Show simple item record

dc.contributor.advisorAZIZ, ZUHDAN
dc.contributor.authorZAFIRA, RAJA AISYAH MUTIA
dc.date.accessioned2017-07-31T02:21:59Z
dc.date.available2017-07-31T02:21:59Z
dc.date.issued2017-04-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12224
dc.descriptionKota Tanjungpinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Pembangunan di Kepulauan Riau terus digalakkan di berbagai sektor yaitu sektor industri dan pariwisata. Keunggulan Kepulauan Riau dibidang ekonomi dan pariwisata tingkat Internasional, membuat Kepulauan Riau khususnya ibukota provinsi yaitu Tanjungpinang harus meningkatkan kearifal lokal sebagai identitas utama dan daya tarik wisatawan dengan budaya Melayu yang khas sebagai jati diri daerah. Mengenalkan kebudayaan yang berkembang di Tanjungpinang juga merupakan cara city branding Tanjungpinang sebagai kota yang mempertahankan kearifan lokal atau budaya yang menonjol yaitu sastra, maka dicetus slogan “Tanjungpinang Kota Gurindam Negeri Pantun”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi city branding pemerintah Kota Tanjungpinang melalui slogan “Kota Gurindam Negeri Pantun”. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi city branding pemerintah Kota Tanjungpinang melalui slogan “Kota Gurindam Negeri Pantun” yaitu melalui 3 tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dimulai dari visi misi dan penyusunan program oleh tim city branding. Pelaksanaan diantaranya memfokuskan pada mengenalkan Tanjungpinang sebagai kota yang kental dengan roh kesusastraannya dalam mendatangkan wisatawan dengan peningkatan infrastruktur, pembangunan fisik, dan penerapan melalui media-media. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa city branding yang telah dilakukan oleh tim secara bertahap dengan memfokuskan dalam peningkatan infrastruktur untuk menunjang city branding. Namun, dianggap masih kurang dengan pemanfaatan media dan sosialisasi kepada SKPD terkait yang masih belum terkoordinir dengan baik.en_US
dc.description.abstractKota Tanjungpinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Pembangunan di Kepulauan Riau terus digalakkan di berbagai sektor yaitu sektor industri dan pariwisata. Keunggulan Kepulauan Riau dibidang ekonomi dan pariwisata tingkat Internasional, membuat Kepulauan Riau khususnya ibukota provinsi yaitu Tanjungpinang harus meningkatkan kearifal lokal sebagai identitas utama dan daya tarik wisatawan dengan budaya Melayu yang khas sebagai jati diri daerah. Mengenalkan kebudayaan yang berkembang di Tanjungpinang juga merupakan cara city branding Tanjungpinang sebagai kota yang mempertahankan kearifan lokal atau budaya yang menonjol yaitu sastra, maka dicetus slogan “Tanjungpinang Kota Gurindam Negeri Pantun”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi city branding pemerintah Kota Tanjungpinang melalui slogan “Kota Gurindam Negeri Pantun”. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi city branding pemerintah Kota Tanjungpinang melalui slogan “Kota Gurindam Negeri Pantun” yaitu melalui 3 tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dimulai dari visi misi dan penyusunan program oleh tim city branding. Pelaksanaan diantaranya memfokuskan pada mengenalkan Tanjungpinang sebagai kota yang kental dengan roh kesusastraannya dalam mendatangkan wisatawan dengan peningkatan infrastruktur, pembangunan fisik, dan penerapan melalui media-media. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa city branding yang telah dilakukan oleh tim secara bertahap dengan memfokuskan dalam peningkatan infrastruktur untuk menunjang city branding. Namun, dianggap masih kurang dengan pemanfaatan media dan sosialisasi kepada SKPD terkait yang masih belum terkoordinir dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi, City Branding, Sloganen_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI CITY BRANDING PEMERINTAH KOTA TANJUNGPINANG MELALUI SLOGAN “KOTA GURINDAM NEGERI PANTUN” PERIODE 2013-2016en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 118en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record