Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorPUTRI, ALVIANI RIZKIANA
dc.date.accessioned2018-04-20T06:42:43Z
dc.date.available2018-04-20T06:42:43Z
dc.date.issued2018-03-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18569
dc.descriptionLatar Belakang: Fakultas kedokteran merupakan fakultas pilihan yang selalu menjadi favorit calon mahasiswa. Seleksi masuk fakultas kedokteran dibutuhkan suatu metode seleksi yang tepat agar dapat memprediksi prestasi akademik yang akan dihasilkan. Pada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, seleksi jalur masuk dibagi menjadi jalur prestasi, CBT, PBT Kemitraan dan PBT Reguler. Pada masing-masing jalur akan dilakukan tes kepribadian. Penelitian ini diperlukan untuk melihat adanya hubungan seleksi jalur masuk dan kepribadian terhadap prestasi akademik mahasiswa khususnya untuk mengetahui dimensi kepribadian apa yang berpengaruh. Metode: Penelitian ini bersifat descriptive correlational dengan rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 213 sampel. Sampel didapatkan dari mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY angkatan 2010, 2011 dan 2012 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data didapatkan dari Bagian Server dan Pengajaran PSPD FKIK UMY yang kemudian dianalisa menggunakan uji korelasi Chi-Square dan Spearman serta uji regresi. Hasil: Adanya hubungan antara seleksi jalur masuk mahasiswa terhadap prestasi akademik dengan didapatkan nilai Asymp.Sig sebesar 0,043. Selain itu didapatkan pula hubungan antara kepribadian terhadap prestasi akademik yaitu IPK sebesar 60,9%, nilai ujian blok sebesar 57,1%, dan frekuensi remedi ujian blok sebesar 45,5%. Dimensi yang memiliki pengaruh terhadap IPK dan nilai ujian blok adalah conscientiousness sedangkan dimensi yang berpengaruh terhadap frekuensi remedi adalah agreeableness. Kesimpulan: Pada penelitian ini didapatkan hubungan antara seleksi jalur masuk dan kepribadian terhadap prestasi akademik. Dimensi kepribadian yang mempengaruhi prestasi akademik adalah conscientiousness dan agreeableness.en_US
dc.description.abstractBackground: Faculty of medicine is a faculty that has always been a favorite of designate students. Admission selection of medical faculty required a proper selection method in order to predict the academic achievement that will be produced. At Muhammadiyah University of Yogyakarta, the selection is divided into achievement lane, CBT, PBT Partnership and Regular PBT. In each lane will be done by a personality tests. This research is needed to see the correlation of university entry selection and students personality to academic achievement especially to know what dimension of personality that is influential. Method: This research is descriptive correlational with research design using cross sectional that done by 213 samples. The sample was obtained from students 2010, 2011 and 2012 classes that meet the criteria of inclusion and exclusion. Data obtained from the Education Server of FKIK UMY which is analyzed by using correlation test Chi-Square and Spearman. Result: There is a correlation between university entry selection to academic achievement with Asymp.Sig value of 0,043. Besides, the correlation between personality to academic achievement are GPA 60,9%, exam score 57,1%,and frequency remediation 45,5%. The dimensions that affect on GPA and exam score are conscientiousness while the dimension that affect the frequency of remediation is agreeableness. Conclusion: In this research, there is a correlation between university entry selection and personality toward academic achievement. The dimensions of personality that affect academic achievement are conscientiousness and agreeableness.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectuniversity entry selection, academic achievement, GPA, exam score, frequency of remediation, conscientiousness, agreeableness. seleksi jalur masuk, prestasi akademik, IPK, nilai ujian blok, frekuensi remedi, conscientiousness, agreeableness.en_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA SELEKSI JALUR MASUK DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMYen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 012en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record