Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYU WIDODO
dc.contributor.authorFIRDAUSSI, ADRIAN
dc.date.accessioned2018-01-20T03:26:06Z
dc.date.available2018-01-20T03:26:06Z
dc.date.issued2017-09-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17069
dc.descriptionPerencanaan simpang berbentuk bundaran merupakan bagian dari perencanaan jalan raya yang amat penting di Yogyakarta, termasuk di bundaran SAMSAT Kota Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu kepadatan lalu lintas di setiap lengan bundaran akan meningkat, selain disebabkan bertambah nya jumlah penduduk dan miningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan pribadi juga disebabkan oleh lokasi yang berdekatan dengan Gedung Pemerintahan, Gedung Sekolah, Stasiun dan berbagai aspek permasalahan seperti menejemen lalu lintas. Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis ruas jalan yang berada di lengan bundaran SAMSAT Kota Yogyakarta, antara lain lengan A : Jl. Tentara Pelajar, lengan B : Jl. Tentara Zeni Pelajar, lengan C : Jl. Tentara Pelajar, dan lengan D : Jl. Suryonegaran. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei lapangan. Data primer yang dikumpulkan meliputi data volume lalu lintas dengan menggunakan metode Traffict Counting, geometrik jalan, dan tata guna lahan. Data sekunder berupa peta lokasi dan jumlah penduduk di ketahui jumlah penduduk kota Yogyakarta adalah 412.704 jiwa penduduk (BPS, 2015). Analisis kinerja ruas jalan dilakukan berdasarkan MKJI 1997. Hasil analisis untuk Jl. Tentara Pelajar lengan A, didapat kapasitas sebesar 5355 smp/jam dengan hasil analisis pada jam puncak tertinggi didapat nilai derajat kejenuhan (DS) = 0,62 dan tingkat pelayanan atau Level Of Service (LOS) = C. Untuk Jl. Tentara Zeni Pelajar didapat kapasitas sebesar 1418 smp/jam dengan hasil analisis pada jam puncak tertinggi didapat nilai DS = 0,36 dan LOS = B. Kemudian Jl. Tentara Pelajar Lengan C didapat kapasitas sebesar 4973 smp/jam dengan hasil analisis pada jam puncak didapat DS = 0,5 dan LOS = C. Pada Jl. Suryonegaran memiliki kapasitas sebesar 2541 smp/jam dengan hasil analisis pada jam puncak didapat nilai DS = 0,7 dengan LOS = C.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectMKJI 1997, Ruas Jalan, Lalu Lintas, Kinerjaen_US
dc.titleANALISIS KINERJA RUAS JALAN PADA LENGAN BUNDARAN SAMSAT KOTA YOGYAKARTA BERDASRKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA 1997en_US
dc.typeThesis SKR F T 749en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record