Show simple item record

dc.contributor.advisorSURYADI, DEDI
dc.contributor.advisorINDRASWARI, THAMITA ISLAMI
dc.contributor.authorULWIYAH, LULUK
dc.date.accessioned2017-06-09T02:14:26Z
dc.date.available2017-06-09T02:14:26Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10746
dc.description.abstractPada pembelajaran bahasa Jepang, guru harus mampu mencari strategi pembelajaran yang tepat agar siswa dengan mudah memahami apa yang dipelajari. Oleh karena itu, penggunaan media untuk pembelajaran juga diperlukan. Pada penelitian ini media yang digunakan untuk pembelajaran ialah icon untuk penguasaan makna partikel de. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen murni dengan menggunakan desain penelitian Randomized Control Group Pre test-Post test. Sampel penelitian pada penelitian ini yaitu 24 mahasiswa tingkat I program studi PBJ UMY tahun ajaran 2016/2017, yang dibagi menjadi 12 mahasiswa pada kelas eksperimen, dan 12 mahasiswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan ialah tes dan non-tes. Tes berupa soal yang digunakan untuk menjawab apakah media icon efektif untuk membantu penguasaan makna partikel de, dan non-tes berupa angket digunakan untuk menghimpun respons responden tentang media icon yang digunakan. Hasil dari analisis data, diperoleh t hitung dari post test sebesar 3,39, dan db sebesar 22, serta t tabel 1% yaitu 2,82 . Berdasarkan hasil tersebut, t hitung lebih besar daripada t tabel, maka terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian, berdasarkan analisis gain normalisasi, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 0,84, dengan kriteria efektifitas pembelajaran sangat efektif. Sedangkan normalized gain pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 0,70, dengan kata lain pembelajaran efektif. Dengan demikian media icon sangat efektif untuk penguasaan makna partikel de yang diajarkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja diterima dan hipotesis nol ditolak. Selain itu, jika tidak menggunakan icon juga dapat membantu penguasaan partikel de. Namun, pembelajaran akan lebih mudah dipahami dan dikuasai jika menggunakan media icon. Dari hasil analisis angket, respons yang sampaikan sangat baik dan berharap bahwa media yang serupa digunakan saat perkuliahan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berupa icon membantu dan membuat pembelajaran semakin terasa menyenangkan.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpenguasaan, pembelajaran, keefektifan, media icon, partikel deen_US
dc.titleKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ICON DALAM PENGUASAAN PARTIKEL DE PADA KALIMAT BAHASA JEPANGen_US
dc.typeThesis SKR FPB 037en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record