Show simple item record

dc.contributor.advisorSURYADI, DEDI
dc.contributor.advisorINDRASWARI, THAMITA ISLAMI
dc.contributor.authorAMELIA, ZETRI
dc.date.accessioned2018-01-17T01:38:57Z
dc.date.available2018-01-17T01:38:57Z
dc.date.issued2017-12-14
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16880
dc.description.abstractPartikel merupakan salah satu unsur dalam gramatika bahasa Jepang. Jumlah partikel cukup banyak. Selain itu, makna dan fungsi dari suatu partikel pun bermacam-macam. Hal ini membuat partikel menjadi materi yang sulit bagi pembelajar bahasa Jepang. Pembelajar perlu memahami penggunaan partikel, agar dapat menguasai bahasa Jepang dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini diajukan sebagai salah satu cara untuk pembelajar agar dapat lebih memahami fungsi dari partikel, khususnya partikel ni. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana fungsi partikel ni yang terdapat pada buku ajar Nihongo Shoho, Minna no Nihongo Shokyuu I dan Minna no Nihongo Shokyuu II, serta bagaimana persamaan dan perbedaan ruang lingkup materi partikel ni pada ketiga buku tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analisis. Pada penelitian ini, kategori fungsi partikel ni dibuat berdasarkan kategori fungsi yang diajukan oleh Makino (1986), Iori (2000), Sadewa (2006), Chandra (2009), dan Otsuka (2010). Sumber data diambil dari buku Nihongo Shoho, Minna no Nihongo Shokyuu I dan Minna no Nihongo Shokyuu II. Data diambil dengan cara menyimak dan mencatat kalimat-kalimat yang menggunakan partikel ni pada ketiga buku tersebut, dengan instrumen penelitian yang terdiri dari buku, pulpen dan personal computer. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat sembilan fungsi partikel ni pada buku “Nihongo Shoho”, dan terdapat sepuluh fungsi partikel ni pada buku “Minna no Nihongo Sokyuu I, serta terdapat sebelas fungsi partikel ni pada buku Minna no Nihongo Sokyuu II”. Ruang lingkup materi partikel ni pada ketiga buku tersebut hampir sama. Perbedaan hanya terletak pada fungsi partikel ni yang menunjukkan arah, hasil perubahan, dan alasan atau penyebab terjadi sesuatu.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectZETRI AMELIAen_US
dc.titleFUNGSI KAKUJOSHI NI DALAM BUKU AJAR BAHASA JEPANGen_US
dc.typeThesis SKR FPB 181en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record