Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUFUF A
dc.contributor.authorHANDAYANI, SRI RIZKI
dc.date.accessioned2017-07-07T06:21:16Z
dc.date.available2017-07-07T06:21:16Z
dc.date.issued2017-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11469
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi sikap kerjasama siswa sebelum dilakukan tindakan, 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tarikh melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap sikap kerjasama siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, 3) mengetahui ada tidaknya peningkatan sikap kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi pelajaran Tarikh kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini difokuskan kepada peningkatan sikap kerjasama siswa pada materi pelajaran Tarikh setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sikap kerjasama siswa sebelum dilakukan tindakan tergolong rendah, dikarenakan metode mengajar yang monoton dan siswa tidak dilibatkan untuk aktif saat proses pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran Tarikh melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas XI diawali dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pelaksanaan dilakukan berdasarkan komponen STAD meliputi presentasi kelas atau mengajar, diskusi kelompok, tes individu, skor kemajuan individual, dan penghargaan kelompok. Pertemuan I guru menjelaskan materi pelajaran, pertemuan II diskusi kelompok, pertemuan III tes individual dan rekognisi tim. 3) ada peningkatan sikap kerjasama dapat dilihat dari hasil kerja kelompok siswa dari rerata 30% pada pra tindakan menjadi 68,6% pada siklus I, dan menjadi 82,75% pada siklus 2. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode STAD mampu meningkatkan proses pembelajaran dan sikap kerjasama siswa kelas XI.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, STAD, Sikap Kerjasamaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA SISWA PADA MATERI PELAJARAN TARIKH DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 155en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record