Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorDEVIYANTI, ELYSA
dc.date.accessioned2018-07-09T03:12:52Z
dc.date.available2018-07-09T03:12:52Z
dc.date.issued2018-05-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19964
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV MIM Jimbung Kalikotes Klaten, mendeskripsikan faktor pendukung motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kwlas IV MIM Jimbung Kalikotes Klaten serta mendeskripsikan faktor penghambat motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV MIM Jimbung Kalikotes Klaten. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran (Mixed Method), yaitu dengan menggunakan kombinasi metode pengumpulan data secara kuantitatif dan kualitatif.Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data menjadi kesimpulan yang deskriptif. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menghitung skor dan persentase motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’a Hadits siswa kelas IV MIM Jimbung Kalikotes Klaten. Hasil penelitian ini ada 3 yaitu: (1) Motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV MIM Jimbung Kalikotes Klaten berada pada klasifikasi tinggi yaitu sebesar 46,71 (2) Faktor pendukung motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV MIM Jimbung yaitu nasehat dari guru, nasehat dari orang tua, reward, adanya speaker dan dispenser di dalam kelas. Faktor penghambat motivasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV MIM Jimbung Kalikotes Klaten yaitu kurangnya LKS Al-Qur’an Hadits, beberapa siswa ada yang masih dalam tahap belajar Iqra’serta ayat dan hadits yang terlalu panjangen_US
dc.description.abstractThe study aims to describe the score of learning motivation in the subject of Qur’an-Hadith among the forth-grade students MIM Jimbung Kalikotes Klaten. This research also investigates the factors that supporting and hindering in the subject of Qur’an-Hadith among the forth-grade students MIM Jimbung Kalikotes Klaten. This research is mixed method by combining quantitative and qualitative approach. Data are gathered by observation, interview, questionnairre, and documentation. Data are analized by qualitative and quantitative approach. The qualitative analized method is used for describing data to be descriptive conclusion. While the quantitative analized is used for counting the score and percentage of learning motivation in the subject of Qur’an-Hadith among the forth-grade students MIM Jimbung Kalikotes Klaten. This study shows that: (1) the learning motivation of Qur’an-Hadith subject has the high score (46,71); (2) the supporting factors of learning motivation in the subject of Qur’an-Hadith among the fort h-grade students MIM Jimbung Kalikotes Klaten are the teachers’ advice, the parents’ advice, reward, the supplying of sound system and dispenser in the class; (3) the factors that hinder the forth-grade students MIM Jimbung Kalikotes Klaten are the lack of Qur’an-Hadith students’ worksheet, some of students are still struggling in learning Iqra, and the hadith that is too long for students to be learned.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStudents’ Learning Motivation, The Subject Of Qur’an-Hadith Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Al-Qur’an Haditsen_US
dc.titleMOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS IV MIM JIMBUNG KALIKOTES KLATENen_US
dc.typeThesis SKR FAI 111en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record