Show simple item record

dc.contributor.advisorZAENURI, MUCHAMAD
dc.contributor.authorPEBRIANTO, EGA
dc.date.accessioned2018-01-16T02:24:56Z
dc.date.available2018-01-16T02:24:56Z
dc.date.issued2017-12-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16825
dc.descriptionDi era digital seperti sekarang, manajemen data pegawai perlu dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dalam hal ini di BKD Provinsi DIY. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan sistem informasi yang diterapkan di dalam aplikasi SIMPEG dalam konteks manajemen kepegawaian di BKD Provinsi DIY; (2) menganalisis manajemen data pegawai menggunakan aplikasi SIMPEG di BKD Provinsi DIY; dan (3) mengevaluasi efektivitas manajemen kepegawaian dengan aplikasi SIMPEG dalam pengelolaan data pegawai di BKD Provinsi DIY. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif di BKD Provinsi DIY. Jenis data yang dibutuhkan adalah data primer dan data sekunder. Data ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen di BKD Provinsi DIY dibentuk dengan aplikasi SIMPEG dimana bagian-bagiannya memberikan kemudahan dalam mencari data pegawai/PNS dengan cepat sesuai dengan apa yang diinginkan. Hal ini karena sistem informasi manajemen tersebut didukung beberapa komponen, yaitu: perangkat keras (Hardware) yang memadai, perangkat lunak yang handal, SDM (brainware) dengan kapabilitas tinggi, basis data di Server yang andal, dan jaringan komputer yang kuat. Selain itu, praktik manajemen data kepegawaian di BKD Provinsi DIY dapat dilaksanakan dengan aplikasi SIMPEG, sehingga berbagai data kepegawaian akhirnya dapat dihimpun dalam aplikasi SIMPEG secara terpadu. Keterpaduan data kepegawaian ini tidak dapat dilepaskan dari praktik manajemen kepegawaian, baik dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, sampai kompensasi pegawai di BKD Provinsi DIY. Akhirnya, manajemen kepegawaian dengan aplikasi SIMPEG terbukti efektif, khususya jika dilihat dari peningkatan akuntabilitas, efisiensi, responsivitas, partisipasi, dan transparansi dalam proses pengelolaan data kepegawaian di BKD Provinsi DIY. Namun, pelaksanaan proses manajemen kepegawaian dengan aplikasi SIMPEG memang mengalami kendala yang belum dapat diatasi dengan mudah hingga saat ini, antara lain: keterlambatan pembaruan data, rendahnya validitas data, dan terbatasnya jumlah SDM yang menjadi pengelola data kepegawaian di BKD Provinsi DIY.en_US
dc.description.abstractDi era digital seperti sekarang, manajemen data pegawai perlu dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dalam hal ini di BKD Provinsi DIY. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan sistem informasi yang diterapkan di dalam aplikasi SIMPEG dalam konteks manajemen kepegawaian di BKD Provinsi DIY; (2) menganalisis manajemen data pegawai menggunakan aplikasi SIMPEG di BKD Provinsi DIY; dan (3) mengevaluasi efektivitas manajemen kepegawaian dengan aplikasi SIMPEG dalam pengelolaan data pegawai di BKD Provinsi DIY. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif di BKD Provinsi DIY. Jenis data yang dibutuhkan adalah data primer dan data sekunder. Data ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen di BKD Provinsi DIY dibentuk dengan aplikasi SIMPEG dimana bagian-bagiannya memberikan kemudahan dalam mencari data pegawai/PNS dengan cepat sesuai dengan apa yang diinginkan. Hal ini karena sistem informasi manajemen tersebut didukung beberapa komponen, yaitu: perangkat keras (Hardware) yang memadai, perangkat lunak yang handal, SDM (brainware) dengan kapabilitas tinggi, basis data di Server yang andal, dan jaringan komputer yang kuat. Selain itu, praktik manajemen data kepegawaian di BKD Provinsi DIY dapat dilaksanakan dengan aplikasi SIMPEG, sehingga berbagai data kepegawaian akhirnya dapat dihimpun dalam aplikasi SIMPEG secara terpadu. Keterpaduan data kepegawaian ini tidak dapat dilepaskan dari praktik manajemen kepegawaian, baik dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, sampai kompensasi pegawai di BKD Provinsi DIY. Akhirnya, manajemen kepegawaian dengan aplikasi SIMPEG terbukti efektif, khususya jika dilihat dari peningkatan akuntabilitas, efisiensi, responsivitas, partisipasi, dan transparansi dalam proses pengelolaan data kepegawaian di BKD Provinsi DIY. Namun, pelaksanaan proses manajemen kepegawaian dengan aplikasi SIMPEG memang mengalami kendala yang belum dapat diatasi dengan mudah hingga saat ini, antara lain: keterlambatan pembaruan data, rendahnya validitas data, dan terbatasnya jumlah SDM yang menjadi pengelola data kepegawaian di BKD Provinsi DIY.
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectefektivitas, manajemen data pegawai, sistem informasi manajemenen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MANAJEMEN KEPEGAWAIAN MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG)en_US
dc.typeThesis SKR 668en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record