Show simple item record

dc.contributor.advisorSUSWANTA, SUSWANTA
dc.contributor.authorSAPUTRO, RONY PRIYO
dc.date.accessioned2017-07-26T03:49:32Z
dc.date.available2017-07-26T03:49:32Z
dc.date.issued2017-05-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11911
dc.descriptionPenelitian ini mengambil judul tentang “Kepuasan Pelanggan Tentang Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum dalam Pelayanan Air Bersih di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016” dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelangan terhadap pelayanan air bersih oleh PDAM Tirta Handayani dan Permasalahan apa saja yang dihadapi oleh PDAM dalam memberikan pelayanan. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa indikator untuk mengetahui kepuasan pelanggan tentang kinerja pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif dimana dalam penelitian ini menggunakan angket dengan berdasaran indikator berupa Produktivitas, Kualitas, Responsivitas, Responsbilitas dan akuntabilitas yang dibagi kepada pelanggan guna mendapatkan data berupa tanggapan pelanggan terhadap kinerja pelayanan, serta dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi guna mendapatkan data yang lebih mendalam untuk mengetahui permasalahan apa yang dihadapi oleh PDAM. Dalam pengolahan data menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja dari PDAM Tirta Handayani dalam kualitas pelayanan berada pada pada nilai 78,5 yang berarti BAIK. Dengan pengukuran menggunakan lima indikator pelayanan guna mendapatkan hasil data yang maksimal yaitu indikator produktivitas, kualitas, responsivitas,responsbilitas dan akuntabilitas. Dengan rangking pelayanan terbaik adalah indikator Akuntabilitas selanjutnya indikator kualitas, sedangkan pada indikator responsivitas merupakan indikator yang mendatkan rangking terbawah. Akan tetapi dalam permasalahan yang dihadapi, PDAM Tirta Handayani menghadapi permasalahan yang sangat mendesak dan komplek dari masalah banyaknya kebocoran, Sumber Daya Manusia dan permasalahan lainya. Permasalahan yang sangat mendesak guna mencukupsi seluruh kebutuhan air bagi masyarakat yaitu berupa permodalan atau biaya untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan yang lebih efektif dan efisien.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini mengambil judul tentang “Kepuasan Pelanggan Tentang Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum dalam Pelayanan Air Bersih di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016” dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelangan terhadap pelayanan air bersih oleh PDAM Tirta Handayani dan Permasalahan apa saja yang dihadapi oleh PDAM dalam memberikan pelayanan. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa indikator untuk mengetahui kepuasan pelanggan tentang kinerja pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif dimana dalam penelitian ini menggunakan angket dengan berdasaran indikator berupa Produktivitas, Kualitas, Responsivitas, Responsbilitas dan akuntabilitas yang dibagi kepada pelanggan guna mendapatkan data berupa tanggapan pelanggan terhadap kinerja pelayanan, serta dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi guna mendapatkan data yang lebih mendalam untuk mengetahui permasalahan apa yang dihadapi oleh PDAM. Dalam pengolahan data menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja dari PDAM Tirta Handayani dalam kualitas pelayanan berada pada pada nilai 78,5 yang berarti BAIK. Dengan pengukuran menggunakan lima indikator pelayanan guna mendapatkan hasil data yang maksimal yaitu indikator produktivitas, kualitas, responsivitas,responsbilitas dan akuntabilitas. Dengan rangking pelayanan terbaik adalah indikator Akuntabilitas selanjutnya indikator kualitas, sedangkan pada indikator responsivitas merupakan indikator yang mendatkan rangking terbawah. Akan tetapi dalam permasalahan yang dihadapi, PDAM Tirta Handayani menghadapi permasalahan yang sangat mendesak dan komplek dari masalah banyaknya kebocoran, Sumber Daya Manusia dan permasalahan lainya. Permasalahan yang sangat mendesak guna mencukupsi seluruh kebutuhan air bagi masyarakat yaitu berupa permodalan atau biaya untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan yang lebih efektif dan efisien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectKinerja Pelayanan, Permasalahan yang dihadapi, Kualitas pelayanan.en_US
dc.titleKEPUASAN PELANGGAN TENTANG KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA HANDAYANI DALAM PELAYANAN AIR BERSIH DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2016en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 292en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record