Show simple item record

dc.contributor.advisorZAINUDDIN MAHLI
dc.contributor.authorNASUTION, SUTAN KUMALA PONTAS
dc.date.accessioned2018-01-18T02:00:13Z
dc.date.available2018-01-18T02:00:13Z
dc.date.issued2017-12-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16934
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah yang diterapkan oleh Panti Asuhan dan Pesantren Muhammadiyah Abu Dzar Al-Ghifari, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat kegiatan dakwah di Panti Asuhan dan Pesantren Muhammadiyah Abu Dzar Al-Ghifari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian yakni ustażd dan pengasuh di Panti Asuhan dan Pesantren Muhammadiyah Abu Dzar Al-Ghifari. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik. Adapun hasil penelitian ini adalah, (1) strategi dakwah yang dikembangkan oleh Panti Asuhan dan Pesantren Muhammadiyah Abu Dzar Al-Ghifari, yaitu, menanamkan nilai-nilai akidah kepada anak asuh, memberikan contoh yang baik kepada anak asuh, memberikan pelajaran Akhlak, memberikan motivasi kepada santri agar tetap betah dan semangat dalam menuntut ilmu, membiasaan, hal ini diharapkan anak asuh terbiasa dengan perilaku yang baik, semisal, sholat tepat waktu, kerjasama dan gotongroyong membersihkan panti, memberikan hukuman dan hadiah kepada anak asuh.(2) Faktor pendukung fasilitas yang memadai, guru dan pengasuh yang mumpuni. (3) Fakto Penghambat, latar belakang anak yang berbeda-beda, sekolah formal diluar panti, dan keluarga anak asuh kurang mendukung.en_US
dc.description.abstractThis research is aimed to know Da’wah strategies implemented by Muhammadiyah Orphanage and Boarding School Abu Dzar Al-Ghifari as well as the supporting factors and hindering factors. This is a qualitative research with ustadz (Islamic religious preachers) and caregivers of Muhammadiyah orphanage and Islamic boarding school Abu Dzar Al-Ghifari. The data of the research were collected from interview, observation, and documentation, while the descriptive analysis technique was used to analyze the obtained data. The findings of the research are (1) Da’wah strategies developed by Muhammadiyah Orphanage and Islamic boarding school Abu Dzar Al-Ghifari are building the foster children’s belief values, giving good examples to the foster children, giving moral lessons, giving motivation to the students to be more determined and motivated in learning aimed to shape the students’ good behavior such as praying on time, cooperation and togetherness in cleaning the school, giving reward and punishment to the foster children, (2) the adequate supporting factors are qualified teachers and caregivers, 3) the hindering factors are different background of the students, and unsupportive family of the foster children.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectDa’wah strategies, characters’ building Strategi Dakwah, Pembentukan Akhlaken_US
dc.titleMETODE PEMBELAJARAN, JOYFULL LEARNING, KEMANDIRIANen_US
dc.title.alternativeStudi Kasus Panti Asuhan dan Pesantren Muhammadiyah Abu Dzar Al-Ghifari Kalimanjung Ambarketawang Gamping Slemanen_US
dc.typeThesis SKR FAI 501en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record