Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorISLAMI, RINI NURUL
dc.date.accessioned2017-09-28T01:40:53Z
dc.date.available2017-09-28T01:40:53Z
dc.date.issued2017-08-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15120
dc.descriptionThis research aims at investigating: 1) school programs in building Muslim character, 2) the teaching of Islam at SMP Muhammadiyah Turi, and 3) the result of character building program on SMP Muhammadiyah Turi students. The research applied the CIPP model of evaluative research with descriptive qualitative approach. The study was conducted at the odd semester of the academic year 2016/2017 at SMP Muhammadiyah Turi. The subjects of the research were all 40 XI grade students of SMP Muhammadiyah Turi as well as the teacher of Islamic education class. The research data were obtained from observation, questionnaire, and interview. The data were analyzed using the data analysis technique proposed by Miles and Huberman, i.e. descriptive analysis by describing and inferring data from each component which then were evaluated using mixed method of descriptive quantitative and descriptive qualitative. The result of the research revealed that: 1) the programs intended to build Muslim character at SMP Muhammadiyah Turi worked well. The programs were 5S habit building, habit building of obligatory and non-obligatory salaat, BTA (Quran recitation program), and short Islamic preaching program. Thus, the students did not have much idle time to commit negative things, 2) the success of the programs relied heavily on the headmaster and teachers. Thus, it was necessary that they have good character. To help them develop their quality as well as competence, many programs were conducted, (3) there were some steps in building Muslim character, i.e. socialization, assistance, consultation, as well as the most important one, exemplification, 4) the programs resulted in building the character of SMP Muhammadiyah students as persons with good morals and behavior at school as well as at home.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) program sekolah dalam membentuk kepribadian muslim, 2) pelaksanaan pembelajaran agama Islam di SMP Muhammadiyah Turi, dan 3) hasil pembentukan kepribadian siswa SMP Muhammadiyah Turi. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan model CIPP. Pendekatan menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Turi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Turi yang berjumlah 40 siswa dan dengan melibatkan Guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori analisis data oleh Milles dan Huberman yaitu analisis deskriptif dengan mendiskripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang dievaluasi menggunakan mixed method berupa kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan yang membahas tentang pelaksanaan program pembentukan kepribadian muslim di SMP Muhammadiyah Turi hasil penelitiannya adalah ; 1) program yang dilaksanakan untuk membentuk kepribadian muslim di SMP Muhammadiyah Turi sudah berjalan dengan baik. Program tersebut adalah pembiasaan 5S, pembiasaan shalat wajib dan sunah beserta tadarus atau BTA di sekolah, dan pembelajaran kultum dan praktik kultum. Sehingga siswa tidak terlalu banyak waktu kosong yang digunakan untuk hal-hal yang negatif, 2) berhasilnya sebuah program tidak lepas dari sumber daya manusia sebagai pelaksana program yaitu kepala sekolah dan guru, sehingga sumber daya manusia ini juga harus baik. Untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang baik, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru, 3) proses pelaksanaan program pembentukan kepribadian muslim adalah melalui beberapa tahapan, yaitu sosialisasi, pendampingan, bimbingan dan yang paling penting adalah keteladanan, dan 4) hasil pelaksanaan program pembentukan kepribadian muslim adalah siswa SMP Muhammadiyah Turi berlaku baik, tertib dan berakhlak baik di sekolah dan di rumahen_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Muslim. teaching, Islamic education, Muslim characteren_US
dc.titleEVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM DI SMP MUHAMMADIYAH TURI SLEMANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 355en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record