Show simple item record

dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDDY
dc.contributor.advisorSANTOSA, TITO HADJI AGUNG
dc.contributor.authorWIBOWO, ARIS SETIAWAN BUDI
dc.date.accessioned2018-02-08T01:26:10Z
dc.date.available2018-02-08T01:26:10Z
dc.date.issued2016-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17544
dc.description.abstractViskositas dan konduktivitas termal minyak pelumas berpengaruh terhadap kinerja motor. Jika viskositas terlalu rendah lapisan oli dalam melumasi komponen mesin terlalu tipis maka gesekan antar komponen bertambah. Dengan viskositas yang tinggi, lapisan pelumas terlalu tebal yang menyebabkan kinerja motor cenderung berat. Dengan kemampuan menyerap dan membuang panas dengan baik maka panas mesin berkurang. Dengan panas mesin berkurang maka pemuaian ring piston juga berkurang. Sehingga gesekan antara ring piston dengan dinding slinder berkurang maka kinerja motor dapat bekerja dengan maksimal. Pengujian menggunakan tiga oli baru yaitu oli mineral yaitu Mesran Super SAE 20W-50, oli semi synthetic yaitu Yamahalub Sport 10W-40, oli synthetic yaitu Motul 5100 10W-40. Pengujian konduktivitas termal pelumas menggunakan Thermal Conductivity of Liquid and Gases Unit. Pengujian viskositas pelumas menggunakan viskometer digital yaitu Viscometer NDJ 8S. Untuk mengetahui pengaruh terhadap performa motor dengan pengujian dyno test dan konsumsi bahan bakar dengan uji jalan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini bahwa nilai konduktivitas termal oli Motul 5100 paling tinggi dan perubahan viskositas oli Motul (2,22 mPa.s/°C) lebih stabil dibandingkan dengan oli Yamahalub Sport dan oli Mesran Super. Naiknya torsi dan naiknya daya oli Motul 5100 cenderung lebih tinggi yaitu (1,91×10-3 HP/rpm) dan (8,63×10-4 Nm/rpm) dari oli Mesran Super dan oli Yamahalub Sport. Hasil pengujian pemakaian oli Motul 5100 terhadap konsumsi bahan bakar cenderung lebih hemat 10,73 % dari oli Mesran Super dan oli Mesran Super lebih hemat 16,38% dari oli Yamahalub Sport. Semakin tinggi nilai konduktivitas termal maka daya dan torsi maksimum cenderung naik.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.subjectViskositas, konduktivitas termal, daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar.en_US
dc.titleKAJIAN TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS MINYAK PELUMAS TERHADAP KINERJA MOTOR 4-LANGKAH 150 CCen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record