Show simple item record

dc.contributor.advisorMUKTAF, ZEIN MUFFARIH
dc.contributor.authorSUGIARTO, WAHYU
dc.date.accessioned2017-08-14T06:07:54Z
dc.date.available2017-08-14T06:07:54Z
dc.date.issued2017-04-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12842
dc.descriptionDotA 2 is a very popular online game, more than twelve million people have downloaded it. Cause of the popularity itself is the game mechanism which is quite difficult. One can be said that the comprehensive knowledge of playing this game becomes one of DotA 2 attractiveness, and there are many things to be learned before playing the game. Ironically, knowledge about the way of playing this game usually determines whether a players are attracted with DotA 2 or even unconcerned at all. These became one of the reasons the DotA 2 community has emerged. For example, UMY DotA 2 community. Started from online game, gamers gather and share to each other about many things. Communication that happened in the DotA 2 community by online and by offline are interesting to study. Research in UMY DotA 2 community basically discusses and views communication patterns that occur within the community. In this research, the method used to analyze is virtual ethnography to see phenomenon and language within UMY DotA 2 community. This research is a qualitative descriptive research. Data collection used to research are observation, interview, document analysis, and conclusion. The results obtained from this study to view the phenomenon of online game DotA 2 and phenomenon that occurred within UMY DotA 2 community, and also language competence. Phenomenon found in the community such as; community that emerge from this virtual shows to wider community that they are present in their midst (offline). And in the online game community can not be separated from bussiness ofbuying and selling that occurred. Gamers lifestyle that emerged from the community. As well as community identity, gamers identity, and languages that only known by DotA 2 gamers or within the community only.en_US
dc.description.abstractDotA 2 merupakan game online yang sangat populer, lebih dari dua belas juta orang sudah mengunduh game ini. Penyebab kepopuleran DotA 2 adalah mekanika permainan yang cukup sulit. Bisa dibilang pengetahuan bermain yang luas ini menjadi salah satu daya tarik DotA 2, dan ada banyak sekali hal yang harus dipahami sebelum mulai bermain. Tapi ironisnya, pengetahuan mengenai cara bermain inilah yang biasanya menentukan apakah seorang pemain tertarik dengan DotA 2 atau malah tidak peduli sama sekali. Ini menjadi salah satu alasan komunitas DotA 2 bermunculan. Komunitas DotA 2 UMY contohnya, berawal dari game online, gamers berkumpul dan saling berbagi banyak hal. Komunikasi yang terjadi di dalam komunitas DotA 2 di dalam online dan offline ini yang menjadi sangat menarik untuk diteliti. Penelitian dalam komunitas DotA 2 UMY ini pada dasarnya membahas dan melihat pola komunikasi yang terjadi di dalam komunitas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menganalisis adalah etnografi virtual untuk melihat fenomena dan bahasa di dalam komunitas DotA 2 UMY. Penelitian ini adalah sebuah penelitian diskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, analisis dokumen, serta penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk melihat fenomena game online DotA 2 dan fenomena yang terjadi di dalam Komunitas DotA 2 UMY, serta kompetensi bahasa yang dimiliki. Fenomena yang ditemukan dalam komunitas seperti; komunitas yang muncul dari virtual ini menunjukkan ke masyarakat luas bahwa mereka hadir ditengah-tengah mereka (offline). Dan di dalam komunitas game online tidak terlepas dari bisnis jual beli yang terjadi. Gaya hidup gamers yang muncul dari komunitas. Serta identitas komunitas, identitas gamers dan bahasa-bahasa yang hanya diketahui oleh gamers DotA 2 atau di dalam komunitas saja.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectGame Online, Etnografi Virtual, DotA 2, Komunitas DotA 2. Online Game, Virtual Ethnography, DotA 2, DotA 2 Communityen_US
dc.titlePOLA KOMUNIKASI PENGGUNA GAME ONLINE DOTA 2 DALAM KOMUNITAS DOTA 2en_US
dc.title.alternative“STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL TERHADAP PENGGUNA GAME ONLINE DOTA 2 DALAM KOMUNITAS DOTA 2 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA”en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 283en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record