dc.contributor.advisor | SETIAWAN, HARIS | |
dc.contributor.advisor | ISNANDA, REZA GIGA | |
dc.contributor.author | DESILAWATI, DEKA | |
dc.date.accessioned | 2018-01-23T07:09:58Z | |
dc.date.available | 2018-01-23T07:09:58Z | |
dc.date.issued | 2017-12-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17197 | |
dc.description | Metode pembelajaran anatomi sejauh ini mayoritas masih didominasi oleh metode pembelajaran menggunakan buku. Materi yang disajikan buku berupa gambar dan tulisan. Saat ini metode pembelajaran anatomi menggunakan buku dilakukan dengan cara menggambar ulang perbagian dan menghafalkan letak beserta istilahnya. Sehingga mahasiswa kesulitan apabila lupa dan ingin mencari istilah pada bagian anatomi, karena tidak mudah dan membutuhkan waktu lama untuk mencarinya dari banyaknya istilah pada bagian-bagian anatomi didalam buku tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem yang dapat digunakan dalam mempelajari anatomi khususnya anatomi gigi melalui sebuah aplikasi berbasis android serta dapat memberikan kemudahan pembelajaran anatomi gigi menggunakan prinsip mayer multimedia learning pada aplikasi.
Berdasarkan hasil pengujian sistem dan pengujian user yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagai media informasi dan pembelajaran mengenai anatomi gigi. Hal ini dibuktikan dengan hasil black-box testing dan hasil kuesioner. | en_US |
dc.description.abstract | Anatomy learning methods so far are still dominated by the method of learning using books. The material presented in the form of pictures and writings. Currently anatomy learning method using the book is done by redrawing parts and memorize the location and its terms. So, the student has difficulties when forgot and want to find the term on the anatomy, because it is not easy and takes a long time to look for it from the number of terms on the anatomical parts in the book.
The purpose of this research is to create a system that can be used in studying anatomy especially dental anatomy through an android based application and can provide ease of anatomy of tooth learning using mayer principle of multimedia learning on application.
Based on the results of system testing and user testing performed can be concluded that this application can be used as a medium of information and learning about tooth anatomy. This is evidenced by the results of black-box testing and the results of the questionnaire. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Dental Anatomy, Educational Applications. Anatomi Gigi, Aplikasi Edukasi. | en_US |
dc.title | APLIKASI PEMBELAJARAN ANATOMI GIGI BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP MAYER MULTIMEDIA LEARNING | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
644 | en_US |