Show simple item record

dc.contributor.advisorAZIZ, ZUHDAN
dc.contributor.authorPUTRO, WICAKSONO ADI
dc.date.accessioned2017-08-28T03:23:52Z
dc.date.available2017-08-28T03:23:52Z
dc.date.issued2017-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13546
dc.descriptionThis research analyzes strategy of EDP campaign (Eliminate Dengue Project) Yogyakarta in an effort to prevent Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) using wolbachia bacteria in Yogyakarta. The purpose of this research is to know the strategy of EDP campaign in preventing DHF using wolbachia bacteria through pitpaganda in Yogyakarta city and to know the supporting and inhibiting factors of campaign strategy of EDP - Yogya. This research is a qualitative research with descriptive method. The steps of data analysis conducted in this study include: first is data collection, it is conducted by doing interviews, observation, and documentation; second is reducing data, third is presentation of data, fourth is analysis and the last are conclusions and suggestions. The results of this study show that the campaign conducted by EDP Yogya using pitpaganda media emphasizes on communication, there is direct interaction between the pitpaganda and the citizens. From the results of the study seem that the campaign conducted by EDP Yogya with pitpaganda do not utilize maximally the internet media to convey ideas to the target audience, costumes and equipment used by campaigners are discomfort so that the campaign process is less maximal, unspecified on targeting campaign audience so that there are some audiences who feel annoyed with the campaign organized by EDP Yogya with pitpaganda. This is due to lack of information and preparation in planning campaign. Based on this situation, the researcher suggests to maximize the internet media such as advertising in social media and do research and more mature planning about the coverage area so that the message of campaign can be delivered much better.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini menganalisis tentang bagaimana strategi kampanye EDP (Eliminate Dengue Project) Yogyakarta dalam upaya pencegahan DBD menggunakan bakteri wolbachia di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kampanye EDP dalam upaya pencegahan DBD menggunakan bakteri wolbachia melalui pitpaganda di kota Yogyakarta serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi kampanye dari EDP - Yogya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun langkah-langkah analisa data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi: pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dilanjutkan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, analisis dan akhiri dengan kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kampanye yang dilakukan EDP Yogya yang menggunakan media pitpaganda merupakan strategi kampanye yang lebih menekankan pada sifat komunikatif, dimana adanya interaksi secara langsung yang terjadi antara pitpaganda dengan warga. Dalam hasil penelitian melihat bahwa kampanye yang dilakukan EDP Yogya bersama pitpaganda belum begitu maksimal memanfaatkan media internet untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada khalayak sasaran, pembuatan kostum dan peralatan yang digunakan dalam berkampanye dirasa kurang memperhatikan kenyamanan untuk pelaku kampanye sehingga proses kampanye dirasa kurang maksimal, kurangnya spesifik dalam penentuan target kampanye sehingga terdapat beberapa khalayak yang merasa terganggu dengan kampanye yang diselenggarakan oleh EDP Yogya bersama pitpaganda. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi dan persiapan dalam perencanaan kampanye yang dilakukan EDP Yogya. Berdasarkan ini peneliti mengusulkan untuk lebih memaksimalkan media internet seperti iklan di media sosial serta melakukan riset dan perencanaan yang lebih matang agar cakupan wilayah dan pesan yang ingin disampaikan jauh lebih baik.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectstrategi kampanye, EDP - Yogya, wolbachia, pitpaganda. campaign strategy, EDP - Yogya, wolbachia, pitpaganda.en_US
dc.title“PITPAGANDA” SEBAGAI STRATEGI KAMPANYE EDP (ELIMINATE DENGUE PROJECT) DALAM UPAYA PENCEGAHAN VIRUS DEMAM BERDARAH DENGUE MENGGUNAKAN BAKTERI WOLBACHIA DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016en_US
dc.typeThesis SKR 712en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record