Show simple item record

dc.contributor.authorKHILMIYAH, AKIF
dc.date.accessioned2017-08-29T05:13:42Z
dc.date.available2017-08-29T05:13:42Z
dc.date.issued2016-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13752
dc.description.abstractProgram IbM ini bertujuan antara lain: (1) mengubah mindset guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar (SD) untuk melakukan revolusi mental dalam memperbaiki pendidikan karakter anak didiknya, (2) membantu guru-guru PAI SD dalam merencanakan pembelajaran dengan pendekatan social emotional learning yang dapat memperkuat pendidikan karakter siswanya, dan (3) meningkatkan ketrampilan guru-guru PAI SD dalam menyusun model pembelajaran dengan pendekatan social emotional learning yang dapat memperkuat pendidikan karakter siswanya. Sedangkan target khusus yang ingin dicapai yaitu guru-guru PAI SD dapat mengubah mindset-nya untuk memperbaiki pendidikan karakter anak didiknya melalui penerapan model pembelajaran dengan pendekatan social emotional learning sehingga dapat memperkuat pendidikan karakter siswanya. Selama ini proses pembelajaran PAI di SD cenderung diajarkan secara verbalistik dengan pendekatan doktrinasi. Pembelajaran lebih mengutamakan kecerdasan intelektual daripada kecerdasan emosional dan sosial. Siswa-siswa SD lebih dihargai karena rangking dan nilai ujian, sehingga mata pelajaran PAI tidak mampu melakukan fungsi sosialisasi dan desiminasi nilai-nilai kebaikan kepada siswa. Akibatnya guru-guru PAI belum mampu mengembangkan pembinaan aspek afektif yang mengacu pada pembentukan karakter dan akhlak mulia yang harus dimiliki siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran di SD. Untuk mendukung optimalisasi pencapaian hasil pembentukan karakter dan akhlak mulia diperlukan inovasi pembelajaran melalui pembelajaran dengan pendekatan social emotional learning. Model pembelajaran dengan pendekatan social emotional learning akan membuat siswa bersemangat untuk belajar dan memotivasi siswa untuk menerapkan isi materi pelajaran PAI, sehingga dapat memperkuat pribadi siswa yang berkarakter. Oleh karena itu tugas guru PAI SD tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran PAI semata, namun yang lebih penting adalah menyiapkan siswa-siswa SD agar mampu mengembangkan kecerdasan emosional dan sosialnya sehingga siswa-siswa SD memiliki karakter yang baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka alternatif solusinya yaitu mengadakan pelatihan guru-guru PAI SD se kabupaten Bantul yang bertujuan mengubah mindset guru-guru PAI SD dalam melakukan revolusi mental untuk memperbaiki pendidikan karakter anak didiknya, dan merancang model pembelajaran PAI dengan pendekatan social emotional learning yang dapat memperkuat pendidikan karakter siswanya. Kemudian Tim pelaksana IbM menjadi pendamping guru-guru PAI SD tersebut untuk menerapkan model pembelajaran PAI dengan pendekatan social emotional learning dalam proses pembelajaran PAI SD di kecamatan Kasihan Bantul, sehingga dapat memperkuat pendidikan karakter siswa-siswanya. Target luaran dari program IbM ini yaitu model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL (social emotional learning) yang dilengkapi dengan buku panduan penerapannya di kelas, sehingga dapat meningkatkan penguatan pendidikan karakter siswa-siswa SD. Disamping itu hasil pelatihan dan pendampingan guru-guru PAI SD dalam menerapkan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL (social emotional learning) ini dapat dipublikasikan dalam bentuk buku ajar di jurusan Pendidikan Agama Islam FAI UMY, artikel untuk jurnal ilmiah nasional terakreditasi, dan makalah dalam forum seminar nasional. Untuk mencapai target luaran tersebut akan digunakan beberapa metode pelaksanaan program IbM, yaitu pelatihan revolusi mental, bimbingan teknis penyusunan rancangan pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL (social emotional learning), dan pendampingan dalam penerapan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL (social emotional learning) untuk memperkuat pendidikan karakter siswanya.en_US
dc.description.sponsorshipDP2M Ristek Diktien_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.subjectRevolusi mental, Social Emotional Learning, Pendidikan karakteren_US
dc.titleIbM UNTUK REVOLUSI MENTAL GURU PAI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANTUL DALAM PENERAPAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER SISWAen_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record