BABII

GAMBARAN OBYEK PENELITIAN

Sejarah Koran Tempo

Hadirnya Koran Tempo tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang lahirnya Majalah
Tempo, Munculnya Tempo di gawangi oleh tokoh Goenawan Mohamad pada tahun 1971 di
Jakarta. Cikal bakal majalah ini berasal dari Majalah Ekspres yang lahir di tahun 1970 yang di
inisiasi beberapa pemuda kala itu diantaranya Goenawan Mohamad, Fikri Jufri, Christianto
Wibisono, dan Usamah. Namun dalam perjalanannya Goenawan Cs memilih keluar dari Majalah
Ekpres karena terjadi perbedaan prinsip dengan pemilik modal.

(https://korporat.tempo.co/tentang/sejarah diakses 27 Maret 2016 pukut 10:21). Namun

keinginan Goenawan untuk mendirikan majalah tak pernah surut hingga akhirnya Goenawan CS
bertemu dengan Harjoko Trisnadi yang sedang mengalami masalah di dalam Malaja Djaja yang
dikelolanya. Harjoko meminta kepada Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu, Ali Sadikin untuk
menswastakan Majalah Djaja. Pertemuan Goenawan CS dan orang-orang Majalah Djaja
dibarengi pertemuan dengan Ir Ciputra sebagai pemodal, menelurkan kesepakatan berdirinya
majalah Tempo di bawah PT. Grafis Pers sebagai penerbitnya.

Majalah Tempo terbit pertama kali pada 6 Maret 1971, majalah ini merupakan majalah
mingguan yang berfokus pada berita dan politik juga merupakan majalah pertama yang tidak
terafiliasi dengan pemerintah, pemilihan nama Tempo dikarenakan memiliki empat alasan.
Pertama, nama itu singkat dan bersahaja, enak diucapkan oleh lidah Indonesia dari segala
jurusan. Kedua, nama itu terdengar netral, tidak mengejutkan ataupun merangsang. Ketiga, nama
itu bukan simbol suatu golongan. Dan keempat, “Tempo” yang berarti waktu dengan segala

variasinya lazim digunakan oleh banyak penerbitan seluruh dunia.


https://korporat.tempo.co/tentang/sejarah

Penggunaan nama Tempo juga menuai kontroversi dikarenakan beberapa pihak
menggangap Tempo menjiplak konsep majaah ‘TIME”, berawal dari surat pembaca mahasiswa
Padjajaran Bandung, Ientje Nurhaty menulis surat, “Tidak berlebihan kalu dikatakan Tempo
dalam segalanya meniru 7Time.” apa yang disampaikan Nurhaty tidak mendapat tanggapan dari
redaksi. Namun dalam terbitan 26 Juni 1972, Tempo mengiklankan dirinya, “Tempo meniru
Time? Benar Tempo meniru waktu, selalu tepat, selalu baru. (Pontoh, 2008 : 98). Menurut
Goenawan dia memang tertarik pada majalah 7ime karena gaya penulisanya.

Tuduhan yang sama kembali muncul pada tahun 1973 seorang pengacara dari kantor
pengacara Widjojo alias Oei Tat Hway, yang mewakili 7ime, memasukan berkas gugatan ke

(13

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Dalam berkas gugatan itu disebutkan Tempo “...membuat dan
memasarkan majalah dengan merek TEMPO dalam segi empat dengan pinggiran merah, yang
pada penglihatan sepintas lalu pada pokoknya dan keseluruhannya sama dengan majalah TIME.”
Namun pada akhirnya gugatan itu menguap dengan sendirinya dikarenakan pihak TIME tidak
merasa menggugat Tempo, gugatan tersebut terjadi karena kesalah pahaman antaran TIME dan
kantor pengacara Widjojo. (Pontoh, 2008 : 98).

Dalam perjalannya Tempo pernah dua kali mengalami pembredelan di era orde baru,
pembredelan pertama terjadi pada tanggal 12 April 1982, di usia yang ke-12 tahun, Tempo
dibredel oleh Departemen Penerangan melalui surat yang dikeluarkan oleh Menteri Penerangan
kala itu, Ali Moertopo. Tempo dianggap telah melanggar kode etik pers. Ide awal pembredelan
itu sendiri datang dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang saat itu dipimpin oleh
Harmoko, wartawan harian Pos Kota (Pontoh, 2008: 101).

Dugaan kuat aksi pemberedelan tersebut dilatar belakangi liputan pada majalah Tempo

yang menyoroti kampanye partai Golkar di lapangan banteng, Jakarta yang berakhir rusuh.



Presiden Soeharto, yang disebut sebagai motor partai Golkar, tidak senang dengan berita
tersebut. Akhirnya Pada 7 Juni 1982 pemberedelan tersebut di cabut setelah Goenawan
membubukan tanda tangan pada secarik kertas. Secarik kertas itu berisikan permintaan maaf
Tempo dan kesediaan untuk dibina oleh pemerintah. Keputusan tersebut di ambil karena
Goenawan tidak punya pilihan lain.

Pemberedelan yang kedua terjadi pada 21 Juni 1994, Tempo tidak sendirian bersama
majalah Editor dan Detik, ketiga majalah ini mengalami nasib yang sama. Pemberedelan kali ini
penyebabnya adalah berita Tempo yang terkait pembelian pesawat tempur eks Jerman Timur
oleh BJ Habibie. Berita tersebut tidak menyenangkan para pejabat militer karena merasa
otoritasnya dilangkahi. Namun, diduga, penyebab utamanya adalah karena Presiden Soeharto
tidak suka Tempo sejak dulu, berita BJ Habibie, hanya sebagai tameng pembenaran.

Jika dulu syarat untuk terbit kembali terbilang mudah, untuk kali ini syarat yang diajukan
pemerintah sangat sulit. Keluarga Persiden Soeharto yang diwakili Hasyim Djojohadikusumo,
dalam penjelasannya kepada Erick Samola di sebuah pertemuan memberikan syarat, berita
Tempo harus diketahui oleh mereka (Keluarga Presiden Soeharto). emimpin redaksi harus
ditentukan oleh mereka, dan mereka bisa membeli saham Tempo (Pontoh, 2008:105). Hasil
pertemuan tersebut didiskusikan oleh dewan redaksi dan akhirnya jajaran pemimpin Tempo
bersepakat untuk menolak. Mereka rela Tempo tidak pernah terbit lagi, menurut mereka ini
merupakan persoalan integritas diri.

Pemberedelan tersebut membuat keadaan internal Tempo dirundung banyak masalah
diantaranya eksodus besar-besaran para wartawan yang keluar dari Tempo karena faktor
ekonomi, ditengah problematika di dalam diri Tempo pada tahun 1996 Tempo meluncurkan

majalah digital melalui www.tempo.co.id, hal ini bertujuan untuk eksistensi Tempo sendiri juga



http://www.tempo.co.id/

penggunaan portal berita online situs tersebut lolos dari pengamatan Menteri Penerangan kala
itu.

Jatuhnya Orde Baru pada tanggal 21 Mei 1998 yang ditandai lengsernya Presiden
Socharto dan diangkatnya BJ Habibie sebagai presiden sementara, semacam memberikan angin
segar terhadap majalah Tempo. BJ Habibie mencabut pembredelan Tempo dan mengizinkannya
untuk kembali terbit. Akhirnya pada tanggal 6 Oktober 1998 untuk pertama kalinya Tempo
kembali terbit setelah selama empat tahun dibredel pemerintah, melalui PT Arsa Raya Perdana
dan dengan investasi baru sekitar Rp 5 milyar Tempo terbit dengan tampilan yang baru.

Perkembangan Tempo pasca dibredel terus meningkat, Oplah mencapai sekitar 60 ribu
eksemplar tiap kali terbit, mengalahkan majalah pesaing seperti Gatra, Gamma, Forum dan Panji
Masyarakat. Begitu pula dari sisi iklan, Tempo meraih 41% porsi iklan dibandingkan para
pesaingnya tersebut. Presentase tersebut meningkat di tahun 2000 menjadi 50% dan pada tahun
2005 menjadi 70%. Perkembangan pesat ini membuat manajemen melakukan terobosan-
terobosan baru diantaranya menerbitkan majalah Tempo edisi Bahasa Inggris pada 12 September
2000. Dan pada 6 November 2000, Tempo menjadi media pertama yang masuk bursa saham (Go
Public). Nama Pt Arsa Raya Perdana diganti menjadi PT Tempo Media Inti. Pada penawaran
perdananya, Tempo menawarkan 200 juta saham dan 200 warrn guna meraup dana segar Rp 75
milyar.

Dana segar tersebut, 25% untuk pelunasan utang anak perusahaan, 15% untuk menambah
modal kerja, dan 60% digunakan untuk mendirikan koran Tempo, dan ketika Tempo memasuki
usia yang ke 30 pada 2 April 2001 diterbitkanlah Koran Tempo, kehadiran koran Tempo
bertujuan untuk mengembalikan prinsip-prinsip jurnalistik harian yang terabikan, yaitu: cepat,

lugas, tajam, dan ringkas. (Pontoh, 2008 : 134)



Sejarah Republika

Republika merupakan koran yang lahir sebelum era reformasi atas ide dari kalangan
komunitas muslim. Sehingga tidak mengherankan jika Republika dianggap sebagai koran yang
beraromakan Islam dan dianggap sebagai koran yang merepresentasikan kepentingan kaum
muslim. Republika terbit pertama kali pada tanggal 4 Januari 1993 di Jakarta tepat lima tahun
sebelum runtuhnya orde baru. Terbitnya Republika tidak bisa dilepaskan dari organisasi ICMI
(Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia). Organisasi ini dibentuk tidak bisa dipisahkan dari
sosok Mantan Presiden BJ Habibie yang memimpin ICMI pertama kali dan direstui oleh
Presiden kala itu Soeharto. Terbentuknya ICMI menjadi angin segar bagi kaum intelektual
menengah Islam pada khususnya dan bagi umat Islam seluruh Indonesia pada umumnya karena
faktor kedekatan ICMI dengan pemerintahan. Sebagai contoh konkretnya setelah terjalin
kedekatan kalangan Muslim dengan Soeharto beberapa peraturan baru yang menguntungkan
umat Islam diterbitkan di antaranya: Perempuan dibolehkan berhijab dan pendidikan agama
Islam di sekolah-sekolah negeri diperkuat. Peradilan Islam di Indonesia memiliki kekuatan yang
meningkat dan hukuman berat dijatuhkan kepada jurnalis dan orang-orang lain yang dituduh

telah menghina Islam dihadapan publik. (Ricklefs, 2008:668).

Habibie sendiri merupakan sosok yang unik Ia dari latar belakang sipil, kecerdasaan
akademis, kesalehan Islami, dan kedekatanya dengan Soeharto membuat Ia menjadi tokoh
penting di ICMI. Sebelum Soeharto dekat dengan kalangan Muslim Soeharto mengandalkan
kalangan militer sebagai kekuatan politik utamanya dan Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai
motor politiknya. Kedekatan Soeharto dengan kalangan Muslim dan mulai tekun belajar Islam
ditenggarai oleh faktor meningkatnya korupsi dikalangan elit dan keluarga dekatnya, juga

menginginkan dukungan dari kalangan Muslim yang mulai diperhitungkan secara politis.



Kedekatan inilah yang mempermudah perizinan penerbitan Republika keluar, yang sebagaimana

diketahui bahwa pada waktu itu perizinan penerbitan sangat ketat.

ICMI yang resmi berdiri pada tanggal 7 Desember 1990 memiliki agenda-agenda penting
demi menyuarakan kepentingan umat Muslim. Melalui Yayasan Abdi Bangsa yang dibentuk
pada 17 Agustus 1992 ICMI merencanakan tiga program utama: (1) pengembangan Islamic
Centre; (2) Pengembagan CIDES (Centre for Information and Development Studies) dan; (3)
Penerbitan Harian Umum Republika (Hamad, 2004:120). Agenda ketiga inilah sebagai upaya
dari ICMI untuk membuat media wacana komunitas Muslim untuk mengimbangi media-media

yang ada pada waktu itu, yang sebagian besar media-media tersebut dimiliki oleh non-Muslim.

Lahirnya ICMI bukan sekedar perkumpulan cendikiawan Muslim tetapi mempunyai
maksud lain, ICMI lahir dan bergerak penuh dengan muatan politis Islam. ICMI menyadari
bahwa umat Islam sering kalah dalam bidang poltik karena lemahnya pemikiran dan opini, maka
tujuan dari ICMI Melalui Yayasan Abdi Bangsa mendirikan CIDES sebagai tandingan terhadap
lembaga think-thank Golkar, CSIS (Central Studies for Indonesia Strategies) dan Republika

sebagai pengimbang dari pers non-Islam (Hamad, 2004:121).

Para Pendiri Yayasan Abdi Negara berjumlah 48 orang terdiri dari beberapa menteri,
pejabat tinggi, serta pengusaha yang ternama di antaranya Ir Drs Ginandjar Kartasasmita, Ibnu
Sutomo, Harmoko, Muhammad Hasan, Tien Soeharto, Probosutedjo, Ir Aburizal Bakrie dan lain-
lain. Sedangkan H. Muhammad Soeharto menjadi pelindung dari Yayasan Abdi Bangsa dan Prof
Dr Ing BJ Habibie yang menjabat sebagai ketua ICMI juga bertindak sebagai ketua badan
pembina Yayasan Abdi Bangsa. Pertama kali Republika lahir pemimpin umun dan kepala

redaksi dipercayakan pada Parni Hadi, pemimpin perusahaan dipercayakan kepada Ir. Haidar



Bagir, M.A. untuk pengelolaan redaksi dipercayakan kepada Dr. Sinansari S. Encip, dan Zaim
Uchrowi. Sementara dewan redaksi diisi oleh tokok nasional seperti; Soetjipto Wirasardjono,
M.Sc. Prof. Dr. Edy Sedyawati, Adi Sasono, Prof. Dr. Quarish Shihab, Dr. Nurcholis Madjid,
dan Dr. M Amien Rais (Hasrullah, 2001:17).

Sebelum Republika lahir menjadi media penyalur suara kaum Muslim, upaya panjang
telah dilakukan oleh mantan wartawan Tempo Zaim Uchrowi dan rekan-rekan untuk membuat
media penyeimbang di antara media-media yang berafiliasi dengan Kristen, namun mendapat
ganjalan-ganjalan sebelum kemudian ICMI lahir dan menerbitkan Republika. Dalam tulisan
David T Hill menggambarkan bagaimana Republika mulai berdiri, Hill Mengatakan bahwa:

Republika brought together an Impressive chitch of some of the country’s major liberal
Islamic intellectuals and journalist, into a venture designed to procedure a quality paper
which broadly secular in its coverage of events and issues, yet informed ideologically by
Islamic values to much the same manner that kompas or suara pembaruan were by
Christianity (Hill, 1995: 126).

Republika dibentuk bersama atas pengaruh dari beberapa negara besar dari para
intelektual Islam Liberal dan para jurnalis menjadi sebuah bentuk spekulasi untuk menghasilkan
sebuah koran yang berkualitas di mana seluruh peristiwa dan isu yang luas dikemas dengan
ideologi Islam seperti halnya koran Kompas atau Suara Pembaruan yang berideologi Kristen.
Munculnya Republika di tengah media-media Non-Muslim dimaksudkan agar Republika
nantinya mampu menanggapi wacana-wacana yang berkembang dimasyarakat dalam frame
Islam.

Lebih lanjut Hill mengatakan suatu dilema bahwa:

It is some what surprising to many foriegn observer that white more than 80% of the Indonesia
population Is categorized as Moslem, two of the largest daily news paper are associated with
christian interest overall, there has been sorry history of unsuceesful attempts to establish in

1974 and particularly during the mid-1980s, the Islamic media has been marginalized by more
profesional secular of christian interest. (Hill, 1995: 124)



Menjadi sebuah kejutan ketika banyak pengamat dari luar negeri melihat lebih dari 80
persen masyarakat Indonesia adalah Muslim akan tetapi dua surat kabar terbesar berasosiasi
dengan kepentingan pihak Kristen. Secara keseluruhan ada cerita sedih akan kegagalan media
Islam untuk bertahan dari sejak tahun 1974 sampai pada pertengahan 1980an, media Islam selalu
tersisihkan oleh kepentingan Kristen maupun ahli-ahli sekularisme. Hal ini menjadi ironi karena
penganut agama Islam di Indonesia lebih dari 80% dan sekaligus terbesar di dunia, tidak
memiliki media yang mampu bertahan dalam memperebutkan pasar media cetak.

Untuk melengkapi syarat bahwa penerbitan pers harus berbadan hukum maka Yayasan
Abdi Bangsa mendirikan PT. Abdi Bangsa pada 28 November 1992. Sebulan kemudian, 19
Desember 1992 Republika Memperoleh SIUPP (Surat Izin Umum Penerbitan Usaha Pers) dari
departemen penerangan RI No 238/SK/MENPEN/SIUP/A.7/1992 dan mulai resmi berdiri
tanggal 4 Januari 1993 (Hamad, 2004:120).

Republika pernah melakukan strategi marketing yang unik ketika melalui PT. Abdi
Bangsa menjual sahamnya di mana satu keluarga hanya bisa membeli satu lembar saham dengan
nominal Rp 1000,00 (seribu rupiah). Dengan patokan ini PT. Abdi Bangsa menawarkan 2,9 Juta
lembar kepada masyarakat khususnya umat Islam, ini berarti PT. Abdi Bangsa akan dimiliki oleh
2,9 juta kepala keluarga. Dengan harapan para pemegang selembar saham tersebut bisa menjadi
pelanggan Republika dengan harapan meningkatkan oplah penjualan sampai angka 2,9 Juta
(Hasrullah, 2001:18).

Sementara ideologi Republika adalah ideologi pemiliknya PT. Abdi Bangsa yaitu
Kebangsaan, Kerakyatan dan Keislaman; dengan tujuan mempercepat terbentuknya ‘Civil
Society’. Orientasi inilah yang sehari-hari dituangkan Republika dalam bentuk informasi dan

sajian lainnya. Republika menampilkan Islam dalam wajah moderat (Hamad, 2004:122).



Sejarah Sindo

Sindo merupakan Surat Kabar Harian yang terbit pertama kali pada tanggal 29 Juni 2005
dengan nama Seputar Indonesia, terbit selama 7 hari dalam satu minggu dan berpusat di Jakarta.
Diterbitkan oleh PT Media Nusantara Informasi (MNI), anak perusahan PT Media Nusantara
Citra Tbk. (MNC). Koran ini termasuk koran pendatang baru yang berusaha menarik perhatian
pembaca koran nasional. Target pembacanya adalah masyarakat kelas menengah ke atas,
pendidikan sarjana, segmentasi usia dari 18 tahun sampai dengan 40 tahun. Dengan diferensiasi
pembaca laki-laki 60% dan pembaca perempuan sebanyak 40%. Karena koran ini berskala
Nasional maka target distibusi Koran Sindo adalah seluruh kota-kota besar yang ada di Indonesia

(http://lovelyholidays.net/iklan-Sindo.html diakses pada tanggal 18 Maret 2016 pukul 16:22

WIB). Perlahan namun pasti koran ini mampu bersaing dengan koran-koran nasional yang
terlebih dulu hadir jauh sebelum Koran Sindo lahir misalnya koran Kompas, Republika, Suara

Pembaharuan dan lain sebagainya.

Awalnya nama Koran Seputar Indonesia dipakai merujuk pada program berita Seputar
Indonesia dari stasiun televisi RCTI yang juga dimiliki oleh MNC group. Seputar Indonesia
pertama kali mengudara pada tanggal 1 November 1989 yang awalnya bernama Seputar Jakarta
menjadi program berita yang menuai sukses, program berita menjadi program berita pertama di
TV swasta dengan konsep mirip TVRI, program berita ini tercatat pernah mendapat penghargan
sebagai program berita terfavorit dalam ajang Panasonic Award pertama kali pada tahun 1997
dan kini menjadi pemenang dalam ajang yang sama dalam kurun waktu lima tahun kebelakang
dari 2010-2015.

(http://www.rcti.tv/program/view/92/SEPUTAR%20INDONESIA#.U8jvsYCSzT4 diakses pada

tanggal 18 Maret 2016 pukul 17:00 WIB) Kesuksesan dalam program berita Seputar Indonesia


http://lovelyholidays.net/iklan-sindo.html
http://www.rcti.tv/program/view/92/SEPUTAR%20INDONESIA#.U8jvsYCSzT4

yang membuat MNC Group menerbitkan Koran Seputar Indonesia dengan harapan menuai

kesuksesan yang sama.

Jika berbicara tentang sejarah Koran Seputar Indonesia maka tidak bisa dilepaskan dari
sejarah pemiliknya yaitu MNC Group, Koran ini merupakan bagian kecil dari unit bisnis yang
dimiliki oleh PT MNC Investama Tbk yang bergerak di bidang Media, Jasa Keuangan, Energi

dan Sumber Daya Alam serta Portofolio Investasi.

Perseroan ini didirikan pada tanggal 2 November 1989 di Surabaya dengan nama PT
Bhakti Investments (selanjutnya berubah nama menjadi PT Bhakti Investama Tbk) yang pada
awalnya berfokus pada bisnis kegiatan terkait pasar modal. Saat itu pemerintah melakukan
berbagai deregulasi serta menerbitkan berbagai fasilitas untuk menggairahkan pasar modal

Indonesia.

Setelah pemindahan kantor pusatnya ke Jakarta pada bulan Februari 1990, Perseroan ini
semakin mampu mengembangkan bisnisnya sesuai dengan perkembangan di dunia pasar modal.
Pada tahun 1994, Perseroan mulai memperluas bidang usahanya sehingga mencakup seluruh
aspek kegiatan di pasar modal, yaitu di antaranya perdagangan dan perantara perdagangan efek,
penasihat investasi, pengelolaan investasi, penjamin emisi, originasi dan sindikasi, penasihat
keuangan, jasa riset serta bisnis merger dan akuisisi yang diikuti dengan peluncuran beberapa
produk reksa dana. Melalui aksi Penawaran Umum Saham Perdana pada tahun 1997 PT Bhakti
Investama go public ke Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (kini ”Bursa Efek
Indonesia”)

PT MNC Investama kini menjadi perusahan korporasi besar yang banyak memiliki

jaringan bisnis sukses kemudian memunculkan konglomerat baru bernama Hary Tanoesoedibyo.



Sebagai pemilik perusahaan yang awalnya hanya bergerak di bidang investasi dan dijalankan di
kota kelahiranya Surabaya, Hary Tanoesoedibyo tergolong pandai dalam melihat peluang. Pada
tahun 1998 ketika terjadi pergolakan dan runtuhnya orde baru, ekonomi Indonesia berjalan
lambat dan lesu, investor pun berpikir dua kali untuk menanamkan modal karena resiko yang
terlalu besar dan belum stabilnya politik di Indonesia. Namun tidak bagi Hary Tanoesoedibyo
yang justru melihat kondisi saat itu merupakan peluang besar karena harga saham perusahan-
perusahan unggulan dijual murah, dalam periode awal reformasi tersebut Hary dengan Bhakti
Investamanya gencar membeli saham-saham yang memiliki potensi besar dikemudian hari, salah
satu yang menarik baginya adalah saham dari PT Bimantara Tbk milik Bambang Trihatmojo
putra ketiga mantan presiden Alm. Soeharto, PT Bimantara inilah yang membawahi stasiun

televisi pertama di Indonesia yaitu RCTI.

Ketika itu berbisnis dengan keluarga cendana menjadi tabu karena bisnis mereka yang
berbau KKN kemudian menjadi bulan-bulanan pers dan berbagi kelompok masyarakat yang
mempertanyakan kejelasannya. Akan tetapi hal ini tidak menjadi alasan bagi Hary untuk tidak
menanamkan sahamnya di PT Bimantara TBK walaupun dikuasai oleh Bambang dan Bambang
saat itu mempunyai hutang yang banyak. “Bimantara termasuk dalam 10 obligoir terbesar BPPN
dengan sekitar 20 anak perusahaannya mengalami tunggakan hutang Rp 3,24 Triliun”. (
Sudibyo, Agus : 2004 : 21).

Akhirnya Bambang dengan Kooperatif harus berkorban banyak dengan menjual aset-aset
saham pentingnya kepada pengusaha lain. Bambang merupakan keluarga cendana yang dianggap
cukup lunak, mudah dan kooperatif dalam menjalankan dan mengelola asetnya termasuk untuk
melunasi utang-utangnya kepada pihak lain dengan menjual saham-sahamnya dibandingkan

dengan keluarga cendana yang lain. Aset penting itu termasuk dengan PT Bimantara Citra Tbk di



mana Bambang perlahan-lahan melepaskan kepemilikannya. Pada awal 2000 Bambang melalui
Asriland nya masih merupakan pemegang saham Mayoritas di Bimantara namun perlahan tapi
pasti saham itu terus menyusut dan muncullah kuda hitam sekaligus pengendali baru Bimantara
yaitu PT Bhakti Investama Tbk. Bhakti Investama dipegang oleh Hary Iswanto Tanoesoedibjo
pria keturunan Tiongkok kelahiran Surabaya 26 September 1965.
Hingga awal 2000, Bambang adalah pemegang saham mayoritas Bimantara. Bambang
menguasai 36,51 % saham melalui PT Asriland. Per 31 Juli 2000, saham Asriland di
Bimantara menyusut menjadi 31,49 % dan hingga Juni 2003, saham tersebut menyusut lagi
menjadi hanya 14,32 %. Langkah mundur Bambang dari Bimantara seiring dengan
munculnya nama baru, PT Bhakti Investama sebagai pengendali baru Bimantara, sekaligus
penguasa baru dalam jagad pertelevisian di Indonesia. (Sudibyo, Agus : 2004 : 22)

Bisa jadi hal in1 merupakan salah satu strategi dari Hary untuk menguasai PT Bimantara
TBK dengan mayoritas sahamnya sejak saat itu Bhakti Investama meningkatkan saham
kepemilikannya di PT Bimantara TBK dan lambat laun menjadi pemilik saham mayoritas di PT
Bimantara TBK. Terbukti Hary mulai menunjukan perkembangan yang pesat dalam kepemilikan
jumlah saham yang ada di Bimantara.

Juli 2001, saham Bhakti Investama di Bimantara tercatat masih 10,72%. Perlahan-lahan
Bhakti meningkatkan kepemilikannya. April 2001, saham Bhakti Investama meningkat
menjadi 24,975%.. dan 23 Nopember 2002 Bhakti Investama menambah pundi-pudinya
menjadi 34,68% saham di PT Bimantara Citra. Setelah membeli lagi 7,25 Juta lembar
saham. Hingga pertengahan Juni 2003 Bhakti Investama telah menguasai 37,60% saham
Bimantara (Sudibyo, Agus : 2004 : 22).

Perlahan-lahan Hary dengan Bhakti Investama nya mulai meningkatkan lembar
sahamnya di Bimantara sehingga menjadi penguasa dan pengendali dari PT Bimantara Citra
TBK dan mengubah namanya menjadi PT Global Mediacom. Hingga kini pemegang mayoritas
saham PT Global Mediacom tetap Hary Tanoesoedibyo melalui PT Bhakti Investama sejumlah

52,30% kemudian UOB Kay Hian (Hongkong) Ltd. sebanyak 7,29% dan publik sebesar 40,41%.

Sementara saham milik Bambang Trihatmojo melalui PT Asriland nya sudah habis dan Bambang



sudah melepaskan jabatanya di PT Global Mediacom.

(http://www.mediacom.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=280&Itemid=293

diakses pada tanggal 19 Maret 2016 pukul 13:26 WIB)

Perkembangan kinerja yang terus tumbuh membuat perusahan korporasi ini semakin
besar dan kuat dalam tahun 2012 pendapatan MNC mencapai 6, 27 triliun dan pada tahun 2013
naik 4% menjadi 6,52 triliun (Annual-report MNC, 2013:77). Perkembangan tersebut membuat
MNC menjadi salah satu korporasi media terkemuka di Indonesia sehingga tidak mengherankan
korporasi seperti ini dengan mudah membuat unit usaha baru yang strategis. Seperti halnya
Koran Seputar Indonesia yang lahir dari sebuah program berita di RCTI yang kemudian
berkembang menjadi surat kabar nasional dengan sokongan dana besar dan sumber daya manusia
yang mumpuni membuat SKH Sindo tetap eksis hingga kini di tengah persaingan surat kabar
yang kian sengit.

Tujuan dari diterbitkanya SKH Sindo adalah selain di management untuk menjadi surat
kabar yang menguasai pangsa pasar nasional di antara media- media cetak lain juga sebagai
sarana promosi yang efektif dalam memasarkan dan mempromosikan jaringan-jaringan media
yang lain yang diproduksi oleh MNC sehingga menjadi saling suport dan mendukung antara
media yang satu dengan yang lain sehingga memperkuat jaringan bisnis yang dibentuk MNC
atau yang sering disebutkan oleh CEO sekaligus Owner MNC Group Hary Tanoesoedibyo
sebagai usaha memperkuat sinergi dalam MNC Group.

Sejarah Kompas

Kompas merupakan koran terbesar di tanah air yang memiliki sejarah panjang hingga

menjadi sukses seperti sekarang di bawah naungan Kompas Gramedia yang memiliki berbagai

lini usaha di industri media. Hadirnya koran kompas tidak bisa di lepaskan oleh sosok Jakob


http://www.mediacom.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=280&Itemid=293

Oetama dan PK (Petrus Kanisuis) Ojong, dimulai dari tahun 1963 ketika mereka berdua di bantu
J. Adisubrata dan Irawati SH, menerbitkan majalah mingguan bernama Intisari di Jakarta.
Sebelum memutuskan membuat majalah intisari PK Ojong dan Jakob Oetama sebenarnya sudah
mempunyai latar belakang jurnalis dan seing berjumpa pada forum-forum seperti Ikatan Sarjana
Katolik (ISKA), PK Ojong yang memimpin majalah Keng Po dan Star Weekly sementara Jakob
Oetama menjadi penulis di majalah Penabur yang berhaluan Katolik. Tujuan membuat majalah

intisari adalah untuk memberi bacaan bermutu dan membuka cakrawala masyarakat Indonesia

(http://www.kompasgramedia.com/about-kg/history diakses pada tanggal 7 april 14:34)

Intisari terus menampakan perkembangannya dibawah pimpinan PK Ojong dan Jakob
Oetama, hingga disuatu hari dibulan April tahun 1965 Menteri Perkebunan Frans Seda ditelpon
rekan sekabinetnya, Menteri/ Panglima TNI AD, Letjen Ahmad Yani. Isinya, setelah koran-
koran nonkomunis dibredel, sebaiknya Partai Katolik memiliki sebuah koran (Frans Seda
merupakan salah satu ketua partai Katolik). Alasanya yang disampaikan Ahamad Yani, karena
hampir semua partai politik memiliki corong partai. Partai Komunis Indonesia (PKI) misalnya,

punya Bintang Timur dan Wartah Bhakti (Sularto, 2011 : 107)

Saran Ahamd Yani yang di terima Frans Seda kemudian diobrolkan kepada kedua
temanya yaitu Jakob Oetama dan PK Ojong, pada awalnya kedua orang ini sempat keberatan
dikarenakan faktor politik ekonomi yang tidak kondusif dan infrastruktur yang tidak mendukung.
Namun Frans bisa membujuk kedua orang tersebut kemudian dibentuklah sebuah yayasan
dengan nama Yayasan Bentara Rakyat yang rencananya akan menerbitkan harian bernama
Bentara Rakyat juga. Salah satu alasannya, kata Frans Seda, nama Bentara sesuai dengan selera

orang Flores. = Majalah  Bentara, katanya, juga sangat populer di sana.


http://www.kompasgramedia.com/about-kg/history

(http://lipsus.kompas.com/hut45/sejarahkompas diakses pada tanggal 7 April 2016 pukul 10:17

WIB).

Proses pendiriran yayasan dan nama koran Bentara Rakyat kemudian di sampaikan
kepada Bung Karno selaku Presiden oleh Frans Seda, namun nama tersebut tidak di iya kan oleh
Soekarno, Soekarno menyarankan menggunakan nama Kompas sebagai koran baru tersebut,
nama Kompas menurut Soekarno berarti sebagai pemberi arah dan jalan dalam mengarungi
rimba dan lautan (Sularto, 2011:114). Kemudian nama tersebut dibicarakan kembali pada
Yayasan, Jakob dan Ojong, mereka akhirnya bersepakat mengganti nama Bentara Rakyat

menjadi Kompas.

Untuk mendapatkan izin penerbitan ketika itu bukan perkara mudah. Selain aparat yang
mengatur perizinan dikuasai PKI, penerbit juga harus bisa menunjukkan bukti bahwa sudah ada
pelanggan sekurang-kurangnya 3.000 orang. Maka, Frans seda kemudian menginstruksikan
kepada anggota-anggota partai, guru-guru sekolah, dan anggota Koperasi Kopra Primer di
Kabupaten sikka, Ende Lio, dan Flores Timur untuk secepat mungkin mengirim daftar 3.000

pelanggan, lengkap dengan tanda tangan dan alamat.

Tepat pada tangggal 28 Juni 1965 Kompas edisi perdana terbit dengan empat halaman

dan tiras 4.824 eksemplar (http://profile.print.kompas.com/profil/ diakses pada tanggal7 April

2016 pukul 13:16 WIB), koran ini dihargai Rp. 25 per eksemplar dengan harga langganan Rp
500 per bulan termasuk ongkos kirim, dengan tarif iklan ditetapkan Rp 15 per mm/kolom. pada
awalnya Kompas merupakan koran mingguan dengan delapan halaman, kemudian terbit empat
kali dalam seminggu, hingga kemudian dalam waktu dua tahun telah berkembang menjadi surat

kabar harian nasional dengan oplah 30.650 eksemplar.


http://lipsus.kompas.com/hut45/sejarahkompas
http://profile.print.kompas.com/profil/

Kompas dalam perjalanannya tidak terlepas dari berbagai kendala dan masalalah,
Kompas sempat dua kali dibredel pada tanggal 2 Oktober 1965, pemerintah melarang semua
koran terbit, berkait dengan peristiwa G30S/PKI, termasuk Kompas. Larangan itu kemudian
dicabut, dan Kompas terbit kembali pada tanggal 6 Oktober 1965. Pembredelan kedua terjadi 21
Januari sampai dengan 6 Februari 1978. Ketika itu, Kompas bersama sejumlah koran lain
dilarang terbit karena memberitakan aksi-aksi demonstrasi mahasiswa.

Pada pemberedelan pertama menjadi ujian besar bagi Kompas di tengah menanjaknya
oplah koran. Kompas yang lahir dari partai politik Katolik namun tidak ingin dekat dengan
katolik dan ingin bersikap indipendent dalam pemberitaan malah serba salah dalam menentukan
sikap mau berdiri di mana, Kompas sering dikritik oleh kalangan katolik karena tidak ‘memihak’
Katolik, sementara bagi non-Katolik Kompas di cap sebagai koran katolik. Kata Jakob, “Kita
ingin menjadi jembatan, tetapi jembatan yang selalu eksis, yang tidak hancur setelah dilewati.
Kita siap jadi bola sepak, yang disepak pihak sana ditendang pihak sini. Tidak dalam arti korban,
tetapi dalam arti sebagai saran mempertalikan komunikasi.” (Sularto, 2011:118).

Bagi Jakob Kompas ingin dijadikan sebagai Indonesia mini yang dihuni berbagai latar
belakang dengan sikap toleransi yang tinggi tanpa memperlihatkan perbedaaan, tetap menjadi
penyambung suara rakyat seperti fagline yang dipakai yaitu “Amanat Hati Nurani Rakyat”.
Namun tetap saja faktor sejarah kedekatan dengan partai Katolik waktu itu membuat koran
Kompas selalu diidentikan dengan Koran Katolik.

Sejarah Jawa Pos

Jawa Pos merupakan surat kabar harian bersekala nasional yang berpusat di Surabaya,

berbeda dengan surat kabar nasional lainya yang kebanyakan berada di Jakarta, cikal bakal jawa

pos sebenarnya adalah surat kabar yang dibuat oleh The Chung Shen, seorang pegawai bioskop



di Surabaya yang pekerjaan sehari-harinya adalah menempelkan iklan film-film di bioskop
tempat dia bekerja, dari pekerjaan dia sehari-hari The Chung Shen menangkap peluang bisnis
unutk membuat surat kabar sekaligus media promosi bioskop ditempat dia bekerja. Tepat pada 1
Juli 1949 Djava Post lahir dibawah naungan PT Perusahan Penerbitan dan Percetakan Djava Post
Concern Limited. Perkembangan yang signifikan surat kabar harian Djava Post kala itu membuat
The Chung Shen melebarkan bisnisnya dengan menerbitkan koran berbahasa mandarin Hwa

Chiao Sien Wend dan koran berbahasa Belanda de Vrije Pers. (http://www.anneahira.com/jawa-

pos.htm diakses pada tanggal 8 April 2016 pukul 20:34 WIB)

Perkembangan Jawa Pos kala itu bukan tanpa kendala, ditahun 1982 persaingan dengan
media cetak lain cukup ketat seperti Koran Surabaya Post kala itu yang menguasai pasar di
wilayah Surabaya dan sekitarnya, selain masalah tersebut Chung Shen merasa tidak ada yang
bisa meneruskan bisnisnya karena ketiga anaknya memilih menetap di Inggris, hal tersebut yang
membuat Jawa Pos dijual kepada Eric F.H. Samola waktu itu merupakan Direktur Utama PT
Grafiti Pers (penerbit majalah Tempo) dengan management baru Samola kemudian menunjuk
Dahlan Iskan yang kala itu sebagai kepala biro Tempo di Surabaya untuk membenahi Jawa Pos.
Ditangan dingin Dahlan Iskan lah Jawa Pos kembali bangkit dengan berbagai terobosan yang dia
lakukan. Seperti Kesaksian dari Hermawan Kartajaya dalam bukunya “Saya masih ingat,
sebelum Dahlan masuk, Jawa Pos seperti tinggal menghitung hari. Tiras maupun iklannya terus
merosot. Ekuitas merek koran yang didirikan oleh The Chung Sen yang dulu sempat menjadi
raja media di Surabaya juga merosot. Rupanya, kondisi semacam itu menjadi tantangan bagi

Dahlan Iskan. (Kartajaya, 2002:82)

Berbagai langkah Dahlan Iskan untuk membenahi Jawa Pos diantaranya adalah

mengubah gaya bahasa yang sebelumnya terlalu formal dan kaku menjadi sedikit suroboyonan


http://www.anneahira.com/jawa-pos.htm
http://www.anneahira.com/jawa-pos.htm

agar pembaca merasa dekat dengan dialek mereka sehari-hari, dan juga dengan cara karyawan
Jawa Pos dan keluarganya diajak menajdi distributor penjualan untuk memasarkan masyarakat
luas. Terobosan yang dilakukan Dahlan Iskan menampakan hasilnya dengan yang sebelumnya
oplah penjualan hanya 6000 eksemplar perhari dalam lima tahun oplah tersebut naik drastis
menjadi 300.000 perharinya. Roda bisnis Jawa Pos terus dikembangkan dengan menciptakan
koran lokal bertajuk Radar, yang tersebar di berbagai daerah ditanah air termasuk beberapa
tabloid berada dibawah Jawa Pos News Network (JPNN) yang merupakan salah satu jaringan
surat kabar terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 80 surat kabar, tabloid, dan majalah,

serta 40 jaringan percetakan di Indonesia.

Pada tahun 1997, Jawa Pos pindah ke gedung yang baru berlantai 21, Graha Pena, salah
satu gedung pencakar langit di Surabaya. Sejak tahun 2002 dibangun Graha Pena di Jakarta
yang menginspirasi banyak gedung Graha Pena lainnya untuk bermunculan di hampir semua
wilayah di Indonesia. Jawa Pos bahkan membangun pabrik kertas koran sendiri yaitu PT
Adiprima Sura Perinta yang mampu memproduksi kertas koran 450 ton/hari. Pada tahun 2002
Jawa Pos Grup mendirikan stasiun televisi lokal JTV di Surabaya, yang kemudian diikuti Batam
TV di Batam, Riau TV di Pekanbaru, Fajar TV di Makassar, Palembang TV di Palembang,
Parijz van Java TV di Bandung, Radar Cirebon Televisi RCTV di Cirebon Kota Wali. Memasuki
tahun 2003, Jawa Pos Group merambah bisnis baru: Independent Power Plant. Proyek pertama
adalah 1 x 25 MW di Kab. Gresik, yakni dekat pabrik kertas. Proyek yang kedua 2 x 25 MW,
didirikan di Kaltim, bekerjasama dengan perusahaan daerah setempat. Pada tahun 2008, Jawa
Pos Group menambah stasiun televisi baru: Mahkamah Konstitusi Televisi (MKTV) yang
berkantor di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta. Pada tahun 2009, Jawa Pos Group

menambah data center baru: Fangbian Iskan Corporindo (FIC) yang berkantor di Gedung Graha



Pena Surabaya. (http:/profil. merdeka.com/Indonesia/j/jawa-pos/ diakses pada tanggal 8 April

2016 pukul 22:55 WIB)

Roda estafet kepimpinan Jawa Pos akhirnya berganti kepada Azrul Ananda anak Dahlan
Iskan sendiri pada tahun 2005, Setelahnya Dahlan Iskan mulai dekat dengan dunia politik, pada
tahun 2009 dia diangkat menjadi Direktur Umum PT PLN, keberhasilannya mereformasi
birokrasi ditubuh PLN membuat Dahlan Iskan diangkat menjadi menteri BUMN dibawah
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2011. Keberhasilannya memimpin
kementerian BUMN mengantarkannya masuk dalam konvensi presiden Partai Demokrat tahun
2014, dalam Konvensi tersebut Dahlan Iskan menempati posisi teratas mengalahkan tokoh lainya
seperti Anis Baswedan, Marzuki Ali dan Gita Wiryawan, namun dalam pemilu legislatif Partai
Demokrat tidak mampu mendulang suara diatas 20% sebagai syarat untuk mengajukan calon
presiden. Dalam perkembanganya Dahlan Iskan pun merapat ke kubu Jokowi dengan

mendukungnya memenangi pemilihan presiden tahun 2014.

Keberhasilan Jawa Pos dalam menjadi salah satu koran terbesar ditanah air tidak bisa
dilepaskan dari sosok Dahlan Iskan, dari kerja keras dan terobosannya lah koran yang hampir
menemui titik akhir mampu bangkit. Meskipun secara struktural Dahlan Iskan tidak lagi ada
jabatan di dalam Jawa Pos, sosoknya masih mampu mempengaruhi wacana-wacana yang
dikembangkan dalam Jawa Pos karena selaku pemilik saham mayoritas. Pemberitaan yang
dihadirkan pada Jawa Pos pastinya akan menyesuaikan dengan arah politik yang diambil oleh

Dahlan Iskan.


http://profil.merdeka.com/indonesia/j/jawa-pos/

Sejarah Media Indonesia

Media Indonesia sangat identik dengan sosok Surya Paloh sebagai tokohnya padahal
dalam perjalanannya ada tokoh lain dibalik munculnya Media Indonesia, tokoh tersebut ialah
Teuku Yousli Syah selaku pendiri Media Indonesia. Surya Paloh, mantan pimpinan surat kabar
Prioritas, baru bergabung dengan Teuku Yousila Syah pada tahun 1988, atau 18 tahun setelah

Media Indonesia pertama kali terbit.

Media Indonesia pertama kali diterbitkan pada tanggal 19 Januari 1970. Sebagai surat
kabar umum pada masa itu, Media Indonesia baru bisa terbit 4 halaman dengan tiras yang amat
terbatas. Berkantor di J. MT. Haryono, Jakarta, disitulah sejarah panjang Media Indonesia
berawal. Lembaga yang menerbitkan Media Indonesia adalah Yayasan Warta Indonesia. Tahun
1976, surat kabar ini kemudian berkembang menjadi 8 halaman. Sementara itu perkembangan
regulasi di bidang pers dan penerbitan terjadi. Salah satunya adalah perubahan SIT (Surat Izin
Terbit) menjadi SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers). Karena perubahan ini penerbitan
dihadapkan pada realitas bahwa pers tidak semata menanggung beban idealnya tapi juga harus

tumbuh sebagai badan usaha.

Maka pada tahun tersebut lahirlah Media Indonesia dengan manajemen baru dibawah PT.
Citra Media Nusa Purnama. Surya Paloh sebagai Direktur Utama sedangkan Teuku Yousli Syah
sebagai Pemimpin Umum, dan Pemimpin Perusahaan dipegang oleh Lestary Luhur. Sementara
itu, markas usaha dan redaksi dipindahkan ke JI. Gondandia Lama No. 46 Jakarta. Awal tahun
1995, bertepatan dengan usianya ke 25 Media Indonesia menempati kantor barunya di Komplek
Delta Kedoya, JI. Pilar Mas Raya Kav.AD, Kedoya Selatan, Jakarta Barat. Di gedung baru ini
semua kegiatan di bawah satu atap, Redaksi, Usaha, Percetakan, Pusat Dokumentasi -

Perpustakaan, Iklan, Sirkulasi dan Distribusi serta fasilitas penunjang karyawan. Sejarah panjang



serta motto "Pembawa Suara Rakyat" yang dimiliki oleh Media Indonesia bukan menjadi motto

kosong dan sia-sia, tetapi menjadi spirit pegangan sampai kapanpun.

Media Indonesia sangat terkenal dengan rubrik editorialnya, rubrik inilah yang menarik
minat dari pembaca koran dan selalu ditunggu-tunggu. Berbeda dari koran umum nasional lainya
yang lebih mengutamakan berita utama, Media ini justru lebih dicari dengan rubrik editorialnya.
Editorial ini merupakan opini dan pendapat dari redaksi koran mengenai masalah maupun

peristiwa yang sedang terjadi (aktual). (http://www.anneahira.com/media-Indonesia-17404.htm

diakses pada tanggal 12 April 2016 pukul 21:22 WIB)

Sejak Media Indonesia ditangani oleh tim manajemen baru di bawah payung PT Citra
Media Nusa Purnama, banyak pertanyaan tentang apa yang menjadi visi harian ini dalam industri
pers nasional. Terjun pertama kali dalam industri pers tahun 1986 dengan menerbitkan harian
Prioritas. Namun Prioritas memang kurang bernasib baik, karena belum cukup lama menjadi
koran alternatif bangsa, SIUPP-nya dibatalkan Departemen Penerangan. Antara Prioritas dengan

Media Indonesia memang ada "benang merah", yaitu dalam karakter kebangsaannya.

Surya Paloh sebagai penerbit Harian Umum Media Indonesia, tetap gigih berjuang
mempertahankan kebebasan pers. Wujud kegigihan ini ditunjukkan dengan mengajukan kasus
penutupan Harian Prioritas ke pengadilan, bahkan menuntut Menteri Penerangan untuk
mencabut Peraturan Menteri No. 01/84 yang dirasakan membelenggu kebebasan pers di tanah
air. Tahun 1997, Djafar H. Assegaff yang baru menyelesaikan tugasnya sebagai Duta Besar di
Vietnam dan sebagai wartawan yang pernah memimpin beberapa harian dan majalah, serta
menjabat sebagai Wakil Pemimpin Umum LKBN Antara, oleh Surya Paloh dipercayai untuk

memimpin harian Media Indonesia sebagai Pemimpin Redaksi. Saat ini Djafar H. Assegaff


http://www.anneahira.com/media-indonesia-17404.htm

dipercaya sebagai Corporate Advisor. Sejak 2005 Pemimpin Redaksi dijabat oleh Djadjat
Sudradjat. Sedangkan Pemimpin Umum yang semula dipegang langsung oleh Surya Paloh, di
tahun 2005, dijabat oleh Saur Hutabarat dan Wakil Pemimpin Umum dijabat oleh Andy F. Noya.
Pada tahun 2006 sampai dengan saat ini, terjadi beberapa perubahan struktur organisasi. Posisi
jabatan saat ini, sebagai berikut: Direktur Pemberitaan dijabat oleh Saur Hutabarat, Direktur
Pengembangan Bisnis dijabat oleh Alexander Stefanus sedangkan Direktur Utama dijabat oleh

Rahni Lowhur-Schad.



	BAB II

