Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUFUF A
dc.contributor.authorWIJAYA, BAGUS ADI
dc.date.accessioned2017-10-31T06:05:27Z
dc.date.available2017-10-31T06:05:27Z
dc.date.issued2017-05-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15697
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran Tarikh setelah scientific approach diterapkan. Disamping itu, riset ini juga mengawasi ciri proses pelaksanaan scientific approach di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan pretest. Kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh dengan menggunakan scientific approach cenderung meningkat signifikan. Seperti dalam siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (86,20%) dan pertemuan II prosentase kelulusan siswa mencapai (89,65%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (96,55%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan II menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (100%). Jadi, hasil belajar siswa sebelum diterapkannya scientific approach hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh masih belum optimal. Penerapan scientific approach sudah sesuai dengan skenario peneliti, dan setelah diterapkannya scientific approach, hasil belajar siswa kelas VB mengalami peningkatan serta penerapan scientific approach mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan kemandirian kreativitas dalam belajar.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran Tarikh setelah scientific approach diterapkan. Disamping itu, riset ini juga mengawasi ciri proses pelaksanaan scientific approach di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Untuk pengambilan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan pretest. Kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh dengan menggunakan scientific approach cenderung meningkat signifikan. Seperti dalam siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (86,20%) dan pertemuan II prosentase kelulusan siswa mencapai (89,65%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (96,55%). Sedangkan untuk siklus II pertemuan II menunjukkan bahwa prosentase kelulusan siswa mencapai (100%). Jadi, hasil belajar siswa sebelum diterapkannya scientific approach hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Tarikh masih belum optimal. Penerapan scientific approach sudah sesuai dengan skenario peneliti, dan setelah diterapkannya scientific approach, hasil belajar siswa kelas VB mengalami peningkatan serta penerapan scientific approach mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan kemandirian kreativitas dalam belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Scientific Approach, Penelitian Tindakan Kelas, Tarikhen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MELALUI SCIENTIFIC APPROACH DI SD MUHAMMADIYAH MLANGI SLEMANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 268en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record