Show simple item record

dc.contributor.advisorSRI ATMAJA P. ROSYIDI
dc.contributor.advisorDIAN SETIAWAN
dc.contributor.authorBANDY, EDI KURNIAWAN
dc.date.accessioned2017-10-31T02:08:03Z
dc.date.available2017-10-31T02:08:03Z
dc.date.issued2017-07-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15663
dc.description.abstractSumber daya alam khususnya potensi energi primer yang terdapat di wilayah Sumatera Selatan merupakan daya tarik kuat bagi masuknya investor untuk meningkatkan perekonomian daerah. Salah satu potensi sumber daya energi yang sangat melimpah adalah batu bara. Potensi batu bara yang dimiliki Sumatera Selatan diketahui mencapai sekitar 22.24 miliar ton atau kurang lebih 38 % dari cadangan nasional. Saat ini, berat muatan lintas isi yang mampu diangkut oleh kereta api sekitar 17 juta ton/tahun. Hal tersebut menyebabkan potensi batu bara yang ada tidak tereksploitasi secara maksimal. Untuk mendukung upaya pemerintah dan batu bara di Provinsi Sumatera Selatan dapat tereksploitasi secara maksimal maka diperlukan jaringan transportasi dengan kapasitas yang besar. Solusi yang paling tepat adalah mengembangkan jaringan perkeretaapian dengan jalur ganda. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran teknis, operasinal dan anggaran dari rencana pembangunan jalur kereta api ganda. Studi Detailed Engineering Design (DED) ini terletak pada lintas Muara Enim – Lahat koridor Banjarsari – Sukacinta, yaitu mulai dari Stasiun Banjarsari (stationing KM 406 + 960) sampai dengan Stasiun Sukacinta (stationing KM 423 + 835) sepanjang 16,875 km. Pada studi ini digunakan Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012 dan Peraturan Dinas No. 10 Tahun 1986 sebagai acuan dalam melakukan perancangan. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa kelas jalan yang digunakan adalah kelas jalan 1 dengan kecepatan maksimum 120 km/jam serta beban gandar sebesar 18 ton dan menggunakan tipe rel R.54. Pada geometrik perancangan terdapat 17 lengkung horizontal dan 76 lengkung vertikal, volume galian sebesar 171,767 m3 dan volume galian sebesar 38,202 m3 dengan rencana anggaran biaya untuk pembangunan jalur kereta api ganda lintas stasiun Banjarsari – stasiun Sukacinta sebesar Rp. 330,393,404,000,00,- dan jika dirata-ratakan maka didapat biaya sebesar Rp. 19,578,868,000,00,- per km.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectSumber daya alam khususnya potensi energi primer yang terdapat di wilayah Sumatera Selatan merupakan daya tarik kuat bagi masuknya investor untuk meningkatkan perekonomian daerah. Salah satu potensi sumber daya energi yang sangat melimpah adalah batu bara. Potensi batu bara yang dimiliki Sumatera Selatan diketahui mencapai sekitar 22.24 miliar ton atau kurang lebih 38 % dari cadangan nasional. Saat ini, berat muatan lintas isi yang mampu diangkut oleh kereta api sekitar 17 juta ton/tahun. Hal tersebut menyebabkan potensi batu bara yang ada tidak tereksploitasi secara maksimal. Untuk mendukung upaya pemerintah dan batu bara di Provinsi Sumatera Selatan dapat tereksploitasi secara maksimal maka diperlukan jaringan transportasi dengan kapasitas yang besar. Solusi yang paling tepat adalah mengembangkan jaringan perkeretaapian dengan jalur ganda. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran teknis, operasinal dan anggaran dari rencana pembangunan jalur kereta api ganda. Studi Detailed Engineering Design (DED) ini terletak pada lintas Muara Enim – Lahat koridor Banjarsari – Sukacinta, yaitu mulai dari Stasiun Banjarsari (stationing KM 406 + 960) sampai dengan Stasiun Sukacinta (stationing KM 423 + 835) sepanjang 16,875 km. Pada studi ini digunakan Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012 dan Peraturan Dinas No. 10 Tahun 1986 sebagai acuan dalam melakukan perancangan. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa kelas jalan yang digunakan adalah kelas jalan 1 dengan kecepatan maksimum 120 km/jam serta beban gandar sebesar 18 ton dan menggunakan tipe rel R.54. Pada geometrik perancangan terdapat 17 lengkung horizontal dan 76 lengkung vertikal, volume galian sebesar 171,767 m3 dan volume galian sebesar 38,202 m3 dengan rencana anggaran biaya untuk pembangunan jalur kereta api ganda lintas stasiun Banjarsari – stasiun Sukacinta sebesar Rp. 330,393,404,000,00,- dan jika dirata-ratakan maka didapat biaya sebesar Rp. 19,578,868,000,00,- per km.en_US
dc.titleSTUDI DETAILED ENGINEERING DESIGN (DED) GEOMETRIK JALUR KERETA API GANDA LINTAS STASIUN BANJARSARI – STASIUN SUKACINTA, SUMATERA SELATANen_US
dc.typeThesis SKR F T 538en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record