Show simple item record

dc.contributor.advisorMAZIYYAH, NURUL
dc.contributor.authorPERMATASARI, LINDA
dc.date.accessioned2017-06-19T02:04:03Z
dc.date.available2017-06-19T02:04:03Z
dc.date.issued2016-06-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11175
dc.description.abstractPelayanan kefarmasian di rumah sakit harus memprioritaskan keselamatan pasien yang berdasarkan dengan paradigma baru yaitu patient oriented dimana farmasis berperan tidak hanya terfokus terhadap obat namun juga terhadap pasien. Kualitas pelayanan farmasi yang baik salah satunya dapat dilihat dari kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya serta untuk mengevaluasi pelayanan berdasarkan analisis Importance Performance Matrix (IPM). Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimental secara deskriptif-analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2015 di Rumah Sakit Umum Daerah Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Jumlah responden yang diambil pada penelitian ini adalah 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Tingkat kepuasan pasien dinilai dari hasil penyebaran kuesioner yang dilihat dari 5 dimensi yaitu tangibles (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (kepastian), dan empathy (empati). Analisis tingkat kepuasan dilakukan dengan perhitungan rata-rata kinerja dan harapan sedangkan evaluasi pelayanan dilakukan dengan analisis Importance Performance Matrix (IPM). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tingkat kepuasan pasien antara kinerja dan harapan 91.33%. Hasil analisis Importance Performance Matrix (IPM) menunjukan 2 atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki oleh pihak rumah sakit yaitu tempat duduk dan fasilitas seperti AC, kipas angin maupun TV. Kesimpulan dari peneltian ini adalah pasien puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas instalasi farmasi rawat jalan RSUD Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya dan rumah sakit perlu melakukan perbaikan sarana prasarana untuk meningkatkan kepuasan pasien.en_US
dc.description.sponsorshipPelayanan kefarmasian di rumah sakit harus memprioritaskan keselamatan pasien yang berdasarkan dengan paradigma baru yaitu patient oriented dimana farmasis berperan tidak hanya terfokus terhadap obat namun juga terhadap pasien. Kualitas pelayanan farmasi yang baik salah satunya dapat dilihat dari kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya serta untuk mengevaluasi pelayanan berdasarkan analisis Importance Performance Matrix (IPM). Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimental secara deskriptif-analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2015 di Rumah Sakit Umum Daerah Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Jumlah responden yang diambil pada penelitian ini adalah 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Tingkat kepuasan pasien dinilai dari hasil penyebaran kuesioner yang dilihat dari 5 dimensi yaitu tangibles (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (kepastian), dan empathy (empati). Analisis tingkat kepuasan dilakukan dengan perhitungan rata-rata kinerja dan harapan sedangkan evaluasi pelayanan dilakukan dengan analisis Importance Performance Matrix (IPM). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata tingkat kepuasan pasien antara kinerja dan harapan 91.33%. Hasil analisis Importance Performance Matrix (IPM) menunjukan 2 atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki oleh pihak rumah sakit yaitu tempat duduk dan fasilitas seperti AC, kipas angin maupun TV. Kesimpulan dari peneltian ini adalah pasien puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas instalasi farmasi rawat jalan RSUD Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya dan rumah sakit perlu melakukan perbaikan sarana prasarana untuk meningkatkan kepuasan pasien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectKEPUASAN PASIENen_US
dc.subjectKUALITAS PELAYANANen_US
dc.subjectIMPORTANCE PERFORMANCE MATRIXen_US
dc.titleANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA KABUPATEN TASIKMALAYAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 486en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record