Show simple item record

dc.contributor.advisorPUTRA, SRI ATMAJA
dc.contributor.authorHERMAWAN, PHABIO DENY
dc.date.accessioned2017-08-01T06:13:07Z
dc.date.available2017-08-01T06:13:07Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12366
dc.descriptionStasiun Lahat merupakan stasiun eksisting yang terletak di Jl. Mayor Ruslan, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan dan berada pada lintas layanan Muara Enim – Lahat dan terletak pada KM 434+159. Rencana pembangunan jalur kereta api ganda merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Sumatera Selatan untuk dapat meningkatkan sarana angkutan barang maupun penumpang. Untuk dapat mendukung operasional jalur kereta api ganda maka perlu dilakukan perancangan tata letak jalur pada Stasiun Lahat yang meliputi rancangan tata letak jalur stasiun, panjang efektif jalur kereta, wesel, peron dan sistem persinyalan. Rancangan tata letak jalur kereta api ganda pada Stasiun Lahat menggunakan data sekunder yang didapatkan dari instansi-instansi terkait dan direncanakan berdasarkan acuan pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012, Peraturan Dinas No. 10 Tahun 1986 dan Peraturan Menteri No. 33 Tahun 2011 tentang jenis, kelas dan kegiatan di stasiun kereta api. Perencanaan panjang efektif jalur kereta api di Stasiun Lahat dihitung berdasarkan rencana rangkaian kereta api penumpang terpanjang yang akan berhenti di Stasiun Lahat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa rancangan tata letak jalur kereta api ganda pada Stasiun Lahat memiliki 4 jalur stasiun, dengan 2 jalur raya dan 2 jalur sayap. Panjang efektif jalur kereta api pada Stasiun Lahat dihitung dengan rangkaian kereta api 1 lokomotif dan 12 gerbong penumpang dan didapat hasil panjang sebesar 290 meter. Panjang efektik jalur ini digunakan pada jalur I, II, III dan IV. Jenis wesel yang digunakan 1:12 dengan kecepatan ijin 45 km/jam. Jumlah peron yang digunakan adalah 2 buah dengan jenis penempatan island platform yang berada di sela-sela jalur I dan II serta diantara jalur III dan IV. Panjang peron yang digunakan berdasarkan panjang efektif jalur kereta yaitu 290 m. Jenis persinyalan yang digunakan adalah persinyalan elektrik.en_US
dc.description.abstractStasiun Lahat merupakan stasiun eksisting yang terletak di Jl. Mayor Ruslan, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan dan berada pada lintas layanan Muara Enim – Lahat dan terletak pada KM 434+159. Rencana pembangunan jalur kereta api ganda merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Sumatera Selatan untuk dapat meningkatkan sarana angkutan barang maupun penumpang. Untuk dapat mendukung operasional jalur kereta api ganda maka perlu dilakukan perancangan tata letak jalur pada Stasiun Lahat yang meliputi rancangan tata letak jalur stasiun, panjang efektif jalur kereta, wesel, peron dan sistem persinyalan. Rancangan tata letak jalur kereta api ganda pada Stasiun Lahat menggunakan data sekunder yang didapatkan dari instansi-instansi terkait dan direncanakan berdasarkan acuan pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012, Peraturan Dinas No. 10 Tahun 1986 dan Peraturan Menteri No. 33 Tahun 2011 tentang jenis, kelas dan kegiatan di stasiun kereta api. Perencanaan panjang efektif jalur kereta api di Stasiun Lahat dihitung berdasarkan rencana rangkaian kereta api penumpang terpanjang yang akan berhenti di Stasiun Lahat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa rancangan tata letak jalur kereta api ganda pada Stasiun Lahat memiliki 4 jalur stasiun, dengan 2 jalur raya dan 2 jalur sayap. Panjang efektif jalur kereta api pada Stasiun Lahat dihitung dengan rangkaian kereta api 1 lokomotif dan 12 gerbong penumpang dan didapat hasil panjang sebesar 290 meter. Panjang efektik jalur ini digunakan pada jalur I, II, III dan IV. Jenis wesel yang digunakan 1:12 dengan kecepatan ijin 45 km/jam. Jumlah peron yang digunakan adalah 2 buah dengan jenis penempatan island platform yang berada di sela-sela jalur I dan II serta diantara jalur III dan IV. Panjang peron yang digunakan berdasarkan panjang efektif jalur kereta yaitu 290 m. Jenis persinyalan yang digunakan adalah persinyalan elektrik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.subjectJalur Efektifen_US
dc.subjectJalur KAen_US
dc.subjectPeronen_US
dc.subjectStasiunen_US
dc.subjectTata Letak Jalur Stasiun.en_US
dc.titlePERANCANGAN TATA LETAK JALUR DI STASIUN LAHAT UNTUK MENDUKUNG OPERASIONAL JALUR KERETA API GANDA LINTAS LAYANAN MUARA ENIM - LAHATen_US
dc.typeThesis SKR F T 292en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record