Show simple item record

dc.contributor.advisorNUGROHO, ARIS WIDYO
dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.authorPRIBADI, NUR SETIA
dc.date.accessioned2018-01-31T07:34:39Z
dc.date.available2018-01-31T07:34:39Z
dc.date.issued2017-12-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17353
dc.descriptionKontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan event perlombaan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga perguruan tinggi dalam skala nasional yang diselenggarakan oleh DIKTI setiap tahun dengan berorientasi pada efisiensi penggunaan energi pada mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang didapat selama kuliah. Berdasarkan target perancangan perlombaan dibagi menjadi dua kategori yaitu prototype dan urban. Pada perancangan kendaraan ini dipilih kategori prototype dengan tipe bahan bakar gasoline. Perancangan desain dan stress analysis kendaraan prototype gasoline menggunakan software Solidworks 2016 x64 Edition, sedangkan analisis aerodinamika menggunakan Autodesk Flow Design. Dalam perancangan ini terdapat beberapa tahapan antara lain perancangan rangka serta analisa tegangan yang terjadi akibat pembebanan, sistem kemudi, sistem pengereman serta roda, sistem pembangkit tenaga serta penyalur daya, dan bodi dengan penambah profil chamfer sebagai penguat.serta analisis aerodinamika. Jenis material yang digunakan yaitu aluminium 6061 square hollow berukuran 40x20 mm dengan ketebalan 1,5 mm pada rangka dan C Glass fiber pada bodi. Hasil stress analysis pada rangka diperoleh von mises minimum terjadi sebesar 0 Mpa, sedangkan von mises maksimum sebesar 46,83 MPa. Strain minimum yang terjadi sebesar 0,00000001, sedangkan strain maksimum sebesar 0,00054541. Hasil analisis displacement maksimal yang terjadi adalah 1,96 mm dengan force of safety yang didapat minimum lebih besar dari 1 yaitu sebesar 1,2. Hasil analisis aerodinamika didapatkan hasil analisis drag force atau gaya hambatan sebesar 1,308 N dan pressure di sepanjang permukaan bodi sebesar 28,956 Pa. Sedangkan nilai coefficient of drag sebesar 0,13 dan average drag coefficient sebesar 0,13.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectkunci: prototype gasoline, stress analysis, KMHEen_US
dc.titlePERANCANGAN KENDARAAN UNTUK KOMPETISI KONTES MOBIL HEMAT ENERGI KATEGORI PROTOTYPE GASOLINE KHAD ECO TEAM 2en_US
dc.typeThesis SKR F T 011en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record