Show simple item record

dc.contributor.authorAULIA, ROBITH AZKAL
dc.date.accessioned2018-06-27T01:21:54Z
dc.date.available2018-06-27T01:21:54Z
dc.date.issued2018-05-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19727
dc.descriptionInfrastruktur merupakan faktor utama yang menentukan pertumbuhan sebuah negara. Perkembangan dalam bidang infrastruktur diharapkan mampu melayani kebutuhan transportasi untuk menunjang pertumbuhan akses dan ekonomi, serta untuk menghadapi peningkatan pertumbuhan lalu-lintas. Penelitian ini dilakukan pada proyek peningkatan jalan Gumenter-Kabuaran Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Ruas jalan Gumenter-Kabuaran termasuk jalan kolektor yang memiliki lalu-lintas kendaraan yang tinggi, karena terdapat lokasi strategis seperti sekolah serta pasar. Selain itu, ruas jalan ini menjadi jalur transportasi angkutan bahan timbunan bagi proyek double track rel Kutoarjo-Kroya. Data primer dalam penelitian ini diambil dari CV. Adhi Jaya Counsultant selaku konsultan perencana dalam pelaksanaan proyek ini. Penelitian ini menggunakan metode Analisa Komponen serta metode Asphalt Institute. Berdasarkan analisis tebal perkerasan, metode analisa komponen menghasilkan lapis permukaan sebesar 7.5 cm (Laston MS 340), lapis pondasi atas sebesar 10 cm (Laston Atas MS 340), dan lapis pondasi bawah sebesar 15 cm (Sirtu Kelas B). Sedangkan metode Asphalt Institute menghasilkan lapis permukaan sebesar 5 cm (Laston MS 340), lapis pondasi atas sebesar 10 cm (Laston Atas MS 340), dan lapis pondasi bawah sebesar 15 cm (Sirtu Kelas B). Hasil analisis lapis perkerasan menggunakan Program Kenpave menunjukkan bahwa nilai horizontal strain (Ԑc) sebesar -0,0002958, vertical strain (Ԑt) 0,000679 untuk metode Analisa Komponen. Kemudian horizontal strain (Ԑc) sebesar -0,0003448, vertical strain (Ԑt) 0,0008011 untuk metode Asphalt Institute. Hasil analisis kerusakan menggunakan metode Asphalt Institute menghasilkan repetisi beban retak lelah (Nf) sebesar 149.311,662 ESAL untuk metode Analisa Komponen dan 90.160,199 ESAL untuk metode Asphalt Institute. Selanjutnya, hasil analisis mengindikasikan nilai repetisi beban retak alur (Nd) sebesar 208.240,568 ESAL untuk metode Analisa Komponen dan 99.386,444 ESAL untuk metode Asphalt Institute. Nilai repetisi beban rencana (Nr) ialah sebesar 212.880,8 ESAL (Analisa Komponen) dan 208.154,1 (Asphalt Institute). Nilai repetisi beban retak lelah (Nf) dan retak alur (Nd) lebih kecil dibandingkan nilai repetisi beban rencana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perancangan perkerasan jalan menggunakan metode Analisa Komponen dan Asphalt Institute tidak mampu menahan beban lalu-lintas rencana dan Jalan akan rusak sebelum umur rencana.en_US
dc.description.abstractInfrastructure is the primary factor determining the growth of a country. The development in the infrastructure sector is expected to serve the transportation needs to support the growth of access and economy, as well as to cope with increased traffic growth. This research was conducted on road improvement project on Gumenter- Kabuaran, Kebumen Sub-district, Kebumen District. The Gumenter-Kabuaran road segment includes collector roads which have high vehicle traffic, as there are strategic locations such as schools and markets. In addition, this road segment becomes the transportation route of embankment material for Kutoarjo-Kroya rail double track project. Primary data in this research is taken from CV. Adhi Jaya Counsultant as consultant planner of this project. This research uses Analisa Komponen method and Asphalt Institute method. Based on pavement layer thickness analysis, Analisa Komponen method produced the surface layer of 7.5 cm (Laston MS 340), the base layer of 10 cm (Laston Atas MS 340), and sub-base layer of 15 cm (Agragate Class B). The Asphalt Institute produces the surface layer of 5 cm (Laston MS 340), (Laston Atas MS 340) Base layer of 10 cm, and Agregate Class B Base layer of 15 cm. The result of pavement analysis using Kenpave program showed that the value of horizontal strain (Ԑc) of -0,0002958, vertical strain (Ԑt) 0,000679 for Analisa Komponen method. Then horizontal strain (Ԑc) of -0,0003448, vertical strain (Ԑt) 0,0008011 for Asphalt Institute method. The result of pavement damage analysis using Asphalt Institute method showed fatigue cracking load repetition (Nf) of 149.311,662 ESAL (Analisa Komponen method) and 90.160,199 ESAL (Asphalt Institute method). Furthermore, the analysis results indicate the rutting load repetition (Nd) were 208.240,568 ESAL for Analisa Komponen method and 99.386,444 ESAL for the Asphalt Institute method. The planned load repetition value were 212,880.8 ESAL (Analisa Komponen) and 208.154.1 (Asphalt Institute). Fatigue cracking load repetition (Nf) and rutting (Nd) smaller then planned load repetition (Nr). So it can be concluded that the design of pavement layer thickness using Analisa Komponen and Asphalt Institute method unable to retain the planned load traffic and road will be destroy before life plan.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectAnalisa Komponen, Asphalt Institute, Kenpave Program, Pavement Thickness. Analisa Komponen, Asphalt Institute, Program Kenpave, Tebal Perkerasanen_US
dc.titleEVALUASI TEBAL PERKERASAN JALAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN, METODE ASPHALT INSTITUTE, DAN PROGRAM KENPAVE PADA JALAN GUMENTER - KABUARANen_US
dc.typeThesis SKR F T 166en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record