dc.contributor.advisor | JAMALUDDIN, SYAKIR | |
dc.contributor.author | RAMDHAN, MUHAMAD | |
dc.date.accessioned | 2017-08-29T04:12:14Z | |
dc.date.available | 2017-08-29T04:12:14Z | |
dc.date.issued | 2017-08-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13736 | |
dc.description | This research aims to investigate clothing sellers’ business ethics in Andir
Trade Center market in Bandung toward the transaction of sales and purchase and
describe the business ethics in the aspect of Maqashid Syari’ah.
This research is a qualitative study with descriptive-perspective approach.
This research was conducted by analyzing the clothing sellers’ business ethics in
Andir Trade Center in Bandung toward the transaction of sales and purchase and
describing it with the theory of Maqashid Syari’ah for its appropriateness. The
data of the research were collected through triangulation technique including
observation, interview, and documentation.
The findings show that the business ethics toward sales and purchase has
been in line with Islamic business ethics: no sales and purchase of haram products
or goods, prioritizing honesty, acting fair, no monopoly system and believing that
trading is the investment for the afterlife. Based on the theories of Maqashid
Syaria’ah (dlaruriyyah, hajiyyah, and tahsiniyyah), it is concluded that the
clothing sellers’ business ethics in Andir Trade Center market has been in line
with Maqashid Syari’ah. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika bisnis pedagang pakaian di
Pasar Andir Trade Center Bandung terhadap transaksi jual beli serta
mendeskripsikan kembali etika bisnis tersebut ke dalam tingkatan aspek
Maqashid Syari’ah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sifat
penelitian deskriptif-perspektif. Penelitian yang dilakukan adalah dengan cara
menguraikan etika bisnis pedagang pakaian di Pasar Andir Trade Center Bandung
terhadap transaksi jual beli serta mendeskripsikannya ke dalam teori Maqashid
Syari’ah apakah sudah sesuai atau tidak. Adapun mengenai teknik pengumpulan
data, penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu: observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian tersebut bahwasanya praktik etika bisnis terhadap
transaksi jual beli telah sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu: tidak
memperjualbelikan produk atau barang yang sidatnya haram, mengedepankan
kejujuran, berprilaku adil dan tidak menerapkan sistem monopoli, tidak
melakukan praktik monopolo, dan berpegang pada prinsip bahwa perdagangan
adalah bekal menuju akhirat. Berdasarkan pertimbangan aspek tingkatan teori
Maqashid Syari’ah (dlaruriyyah, hajiyyah, dan tahsiniyyah), maka etika bisnis
pedagang pakaian di Pasar Andir Trade Center Bandung terhadap transaksi jual
beli telah sesuai dengan Maqashid Syari’ah. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Etika Bisnis, Transaksi Jual Beli, Maqashid Syari’ah. business ethics, transaction of sales and purchase, Maqashid Syari’ah | en_US |
dc.title | ANALISIS ETIKA BISNIS PEDAGANG PAKAIAN TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH” (STUDI KASUS DI PASAR ANDIR TRADE CENTER BANDUNG) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |