Show simple item record

dc.contributor.advisorANNISA, FIRLY
dc.contributor.authorFITRIOWATI, LESMI
dc.date.accessioned2017-05-02T08:30:09Z
dc.date.available2017-05-02T08:30:09Z
dc.date.issued2017-01-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10250
dc.descriptionThe Karate Kid merupakan salah satu film yang merepresentasikan kepahlawanan Amerika. Film The Karate Kid menghadirkan kembali penggambaran kepahlawanan dalam tokoh Afro-Amerika yang di mana biasanya tokoh Afro-Amerika hanya mendapatkan peran negatif dan peran antagonis atau hanya menjadi pelengkap saja, namun tidak dalam film The Karate Kid. Namun Hollywood tak luput menyisipkan ideologi dalam pembuatan filmnya. Ideologi ini bertujuan untuk membedakan kelas dominan dan sub-ordinat. Di dalam film ini stereotipe China di representasikan sebagai pihak yang jahat dan pembuat onar. Hollywood sebagai negara adidaya juga membentuk eksistensinya melalui postlkolonial yang ditunjukkan dalam film ini sebagai salah satu bentuk penjajahannya. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah analisis semiologi model Roland Barthes. Semiologi model Roland Barthes bekerja dengan menggunakan dua tahap signifikasi, yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Data dalam film ini diperoleh secara langsung dengan mengamati film serta mencari referensi dari berbagai tulisan artikel, buku, internet, dan lainnya. Sedangkan hasil data penelitian ini diperoleh berdasarkan pemilihan scene pada film yang berkaitan dengan nilai-nilai heroisme. Nilai heroisme dalam film ini dikaji dengan merujuk pada unsur-unsur maskulinitas, perilaku, dan latar belakang yang direpresentasikan oleh seorang heren_US
dc.description.abstractThe Karate Kid is one of those film that represent American heroism. The Karate Kid movie brings back the heroic portrayal of the African-American figures in which African-American characters usually only get a negative role and the role of antagonist or simply to a complement, but not in The Karate Kid movie. But Hollywood didn’t escape insert ideology in film maker. This ideology aims to distinguish the dominant classes and sub-ordinate. In this film stereotypes of China are represented as the bad guys and troublemakers. Hollywood as a superpower also establish it’s presence through postcolonial shown in this film as one form of colonization. This experiment used method is in a model of Roland Barthes semiology analysis. Roland Barthes semiology models work by using two stages of significance, the meaning of denotations and connotations. The data in this film obtained directly by watching movies and looking for references from a variety of writing articles, books, internet, and more. While the results of this research data obtained based on the election scene in a movie that deals with the values of heroism. Value heroism in the film is assessed by reference to the elements of masculinity, behavior and background which is represented by a hero.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectIdeology, Heroism, Postcolonialism. Ideologi, Kepahlawanan, Postkolonialismeen_US
dc.titleREPRESENTASI KEPAHLAWANAN AFRO-AMERIKA DALAM FILM THE KARATE KIDen_US
dc.typeThesis SKR 006en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record