Show simple item record

dc.contributor.authorHANASTO, HANASTO
dc.date.accessioned2018-03-22T03:23:15Z
dc.date.available2018-03-22T03:23:15Z
dc.date.issued2015-04-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18130
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap pembinaan akhlak berbasis al qur’an di MTs Muhammadiyah Wonosari, faktor pendukung, dan penghambat serta implikasinya terhadap perilaku siswa. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan “studi kasus”, Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, kemudian data dianalisis secara deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pembinaan akhlak siswa di MTs Muhammadiyah Wonosari dilakukan dengan berbasiskan al Qur’an yaitu dengan menggunakan empat metode dasar yaitu dengan metode perintah, larangan, targhib, dan tarhib, serta disempurnakan dengan metode lain seperti metode kisah, dialog, pembiasaan dan tauladan. Didukung dengan program unggulan, yaitu Tahsinul Qur’an, Tahfidzul Qur’an dan Takwinul mubalighin, serta pembiasaan ibadah yaumiyah yang di kontrol dengan sistem poin.(2) Proses pembinaan akhlak siswa berbasis al qur’an di MTs Muhammadiyah Wonosari berimplikasi positif bagi tumbuhnya perilaku yang baik dalam diri siswa dalam beberapa aspek seperti taat pada tata tertib, tertib beribadah, mampu membaca dan menghafal al qur’an serta perkembangan akhlak yang baik. (3) Dalam pelaksanaan pembinaan akhlak di MTs Muhammadiyah Wonosari, terdapat beberapa faktor penghambat dari dalam, seperti jumlah siswa yang terlalu banyak, dan keterbatasan kualitas input siswa. Penghambat dari luar, seperti lingkungan yang kurang kondusif, dampak negatif media sosial dan sebagainya. (4) Terdapat juga kekuatan yang berasal dari dalam seperti, pembinaan akhlak merupakan salah saru prioritas utama, sehingga banyak metode yang dilakukan. Selain itu terdapat penunjang dari luar seperti dukungan kuat dari orang tua, dukungan dari pemerintah pada pendidikan karakter dan sebagainya.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap pembinaan akhlak berbasis al qur’an di MTs Muhammadiyah Wonosari, faktor pendukung, dan penghambat serta implikasinya terhadap perilaku siswa. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan “studi kasus”, Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, kemudian data dianalisis secara deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pembinaan akhlak siswa di MTs Muhammadiyah Wonosari dilakukan dengan berbasiskan al Qur’an yaitu dengan menggunakan empat metode dasar yaitu dengan metode perintah, larangan, targhib, dan tarhib, serta disempurnakan dengan metode lain seperti metode kisah, dialog, pembiasaan dan tauladan. Didukung dengan program unggulan, yaitu Tahsinul Qur’an, Tahfidzul Qur’an dan Takwinul mubalighin, serta pembiasaan ibadah yaumiyah yang di kontrol dengan sistem poin.(2) Proses pembinaan akhlak siswa berbasis al qur’an di MTs Muhammadiyah Wonosari berimplikasi positif bagi tumbuhnya perilaku yang baik dalam diri siswa dalam beberapa aspek seperti taat pada tata tertib, tertib beribadah, mampu membaca dan menghafal al qur’an serta perkembangan akhlak yang baik. (3) Dalam pelaksanaan pembinaan akhlak di MTs Muhammadiyah Wonosari, terdapat beberapa faktor penghambat dari dalam, seperti jumlah siswa yang terlalu banyak, dan keterbatasan kualitas input siswa. Penghambat dari luar, seperti lingkungan yang kurang kondusif, dampak negatif media sosial dan sebagainya. (4) Terdapat juga kekuatan yang berasal dari dalam seperti, pembinaan akhlak merupakan salah saru prioritas utama, sehingga banyak metode yang dilakukan. Selain itu terdapat penunjang dari luar seperti dukungan kuat dari orang tua, dukungan dari pemerintah pada pendidikan karakter dan sebagainya.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPembinaan, Akhlak, Al Qur’anen_US
dc.titleMETODE PEMBINAAN AKHLAK SISWA BERBASIS AL-QUR’AN DI MTs MUHAMMADIYAH WONOSARIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record