dc.contributor.advisor | ZUHRIYANTI, ERNI | |
dc.contributor.author | IRAWAN, DEDI YUDA | |
dc.date.accessioned | 2018-03-19T06:18:16Z | |
dc.date.available | 2018-03-19T06:18:16Z | |
dc.date.issued | 2015-12-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18067 | |
dc.description | Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan Kabupaten Baru yang lahir pada
tanggal 29 oktober 2008, Dengan luas wilayah dan besar nya jumlah penduduk tentulah
banyak permasalahan yang tejadi di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten
Tulang Bawang Barat sedang dalam masa pembanguanan, Belum adanya rumah sakit
menjadi Faktor yang sangat mempengaruhi Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Tulang
Bawang Barat. Pelayan kesehatan juga menjadi salah satu faktor penting keberhasilan
dari program pokok pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, di mana di
Kabupaten Tulang Bawang sendiri masih sangat kurang atau dari standar kesehatan
atau masih dalam proses pembangun. Untuk itu Peneliti melakuakan penelitian untuk
mengetahui Kinerja pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat
Penelitian ini dilakukan Di Dinas Kesehatan Tulang Bawang Barat serta
Puskesmas Mulya asri dan Panaragan Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data berupa kata –
kata, yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, maupun dokumen
lainnya. Teknik – teknik pengumpulan data yang digunakan seperti interview yaitu
memberikan secara langsung kepada informan dan nara sumber dalam rangka mencari
data tentang kinerja pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan, dokumentasi yaitu
mengutip atau meneliti dokumen atau bahan yang tertulis lainnya yang berakaitan
dengan kinerja pelayanan kesehatan. Teknik analisa data yang digunakan adalah
analisa kualitatif, dimana data yang diperoleh di klasifikasikan, digambarkan dengan
kata – kata atau kalimat menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Analisis Kineja Pelayanan kesehatan ini dilihat dari pencapaian program
dengan mengacu pada SPM yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2014
terlihat bahwa Program tersebut berjalan dengan baik sesuai target,namun ada beberapa
progam yang belum mencapai target SPM , hal ini terlihat dari 5 aspek yaitu
Produktifitas, Kualitas Pelayanan, responsivitas,Responbilitas dan akuntabilitas .
Semuanya Telah mencapai standar Pelayanan Kesehatan, Program Rujukan Online lah
yang menjadi Priorias Dinas kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat, Program
tersebut berjalan cukup baik namun masih ada beberapa aspek yang kurang
memuaskan dan masih perlu di perbaiki faktor yang menghambat dari Program tesebut
ialah sedang dibangun nya rumah sakit,di Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga
pasien harus di rujuk keluar Kabupaten, kurang nya sosialisai kepada masyarakat
tentang system rujukan online (P-care), Pasien merasa di persulit dengan tidak bisa
menentukan rrumah sakit sendiri , sering tejadi pemadaman listrik . Dari kelima aspek
tersebut dari tiap-tiap aspek nya saat ini bejalan dengan cukup baik,serta programprogram
yang telah mencapi SPM berjalan dengan baik hanya saja masih harus di
tingkatkan lagi kinerja pelayanan kesehatan agar bisa memberikan pelayanan yang
maksimal kepada masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat Khusus nya . | en_US |
dc.description.abstract | Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan Kabupaten Baru yang lahir pada
tanggal 29 oktober 2008, Dengan luas wilayah dan besar nya jumlah penduduk tentulah
banyak permasalahan yang tejadi di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten
Tulang Bawang Barat sedang dalam masa pembanguanan, Belum adanya rumah sakit
menjadi Faktor yang sangat mempengaruhi Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Tulang
Bawang Barat. Pelayan kesehatan juga menjadi salah satu faktor penting keberhasilan
dari program pokok pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, di mana di
Kabupaten Tulang Bawang sendiri masih sangat kurang atau dari standar kesehatan
atau masih dalam proses pembangun. Untuk itu Peneliti melakuakan penelitian untuk
mengetahui Kinerja pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat
Penelitian ini dilakukan Di Dinas Kesehatan Tulang Bawang Barat serta
Puskesmas Mulya asri dan Panaragan Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan data berupa kata –
kata, yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, maupun dokumen
lainnya. Teknik – teknik pengumpulan data yang digunakan seperti interview yaitu
memberikan secara langsung kepada informan dan nara sumber dalam rangka mencari
data tentang kinerja pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan, dokumentasi yaitu
mengutip atau meneliti dokumen atau bahan yang tertulis lainnya yang berakaitan
dengan kinerja pelayanan kesehatan. Teknik analisa data yang digunakan adalah
analisa kualitatif, dimana data yang diperoleh di klasifikasikan, digambarkan dengan
kata – kata atau kalimat menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Analisis Kineja Pelayanan kesehatan ini dilihat dari pencapaian program
dengan mengacu pada SPM yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2014
terlihat bahwa Program tersebut berjalan dengan baik sesuai target,namun ada beberapa
progam yang belum mencapai target SPM , hal ini terlihat dari 5 aspek yaitu
Produktifitas, Kualitas Pelayanan, responsivitas,Responbilitas dan akuntabilitas .
Semuanya Telah mencapai standar Pelayanan Kesehatan, Program Rujukan Online lah
yang menjadi Priorias Dinas kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat, Program
tersebut berjalan cukup baik namun masih ada beberapa aspek yang kurang
memuaskan dan masih perlu di perbaiki faktor yang menghambat dari Program tesebut
ialah sedang dibangun nya rumah sakit,di Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga
pasien harus di rujuk keluar Kabupaten, kurang nya sosialisai kepada masyarakat
tentang system rujukan online (P-care), Pasien merasa di persulit dengan tidak bisa
menentukan rrumah sakit sendiri , sering tejadi pemadaman listrik . Dari kelima aspek
tersebut dari tiap-tiap aspek nya saat ini bejalan dengan cukup baik,serta programprogram
yang telah mencapi SPM berjalan dengan baik hanya saja masih harus di
tingkatkan lagi kinerja pelayanan kesehatan agar bisa memberikan pelayanan yang
maksimal kepada masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat Khusus nya . | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | KINERJA PELAYANAN KESEHATAN | en_US |
dc.title | KINERJA PELAYANAN KESEHATAN (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat 2011-2014) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |