Show simple item record

dc.contributor.advisorS, SYAMSUDIN
dc.contributor.authorSUCIYANI, CLARA
dc.date.accessioned2017-06-07T03:22:54Z
dc.date.available2017-06-07T03:22:54Z
dc.date.issued2017-05-17
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10662
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk : 1) mengidentifikasi strategi orangtua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak prasekolah di Krobokan Tamanan Bantul, 2) mengetahui hambatan yang dialami orangtua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak prasekolah di Krobokan Tamanan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan dan kondisi yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif. Subjek kunci dalam penelitian ini adalah 10 kepala keluarga. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian, verifikasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) strategi yang digunakan oleh orangtua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak prasekolah diantaranya (a) memilih sistem pendekatan sesuai pandangan hidup dalam mengajarkan nilai tauhid (b) memilih prosedur yang tepat dalam mengenalkan nilai fiqh serta nilai al-Qur’an dan sunnah (c) menetapkan spesifikasi perubahan tingkah laku ketika mengajarkan anak nilai akhlak, 2) hambatan dalam pengembangan kecerdasan spiritual berasal dari orangtua dan anak. Hambatan yang berasal dari orangtua yaitu keterbatasan waktu. Sedangkan hambatan yang berasal dari anak diantaranya anak sering tidak serius, anak ingin terus bermain, anak betah menonton televisi dan mood anak tidak bagusen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk : 1) mengidentifikasi strategi orangtua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak prasekolah di Krobokan Tamanan Bantul, 2) mengetahui hambatan yang dialami orangtua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak prasekolah di Krobokan Tamanan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan dan kondisi yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif. Subjek kunci dalam penelitian ini adalah 10 kepala keluarga. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian, verifikasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) strategi yang digunakan oleh orangtua dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak prasekolah diantaranya (a) memilih sistem pendekatan sesuai pandangan hidup dalam mengajarkan nilai tauhid (b) memilih prosedur yang tepat dalam mengenalkan nilai fiqh serta nilai al-Qur’an dan sunnah (c) menetapkan spesifikasi perubahan tingkah laku ketika mengajarkan anak nilai akhlak, 2) hambatan dalam pengembangan kecerdasan spiritual berasal dari orangtua dan anak. Hambatan yang berasal dari orangtua yaitu keterbatasan waktu. Sedangkan hambatan yang berasal dari anak diantaranya anak sering tidak serius, anak ingin terus bermain, anak betah menonton televisi dan mood anak tidak bagus.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectStrategi Orangtua, Kecerdasan Spiritual dan Anak Prasekolah.en_US
dc.titleSTRATEGI ORANGTUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK PRASEKOLAH DI KROBOKAN TAMANAN BANTULen_US
dc.typeThesis SKR 055en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record