Show simple item record

dc.contributor.advisorJUNAEDI, FAJAR
dc.contributor.authorKUMARA, BAYU CHANDRA
dc.date.accessioned2017-07-29T04:15:20Z
dc.date.available2017-07-29T04:15:20Z
dc.date.issued2016-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12158
dc.descriptionPenggunaan internet dalam media komunitas, menjadi hal baru untuk dunia penyiaran televisi komunitas berbasis warga. Seperti yang dilakukan oleh GrabagTV di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berawal dari ketidakpastian izin penyelenggaran siaran dan tidak diperkenankan lagi untuk menggunakan sistem terrestrial pada tahun 2009-2010, membuat GrabagTV terpaksa menggunakan internet sebagai media penyiaranya. Penggunaan internet oleh GrabagTV juga masih baru, setelah dideklarasikan pada tahun 2014. Sehingga peneliti tertarik, untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk pengembangan yang dilakukan GrabagTV dengan kegiatan pemberdayaan-nya, melalui media baru internet. Tujuan penelitian ini, agar dapat diterapkan oleh televisi-televisi komunitas lainya yang baru berkembang dan melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya. Metode penelitian ini adalah studi kasus, dengan mengumpulkan berbagai data dalam bentuk Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah interaktif model milik Miles dan Hubberman melalui Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini, menjelaskan penggunaan internet GrabagTV menjadi lebih efisien, hemat waktu dan biaya namun dalam proses pengembangan internetnya, masih jauh dari harapan karena belum dapat dikelola dengan baik.en_US
dc.description.abstractPenggunaan internet dalam media komunitas, menjadi hal baru untuk dunia penyiaran televisi komunitas berbasis warga. Seperti yang dilakukan oleh GrabagTV di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berawal dari ketidakpastian izin penyelenggaran siaran dan tidak diperkenankan lagi untuk menggunakan sistem terrestrial pada tahun 2009-2010, membuat GrabagTV terpaksa menggunakan internet sebagai media penyiaranya. Penggunaan internet oleh GrabagTV juga masih baru, setelah dideklarasikan pada tahun 2014. Sehingga peneliti tertarik, untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk pengembangan yang dilakukan GrabagTV dengan kegiatan pemberdayaan-nya, melalui media baru internet. Tujuan penelitian ini, agar dapat diterapkan oleh televisi-televisi komunitas lainya yang baru berkembang dan melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya. Metode penelitian ini adalah studi kasus, dengan mengumpulkan berbagai data dalam bentuk Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah interaktif model milik Miles dan Hubberman melalui Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini, menjelaskan penggunaan internet GrabagTV menjadi lebih efisien, hemat waktu dan biaya namun dalam proses pengembangan internetnya, masih jauh dari harapan karena belum dapat dikelola dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectTelevisi Komunitas, Internet, Pemberdayaan Masyarakat.en_US
dc.titleMODEL PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNITAS GRABAG TV (STUDI KASUS PENGGUNAAN INTERNET DALAM MENDUKUNG PARTISIPASI MASYARAKAT MEMPRODUKSI TAYANGAN GRABAG TV TAHUN 2015/2016 )en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record