Show simple item record

dc.contributor.advisorHADNING, INGENIDA
dc.contributor.authorMAULANA, MUHAMMAD RIZQI
dc.date.accessioned2017-06-19T04:08:38Z
dc.date.available2017-06-19T04:08:38Z
dc.date.issued2016-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11197
dc.description.abstractEarly Phramaceutical Exposure (EPhE) merupakan pemaparan awal mahasiswa pada dunia klinis dalam bentuk praktik klinis EPhE diberikan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat melakukan dan mengetahui prinsip-prinsip dalam praktik klinis dan merangsang mahasiswa untuk menggunakan keterampilan berpikir kritis mereka untuk memecahkan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan EPhE blok 14 dari perspektif mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan EPhE terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa blok 14 Program Studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis atau rancangan penelitian ini adalah descriptive corelational yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan korelatif antara variable dependen dan variable indipenden dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sample secara purposive sampling. Sample pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Farmasi UMY angkatan 2013 dan 2014 yang telah mengikuti program Early Pharmaceutical Exposure di blok 14. Hasil penelitian menunjukkan, evaluasi pelaksanaan EPhE blok 14 dari perspektif mahasiswa adalah 85,2% EPhE telah berlangsung baik, 14,8% cukup dan 0% kurang. Tingkat pengetahuan mahasiswa sebelum mengikuti EPhE 77,8% baik dan 22,2% cukup, setelah dilaksanakan EPhE tingkat pengetahuan mahasiswa meningkat yaitu 96,3% baik dan 3,7% cukup, dengan p value = 0,000 artinya terdapat pengaruh EPhE terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa setelah mengikuti EPhE.en_US
dc.description.sponsorshipEarly Phramaceutical Exposure (EPhE) merupakan pemaparan awal mahasiswa pada dunia klinis dalam bentuk praktik klinis EPhE diberikan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat melakukan dan mengetahui prinsip-prinsip dalam praktik klinis dan merangsang mahasiswa untuk menggunakan keterampilan berpikir kritis mereka untuk memecahkan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan EPhE blok 14 dari perspektif mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan EPhE terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa blok 14 Program Studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis atau rancangan penelitian ini adalah descriptive corelational yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan korelatif antara variable dependen dan variable indipenden dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sample secara purposive sampling. Sample pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Farmasi UMY angkatan 2013 dan 2014 yang telah mengikuti program Early Pharmaceutical Exposure di blok 14. Hasil penelitian menunjukkan, evaluasi pelaksanaan EPhE blok 14 dari perspektif mahasiswa adalah 85,2% EPhE telah berlangsung baik, 14,8% cukup dan 0% kurang. Tingkat pengetahuan mahasiswa sebelum mengikuti EPhE 77,8% baik dan 22,2% cukup, setelah dilaksanakan EPhE tingkat pengetahuan mahasiswa meningkat yaitu 96,3% baik dan 3,7% cukup, dengan p value = 0,000 artinya terdapat pengaruh EPhE terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa setelah mengikuti EPhE.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectEARLY PHARMACEUTICAL EXPOSUREen_US
dc.subjectEVALUASI PELAKSANAANen_US
dc.subjectTINGKAT PENGETAHUANen_US
dc.titleEVALUASI PELAKSANAAN DAN ANALISA PENGARUH EARLY PHARMACEUTICAL EXPOSURE (EPhE) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA BLOK 14 (FARMAKOTERAPI CERNA DAN NAFAS) DI PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 049en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record