Show simple item record

dc.contributor.advisorN, NURWANTO
dc.contributor.authorSETIAWAN, EKO
dc.date.accessioned2017-06-07T07:01:19Z
dc.date.available2017-06-07T07:01:19Z
dc.date.issued2017-05-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10684
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dan psikologi behavioristik, serta mengkomparasikan antara keduanya, sehingga kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan dalam pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dan psikologi behavioristik. Jenis penelitian ini adalah (library research) dengan pendekatan kualitatif, sumber primer dalam penelitian ini adalah kitab-kitab hadis seperti kitab Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, dan Musnad Imam Ahmad bin Hanbal serta buku Psikologi Umum, sedangkan sumber sekunder berasal dari literatur yang terkait dengan pendidikan anak usia pra baligh diantaranya seperti buku Pendidikan Anak Pra Sekolah dan buku Prophet Parenting. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Secara spesifik. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi (documentary study). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesamaan dan perbedaan dalam pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dengan pendidikan anak usia pra baligh dalam psikologi behavioristik. Adapun pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi mempunyai empat pola pendidikan yaitu: pola pendidikan dengan pembiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan keteladanan dan pendidikan dengan hukuman, sedangkan pendidikan anak usia pra baligh dalam psikologi behavioristik mempunyai dua pola pendidikan yaitu: pendidikan dengan ganjaran dan hukuman (reward and punishment), serta pendidikan dengan lingkungan. Adapun kesamaan dari keduanya terletak pada pola pendidikan dengan ganjaran dan hukuman (reward and punishment) serta pola pendidikan dengan lingkungan, namun pendidikan dengan hukuman yang terdapat dalam hadis Nabi kurang singkron dengan tidak adanya pendidikan dengan hadiah atau penghargaan. sedangkan perbedaan dari keduanya terletak pada pendidikan dengan nasehat dan pendidikan dengan keteladananen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dan psikologi behavioristik, serta mengkomparasikan antara keduanya, sehingga kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan dalam pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dan psikologi behavioristik. Jenis penelitian ini adalah (library research) dengan pendekatan kualitatif, sumber primer dalam penelitian ini adalah kitab-kitab hadis seperti kitab Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, dan Musnad Imam Ahmad bin Hanbal serta buku Psikologi Umum, sedangkan sumber sekunder berasal dari literatur yang terkait dengan pendidikan anak usia pra baligh diantaranya seperti buku Pendidikan Anak Pra Sekolah dan buku Prophet Parenting. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Secara spesifik. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi (documentary study). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesamaan dan perbedaan dalam pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dengan pendidikan anak usia pra baligh dalam psikologi behavioristik. Adapun pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi mempunyai empat pola pendidikan yaitu: pola pendidikan dengan pembiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan keteladanan dan pendidikan dengan hukuman, sedangkan pendidikan anak usia pra baligh dalam psikologi behavioristik mempunyai dua pola pendidikan yaitu: pendidikan dengan ganjaran dan hukuman (reward and punishment), serta pendidikan dengan lingkungan. Adapun kesamaan dari keduanya terletak pada pola pendidikan dengan ganjaran dan hukuman (reward and punishment) serta pola pendidikan dengan lingkungan, namun pendidikan dengan hukuman yang terdapat dalam hadis Nabi kurang singkron dengan tidak adanya pendidikan dengan hadiah atau penghargaan. sedangkan perbedaan dari keduanya terletak pada pendidikan dengan nasehat dan pendidikan dengan keteladananen_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPendidikan Anak, Usia Pra Baligh, Hadis Nabi, Psikologi Behavioristiken_US
dc.titlePENDIDIKAN ANAK USIA PRA BALIGHen_US
dc.title.alternative(STUDI KOMPARASI ḤADĪṠ NABI DAN PSIKOLOGI BEHAVIORISTIK)en_US
dc.typeThesis SKR 017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record