Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorMUHAROMAH, SITI
dc.date.accessioned2017-07-20T04:26:02Z
dc.date.available2017-07-20T04:26:02Z
dc.date.issued2017-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11608
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbandingan metode kooperatif tipe jigsaw dan STAD dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas IV sekolah dasar, dan ingin membuktikan secara empiris apakah ada perbedaan prestasi belajar PAI menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw dengan tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan desain penelitian berupa pre test and post test group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Srikayangan dan SD N Pergiwatu yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dianalisis secara deskriptif, chi-square, uji F, dan uji-t. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil rata-rata prestasi belajar post test kelas jigsaw sebesar 82,17 dan kelas STAD sebesar 78,08. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t sebesar 2,056 dengan probabilitas (2-tailed) 0,046 dengan demikian > atau p = 0,046 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Dengan kata lain metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan rata-rata prestasi belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan metode kooperatif tipe STAD.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectprestasi belajar, metode kooperatif tipe jigsaw, metode kooperatif tipe STADen_US
dc.titlePERBANDINGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASARen_US
dc.title.alternative(ANALISIS PERBANDINGAN DI SD NEGERI SRIKAYANGAN DAN SD NEGERI PERGIWATU)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 227en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record