Show simple item record

dc.contributor.authorKHILMIYAH, AKIF
dc.date.accessioned2016-09-14T03:35:45Z
dc.date.available2016-09-14T03:35:45Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/1846
dc.description.abstractKeberhasilan seseorang dalam kehidupan ini ditentukan oleh tiga kemampuan yakni akademik, vokasional, generik (kemampuan personal). Ternyata kemampuan generiklah yang paling berperan dalam menentukan 70% keberhasilan dalam kehidupan, maka pemberian bekal kepada siswa berupa kemampuan personal pembentuk karakter sangat diperlukan. Karena itu tujuan penelitian ini adalah:(1). Mengkaji ketrampilan intrapersonal dan interpersonal siswa. (2).Mengkaji persamaan dan perbedaan tingkat ketrampilan intrapersonal dan interpersonal siswa dilihat dari perbedaan jenis kelamin, pekerjaan orang tua, tingkatan kelas, urutan anak dalam keluarga di SD Negeri Kasihan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bercorak komparatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV,V,VI SD Negeri Kasihan Bantul, sebanyak 79 siswa. Dan sebagai informan tambahan adalah guru, kepala sekolah dan karyawan. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunaka adalah: angket, observasi non partisipan, wawancara terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif untuk mengkaji kemampuan ketrampilan intrapersonal dan interpersonal siswa sekolah dasar. Analisis perbedaan antara perbedaan jenis kelamin digunakan uji t (t-tes) dan untuk menganalisis perbedaan berdasarkan pekerjaan orang tua, tingkatan kelas dan urutan anak dalam keluarga dilakukan teknik ANOVA satu arah. Penelitian ini menyimpukan, Ada 9 dimensi intrapersonal yakni sadar diri, percaya diri, menangani kelemahan diri, bertanggung jawab terhadap diri sendiri, membuka diri, tegas, berani mengambil keputusan sendiri, menangani stres, dan berani menyampaikan perasaannya. Kemampuan yang paling rendah pada dimensi percaya diri, sedangkan kemampuan yang paling menonjol adalah dimensi keberanian menyampaikan perasaan pada orang lain. Sementara 9 dimensi intrapersonal meliputi mudah bergaul, suka menolong, memahami orang lain, tenggang rasa, peduli lingkungan, harmonis, demokratis, perhatian terhadap orang lain, dan trampil menyelesaikan konflik. Dimensi kemampuan yang paling rendah adalah kemampuan memahami orang lain. Kemampuan yang paling menonjol adalah kemampuan berlaku demokratis dan kemampuan menyelesaikan konflik serta kemampuan perhatian pada orang lain. Terdapat perbedaan ketrampilan intrapersonal berdasar jenis kelamin dan pekerjaan orang tua pada semua dimensi. Tingkatan kelas hanya berbeda di 3 dimensi Intrapersonal yakni percaya diri, tanggung jawab, keberanian menyampaikan perasaan. Urutan anak dalam keluarga hanya satu dimensi yang tidak berbeda yakni dimensi keterbukaan. Terdapat perbedaan Ketrampilan interpersonal berdasar jenis kelamin dan pekerjaan orang tua pada semua dimensi. Perbedaan berdasar tingkatan kelas hanya pada dimensi memahami orang lain dan tenggang rasa. Tidak terdapat perbedaan antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu dalam ketrampilan berinteraksi dengan orang lain.en_US
dc.publisherUniversitas Negeri Yogyakartaen_US
dc.subjectIntrapersonal,Interpersonal,karakteren_US
dc.titlePERBANDINGAN KETRAMPILAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KASIHAN BANTULen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record