Show simple item record

dc.contributor.advisorZAENURI, MUCHAMAD
dc.contributor.authorYOGASULISTYO, HANDIKA
dc.date.accessioned2018-01-24T03:53:37Z
dc.date.available2018-01-24T03:53:37Z
dc.date.issued2017-12-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17231
dc.descriptionProgram BPNT merupakan program pengganti dari program Rastra yang memiliki permasalahan/kendala yang cukup kompleks, sehingga pada tahun 2016 pemerintah mulai melakukan perubahan dari program Ranstra menjadi program BPNT. Untuk mendukung penyaluraan program BPNT, maka Kementerian Sosial mengeluarkan e-Warong sebagai sarana dalam penyaluran bantuan sosial secara non tunai. Salah satu e-Warong yang telah beroperasi adalah e-Warong Kube Jasa PKH sejahtera Wirobrajan yang terletak di Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Penerapan e-Warong bertujuan untuk mengoptimalkan penyaluran bantuan program BPNT agar lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode yang digunakan seperti: wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil analisis pengelolaan e-Warong berdasarkan indikator efektivitas yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Pengelolaan e-Warong di Kelurahan Pakuncen belum berjalan dengan efektif dan efisien, karena masih terdapat beberapa kendala seperti mesin EDC error, keterlambatan sarana-prasarana yang diberikan dan kartu KKS cenderung error. Selanjutnya, pada tahap I telah tersalurkan sebesar 13.289 peserta menjadi 10.631 peserta pada tahap IV, karena beberapa kendala seperti: peserta meninggal dunia, peserta pindah alamat dan adanya double data. Kemudian, berdasarkan data diperoleh, jumlah peserta di Kelurahan Pakuncen terdapat 132 peserta yang belum mencairkan dana tersebut, sehingga pelaksanaan e-Warong belum berjalan dengan efektif dan efisien. Perlu adanya perbaikan yang dilakukan seperti: memberikan sosialisasi lebih mendalam kepada masing-masing stakeholder, perbaikan terkait sarana-prasarana dan kartu KKS elektronik yang diberikan, memberikan barang kebutuhan pokok (terutama beras) dan melakukan perbaikan mengenai jumlah peserta KPM.en_US
dc.description.abstractBPNT program is a replacement program of the Rastra program which has complex problems, so that in 2016 the government starts to make changes from the Ranstra program to BPNT program. To support BPNT program disbursement, the Ministry of Social Affairs issued e-Warong as a means of delivering non-cash social assistance. One of the e-Warong that has been operating is e-Warong Kube PKH Wirobrajan Wellness Services located in Village Pakuncen, District Wirobrajan Yogyakarta City. Implementation of e-Warong aims to optimize the channeling of BPNT program assistance to be more effective and efficient. This study, using qualitative research methods with descriptive approach and methods used such as: interviews, observation, documentation. The result of e-Warong management analysis based on effectiveness indicator is program understanding, right on target, on time, achievement of goals and real change. The management of e-Warong in Pakuncen Village has not run effectively and efficiently, because there are still some obstacles such as EDC error machine, delays in infrastructure and KKS cards tend to error. Furthermore, in phase I has been channeled 13,289 participants to 10,631 participants in stage IV, due to some obstacles such as: participants died, participants moved the address and the existence of double data. Then, based on the data obtained, the number of participants in Pakuncen Village there are 132 participants who have not disbursed the funds, so that the implementation of e-Warong has not run effectively and efficiently. There needs to be improvements such as: providing more in-depth socialization to each stakeholder, improvements related to infrastructure and electronic KKS cards provided, providing basic goods (especially rice) and making improvements on the number of KPM participants.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectEffectiveness, System Information Management, BPNT. Efektivitas, Sistem Informasi Manajemen, BPNT.en_US
dc.titleEFEKTIVITAS E-WARONG KUBE JASA PKH SEJAHTERA WIROBRAJAN DALAM MENGOPTIMALKAN PENERIMAAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2017en_US
dc.title.alternative(STUDI KASUS : E-WARONG KUBE JASA PKH SEJAHTERA WIROBRAJAN, DI KELURAHAN PAKUNCEN, KECAMATAN WIROBRAJAN, KOTA YOGYAKARTA)en_US
dc.typeThesis SKR 638en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record