Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHMAN, TAUFIQUR
dc.contributor.authorSARI, DEBBY PUSPITA
dc.date.accessioned2017-06-15T07:47:19Z
dc.date.available2017-06-15T07:47:19Z
dc.date.issued2017-04-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11096
dc.descriptionThis research analyzed the implementation of campaign program by the Environmental Agency in increasing public understanding and awareness to reduce the use of plastic bags in Yogyakarta Province. This research was aimed at finding out the campaign strategy of “ Reduction of Plastic Waste” by the Environmental Agency of Yogyakarta City to reduce the use of plastic bags in Yogyakarta Province. This research employed qualitative method using case study approach, thus it is a descriptive qualitative research. The setting of this research was in the Environmental Agency of Yogyakarta City. The data were obtained from interviews with the informants, literature review, documents and photo documentation. The data validity test was done using triangulation by comparing and confirming the degree of trust of the information obtained through different time and tools in qualitative research. The research result shows that the implementation of campaign conducted by the Environmental Agency of Yogyakarta City was not in line with the plan of campaign that had been made before. The Environmental Agency did not have time in planning the time of campaign, so the campaign was conducted any time based on the letter from the Central (KLHK) for the Environmental Agency of Yogyakarta City. It is because the campaign was targeting modern retail companies, not society.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis tentang pelaksanaan program kampanye yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran publik untuk mengurangi penggunaan kantong plastik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Kampanye “Pengurangan Sampah Plastik” yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dalam Rangka Meningkatkan Pemahaman dan Kesadaran Publik Untuk Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus dan jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Penelitian ini berlokasi dikantor BLH Kota Yogyakarta. sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan informan, studi pustaka, dokumen dan foto dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber yang berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaan kampanye yang dilakukan BLH masih ada yang belum sesuai dengan perencanaan kampanye yang telah ditetapkan sebelumnya. BLH tidak memiliki perencanaan waktu yang baik dalam melakukan kampanye, oleh karena itu kampanye dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai dengan surat dari (KLHK) Pusat yang masuk ke BLH. Hal tersebut terjadi karena kampanye yang dilakukan BLH di kota Yogyakarta sebagian besar dilakukan kepada perusahaan ritel modern, tidak menyasar kepada masyarakat.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectStrategi, Kampanye, Badan Lingkungan Hidup, Kebijakan, Kantong Plastik. Strategy, Campaign, BLH, Policy, Plastic bagsen_US
dc.titleSTRATEGI KAMPANYE “PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK” BLH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016en_US
dc.title.alternative(STUDI TERHADAP BLH KOTA YOGYAKARTA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KESADARAN PUBLIK UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK DI DIY PADA FEBRUARI-MEI TAHUN 2016)en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 312en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record