Show simple item record

dc.contributor.advisorRIJALUL, NAUFAL AHMAD
dc.contributor.authorHANAFI, REJCHAN
dc.date.accessioned2017-07-06T04:09:56Z
dc.date.available2017-07-06T04:09:56Z
dc.date.issued2017-05-05
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11422
dc.descriptionThis research aim to : 1) to know what is the similarity and difference of those concepts of student and teacher ethiquete according to KH. Hasyim Asy’ari and Ibn Jama’ah, 2) to know how the concept student and teacher ethiquete according to KH. Hasyim Asy’ari and Ibn Jama’ah is. This research is a library research. Approach the use in this research is descriptive approach, than the data analyzed with content analysis and comparation methods. According to the conducted research, there are difference and similarity about teachers’ and students’ ethiquete between KH. Hasyim Asy’ari and Ibn Jama’ah concept. The similarities are (a) teacher’s ethiquete to himself (b) teacher’s ethiquete to the learning process (c) teacher’s ethiquete to the students (d) student’s ethiquete to himself (e) student’s ethiquete to the learning process (f) student’s ethiquete to the teacher. And the difference covers (a) there are 20 indicators teacher’s ethiquete to himself according to KH. Hasyim Asy’ari while Ibn Jama’ah concept is formulated in 12 indicators, (b) teacher’s ethiquete to the learning process had 14 indicators in KH. Hasyim Asy’ari’s concept while Ibn Jama’ah formulated in 12 indicators (c) in Student’s Ethiquete to The Teacher KH. Hasyim Asy’ari formulated 12 indicators while Ibn Jama’ah formulated in 13 indicators. Student and teacher ethiquete concept according to KH. Hasyim Asy’ari and Ibn Jama’ah indicates that it must implant admirable attitude in school area and daily activity, purify self inner and outer, always get closer himself to Allah and priority god value.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan, 1) untuk mengetahui apa saja persamaan dan perbedaan terhadap konsep etika guru dan murid menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ibn Jama’ah. 2) untuk mengetahui bagaimana konsep etika guru dan murid menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ibn Jama’ah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, kemudian data tersebut dianalisi, dengan menggunakan metode content analysis dan komparasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan persamaan dan perbedaan tentang konsep etika guru dan murid antara KH. Hasyim Asy’ari dan Ibn Jama’ah, 1) Persamaan terdapat pada konsep etika guru dan murid meliputi: (a) etika guru terhadap dirinya sendiri (b) etika guru terhadap pembelajaran, (c) etika guru terhadap murid, (d) etika murid terhadap dirinya sendiri, (e) etika murid terhadap pembelajaran, (f) etika murid terhadap guru. 2) Perbedaan penelitian ini terdapat pada beberapa indikator dan isi KH. Hasyim Asy’ari memuat tentang (a) etika guru terhadap dirinya sendiri ada 20 macam indikator yang harus dimiliki oleh seorang guru, Ibn Jama’ah memuat ada 12 macam indikator, (b) etika guru terhadap pembelajaran KH. Hasyim Asy’ari memuat ada 14 indikator, Ibn Jama’ah memuat ada 12 macam, (c) etika murid terhadap guru KH. Hasyim Asy’ari memuat ada 12 macam, Ibn Jama’ah memuat ada 13 macam. Konsep etika guru dan murid menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ibn Jama’ah, menunjukkan konsep etika seorang guru dan murid harus menanamkan sikap terpuji pada lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari, suci diri secara batin maupun jahir, selalu mendekatkan diri kepada Allah, dan mengutamakan nilai-nilai keillahian.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectKonsep, Etika Guru dan Murid, Studi Komparasi. Concept, Ethiquete teachers’ and students’, comparation methodsen_US
dc.titleSTUDI KOMPARASI KONSEP ETIKA GURU DAN MURID MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI DAN IBN JAMA’AHen_US
dc.typeThesis SKR FAI 089en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record