dokumen rahasia yang disinyalir 

bahwa dokumen tersebut yang mampu menjelaskan krisis diplomatik 2017 yang dialami oleh 

Qatar. Karena dokumen ini tertanggal 2013 dan 2014, maka mau tidak mau kita harus bergerak 

mundur terlebih dahulu untuk bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Dalam tulisan 

yang dirilis oleh CNN di situs resminya pada tanggal 11 Juli 2017, mereka mengatakan bahwa 

dokumen tersebut merupakan sebuah perjanjian rahasia tentang kesepakatan menjaga stabilitas 

sesama negara teluk yang dibuat antara negara-negara GCC – diprakarsai oleh Arab Saudi – 

dengan Qatar tahun 2013 dan 2014 (Sciutto & Herb, 2017). Nama kesepakatan tersebut ialah 

Riyadh Agreement 2013 dan Riyadh Agreement 2014. Dimulai pada November 2013, Arab 

Saudi dan Qatar, bersama Kuwait, membuat sebuah kesepakatan tertulis tentang beberapa hal. 

Perjanjian ini mulanya hanya ditulis dengan tangan yang kemudian langsung ditandatangani 

oleh ketiganya. Perjanjian ini juga tertulis dengan bahasa Arab  yang kemudian diterjemahkan 

oleh CNN dengan bahasa Inggris dan tertanggal 23 November 20134. CNN telah menyertakan 

foto duplikat dokumen perjanjian tersebut di dalam tulisan berita yang berjudul “Exclusive: 

The Secret Documents that Help Explain the Qatar Crisis”. 

                                                           
4 Diunduh melalui https://i2.cdn.turner.com/cnn/2017/images/07/10/translation.of.agreementsupdated.pdf, akses 

pada tanggal 4 Oktober 2019 

https://i2.cdn.turner.com/cnn/2017/images/07/10/translation.of.agreementsupdated.pdf
https://i2.cdn.turner.com/cnn/2017/images/07/10/translation.of.agreementsupdated.pdf


22 
 

Kemudian satu tahun setelah perjanjian tersebut dibentuk dan ditandatangani, tahun 

2014 Arab Saudi menangguhkan hubungan diplomatik dengan Qatar yang ditandai dengan 

pemanggilan duta besar Arab Saudi dari Qatar. Pemutusan hubungan diplomatik ini 

dikarenakan Qatar tidak mampu berkomitmen terhadap kesepakatan yang telah ditandatangani 

(Yehoshua, Admon, & Hoffman, 2014). Berbeda dengan ketegangan hubungan di tahun 2002, 

kali ini ketegangan juga terjadi antara Qatar dan beberapa negara GCC lainnya yaitu Bahrain 

dan Uni Emirat Arab secara bersamaan. Kemudian delapan bulan setelah pemutusan hubungan 

diplomatik dengan Qatar tahun 2014 terjadi, Arab Saudi kembali menjalin hubungan 

diplomatik dengan Qatar pada November 2014. Dalam dokumen rahasia yang tercatat tanggal 

16 November 2014, Arab Saudi dan Qatar kembali membuat kesepakatan, lebih tepatnya, 

memperbaharui kesepakatan. Bisa dipastikan kembalinya hubungan Arab Saudi dan Qatar 

ialah setelah penandatanganan Riyadh Agreement yang telah diperbaharui. Kali ini 

ditandatangani oleh Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. Dalam 

perjanjian ini tertulis bahwa Arab Saudi mengundang negara-negara tersebut untuk 

menandatangani Riyadh Agreement 2014 (Sciutto & Herb, 2017). Isi dari perjanjian tersebut 

hanya menegaskan apa yang telah disebutkan dalam Riyadh Agreement 2013, namun dengan 

beberapa tambahan. 

Setelah itu, karena lagi-lagi Qatar gagal memenuhi komitmen yang sudah dibuat, 

terjadilah pemutusan hubungan diplomatik besar-besaran tahun 2017. Ketika terjadi 

keregangan hubungan yang terakhir, Qatar dinilai memosisikan dirinya sebagai korban karena 

tetangga-tetangganya seolah mengasingkannya. Bahkan Qatar menafikan tuduhan-tuduhan 

yang ditujukan kepadanya. Oleh karena itu Arab Saudi merasa penting menyadarkan Qatar atas 

apa kesalahannya dengan membocorkan dokumen rahasia perjanjian antara Arab Saudi dan 

Qatar (Alkhereiji, 2017). 

Isi dari kedua perjanjian ini sebenarnya mirip dengan alasan-alasan Arab Saudi 

mengapa memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar tahun 2017. Terutama terkait media 

berita, dalam hal ini Al Jazeera, yang pada tahun 2017 Arab Saudi menuntut Qatar untuk 

menutupnya. Perjanjian ini kemudian memperlihatkan bahwa Al Jazeera berada di tengah-

tengah krisis hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Qatar. Dalam Riyadh Agreement 

2013 Arab Saudi dan pendukungnya menyinggung media berita Qatar yang disebut dengan 

“antagonistic media”. Dari berbagai pendapat analis, maksud dari “antagonistic media” 

tersebut merujuk pada Al Jazeera.  Sementara di Riyadh Agreement 2014 nama Al Jazeera 

disebut secara terang-terangan sebagai media yang telah melakukan pelanggaran. Bahkan 



23 
 

secara spesifik dalam Riyadh Agreement 2014 disebutkan bahwa Al Jazeera diminta untuk 

menghentikan segala aktivitasnya di negara lain – khususnya Mesir – karena dinilai telah 

menyerang negara tersebut. Aktivitas Al Jazeera yang dinilai sebagai bentuk serangan ialah 

liputannya terhadap gejolak politik Mesir dari tahun 2011 hingga tahun 2013 (saat kudeta 

terhadap Presiden Mohammad Morsi), baik liputan dalam bentuk siaran televisi maupun berita 

di situs resminya. Termasuk aktivitas saluran khusus Al Jazeera untuk Mesir yaitu Al Jazeera 

Mubasher Misr (AJMM). Dalam Riyadh Agreement 2014, secara khusus disebutkan bahwa 

Arab Saudi dan pendukungnya meminta saluran AJMM (saluran khusus Al Jazeera untuk 

menyiarkan apa yang terjadi di Mesir secara langsung) untuk dihentikan. Selang satu bulan 

setelah penandatanganan Riyadh Agreement 2014 pada November 2014, melalui situs 

pr.aljazeera.com, Al Jazeera Media Network pun membekukan izin siaran AJMM pada tanggal 

22 Desember 2014 (Al-Jazeera, 2014) (BBC, 2014). Kemudian, setelah memutuskan 

vakumnya Al Jazeera Mubasher Misr, Al Jazeera kemudian membuat format baru dari Al 

Jazeer Mubasher yaitu Al Jazeera Mubasher Al-‘Amma yang peliputannya lebih umum. 

Keberadaan Al Jazeera di tengah krisis diplomatik Qatar seperti disebutkan di atas, 

merupakan konsekuensi dari dua hal yang saling berkaitan, yang pertama ialah perannya 

sebagai agenda-setting agent, kedua ialah dukungan Qatar terhadap aktivitas Al Jazeera, 

keduanya terkhusus dalam konteks kejadian selama Arab Spring. Al Jazeera memberikan ruang 

luas terhadap isu revolusi Arab 2011 atau Arab Spring untuk menjadi perhatian publik, baik 

melalui siaran berita dan program debat di televisi, maupun situs berita online Al Jazeera. Arab 

Saudi – sebagai negara yang kontra-revolusi – memandang aktivitas Al Jazeera tersebut 

sebagai ancaman bagi negaranya. Liputan Al Jazeera terkait dengan Arab Spring bisa 

berdampak pada gejolak sosial di dalam negara Arab Saudi. Ketakutan dirasakan Arab Saudi 

terkait posisinya sebagai kekuatan regional di Timur Tengah akan terancam dengan hadirnya 

kekuatan pengaruh baru seperti Al Jazeera. Dalam hal ini ialah kekuatan yang dimiliki oleh Al 

Jazeera dalam memengaruhi opini publik Timur Tengah, yang mana harusnya berada pada 

kendali Arab Saudi dan rezim-rezim pemerintahan negara Timur Tengah pendukung Arab 

Saudi. 

Aktivitas tersebut semakin membuat rumit hubungan Arab Saudi dan Qatar karena isu 

Arab Spring yang diangkat oleh Al Jazeera berkaitan hubungannya dengan kebijakan luar 

negeri Qatar. Di sini kemudian masuk poin kedua yaitu dukungan Qatar terhadap aktivitas Al 

Jazeera. Arab Saudi – yang merupakan negara dengan dominasinya di regional Timur Tengah 

– curiga terhadap Qatar bahwa dia menggunakan Al Jazeera hanya untuk kepentingan Qatar, 



24 
 

hal tersebut cukup mengancam posisi Arab Saudi di Timur Tengah. Karena rasa terancam 

tersebut, Arab Saudi meminta Qatar untuk membuat kesepakatan yang disebut di atas sebagai 

Riyadh Agreement. Alasan Arab Saudi dalam hal ini tidak terlepas dari bagaimana hubungan 

yang terjalin antara Qatar dan Al Jazeera. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa hubungan 

antara Qatar dan Al Jazeera sangat dalam. Pemerintah Qatar bertanggungjawab dibalik 

pendirian Al Jazeera pada tahun 1996, termasuk dalam pendanaan untuk aktivitas 

operasionalnya. Namun, hubungan dekat Qatar dan Al Jazeera nyatanya tidak mampu menjadi 

modal bagi Arab Saudi untuk membendung aktivitas Al Jazeera yang dinilai berbahaya bagi 

Arab Saudi. Kegagalan Qatar, atau bisa dikatakan keengganan, untuk menjaga komitmen 

terhadap Riyadh Agreement ialah bukti bahwa Qatar masih berupaya untuk menjaga 

independensinya dalam membuat kebijakan. Independensi Qatar dalam kebijakannya, terutama 

kebijakan luar negeri, sudah jelas menyiratkan bahwa Qatar hendak lepas dari pengaruh Arab 

Saudi terhadap keputusan yang diambilnya. Termasuk keputusannya membuat media berita 

dengan arah gerak yang independen tanpa kontrol pemerintah negara, sebagaimana 

kebanyakan media di Timur Tengah, yang salah satunya dikontrol oleh Arab Saudi. 

Selama Arab Spring perbedaan kebijakan luar negeri Qatar dengan Arab Saudi terlihat. 

Qatar mendukung gerakan revolusioner di negara terdampak Arab Spring, sedang Arab Saudi 

mendukung rezim pemerintahan negara terkait.  Al Jazeera yang merupakan media berita yang 

berpihak pada publik – tapi juga didanai Qatar – sudut pandang yang digunakan pada liputan 

mereka dalam Arab Spring ialah para demonstran, kelompok oposisi, bahkan kelompok 

Islamis, yang mana mereka ialah suara yang belum pernah diperjuangkan media-media berita 

tradisional. Sehingga dalam hal ini, ada keselarasan antara Qatar dan Al Jazeera. Tidak seperti 

negara-negara Timur Tengah lain yang akan membungkam media dengan model seperti Al 

Jazeera, Qatar malah membiarkannya dan masih membela kala Al Jazeera dituduhkan 

bermacam-macam hal. Dari sini, perlakuan Saudi terhadap Qatar (sejak Riyadh Agreement 

2013 hingga Krisis Diplomatik 2017)  menjadi beralasan, dan Al Jazeera berada di tengah-

tengahnya. 

 

 

 

 



25 
 

KESIMPULAN 

Dari pemaparan di atas, kesimpulannya ialah Qatar tidak mengindahkan tuntutan dari 

Arab Saudi – bersama dengan anggota GCC lainnya – yang sudah tertera dalam Riyadh 

Agreement 2013 dan 2014. Perjanjian tersebut sudah disepakati, namun Qatar tidak 

berkomitmen dengan sungguh-sungguh menjalankan poin-poin dari perjanjian tersebut. 

Terutama terkait dengan media berita milik Qatar, yaitu Al Jazeera, yang dinilai berbahaya 

oleh Arab Saudi. Qatar dinilai tidak punya niatan untuk mengontrol media berita tersebut agar 

tidak mengganggu kedaulatan dan keamanan negara lain di Tmur Tengah. Apalagi dalam masa 

Arab Spring, yang mana Arab Saudi hendak menghentikan narasi tentang revolusi Arab yang 

mengancam dirinya, Qatar malah mendukung gerakan revolusi. Bersamaan dengan itu, Al 

Jazeera menjalankan peran agenda-setting agent yang menekankan pada isu revolusi Arab. 

Kolaborasi antara Qatar – yang mendirikan Al Jazeera – dan Al Jazeera yang populer dan punya 

pengaruh besar dalam hal membuat opini publik, bersama-sama berada di pihak yang dimusuhi 

oleh Arab Saudi. Sehingga dalam hal ini Arab Saudi memperingatkan Qatar dengan berbagai 

tuntutan dalam perjanjian, bahkan pada puncaknya menghindari Qatar dengan memutuskan 

hubungan diplomatik terhadap Qatar. Sehingga dalam hal ini, peran Al Jazeera dalam 

pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi terhadap Qatar tahun 2017 ialah adanya peran 

agenda-setting agent Al Jazeera yang menekankan isu revolusi Arab selama Arab Spring dan 

adanya dukungan Qatar terhadap aktivitas serta peran Al Jazeera tersebut, yaitu berupa 

pembebasan yang diberikan Qatar terhadap segala aktivitas Al Jazeera.



 
 

DAFTAR PUSTAKA 

Abdelmoula, E. (2015). Al Jazeera and Democratization The rise of the Arab public sphere. 

New York: Routledge. 

Alaraby. (2017, Juni 22). Veteran Saudi presenter resigns from Al-Jazeera Arabic to conform 

with kingdom's anti-Qatar offensive. Diambil kembali dari The New Arab: 

https://www.alaraby.co.uk/english/news/2017/6/22/conforming-with-governments-

line-saudi-presenter-resigns-from-al-jazeera 

Al-Jazeera. (2014, Desember 22). Changes for Al Jazeera Mubasher channels. Diambil 

kembali dari Al Jazeera Media Network: Al Jazeera PR: 

https://pr.aljazeera.com/post/105871768275/changes-for-al-jazeera-mubasher-

channels 

Al-Jazeera. (2017, November 27). Qatar-Gulf crisis: How it all got started on June 5. 

Diambil kembali dari Al-Jazeera News: 

https://www.aljazeera.com/news/2017/11/qatar-gulf-crisis-started-june-5-

171122105507731.html 

Al-Jazeera. (2017, Juni 9). Saudi Arabia Bans Al Jazeera Channels in Hotels. Diambil 

kembali dari Al Jazeera News: Qatar: https://www.aljazeera.com/news/2017/06/saudi-

arabia-bans-al-jazeera-channels-hotels-170609141041079.html 

Al-Jazeera. (2019). About Us: What We Stand For. Diambil kembali dari Al Jazeera Media 

Network: https://network.aljazeera.com/about-us/our-values 

Alkhereiji, M. (2017, Juli 16). 2013 GCC documents shed light on current Qatar dispute. 

Diambil kembali dari TheArabWeeklyThe Arab Weekly: 

https://thearabweekly.com/2013-gcc-documents-shed-light-current-qatar-dispute 

BBC. (2002, September 30). Saudi envoy recalled from Qatar. Diambil kembali dari BBC 

News World Edition: http://news.bbc.co.uk/2/hi/middle_east/2287695.stm 

BBC. (2011, Januari 23). Man dies after setting himself on fire in Saudi Arabia. Diambil 

kembali dari BBC News: https://www.bbc.com/news/world-middle-east-12260465 

BBC. (2014, Desember 23). Al-Jazeera suspends Egyptian channel Mubasher Misr. Diambil 

kembali dari BBC News World: Middle East: https://www.bbc.com/news/world-

middle-east-30585551 

Centerpeace.org. (2019, September 22). Arab Peace Initiative. Diambil kembali dari S. 

Daniel Abraham Center for Middle East Peace: https://centerpeace.org/explore/arab-

peace-initiative/ 

Cherkaoui, T. (2014). Al Jazeera’s Changing Editorial Perspectives and the Saudi-Qatari 

Relationship. Diambil kembali dari The Political Economy of Communication: 

http://www.polecom.org/index.php/polecom/article/view/28/205 

Cherribi, S. (2017). Fridays of Rage Al Jazeera, the Arab Spring, and Political Islam. New 

York: Oxford University Press. 

El-Nawawy, M., & Iskandar, A. (2003). Al-Jazeera: The Story of the Network That Is 

Rattling Governments and Redefining Modern Journalism. Cambridge: Westview 

Press. 



 
 

Fraihat, I. (2011, Agustus 29). What Tiny Qatar Stands to Gain in Libya. Diambil kembali 

dari Brookings: https://www.brookings.edu/on-the-record/what-tiny-qatar-stands-to-

gain-in-libya/ 

Harb, M., & Batrawy, A. (2017, Juni 10). Al-Jazeera a target in Gulf confrontation with 

Qatar. Diambil kembali dari AP News: 

https://apnews.com/854b5ce82eb9467db8298d37e110d44d 

Hroub, K. (2011, Oktober 20). Al Jazeera: the source of Arab springs. Diambil kembali dari 

ABC Religion & Ethics: https://www.abc.net.au/religion/al-jazeera-the-source-of-

arab-springs/10101074 

Khatib, L. (2013). Qatar's Foreign Policy: The Limits of Pragmatism. International Affairs, 

417-431. 

Lacroix, S. (2014). Saudi Islamists and the Arab Spring. London: Kuwait Programme on 

Development, Governance and Globalisation in the Gulf States. 

Livingston, S. (1997). CLARIFYING THE CNN EFFECT: An Examination of Media Effects 

According to Type of Military Intervention. Cambridge: The Joan Shorenstein Center 

on the Press, Politics and Public Policy John F. Kennedy School of Government 

Harvard University . 

lorientlejour.com. (2002, Juli 25). GOLFE Al-Jazira déclenche une crise larvée entre Ryad et 

Doha. Diambil kembali dari lorientlejour: 

https://www.lorientlejour.com/article/381180/GOLFE_Al-

Jazira_declenche_une_crise_larvee__entre_Ryad_et_Doha.html 

Miles, H. (2011, Februari 09). Foreign Policy: The Al-Jazeera Effect. Diambil kembali dari 

npr: https://www.npr.org/2011/02/09/133615792/foreign-policy-the-al-jazeera-effect 

Nawawi, H. (1995). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University 

Press. 

Powers, S. (2009). The Geopolitics of the News: The Case of the Al Jazeera Network. 

California: University of Southern California. 

Powers, S., & Gilboa, E. (2007). The Public Diplomacy of Al Jazeera. Dalam P. Seib, New 

Media and the New Middle East (hal. 55). New York: Palgrave Macmillan. 

Qassemi, S. S. (2012, Juli 01). Morsi’s Win Is Al Jazeera’s Loss. Diambil kembali dari Al 

Monitor: https://www.al-monitor.com/pulse/originals/2012/al-monitor/morsys-win-is-

al-jazeeras-loss.html 

Richter, T. (2014). Saudi Arabia: A Conservative P(l)ayer on the Retreat? Dalam H. Fürtig, 

Regional Powers in the Middle East: New Constellations after the Arab Revolts (hal. 

177). New York: Palgrave Macmillan. 

Rushing, J. (2007). Mission Al Jazeera. New York: Palgrave Macmillan. 

Sciutto, J., & Herb, J. (2017, Juli 11). Exclusive: The secret documents that help explain the 

Qatar crisis. Diambil kembali dari CNN Politics: 

https://edition.cnn.com/2017/07/10/politics/secret-documents-qatar-crisis-gulf-

saudi/index.html 



 
 

Seib, P. (2017, Juli 10). Why some Arab countries want to shutter Al Jazeera. Diambil 

kembali dari The Conversation: https://theconversation.com/why-some-arab-

countries-want-to-shutter-al-jazeera-80600 

Shane, D. (2013, Juli 27). The rise and fall of Al Jazeera. Diambil kembali dari Arab 

Business: https://www.arabianbusiness.com/the-rise-fall-of-al-jazeera-511108.html 

Sultan, N. (2013). Al Jazeera: Reflections on the Arab Spring . Journal of Arabian Studies: 

Arabia, the Gulf, and the Red Sea, 249-264. 

TheEconomist. (2017, July 01). Why Al Jazeera is under threat. Diambil kembali dari The 

Economist: Changing the Channel: https://www.economist.com/middle-east-and-

africa/2017/07/01/why-al-jazeera-is-under-threat 

Worth, R. F. (2008, Januari 04). Al Jazeera no longer nips at Saudis. Diambil kembali dari 

The New York Times: Africa: 

https://www.nytimes.com/2008/01/04/world/africa/04iht-

04jazeera.9019066.html?module=ArrowsNav&contentCollection=Africa&action=key

press&region=FixedLeft&pgtype=article 

Yehoshua, Y., Admon, Y., & Hoffman, R. (2014, Maret 14). Unprecedented Tension 

Between Qatar And Saudi Arabia/UAE/Bahrain Threatens To Break Up Gulf 

Cooperation Council. Diambil kembali dari MEMRI: The Middle East Media 

Research Institute: https://www.memri.org/reports/unprecedented-tension-between-

qatar-and-saudi-arabiauaebahrain-threatens-break-gulf 

Zayani, M. (2005). Introduction—Al Jazeera and the Vicissitudes of the New Arab 

Mediascape . Dalam M. Zayani, The Al Jazeera Phenomenon Critical Perspectives on 

New Arab Media (hal. 4). London: Pluto Press. 

 

 


