Show simple item record

dc.contributor.advisorKUSNENDAR, MUHAMAD
dc.contributor.advisorMEISA, WISTRI
dc.contributor.authorHASANAH, YULI FITRIANI NUR
dc.date.accessioned2018-01-18T06:53:23Z
dc.date.available2018-01-18T06:53:23Z
dc.date.issued2017-11-17
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16978
dc.description.abstractProses belajar mengajar didasari oleh minat siswa pada pelajaran yang akan dipelajari. Hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi siswa dalam belajar, yang tentunya akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa. Pada jurusan bahasa Jepang, minat siswa terhadap budaya Jepang merupakan hal yang penting. Kemudian salah satu kemampuan yang dapat menunjang pemahaman siswa terhadap bahasa Jepang itu sendiri adalah pemahaman akan huruf dan kosakata bahasa Jepang. Oleh karena itu, pada penelitian ini, peneliti menggunakan hasil belajar huruf dan kosakata bahasa Jepang digunakan sebagai acuan korelasi dari minat budaya Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif korelasional untuk mencari hubungan di antara kedua variabel penelitian. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumen. Angket berupa angket minat budaya Jepang dan dokumen berupa hasil belajar chukyu moji goi mahasiswa. Hasil dari analisis data diperoleh  hitung sebesar 0,35 dan  tabel 5% yaitu 0,35. Berdasarkan hasil tersebut, maka  hitung sama besar dengan  tabel, Jika diinterpretasikan dengan tabel korelasi sprearman rank keduanya dinyatakan memiliki hubungan moderate atau tidak lemah maupun kuat. Dari hasil analisis angket, dapat diketahui bahwa jenis budaya Jepang yang paling diminati adalah lagu Jepang.
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectminat, budaya Jepang, hasil belajar, korelasien_US
dc.titleKORELASI ANTARA MINAT PADA BUDAYA JEPANG DENGAN HASIL BELAJAR HURUF DAN KOSAKATA BAHASA JEPANGen_US
dc.typeThesis SKR FPB 173en_US
dcterms.abstractProses belajar mengajar didasari oleh minat siswa pada pelajaran yang akan dipelajari. Hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi siswa dalam belajar, yang tentunya akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa. Pada jurusan bahasa Jepang, minat siswa terhadap budaya Jepang merupakan hal yang penting. Kemudian salah satu kemampuan yang dapat menunjang pemahaman siswa terhadap bahasa Jepang itu sendiri adalah pemahaman akan huruf dan kosakata bahasa Jepang. Oleh karena itu, pada penelitian ini, peneliti menggunakan hasil belajar huruf dan kosakata bahasa Jepang digunakan sebagai acuan korelasi dari minat budaya Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif korelasional untuk mencari hubungan di antara kedua variabel penelitian. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumen. Angket berupa angket minat budaya Jepang dan dokumen berupa hasil belajar chukyu moji goi mahasiswa. Hasil dari analisis data diperoleh  hitung sebesar 0,35 dan  tabel 5% yaitu 0,35. Berdasarkan hasil tersebut, maka  hitung sama besar dengan  tabel, Jika diinterpretasikan dengan tabel korelasi sprearman rank keduanya dinyatakan memiliki hubungan moderate atau tidak lemah maupun kuat. Dari hasil analisis angket, dapat diketahui bahwa jenis budaya Jepang yang paling diminati adalah lagu Jepang.


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record