Show simple item record

dc.contributor.authorKARADILA, IYOVAN
dc.date.accessioned2018-04-11T06:17:54Z
dc.date.available2018-04-11T06:17:54Z
dc.date.issued2018-03-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18421
dc.descriptionTelah dilakukan penelitian perbandingan penggunaan CDI untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis CDI Standar dan CDI BRT I-Max dengan penggunaan bahan bakar premium + etanot sebanyak 2% terhadap karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Supra 125cc 4 langkah transmisi manual tahun 2008. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sistem pengapian pada kinerja ataupun konsumsi bahan bakar yang digunakan. Pengujian percikan bunga api pada busi diuji menggunakan alat uji percikan bunga api busi yang memanfaatkan putaran mesin listrik sebesar 3000 RPM. Torsi dan daya diuji menggunakan alat dynotest dari kecepatan putar mesin 4000-10000 RPM. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan pengujian uji jalan pada kecepatan ±40 km/jam sejauh 4km/pengujian dengan takaran bahan bakar 150 ml. Dari hasil penelitian, bunga api terbaik pada variasi CDI BRT I-Max dengan Busi Iridium Karena bunga api konstan dengan suhu sebesar 8000 K – 9000 K. Daya terbesar sebanding lurus dengan hasil pengujian pecikan buga api yang didapat pada variasi CDI BRT dengan Busi Iridium pada putaran 6795 RPM dengan daya sebesar 10,02 HP. Torsi tertinggi sebesar 12,72 N.m pada Putaran 49,48 RPM dengan variasi CDI BRT dan Busi Iridium. Sedangkan konsumsi bahan bakar yang teririt pada variasi CDI BRT I-Max dengan Busi Iridium dengan jarak 52,018 km/liter.en_US
dc.description.abstractHas done research comparasion of usage CDI for knowing the effect of different type CDI Standart and CDI BRT I-Max with usage of premium fuel + ethanol as much as 2% to sparks characteristics and performance motorcycle of Supra 125 cc 4 step manual transmision in 2008. This research done to know the effect of ignation system on performance or consumption of fuel. Sparks testing on spark plug tested using a test tool which makes use of ratotion elecric machines as big as 3000 rpm. Torque and power are tested using a dynotest tool of engine speed of engine speed of 4000-10,000 rpm, while for testing fuel consumption is done by testing the rood at speed ±40 km/h far as 4 km/test with fuel dose. From the results of the researh, the best spark on the variation of CDI BRT I-Max with Spark Iridium because the spark are constan with a temperatur of 8000-9000 Kelvin. The largest power isto the test result of spark obtained on CDI BRT variations with Iridium spark plug at round 6795 rpm with power of 10,02 HP. Highest torqeu of 12,72 N.m at round 4949 rpm CDI BRT variations and spark Iridium. While the most economical fuel consumption on CDI BRT I-Max variation with spark plug with at range if 52,08 Km/literen_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectIgnation system, Spark plugs, Spark test apparatus, Dynotest, Fuel consumption. sistem pengapian, koil, busi, alat uji percikan bunga api, dynotest, konsumsi bahan bakaren_US
dc.titlePENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN DAN BUSI PADA MOTOR 4 LANGKAH 125 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM DAN ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 2%en_US
dc.typeThesis SKR F T 047en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record