Show simple item record

dc.contributor.authorAMRA, ULFA
dc.date.accessioned2018-03-08T01:56:25Z
dc.date.available2018-03-08T01:56:25Z
dc.date.issued2015-12-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/17800
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta didik SD Muhammadiyah Tamantirto Bantul, dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber informasi yaitu guru TPA, peserta didik dan kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, obeservasi dan dokumentasi kemudian data dianalisis secara deksriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja guru TPA difokuskan pada 3 aspek, yaitu; proses perencanan persiapan pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal karena guru tidak sempat membuat silabus, RPP, dan lainnya dikarenakan keterbatasan waktu. Dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Sedangkan untuk proses evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun hanya 1 kali dalam setiap semester, tapi secara tidak langsung sudah setiap hari melakukan evaluasi dengan adanya kartu prestasi. Disamping itu ada faktor pendukung dari kinerja guru TPA, salah satunya dukungan dari pihak UNIRES UMY dengan memberikan uang transportasi dan lokasi yang dekat dengan kampus. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangny komitmen dari sebagian guru TPA dan peserta didik yang masih bermalasan untuk mengaji serta kurangnya perhatian dari orang tua peserta didik.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta didik SD Muhammadiyah Tamantirto Bantul, dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat kinerja guru taman pendidikan al-Qur’an (TPA) tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber informasi yaitu guru TPA, peserta didik dan kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, obeservasi dan dokumentasi kemudian data dianalisis secara deksriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja guru TPA difokuskan pada 3 aspek, yaitu; proses perencanan persiapan pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal karena guru tidak sempat membuat silabus, RPP, dan lainnya dikarenakan keterbatasan waktu. Dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Sedangkan untuk proses evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun hanya 1 kali dalam setiap semester, tapi secara tidak langsung sudah setiap hari melakukan evaluasi dengan adanya kartu prestasi. Disamping itu ada faktor pendukung dari kinerja guru TPA, salah satunya dukungan dari pihak UNIRES UMY dengan memberikan uang transportasi dan lokasi yang dekat dengan kampus. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangny komitmen dari sebagian guru TPA dan peserta didik yang masih bermalasan untuk mengaji serta kurangnya perhatian dari orang tua peserta didik.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectkinerja guru TPA, tanam pendidikan al-Qur’an, peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an.en_US
dc.titleKINERJA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO BANTULen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record