dc.contributor.advisor | SYAMSUDIN, SYAMSUDIN | |
dc.contributor.author | AMBARWATI, NURUL | |
dc.date.accessioned | 2018-03-21T07:06:10Z | |
dc.date.available | 2018-03-21T07:06:10Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18115 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Akhlak siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong yang akan diungkap dalam penelitian ini yaitu upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa. Selain itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan akhlak siswa.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong, dengan subyek penelitiannya adalah guru pendidikan agama Islam yang berada di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta tahapan yang digunakan dalam menganalisis data, ialah dengan data reduction (reduksi data), display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data yang konkret dan sesuai dengan kebutuhan penelitian yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu meliputi: (a) upaya guru dalam program kelompok belajar di perpustakaan, (b) upaya guru pendidikan agama Islam dalam program shalat berjama’ah, (c) upaya dalam belajar Iqra’, (d) upaya dalam tadarus Al-Qur’an, (e) upaya guru dalam kegiatan keputrian, (f) upaya dalam kegiatan pesantren kilat, (g) upaya dalam kegiatan shalat dhuha berjama’ah, (h) upaya guru dalam peringatan hari besar Islam. (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlak siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong. Yang menjadi faktor pendukung diantaranya adalah : Terwujudnya suasana yang kondusif di sekolah, Tersedianya sarana dan prasarana untuk melaksanakan kegiatan keagamaan seperti adanya masjid, Dari segi sumber daya manusia guru pendidikan agama islam, dan yang menjadi faktor penghambat adalah: Latar Belakang Keluarga, Pergaulan yang Salah, Kurangnya Kesadaran Dari Orang tua, dan hambatan- hambatan yang di alami guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa adalah: Metode pembelajaran yang kurang tepat, materi yang belum sepenuhnya dikuasai, Alokasi waktu pembelajaran pai yang kurang di sekolah, Kurangnya sikap disiplin dari para siswa, Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang efektif, Kurangnya waktu yang dimiliki orangtua untuk anak, kurangnya pendidikan agama islam orang tua, Ketiadaan kegiatan tka/tpa di lingkungan masjid siswa, Dampak negatif dari kemajuan teknologi. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Akhlak siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong yang akan diungkap dalam penelitian ini yaitu upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa. Selain itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan akhlak siswa.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong, dengan subyek penelitiannya adalah guru pendidikan agama Islam yang berada di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta tahapan yang digunakan dalam menganalisis data, ialah dengan data reduction (reduksi data), display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data yang konkret dan sesuai dengan kebutuhan penelitian yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa yaitu meliputi: (a) upaya guru dalam program kelompok belajar di perpustakaan, (b) upaya guru pendidikan agama Islam dalam program shalat berjama’ah, (c) upaya dalam belajar Iqra’, (d) upaya dalam tadarus Al-Qur’an, (e) upaya guru dalam kegiatan keputrian, (f) upaya dalam kegiatan pesantren kilat, (g) upaya dalam kegiatan shalat dhuha berjama’ah, (h) upaya guru dalam peringatan hari besar Islam. (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlak siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pathi, Genjahan, Ponjong. Yang menjadi faktor pendukung diantaranya adalah : Terwujudnya suasana yang kondusif di sekolah, Tersedianya sarana dan prasarana untuk melaksanakan kegiatan keagamaan seperti adanya masjid, Dari segi sumber daya manusia guru pendidikan agama islam, dan yang menjadi faktor penghambat adalah: Latar Belakang Keluarga, Pergaulan yang Salah, Kurangnya Kesadaran Dari Orang tua, dan hambatan- hambatan yang di alami guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa adalah: Metode pembelajaran yang kurang tepat, materi yang belum sepenuhnya dikuasai, Alokasi waktu pembelajaran pai yang kurang di sekolah, Kurangnya sikap disiplin dari para siswa, Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang efektif, Kurangnya waktu yang dimiliki orangtua untuk anak, kurangnya pendidikan agama islam orang tua, Ketiadaan kegiatan tka/tpa di lingkungan masjid siswa, Dampak negatif dari kemajuan teknologi. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | upaya, guru pendidikan agama Islam, akhlak | en_US |
dc.title | UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PATHI GENJAHAN PONJONG | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |