dc.contributor.advisor | NURISNA,ZUHRI | |
dc.contributor.advisor | YUDHANTO,FERRIAWAN | |
dc.contributor.author | FEDIANTO, ARIF | |
dc.date.accessioned | 2017-06-16T02:50:02Z | |
dc.date.available | 2017-06-16T02:50:02Z | |
dc.date.issued | 2017-05-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11110 | |
dc.description.abstract | Rangka merupakan komponen utama dari kontruksi sepeda yang berfungsi
menyangga keseluruhan beban, oleh karena itu perhitungan rangka menjadi sesuatu
yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan rangka sepeda
bambu saat mendapatkan beban pengemudi yaitu dengan pembebanan statik
dengan simulasi menggunakan software Solidworks 2017. Pada penelitian rangka
sepeda ini menggunakan material bambu sebagai kontruksi utama. Dalam simulasi
pembebanan statik menggunakan asumsi beban pengendara 80 kg , 100 kg dan 150
kg. Material bambu yang digunakan sebagai rangka sepeda diantaranya bambu raw
material, bambu sandwich composite non treatment dan bambu composite dengan
treatment.
Dari hasil simulasi beban statik dari ketiga bahan material tersebut
didapatkan bahwa material bambu raw mampu menahan beban maksimal 560 kg
dengan tegangan luluh 94,92 Mpa, bambu sandwich composite non treatment
mampu menahan beban maksimal 536 kg dengan tegangan luluh 94,95 Mpa dan
bambu composite dengan treatment mampu menahan beban maksimal 600 kg
dengan tegangan luluh 94,67 Mpa. Dengan nilai faktor keamanan 4 maka faktor
kemanan beban pengemudi pada rangka sepeda yang mengunakan material bambu
raw sebesar 140 kg, material bambu sandwict composite non treatment sebesar 134
kg dan material | en_US |
dc.description.sponsorship | Rangka merupakan komponen utama dari kontruksi sepeda yang berfungsi
menyangga keseluruhan beban, oleh karena itu perhitungan rangka menjadi sesuatu
yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan rangka sepeda
bambu saat mendapatkan beban pengemudi yaitu dengan pembebanan statik
dengan simulasi menggunakan software Solidworks 2017. Pada penelitian rangka
sepeda ini menggunakan material bambu sebagai kontruksi utama. Dalam simulasi
pembebanan statik menggunakan asumsi beban pengendara 80 kg , 100 kg dan 150
kg. Material bambu yang digunakan sebagai rangka sepeda diantaranya bambu raw
material, bambu sandwich composite non treatment dan bambu composite dengan
treatment.
Dari hasil simulasi beban statik dari ketiga bahan material tersebut
didapatkan bahwa material bambu raw mampu menahan beban maksimal 560 kg
dengan tegangan luluh 94,92 Mpa, bambu sandwich composite non treatment
mampu menahan beban maksimal 536 kg dengan tegangan luluh 94,95 Mpa dan
bambu composite dengan treatment mampu menahan beban maksimal 600 kg
dengan tegangan luluh 94,67 Mpa. Dengan nilai faktor keamanan 4 maka faktor
kemanan beban pengemudi pada rangka sepeda yang mengunakan material bambu
raw sebesar 140 kg, material bambu sandwict composite non treatment sebesar 134
kg dan material | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | RANGKA SEPEDA BAMBU | en_US |
dc.subject | SIMULASI BEBAN STATIK | en_US |
dc.subject | FAKTOR KEAMANAN | en_US |
dc.subject | SOLIDWORKS | en_US |
dc.title | PERANCANGAN RANGKA SEPEDA BAMBU MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS 2017 | en_US |
dc.type | Thesis
T A
VOK
087 | en_US |