Show simple item record

dc.contributor.advisorJAMALUDDIN, SYAKIR
dc.contributor.authorRAMDHAN, MUHAMAD
dc.date.accessioned2017-08-29T04:12:14Z
dc.date.available2017-08-29T04:12:14Z
dc.date.issued2017-08-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13736
dc.descriptionThis research aims to investigate clothing sellers’ business ethics in Andir Trade Center market in Bandung toward the transaction of sales and purchase and describe the business ethics in the aspect of Maqashid Syari’ah. This research is a qualitative study with descriptive-perspective approach. This research was conducted by analyzing the clothing sellers’ business ethics in Andir Trade Center in Bandung toward the transaction of sales and purchase and describing it with the theory of Maqashid Syari’ah for its appropriateness. The data of the research were collected through triangulation technique including observation, interview, and documentation. The findings show that the business ethics toward sales and purchase has been in line with Islamic business ethics: no sales and purchase of haram products or goods, prioritizing honesty, acting fair, no monopoly system and believing that trading is the investment for the afterlife. Based on the theories of Maqashid Syaria’ah (dlaruriyyah, hajiyyah, and tahsiniyyah), it is concluded that the clothing sellers’ business ethics in Andir Trade Center market has been in line with Maqashid Syari’ah.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika bisnis pedagang pakaian di Pasar Andir Trade Center Bandung terhadap transaksi jual beli serta mendeskripsikan kembali etika bisnis tersebut ke dalam tingkatan aspek Maqashid Syari’ah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif-perspektif. Penelitian yang dilakukan adalah dengan cara menguraikan etika bisnis pedagang pakaian di Pasar Andir Trade Center Bandung terhadap transaksi jual beli serta mendeskripsikannya ke dalam teori Maqashid Syari’ah apakah sudah sesuai atau tidak. Adapun mengenai teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut bahwasanya praktik etika bisnis terhadap transaksi jual beli telah sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu: tidak memperjualbelikan produk atau barang yang sidatnya haram, mengedepankan kejujuran, berprilaku adil dan tidak menerapkan sistem monopoli, tidak melakukan praktik monopolo, dan berpegang pada prinsip bahwa perdagangan adalah bekal menuju akhirat. Berdasarkan pertimbangan aspek tingkatan teori Maqashid Syari’ah (dlaruriyyah, hajiyyah, dan tahsiniyyah), maka etika bisnis pedagang pakaian di Pasar Andir Trade Center Bandung terhadap transaksi jual beli telah sesuai dengan Maqashid Syari’ah.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectEtika Bisnis, Transaksi Jual Beli, Maqashid Syari’ah. business ethics, transaction of sales and purchase, Maqashid Syari’ahen_US
dc.titleANALISIS ETIKA BISNIS PEDAGANG PAKAIAN TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH” (STUDI KASUS DI PASAR ANDIR TRADE CENTER BANDUNG)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record