Show simple item record

dc.contributor.advisorNURISNA,ZUHRI
dc.contributor.advisorYUDHANTO,FERRIAWAN
dc.contributor.authorFEDIANTO, ARIF
dc.date.accessioned2017-06-16T02:50:02Z
dc.date.available2017-06-16T02:50:02Z
dc.date.issued2017-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11110
dc.description.abstractRangka merupakan komponen utama dari kontruksi sepeda yang berfungsi menyangga keseluruhan beban, oleh karena itu perhitungan rangka menjadi sesuatu yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan rangka sepeda bambu saat mendapatkan beban pengemudi yaitu dengan pembebanan statik dengan simulasi menggunakan software Solidworks 2017. Pada penelitian rangka sepeda ini menggunakan material bambu sebagai kontruksi utama. Dalam simulasi pembebanan statik menggunakan asumsi beban pengendara 80 kg , 100 kg dan 150 kg. Material bambu yang digunakan sebagai rangka sepeda diantaranya bambu raw material, bambu sandwich composite non treatment dan bambu composite dengan treatment. Dari hasil simulasi beban statik dari ketiga bahan material tersebut didapatkan bahwa material bambu raw mampu menahan beban maksimal 560 kg dengan tegangan luluh 94,92 Mpa, bambu sandwich composite non treatment mampu menahan beban maksimal 536 kg dengan tegangan luluh 94,95 Mpa dan bambu composite dengan treatment mampu menahan beban maksimal 600 kg dengan tegangan luluh 94,67 Mpa. Dengan nilai faktor keamanan 4 maka faktor kemanan beban pengemudi pada rangka sepeda yang mengunakan material bambu raw sebesar 140 kg, material bambu sandwict composite non treatment sebesar 134 kg dan materialen_US
dc.description.sponsorshipRangka merupakan komponen utama dari kontruksi sepeda yang berfungsi menyangga keseluruhan beban, oleh karena itu perhitungan rangka menjadi sesuatu yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan rangka sepeda bambu saat mendapatkan beban pengemudi yaitu dengan pembebanan statik dengan simulasi menggunakan software Solidworks 2017. Pada penelitian rangka sepeda ini menggunakan material bambu sebagai kontruksi utama. Dalam simulasi pembebanan statik menggunakan asumsi beban pengendara 80 kg , 100 kg dan 150 kg. Material bambu yang digunakan sebagai rangka sepeda diantaranya bambu raw material, bambu sandwich composite non treatment dan bambu composite dengan treatment. Dari hasil simulasi beban statik dari ketiga bahan material tersebut didapatkan bahwa material bambu raw mampu menahan beban maksimal 560 kg dengan tegangan luluh 94,92 Mpa, bambu sandwich composite non treatment mampu menahan beban maksimal 536 kg dengan tegangan luluh 94,95 Mpa dan bambu composite dengan treatment mampu menahan beban maksimal 600 kg dengan tegangan luluh 94,67 Mpa. Dengan nilai faktor keamanan 4 maka faktor kemanan beban pengemudi pada rangka sepeda yang mengunakan material bambu raw sebesar 140 kg, material bambu sandwict composite non treatment sebesar 134 kg dan materialen_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectRANGKA SEPEDA BAMBUen_US
dc.subjectSIMULASI BEBAN STATIKen_US
dc.subjectFAKTOR KEAMANANen_US
dc.subjectSOLIDWORKSen_US
dc.titlePERANCANGAN RANGKA SEPEDA BAMBU MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS 2017en_US
dc.typeThesis T A VOK 087en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record