dc.contributor.advisor | SUCIATI, SUCIATI | |
dc.contributor.author | ALFIKAR, MUHAMMAD WAKHID SIDRATUL MUNTAHA | |
dc.date.accessioned | 2018-03-19T06:11:15Z | |
dc.date.available | 2018-03-19T06:11:15Z | |
dc.date.issued | 2015-12-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18066 | |
dc.description | Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan jumlah
pemain masing-masing lima orang. Futsal sebagai salah satu cabang olahraga di
Indonesia yang banyak diminati oleh kalangan pelajar maupun mahasiswa.
Bahkan, karyawan maupun pegawai juga menyukai jenis olahraga ini, sehingga
banyak yang mengagendakan bermain futsal sebagai kegiatan rutin di kantornya.
Semakin berkembangnya olahraga futsal ini, mendorong pelaku bisnis untuk
mendirikan persewaan lapangan futsal. Disamping itu, sekolah futsalnya pun
dibentuk untuk memberikan pembelajaran kepada penggemar olahraga futsal, agar
dapat bermain futsal yang baik, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa.
Tifosi Futsal Yogyakarta merupakan salah satu lapangan futsal yang berdiri di
Yogyakarta dan mempunyai sekolah futsal yang bernama Tifosi Futsal Academy.
Dalam menarik pelanggan atau calon siswa, tentunya Tifosi Futsal melakukan
promosi ke berbagai kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Studi ini berusaha
untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang diterapkan oleh Sekolah
Futsal Tifosi dalam menarik calon siswanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi yang
diterapkan oleh Sekolah Futsal Tifosi Futsal Yogyakarta dalam menarik calon
siswa. Penelitian dilakukan di Tifosi Futsal Yogyakarta, Jalan Sukonandi No.11
Kalimambu, Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengambilan data di lapangan, wawancara
dilakukan pada Pengurus Asprov. PSSI DIY, yaitu Bapak Armando Pribadi,
Pemilik lapangan Tifosi Futsal, yaitu Bapak Tio, Pelatih Sekolah Futsal, yaitu
Sdr. Ragil dan Sdr. Ricky serta Manager Marketing Tifosi Futsal Yogyakarta,
yaitu Sdr. Kiki. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Tifosi Futsal dalam
melakukan promosinya membuat perencanaan terlebih dahulu, seperti membuat
pamflet, brosur, siaran di televisi dan radio local, serta menyiapkan bahan promosi
di media sosial. Dalam penerapan promosi, Sekolah Tifosi futsal melaksanakan
sesuai rencana dengan menyebar brosur di sekolah-sekolah formal dan kampuskampus
di wilayah kota Yogyakarta, menempel pamflet di letak strategis yang
mudah dilihat orang dan melakukan promosi di stasiun televisi dan radio lokal
serta membuat akun media sosial, seperti facebook dan twitter. Sekolah Tifosi
Futsal melihat sasaran kepada masyarakat usia anak-anak dan remaja dalam
kategori usia 6-8 tahun, 9-12 tahun, 13-16 tahun dan usia 17 tahun ke atas dengan
target 100 siswa terpenuhi setiap angkatan. Dalam perkembangannya, target calon
siswa yang dirancang oleh Tifosi Futsal belum mencapai karena terdapat pesaing
sekolah futsal lainnya diluar Tifosi Futsal, sehingga perlu memberi fasilitas
menarik kepada calon siswa yang berbeda dengan sekolah futsal lainnya. | en_US |
dc.description.abstract | Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan jumlah
pemain masing-masing lima orang. Futsal sebagai salah satu cabang olahraga di
Indonesia yang banyak diminati oleh kalangan pelajar maupun mahasiswa.
Bahkan, karyawan maupun pegawai juga menyukai jenis olahraga ini, sehingga
banyak yang mengagendakan bermain futsal sebagai kegiatan rutin di kantornya.
Semakin berkembangnya olahraga futsal ini, mendorong pelaku bisnis untuk
mendirikan persewaan lapangan futsal. Disamping itu, sekolah futsalnya pun
dibentuk untuk memberikan pembelajaran kepada penggemar olahraga futsal, agar
dapat bermain futsal yang baik, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa.
Tifosi Futsal Yogyakarta merupakan salah satu lapangan futsal yang berdiri di
Yogyakarta dan mempunyai sekolah futsal yang bernama Tifosi Futsal Academy.
Dalam menarik pelanggan atau calon siswa, tentunya Tifosi Futsal melakukan
promosi ke berbagai kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Studi ini berusaha
untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang diterapkan oleh Sekolah
Futsal Tifosi dalam menarik calon siswanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi yang
diterapkan oleh Sekolah Futsal Tifosi Futsal Yogyakarta dalam menarik calon
siswa. Penelitian dilakukan di Tifosi Futsal Yogyakarta, Jalan Sukonandi No.11
Kalimambu, Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengambilan data di lapangan, wawancara
dilakukan pada Pengurus Asprov. PSSI DIY, yaitu Bapak Armando Pribadi,
Pemilik lapangan Tifosi Futsal, yaitu Bapak Tio, Pelatih Sekolah Futsal, yaitu
Sdr. Ragil dan Sdr. Ricky serta Manager Marketing Tifosi Futsal Yogyakarta,
yaitu Sdr. Kiki. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Tifosi Futsal dalam
melakukan promosinya membuat perencanaan terlebih dahulu, seperti membuat
pamflet, brosur, siaran di televisi dan radio local, serta menyiapkan bahan promosi
di media sosial. Dalam penerapan promosi, Sekolah Tifosi futsal melaksanakan
sesuai rencana dengan menyebar brosur di sekolah-sekolah formal dan kampuskampus
di wilayah kota Yogyakarta, menempel pamflet di letak strategis yang
mudah dilihat orang dan melakukan promosi di stasiun televisi dan radio lokal
serta membuat akun media sosial, seperti facebook dan twitter. Sekolah Tifosi
Futsal melihat sasaran kepada masyarakat usia anak-anak dan remaja dalam
kategori usia 6-8 tahun, 9-12 tahun, 13-16 tahun dan usia 17 tahun ke atas dengan
target 100 siswa terpenuhi setiap angkatan. Dalam perkembangannya, target calon
siswa yang dirancang oleh Tifosi Futsal belum mencapai karena terdapat pesaing
sekolah futsal lainnya diluar Tifosi Futsal, sehingga perlu memberi fasilitas
menarik kepada calon siswa yang berbeda dengan sekolah futsal lainnya. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | strategi promosi, calon siswa, sekolah futsal | en_US |
dc.title | STRATEGI PROMOSI TIFOSI FUTSAL YOGYAKARTA DALAM MENARIK CALON SISWA SEKOLAH FUTSAL TAHUN 2014 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |