Show simple item record

dc.contributor.authorSETIAWATI, AYU YULIA
dc.date.accessioned2018-03-22T06:52:54Z
dc.date.available2018-03-22T06:52:54Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18148
dc.descriptionYulia, Ayu. 2015. Peran Orangtua dalam Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut Perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi Pandes Panggungharjo Sewon Bantul. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam pendidikan seks anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi Pandes Panggungharjo Sewon Bantul dan untuk mengetahui apa saja saja faktor yang menghambat atau kendala orangtua dalam memberikan pendidikan seks bagi anak usia dini di Sekolah Among Siwi Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Pendidikan seks perlu diberikan kepada anak sejak anak berusia dini, hal tersebut tentunya harus dilandasi dengan nilai-nilai agama Islam, akan tetapi tidak semua orangtua memberikan pendidikan seks kepada anak mereka yang masih berusia dini karena berbagai faktor. Deng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran orangtua dalam memeberikan pendidikan seks kepada anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di sekolah Among Siwi Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul?, 2) Apa faktor penghambat atau kendala yang dialami orangtua dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini di sekolah Among Siwi Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini maupun masa lampau. Untuk memperoleh data yang cukup dan jelas dalam permasalahan yang diangkat, penulis menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi meliputi fungsi-fungsi orangtua dalam keluarga, yaitu sebagai motivator, fasilitator, mediator, modeling, mentoring, organizing, dan teaching. Adapun kendala yang dihadapi orangtua dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi ini dibagi menjadi 3 yaitu kendala yang berasal dari dalam diri orangtua, kendala yang berasal dari anak usia dini, dan kendala yang berasal dari lingkungan sekitar.en_US
dc.description.abstractYulia, Ayu. 2015. Peran Orangtua dalam Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut Perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi Pandes Panggungharjo Sewon Bantul. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam pendidikan seks anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi Pandes Panggungharjo Sewon Bantul dan untuk mengetahui apa saja saja faktor yang menghambat atau kendala orangtua dalam memberikan pendidikan seks bagi anak usia dini di Sekolah Among Siwi Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Pendidikan seks perlu diberikan kepada anak sejak anak berusia dini, hal tersebut tentunya harus dilandasi dengan nilai-nilai agama Islam, akan tetapi tidak semua orangtua memberikan pendidikan seks kepada anak mereka yang masih berusia dini karena berbagai faktor. Deng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran orangtua dalam memeberikan pendidikan seks kepada anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di sekolah Among Siwi Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul?, 2) Apa faktor penghambat atau kendala yang dialami orangtua dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini di sekolah Among Siwi Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini maupun masa lampau. Untuk memperoleh data yang cukup dan jelas dalam permasalahan yang diangkat, penulis menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi meliputi fungsi-fungsi orangtua dalam keluarga, yaitu sebagai motivator, fasilitator, mediator, modeling, mentoring, organizing, dan teaching. Adapun kendala yang dihadapi orangtua dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini menurut perspektif Agama Islam di Sekolah Among Siwi ini dibagi menjadi 3 yaitu kendala yang berasal dari dalam diri orangtua, kendala yang berasal dari anak usia dini, dan kendala yang berasal dari lingkungan sekitar.en_US
dc.subjectPendidikan seks dalam Islam, peran orangtua, anak usia dinien_US
dc.titlePERAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF AGAMA ISLAM DI SEKOLAH AMONG SIWI PANDES PANGGUNGHARJO SEWON BANTULen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record