dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul Penerapan Media Lagu pada Pembelajaran Chuujoukyuu Choukai, Studi Deskriptif Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Tingkat II Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Fokus utama penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media lagu yang diterapkan pada pembelajaran Chuujoukyuu Choukai mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Tingkat II Universitas Muhhamdiyah Yogyakarta dan mengetahui respons mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Tingkat II Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017 terhadap penerapan media lagu sebagai materi ajar dan media ajar pada pembelajaran Chuujoukyuu Choukai.
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lagu yang dipakai adalah lagu berjudul Lovin Life, Kaze Ni Naru, Nandemonaiya, Gake no Ue no Ponyo, Shilouette, dan Change The World. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara.
Hasil peneitian menunujukkan bahwa mahasiswa paling merasa sulit dalam menyimak lagu berjudul Nandemoniaya karena kosakata, ungkapan, dan tema lagu sulit. Selain itu, tempo lagu cepat, pelafalan tidak jelas, dan kecepatan berbicara cepat. Dalam hal ini mahasiswa tidak dapat menyimak intensif konsentratif. Mahasiswa dikatakan telah mampu menyimak secara intensif konsentratif saat pembelajaran menggunakan lagu Lovin Life, Gake no Ue no Ponyo, dan Change the World.
Berdasarkan hasil wawancara, mahasiswa mengatakan bahwa kegiatan yang paling banyak disukai mahasiswa adalah kegiatan yang melibatkan mahasiswa atau pada kegiatan presentasi, karena kegiatan tersebut lebih menarik dan tidak perlu memikirkan untuk mengisi kertas kerja walaupun pada saat menyanyi diperlukan kekompakan dan susah dalam mengumpulkan teman. | en_US |