Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYU WIDODO
dc.contributor.authorALMALANY, MUHAMMAD ABDUH BIN ALIMUDIN
dc.date.accessioned2018-01-25T07:02:38Z
dc.date.available2018-01-25T07:02:38Z
dc.date.issued2017-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17269
dc.descriptionRuas Jalan didevinisikan sebagai bagian atau penggal jalan di antara dua simpul/persimpangan sebidang atau tidak sebidang baik yang dilengkapi dengan alat pemberi isyarat lalu lintas ataupun tidak. Kemacetan yang terjadi pada ruas jalan biasanya disebabkn oleh beberapa faktor diantaranya adalah pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang signifikan dengan kapasitas jalan yang tetap, meningkatnya kecenderungan para pemakai jasa transportasi untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum serta adanya urbanisasi sebagaimana yang terjadi di Kota Yogyakarta sebagai kota wisata dan kota pelajar. Penelitian ini diawali dengan kegiatan survei lalu-lintas dan studi literatur sehingga didapatkan data primer berupa volume kendaraan, geometrik jalan, hambatan samping dan kecepatan kendaraan. Adapun data sekunder berupa foto udara dan jumlah penduduk. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan MKJI 1997 dan Software VISSIM 9.0 sehingga dapat diketahui perbandingan dari keduanya. Hasil analisis menggunakan metode MKJI 1997 didapatkan data kecepatan VLV=21,216 km/jam, Volume Q = 3073,8 smp/jam, kapasitas C = 3561,378 smp/jam derajat kejenuhan DS = 0,863 dan tingkat pelayanan jalan LoS=0,863(E) tidak terdapat parameter antrian dan tundaan pada MKJI 1997. Adapun pada Software VISSIM 9.0 didapatkan data kecepatan VLV=21,250 km/jam, volume Q = 5247 kend/jam, antrian maksimum kendaraan QLenMAx = 62,76 m, tundaan Delay=41,94 detik. Adapun tingkat pelayanan jalan adalah E. Tidak terdapat parameter derajat kejenuhan (DS) pada Software VISSIM 9.0.en_US
dc.description.abstractRoads are defined as paths between two nodes or intersections of a plot not a plane. It may or may not be equipped with travelling signaling devices. Congestions occured in the segment of a road are usually caused by several factors, such as the significant growth of motor vehicle users with limited road capacity, the increasing tendency of private transportation service users compared to its public counterpart, and urbanization as happened in Yogyakarta city as a tourist destination and student city. This research will begin by traffic surveys and literature studies to obtain primary data in forms of vehicles volume, road geometry, side barriers and vehicles speed. The secondary data will be obtained from aerial photographs and population data. The data obtained then will be analyzed by using MKJI 1997 and computer application VISSIM 9.0 to create a correlation between both data. The results of analysis by using MKJI 1997 method are: Speed VLV = 21.216 km/h, Volume Q = 3,073.8 smp/h, Capacity C = 3,561.378 smp/h, Saturation Degree DS = 0.863, Service level of the road LoS = 0.863 (E), There are no queueing and delay parameters in MKJI 199. As for VISSIM 9.0 computer application, the results are: VLV = 21.25 km/h, Q = 5247 smp/h, QLenMax = 62.76 m, Delay = 41.94 s. The service level of the road is E. There is no parameter of degree of saturation (DS) in Vissim 9.0.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectKeywords:MKJI 1997; Vissim 9.0; LoS; Level of Service; Delay. MKJI 1996, VISSIM 9.0, LoS Level of Service, delay.en_US
dc.titleANALISIS RUAS JALAN KH. AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA DENGAN METODE MKJI 1997 DAN VISSIM1en_US
dc.typeThesis SKR F T 724en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record