Show simple item record

dc.contributor.authorLESTARI, SUCI FUZA
dc.date.accessioned2018-04-17T01:28:02Z
dc.date.available2018-04-17T01:28:02Z
dc.date.issued2012-06-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18485
dc.descriptionLatar belakang: Kualitas mutu pelayanan farmasi dapat dicapai apabila unit farmasi di rumah sakit mampu memenuhi harapan pasien. Permasalahan yang sering dihadapi adalah lamanya waktu tunggu pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di farmasi rumah sakit. Pelanggan yang menunggu terlalu lama akan dirugikan baik segi waktu maupun biaya. Unit farmasi RS PKU Muhammadiyah Gombong mempunyai jumlah pelanggan yang banyak, yang dapat menjadi potensi ekonomi apabila mampu memberikan pelayanan yang baik untuk mencapai kepuasan pelanggan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Populasi penelitian adalah pasien dan keluarga rawat jalan yang melakukan pembelian obat di farmasi RS PKU Muhammadiyah Gombong. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil: Harapan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong sebagian besar dalam kategori sangat tinggi sebesar (98%). Kinerja pelayanan farmasi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong sebagian besar dalam kategori sangat baik sebesar (54%). Tingkat kepuasan pelayanan farmasi rawat jalan pada pasien rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam kategori tidak puas. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pelayanan farmasi rawat jalan pada pasien rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam kategori tidak puas.en_US
dc.description.abstractLatar belakang: Kualitas mutu pelayanan farmasi dapat dicapai apabila unit farmasi di rumah sakit mampu memenuhi harapan pasien. Permasalahan yang sering dihadapi adalah lamanya waktu tunggu pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di farmasi rumah sakit. Pelanggan yang menunggu terlalu lama akan dirugikan baik segi waktu maupun biaya. Unit farmasi RS PKU Muhammadiyah Gombong mempunyai jumlah pelanggan yang banyak, yang dapat menjadi potensi ekonomi apabila mampu memberikan pelayanan yang baik untuk mencapai kepuasan pelanggan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Populasi penelitian adalah pasien dan keluarga rawat jalan yang melakukan pembelian obat di farmasi RS PKU Muhammadiyah Gombong. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil: Harapan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong sebagian besar dalam kategori sangat tinggi sebesar (98%). Kinerja pelayanan farmasi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong sebagian besar dalam kategori sangat baik sebesar (54%). Tingkat kepuasan pelayanan farmasi rawat jalan pada pasien rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam kategori tidak puas. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pelayanan farmasi rawat jalan pada pasien rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam kategori tidak puas.en_US
dc.publisherPROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKualitas pelayanan, kepuasan, pelayanan farmasi rawat jalanen_US
dc.titleEVALUASI KUALITAS PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record