Show simple item record

dc.contributor.authorHARSANTO, PUJI
dc.contributor.authorIKHSAN, JAZAUL
dc.contributor.authorHARTONO, EDI
dc.contributor.authorPUJIANTO, AS'AT
dc.date.accessioned2017-08-29T06:38:22Z
dc.date.available2017-08-29T06:38:22Z
dc.date.issued2017-05-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13777
dc.description.abstractPilar merupakan struktur bawah jembatan. Pada umumnya pilar jembatan terletak di tengah sungai. Adanya pilar jembatan di tengan sungai dapat mempengaruhi perubahan pola aliran sungai sehingga kecepatan aliran berubah dan menyebabkan gerusan lokal yang akan mengganggu kestabilan pilar. Gerusan lokal terjadi akibat adanya perubahan angkutan sedimen yang disebabkan perubahan pola aliran dan kecepatan aliran. Besarnya kecepatan aliran salah satunya disebabkan oleh bentuk pilar itu sendiri. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bentuk pilar yang paling efektif untuk mengurangi efek gerusan lokal yang diharapka dapat menjadi tolok ukur dalam perencanaan bentuk pilar jembatan. Pada penelitian ini simulasi dibuat menggunakan software iRIC : Nays2DH 1.0 di buat oleh Yasuki Shimizu dan Hiroshi Takebayashi di Hokkaido University, Jepang. Nays2DH 1.0 adalah model komputasi untuk mensimulasikan kedalaman dasar dan erosi di sungai. Betuk pilar yang disimulasikan adalah pilar berbentuk persegi, lingkaran, kapsul, dan tajam. Selanjutnya dilakukan perbandingan hasil simulasi menggunakan software iRIC : Nays2DG 1.0 dengan model fisik. Perbandingan dilakukan pada tinjauan kecepatan aliran, pola aliran dan pola gerusan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUMYen_US
dc.subjectMODEL, NUMERIK, BENTUK, PILAR, JEMBATAN, TAHAN, GERUSAN, LOKALen_US
dc.titleMODEL NUMERIK BENTUK PILAR JEMBATAN TAHAN GERUSAN LOKALen_US
dc.title.alternativePenelitian Unggulan Prodien_US
dc.typeTechnical Reporten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record